Advertisements
budidaya bunga mawar

Cara Budidaya Bunga Mawar yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Budidaya Bunga Mawar – Mawar atau nama latinnya Rosa canina adalah salah satu jenis dari bunga yang banyak seklai dipakai untuk tanaman hias. Tidak jarang juga, bunga mawar biasa digunakan sebagai pengungkap rasa cinta dan kasih sayang kepada sang pujaan hati. Bunga mawar berasal dari famili Rosaceae mempunyai tampilan yang menawan dan baunya harum. Sehingga menjadikan bunga mawar merah khususnya adalah lambang dari sebuah keindahan.

Mawar sendiri adalah jenis dari tanaman semak dari Genus: Rosa. Tanaman ini termasuk dari tanaman berduri, semak, dan merambat. Tinggi dari tanaman mawar antara 2 meter sampai 5 meter. Ada juga spesies yang tingginya bisa mencapai 20 meter. Bunga mawar kebanyakan dari spesiesnya mempunyai karakteristik daun yang panjangnya 5 sampai 15 cm.

Pada setiap tangkainya ada 3 sampai 13 anak daun dan daun stipula atau penumpa yang lonjong. Pada bagian batangnya ada duri. Duri dari tanaman bunga mawar bentuknya seperti pengait yang nantinya berfungsi untuk mengankat bunga mawar ketika tumbuh memanjat atau pun merambat pada pohon lain. Selain itu fungsi duri dari bunga mawar juga sebagai pertahanan dari hewan.

Bunga mawar
Kau bunga yang indah

Seperti puteri jelita nan menawan
elok dipandang mataWahai bunga mawar

Warnamu merah merekah
Laksana pancaran sang surya
memancarkan pesonaBunga mawar

Kau begitu harum
aroma merebak mewangi
merasuk dalam kalbuku
ingin aku memetikmu
tuk kujadikan hiasan
di ruang tamu

Jenis-jenis Bunga Mawar

budidaya bunga mawar
pexels.com

Tanaman bunga mawar dikelompokan kedalam tiga kelomok besar, yaitu:

  1. Mawar Liar
  2. Old Garden Rose
  3. Climbing Roses
  4. Shrub Roses
  5. Modern Gorden Roses
  6. Buck Roses
  7. English Roses
  8. Miniature Roses

Cara Budidaya Bunga Mawar

cara budidaya bunga mawar
www.hotelroomsearch.net

Untuk kamu yang ingin membudidayakan bunga mawar, kamu terlebih dahulu harus mengetahu langkah-langkah yang benar untuk membudidayakan bunga ini supaya menghasilkman bunga yang sehat dan bagus. Berikut langkah atau tahapan dalam budidaya bunga mawar:

Waktu yang bagus untuk menanam bunga mawar adalah ketika masuk awal musin penghujan. Apabila mempunyai tanah subur dengan ari yang memadat, penanaman bisa kapan sajat.Siapkan bibit bunga mawar yang bagus dan sehat. Selain dengan cara menanam bibit, bisa juga dengan cara stek batang , cangkok, dan okulasi. Kemudian persiapkan lahan untuk menanamnya. Di lahan yang sudha disiapkan , buat lubang tanam yang jaraknya 60 cm2 sampai 70 cm2, tergantung dari jenis mawar dan kesburan tanah.
Buatlah lubang dengan keliling 45 cm usahakan bentuknya silindris. Kedalaman tanahnya sekitar 45 cm, sebab akar mawar tidak akan tumbuh terlalu dalam. Untuk peletakannya sebisa mungkin kedudukan di percabangan utamanya mempunyai letak yang sejajar dengan permukaan tanah.
Kemudian, sesudah bibit dimasukkan ke lubang, timbun dengan memakai tanah permukaan yang dicampur dengan bahan organik seperti kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, dan lainnya. Dengan perbandingan 4 tanah permukaan dan 1 bahan-bahan organik.

Cara di atas adalah cara penanaman untuk bibit mawar cabutan. Sedangkan untuk biit mawar di polybag mempunyai cara yang beda. Bibit dipindahkan ke lubang tanam bersamaan dengan polybagnya. Berikut ini tahapannya:

Siram polybag bibit bunga mawar sampai basah. Balikan polybag sembari ditekuk-tekuk di dasarnya sampai bibit mawar  bersamaan tanah dan akarnya keluar dari polybag. Bisa juga dengan cara merobek polybagnya jika polybagnya ukurannya besar. Selanjutnya tanam bibitnya ke lubang tanam yang sudah dipersiapkan. Lalu timbun dengan tanah sampai penuh dan dipadatkan dengan perlahan. Kemudian, siram tanah di sekeliling bibit yang sampai cukup basah.
Advertisements

Kommen