Advertisements
contoh cv

Contoh CV (Curriculum Vitae) Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Contoh CV – Salah satu bagian yang sangat penting ketika kita akan melamar pekerjaan ialah curruculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup yang harus menarik dan juga harus menjual. Banyak contoh CV yang beredar di internet. Di dalam CV tak hanya menyampaikan ringkasan informasi dan juga kualifikasi dari sang pelamar, akan tetapi perlu untuk menambahkan keunggulan dari sang pelamar, apa yang menjadikan dia harus diterima dibandingkan pelamar lainnya.

Zaman dulu, saat melamar pekerjaan memakai jasa POS, CV umumnya dicetak memakai kertas dengan kualitas yang baik, sampulnya juga harus menarik, atau dikirim memakai FedEx yang pengirimannya cepat. Zaman sekarang yakni di zaman digital, CV sudah biasa dikirim melalui email,  atau bisa juga hanya mengisi formulir secara online guna basic screening, sang pelamar harus pintar untuk menyusunnya sesuai dengan pekerjaan yang akan dia lamar.

Apa Itu  CV ( Curriculum Vitae) atau  Daftar Riwayat Hidup

contoh cv
helpshared.com

Daftar riwayat hidup atau orang biasa menyebutnya CV (Curriculum Vitae) adalah sebuah catatan atau dokumen yang berisis gambaran seseorang selama masa hidupnya. Biasanya daftar riwayat hidup diperlukan ketika melamar pekerjaan atau untuk keperluan lainnya seperti untuk masuk ke sekolah, daftar beasiswa, kegiatan tertentu. Umumnya daftar riwayat hidup ini harus ada ketika akan melamar sebuah pekerjaan. Mungkin untuk anda seorang yang memiliki usaha hal ini tidak terlalu penting akan tetapi anda juga perlu untuk mengetahuinya ketika akan menerima seorang karyawan.

CV ( Curriculum Vitae) atau Daftar riwayat hidup menjadi acuan awal yang menentukan posisi seseorang berdasarkan pengalaman yang sudah pernah dia lakukan. Sebuah riwayat hidup isinya relatif singkat, tapi memiliki peran yang sangat penting. Karena daftar riwayat hidup menjadi representsi dari diri anda ketika akan melamar sebuah pekerjaan atau keperluan lainnya.

Ketika menuliskan CV atau daftar riwayat hidup, haruslah diisi dengan sebenar-benarnya dan jangan lupa untuk melampirkan berkas pendukung. Hal itu sangat penting untuk langkah awal anda ketika melamar pekerjaan.

Video Membuat CV yang Baik

Kesalahan-kesalahan Dalam CV

Ketika kamu membuat sebuah cv, kamu haru memperhatikan beberapa hal berikut ini supaya cv yang kamu buat bisa diterima dengan baik oleh pihak HRD di perusahaan yang kamu inginkan.

Subjek Pada Email Tidak Jelas

Biasanya HRD suka terburu-buru dalam memerikas berkas lamaran kerja yang masuk ke perusahaannya. Hal ini menjadikan seorang HRD menjadi kurang teliti. Banyak seklai pelamar yang tidak jelas ketika menuliskan subjek di emailnya bahkan ada yang tidak mengisinya. Ini merupakan suatu kesalahan yang fatal. HRD tidak akan membuka lamaran kerjamu, apalagi sampai interview. Apabila kamu mengirim lamaran lewat email, subjek wajib diisi secara jelas.

Tips: Rumusnya ketika mengirim cv lamaran kerjamu ialah Sebutkan lamaran pekerjaan + posisi yang kamu mau. Contoh subjek email: Lamaran Pekerjaan Penulis

Gunakan Alamat Email Sesuai Dengan Nama Kamu

Sangat disayangkan, masih ada banyak orang yang melamar kerja memakai alamat email yang tidak jelas alias alay. Perlu kamu tahu HRD tidak akan merasa nyaman ketika mengetahui hal tersebut.

Tips: Pakailah email dengan nama asli kamu. Boleh diutak atik, dibalik nama, atau pun disingkat. Jangan alay alias norak seperti @dianacaiankdiaa. Alay!

File Usahakan Jangan Terlalu Besar

Ketika kamu akan mengirim cv kamu, usahakan agar ukuran berkasnya tidak terlampau besar atau sesuaikan dengan permintaan apabila ada.

Tips: Ubahlah file cv kamu menjadi file PDF kemudian dijadikan satu file dalam format rar atau zip, dengan menjadikan filenya rar atau zip, ukurannya akan lebih kecil.

Nama Attachment Sesuai Dengan File

Coba kamu perhatikan nama berkas-berkas lamaran pekerjaanmu. Kamu perlu unutk memperhatikan attachment sesuai dengan nama yang ada di file asli. Beberapa HRD malas mengunduh attachment apabila nama file-nya tidak sama isinya,

Tips: Kamu cukup menulis di dalam nama file dan nama attachment, contohnya: CV_Diana, Ijazah_Diana, dan lainnya.

Tidak Mencantumkan Tanggal Dalam Surat

Biasanya hal ini terjadi apabila seseorang banyak mengajukan lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan dan lupa mengganti tanggalnya dari surat lamaran sebelumnya dia lamar.

Tips: Untuk membuat surat lamaran baiknya kamu mengetiknya langsung di email. Ini menunjukkan keseriuasan kamu. Jadi bagian HRD tidak akan mengganggap bahwa lamaran kerjamu tidak copy-paste dari lamaran  sebelumnya.

Ukuran Font Harus Pas

Semakin sederhana CV dan lengkap semakin bagus. Akan tetapi jika CV-mu hanya satu halaman saja dengan ukuran font-nya kecil, kamu akan dicap tidak serus dalam membuatnya. Buat CV dengan memakai jenis dan juga ukuran huruf yang resmi atau formal.

Tips: Pakai font dengan jenis Times New Roman yang ukurannya 12 dan halamannya 2 halaman saja sudah cukup.

Jangan Membuat CV Lebih Dari 2 Halaman

Membaut CV untuk melamar kerja yang paling ideal itu dua halaman. Apabila tiga halaman? Masih bisa diterima. Akan tetapi apabila kamu memiliki beberapa hal yang penting dan banyak pengalaman-pengalaman yang perlu untuk ditulis, maka CV kamu akan lebih dari tiga halaman. Siapa coba yang mau baca CV sebanyak itu?

Tips: Coba kamu pilih-pilih kembail pengalaman yang perlu ditulis dalam cv kamu. Buat maksimal dua halaman saja.

CV yang Terlalu Colorful

Jangan pernah membuat CV dengan huruf warna-warni. Kamu tidak sedang mengikuti pelajaran kesenian! Menjadikan huruf pada CV penuh dengan warna tidak akan menjadikan HRD tertarik!

Tips: Pilih warna huruf hitam dan jangan memasukan warna-warna yang mencolok.

Typo Dalam Penulisan CV

Apabila sang HRD melihat CV kamu banyak melakukan kesalahan pengetikan atau typo. Kamu akan dinilai tidak memiliki kompetensi. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa CV yang kamu buat tidak ada kesalahan dalam hurufnya. Kesalahan dalan penulisan bisa menjadi sebuah indikasi bahwasannya kamu terburu-buru ketika menulis atau terkesan tidak serius.

Gunakan Foto yang Bagus

Orang Indonesia biasanya sangat kreatif, untuk membuat pas foto lamaran kerja aja menggunakan kamera HP ala kadarnya. Jika kamu melakukan itu bagian HRD tidak akan melirik pada berkas milikmu. Pas foto untuk HRD sangatlah penting, sebab pas foto menunjukkan kamu serius dalam mencari kerja. Pakai foto yang dari studio supaya hasilnya memuaskan.

Deskripsikan Keahlianmu Dengan Jelas

Masing-masing HRD memiliki penilaian masing-masing. Salah satu sebabyang menjadikan HRD menjadi malas untuk memanggil kamu interview ialah sang pelamar mendeskripsikan keahliannya tidak jelas atau memiliki pengalaman di perusahaan sebelumnya tapi tidak mencantumkannya.

Contoh:

  • Ms. Excel: Saya bisa menjalankan program Ms. Excel dan tau dasar-dasarnya.
  • Corel: Meskipun tidak terlalu handal, tapi saya bisa sedikit mendesain.

Cantumkanlah Kenalan Orang Penting atau Rekomendasinya

Memiliki banyak pengalaman bekerja bertahun-tahun di perusahaan yang besar tidak berarti kamu akan dengan mudah bisa masuk ke perusahaan yang kamu lamar apabila tidak memilik kenalan atau koneksi yang bagus.

Tips: Jika kamu memiliki kenalan orang penting, cantumkanlah kontaknya, supaya dia nantinya bisa memberikan rekomendasi kamu ke perusahaan yang hendak kamu lamar.

 

Untuk Anda yang akan melamar kerja pastinya akan melalui tes wawancara yuk lihat video tips wawancara kerja yang baik berikut :

 

 

Isi CV ( Curriculum Vitae) / Daftar Riwayat Hidup

contoh daftar riwayat hidup
pinterest.com

Hal yang harus ada di dalam daftar riwayat hidup seperti data pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, dan informasi lainnya seperti prestasi dan hobi. Berikut ini perinciannya:

Data Pribadi

Data pribadi yang harus ada yaitu nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, agama dan kewarganegaraan. Apabila perlu berikan infomasi mengenai berat badan dan tinggi atau informasi lainnya yang berkaitan dengan anda.

Pengalaman Kerja

Dibagian ini menjelaskan mengenai pengalaman kerja yang pernah anda lakukan. Jenis pekerjaan apa yang pernah anda lakukan, perusahaan tempat anda bekerja, dan lama anda bekerja.

Pendidikan

Pada bagian pendidikan isinya seputar dunia pendidikan yang pernah anda ikuti baik itu formal maupun non non formal. Pendidikan formal ini adalah pendidikan yang pernah diikuti dari sekolah dasar sampai dengan pendidikan terakhir. Informasi yang di tullis pada bagian ini lengkap dengan nama sekolah, tahun, dan alamat sekolah.

Informasi lainnya

Ada hal-hal lain yang perlu anda perhatikan ketika membaut daftar riwayat hidup, diantaranya:

Tulisan harus jelas, baik, mudah dibaca, rapi dan sesuai dengan EYD
Data yang ada di dalam daftar riwayat hidup merupakan data yang benar dan bisa dipertanggung jawabkan.
Rumusan kalimat harus jelas dan ringkas
Masukkan pelatihan yang pernah diikuti dan prestasi yang pernah diraih sebagai pendukung.

Fungsi CV ( Curriculum Vitae) / Daftar Riwayat Hidup

Fungsi dari daftar riwayat hidup yaitu untuk mempermudah bagian HRD supaya tahu dengan singkat dan data diri penting dari sang pelamar.

Contoh CV / Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi

Nama : Denia Smith
Tempat, tanggal lahir : London, 20 Desember 1980
Jenis Kelamin ; Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Inggris
Alamat : Jl. Suseno No. 10 Jakarta Pusat
Telepon : 0981920112342

Latar Belakang Pendidikan

Pendidikan Formal
1986-1992 : SD Negeri 10 Jakarta
1992-1995 : SMP Negeri 1 Jakarta
1995-1998 : SMA Negeri 100 Jakarta
1998-2002 : Oxford University

Pendidikan Non Foramal

1995-1996 : Kursus Balet di Balet Center Jakarta
1995-1997 : Kursus Bahasa Inggris di English First Jakarta
1997-1998 : Sekolah Bisnis Nasional Camp di Bandung

Kemampuan

1. Bisa mengoperasikan aplikasi komputer perkantoran ( Ms. Excel, Ms. Power Point, Ms. Word, MS Outlook, dan Ms. Access)
2. Menguasai Bahasa Inggris pasif dan aktif
3. Sistem perpajakan
4. Bisa mengemudi mobil dan motor
5. Memiliki kemampuan di bidang akuntansi dan administrasi

Pengalaman Kerja

1. Praktek Kerja Lampangan (PKL) :
Praktek kerja di PT. Asendo Java Group, Jakarta
Periode : Januari 1997 – Maret 1998
Tujuan : Kewajiban untuk memenuhi kelulusan di SMA Negeri 100 Jakarta
Posisi : Bagian Administrasi
Pekerjaan:

  • Memantau dan memperbaharui data konsumen
  • Mengatur jadwal pertemuan
  • Membuat surat penawaran kepada konsumen
  • Mempersiapkan tagihan

Bekerja di PT. Finance Abadi Luhur, Jakarta
Status: Karyawan Kontrak
Posisi : Bagian dari staff keuangan
Pekerjaan:

  • Mengatur dan mengelola kas anak perushaan
  • Membuat surat untuk keperluan bisnis perusahaan
  • Mengatur dan mengawasi persediaan alat-alat kantor
  • Mengeluarkan dan menerima faktur pemasok
  • Penggajian karyawan atau payroll

Demikian cv (curiculum vitae) atau daftar riwayat hidup ini saya buat dan bisa dipertanggung jawabkan. Terimakasih

Hormat Saya,

Denia Smith

Contoh CV Bahasa Inggris

Personal Detail Name : Dominis Martinus, S. Kom

Address : Jl. Simpang 3 No. 20, Kota Bogor

Place & Date of Birth : Bogor, 20 Mei 1980

Gender : Male

Martial Status : Married

Religion : Islam

Nationality : Indonesia

Educational Background

1985 – 1990 Indonesia National Elementry School 5 Bogor

1990 – 1993 Junior High School 7 Bogor

1993 – 1996 Senior High School 1 Bogor

1996 – 1999 Software Enginneer Degree Gadjah Mada University

Job Experiences

January – March 2000 on the job training at PT. Elemeneto Jaya Bogor

On April 2001 TOEFL Test at University of Indonesia

2001-2005 Chief Mareketing Ofiicer in Steel Company

Computer Skill

Internet Marketing, Programming, Making Software,  Microsoft Office

Personality

Good looking, diligent, patinet, responsible, discipline, humble and communicative.

Bogor, 20 Desember 2016

 

Dominis Martinus

Aplikasi Berbasis Web Untuk Membuat CV Secara Online

membuat cv online
livecareer.com

Untuk Anda yang merasa bingung atau tidak bisa membuat cv yang menarik dari contoh cv yang sudah ada, ada alternatif lain yang bisa anda lakukan. Ada beberapa website yang bisa membuat cv online dan hasilnya tidak mengecewakan. Berikut ini website yang bisa anda coba untuk membuat cv secara online :

Berikut Ini Kumpulan Contoh CV :

Contoh CV / Riwayat hidup Lamaran Kerja

Contoh CV Menarik

Contoh CV Kreatif

Itulah beberapa contoh cv atau daftar riwayat hidup yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membuat cv atau daftar riwayat hidup anda. Semoga artikel ini membantu. Jangan lupa untuk share artikel ini apabila bermanfaat. Silahkan komentar di bawah untuk masukan pada artikel ini. Terimakasih

Sumber : helpshared.com

Advertisements

Monggo di komen