Advertisements
cara mendidik anak

Cara Membuat Anak Jenius Yang Membanggakan Orang Tua

Cara Membuat Anak Jenius – Anak merupakan sebuah anugerah dari sang pencipta yang di titipkan kepada orang tua. Dengan kehadiran anak suasana di keluarga pun semakin hangat. Mengandung selama 9 bulan membuat seorng ibu menjadikan momen melahirkan membahagia. Di dunia ini pasti semua orang tua ingin tahu cara membuat anak jenius. Inilah beberapa cara dan tips agar anak menjadi anak yang jenius.

Tips Cara Membuat Anak Jenius Sejak Dalam Kandungan

cara membuat anak jenius
www.mountainheightsacademy.org

Beberapa ahli memaparkan bahwa untuk merangsang kecerdasan anak bisa dilakukan sejak dalam kandungan. Ada tiga aspek yang perlu diperhatikan oleh ibu yang mengandung. Ketiga aspek itu adalah kebutuhan kasih sayang,rangsangan, dan biomedisnya harus terpenuhi. Ibu harus menerima kehamilannya dengan ikhlas dan tanpa beban.

Apabila kehamilan yang dialami merupakan sebuah keterpaksaan secara tidak langsung bayi di dalam kandungan tidak akan tumbuh secara maksimal. Jadi, ibu harus siap dan ikhlas menerima semua risiko yang di alami selama kehamilan. Ibu hamil harus terus merangsang ketika masih mengandung bisa dengan cara mengajak bicara sang janin dan mengelus-ngelus perutnya.

Kegiatan itu secara tidak langsung memberikan ikatan emosional antara sang anak dan ibu. Ibu harus terus merasa senang dan gembira, karena darah pada ibu akan menyalurkan zat-zat rasa senang, maka bayi dalam kandungan pun akan ikut senang.

Lebih efektif lagi rangsangan ini dilakukan ketika sudah menginjak usia kehamilan enam bulan. Karena di usia ini struktur dan jaringan pada bayi sudah terbentuk dan mulai berfungsi. Ibu hamil pun pantang untuk mengonsumsi obat-obatan yang bisa merangsang kecerdasan bayi.

Obat-obatan seperti itu ternyata tidak berguna untuk perkembangan bayi. Yang tidak kalah penting untuk menjadikan anak cerdas dan jenius, ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi berupa mineral, protein, dan karbohidrat. Bukan hanya saat ibu sedang mengandung saja asupan nutrisi ini perlu diperhatikan, saat ibu akan mengandung pun harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk.

Jadi, ketika hamil si ibu akan lebih siap fisiknya dan proses kehamilan pun akan berjalan dengan lancar. Perlu diperhatikan juga sang ibu hamil jika bisa tidak dalam keadaan sakit yang bisa menimbulkan gangguan pada proses perkembangan dan pertumbuhan anak dalam kandungan.

Seperti sedang mengalami sakti tipus, malaria dan penyakit yang lumayan berat lainnya. Usahakan membaca atau dengarkan murotal Al Qur’an setiap harinya. Karena dengan mendengarkan Al Qur’an akan mendapatkan manfaat secara psikologis. Ada penelitian ilmiah di Kuwait yang menemukan sebuah fakta bahwa seseorang yang mendengarkan Al Qur’an akan mendapatkan efek terapeutik yang membuat tenang.

Cara Mendidik Anak Menjadi Jenius

cara mendidik anak
www.lifehack.org

Perkembangan intelegensi anak ditentukan pada masa usia 4 – 13 tahun, karena pada masa itu anak masih polos dan belum mengerti akan kehidupan dunia yang sesungguhnya. Dimana pada masa ini ingatan anak-anak sangat kuat. Jadi sangat penting sekali pada masa ini untuk mendidik anak dengan benar, karena hal itu menentukan kepribadian dan kecerdasan anak di masa yang akan datang. Inilah cara mendidik anak agar kecerdasannya berkembang:

Berilah ASI (Air Susu Ibu)

air susu ibu
berkahkhair.com

Di dalam ASI terdapat banyak sekali zat yang dapat meningkatkan intelegensi dan kekebalan tubuh bayi. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa bayi yang mengonsumsi ASI selama 9 bulan lebih pintar dibandingkan dengan yang hanya mengonsumsi selama 1 bulan.

Jauhkan dari Junk Food

say no to junk food
ajaymourya2.blogspot.com

Usahakan atau jika bisa paksa anak agar tidak memakan makanan yang berlemak dan gula tinggi dan junk food. Konsumsilah makanan yang memiliki gizi yang tinggi, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi perkembangan motorik dan intelegensi anak akan meningkat. Bayi yang belum genap 2 tahun sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, apabila asupan gizinya kurang maka perkembangan otak bayi akan terhambat .

Ajak Anak Untuk Gemar Membaca

anak membaca
greatestpages.com

Banyak sekali orang yang berminat dalam membaca. Membaca merupakan salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan intelegensi anak. Bacakanlah cerita-cerita untuk anak dan koleksilah buku-buku yang sekiranya bisa mengembangkan pengetahuan sang anak, hal ini merupakan cara agar anak memiliki minat untuk membaca.

Bermain Permainan Asah Otak

anak bermain puzzle
www.huffingtonpost.com

Ajaklah anak untuk bermain yang bisa mengembangkan tingkat kecerdasannya. Seperti bermain catur, teka teki, atau permainan lainnya yang bisa mengasah otak anak dan belajar mengatasi sebuah permasalahan. Jauhkanlah anak dari hiburan yang kurang bermanfaat seperti menonton televisi dan bermain permainan yang hanya membuang-buang waktu.

Tanda-tanda Anak Jenius

tanda anak jenius
www.linnareacu.org
  1. Anak bisa menceritakan kembali informasi yang baru dia dapat dengan detail dan jelas
  2. Sang anak memiliki rasa ketertarikan terhadap beberapa bidang
  3. Kemampuan anak dalam mendengarkan orang lain bagus
  4. Memiliki bakat pada bidang seni
  5. Memiliki konsentrasi yang tinggi
  6. Memiliki ingatan yang kuat
  7. Kosakatanya banyak
  8. Sangat konsen terhadap detail
  9. Peduli terhadap lingkungan sekitar
  10. Paham terhadap sesuatu yang kompleks

Itulah tanda-tanda yang bisa saja anak anda itu seorang anak yang jenius.

Pentingnya Mainan Edukatif

mainane dukatif
pembinavalleycentralplainstourism.com

Orang tua apabila ingin anaknya jenius, anda bisa memberikan permainan yang edukatif. Seorang pakar psikologi, terapis, dan juga pertumbuhan anak, Dra. S. Tedjasaputra berkata bahwa mainan edukatif bagi anak memiliki beberapa manfaat.

Anak bisa mengenal warna dan berbagai bentuk

Anak ketika baru lahir akan di tampakan berbagai macam bentuk dan warna. Apabila anda memberikan mainan yang edukatif, anda bisa mengenalkan kepada anak berbagai macam warna dan bentuk seperti segitiga, lingkaran, persegi panjang dan bentuk lainnya.

Melatih Konsentrasi Anak

Mainan seperti puzzle bisa melatih konsentrasi anak. Anak akan dilatih untuk menyusun potongan-potongan puzzle dan mencocokannya. Di samping itu gerakan anak akan lebih aktif sehingga konsentrasi anak tinggi.

Melatih Kemampuan Gerak Pada Anak

Kemampuan gerakan atau motorik ada dua macam, halus dan kasar. Kemampuan motorik kasar terjadi ketika seorang anak menggerakan mainannya. Sedangkan motorik halus ketika anak memegang mainan, menyentuh, menjemput, dan mengelus mainannya.

Melatih Bahasa Pada Anak

Untuk anda yang ingin anaknya memiliki kemampuan bahasa yang baik, berikanlah penjelasan kepada anak tentang permainan yang akan dia mainkan

Itulah cara membuat anak jenius, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk yang membutuhkan perlengkapan bayi bisa ke babyluna.

Advertisements

Kommen