Advertisements
contoh proposal usaha makanan

Contoh Proposal Usaha Makanan Ringan dan Berat

Contoh Proposal Usaha Makanan – Indonesi memiliki banyak sekali jenis-jenis masakan yang enak-enak. Dari masakan Padang, Sunda, Jawa, dan lainnya. Banyak sekali makanan tradisional khas Indonesia yang bisa dijadikan usaha. Hal ini merupakan sebuah peluang bagi orang yang jeli. Apalagi kebutuhan konsumi di Indonesia ini sangat tinggi sekali. Anda bisa membuat sebuah konsep tempat nongkrong di solo untuk menarik perhatian kaula muda di sana. Peluang usaha makanan masih terbuka sangat lebar, kita hanya perlu melakukan sedikit inovasi agar usaha makanan kita bisa bersaing dengan usaha makanan yang sudah ada. Biasanya unutk para pemula membutuhkan contoh proposal usaha untuk mendapatkan kucuran dana dari investor. Untuk sebagai inspirasi usaha makanan apa saja yang bisa anda jalakan dibawah ini ada contoh proposal usaha makanan yang bisa anda perhatikan. Banyak sekali peluang usaha di dunia makanan/ kuliner seperti makanan bakso, roti bakar, atau makanan ringan.

SEKOLAH BISNIS ONLINE DUA KODI KARTIKA

sekolah bisnis online dua kodi kartika

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali Anda ikut Seminar? Berapa harganya?

Kalau ikut workshop, apakah Anda pernah? Seberapa mahal harganya?

Kalau nonton film di bioskop, pastinya Anda pernah dong… Berapa harga tiket masuknya?

Anda bisa jawab pertanyaan Saya tersebut dalam pikiran Anda, gak perlu dikasih tahu ke Saya… ^_^

Tapi coba bayangkan…

Pernah gak Anda ikut seminar dengan investasi hanya Rp 5.000 per 30-60 menit nya? Pernah?

Saya pribadi, hampir setiap hari…

Kenapa?

Karena seminarnya diadakan secara online.

Gembiranya, bisa nonton sambil tiduran di rumah, bahkan saat sakit sekalipun…

Ilmu, dapat…

Inspirasi, dapat…

Ide, dapat…

Terlebih, ada 99 episode seminar yang bisa Anda tonton dan materinya asyik2.

Itu artinya, Anda cukup bayar Rp 5.000 x 99 episode = Rp 495.000. Hm, terlalu murah untuk pembelajaran online

dengan value yang luar biasa tinggi.

Namanya SBDKK (Sekolah Bisnis Dua Kodi Kartika). Pengajarnya kang Rendy Saputra.

Tentu, kalau Saya jadi Anda, dan mengetahui bahwa hari ini adalah KESEMPATAN TERAKHIR daftar dengan

harga MURAH, Saya pasti langsung daftar.

Mau saya kasih diskon? tambahkan kode voucer DISKON10 saat pendaftaran.

Anda bisa cek detailnya disini:

KLIK DISINI

TESTIMONI MEMBER SBDKK

testimoni sbdkk 1

testimoni sbdkk 2

testimoni sbdkk 3

DAFTRA SEKARANG JUGA! 

MASUKAN KODE: DISKON10

KLIK DISINI


Contoh Proposal Usaha Makanan

contoh proposal usaha makanan
rempahkita.com

1. Contoh Proposal Usaha Makanan Bakso

A. Latar Belakang

Pastinya semua orang yang ada di dunia menginginkan kehidupan yang layak dan tidak ingin diperintah oleh orang lain. Maka satu-satunya cara agar tidak menjadi bawahan tentu saja pasti hanya menjadi bos lah kita akan mencapai tujuan itu. Kebanyakan orang di Indonesia berfikirnya sempit, mereka tidak mau keluar dari zona nyaman untuk membangun mimpi dan usahanya untuk menjadi pengusaha. Mereka masih berfikir bahwa menjadi engusaha itu adalah pekerjaan yang kurang bergengsi dibandingkan dengan pekerjaan lainnya seperti dokter, dosen, dan pekerjaan lainnya. Akhir-akhir ini para anak muda cara berfikirnya sudah mulai terbuka, sejak banyak seminar-seminar dan pelatihan-pelatihan tentang kewrausahaan. Mereka pun mulai banyak yang semangat untuk menjadi pengusaha. Banyak sekali peluang-peluang usaha yang bisa kita lakukan. Diantaranya usaha usaha makanan bakso. Bakso sendiri merpakan produk makanan yang banyak diminati oleh banyak kalangan. Hampir semuanya suka dengan nikmatnya bulatan daging sapi yang kenyal terasa nikmat ketika di lahap kedalam mulut. Untuk menemukan penjual bakso sangat mudah sekali, dari kota samai desa-desa pasti ada saja penjual bakso. Maka ini merupakan sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk dijalankan.

B. Tujuan Usaha

1. Mendapatkan sebuah penghasilan dari usaha bakso.
2. Memberikan kualitaas bakso yang higenis dan enak.
3. Menciptakan lapangan kerja baru.
4. Membuat temat untuk saling berkerja sama.

C. Nama Usaha

Usaha yang akan dibangun yaitu warung bakso, dan semua hal yang berhubungan dengan bakso. Nanti juga tersedia menu-menu seperti jus biah, minuman kemasan, makanan ringan, dan lain-lain. Seiring dengan waktu kami akn terus melakukan perbaikan dan invoasi-inovasi kedepannya. Nama dari warung bakso untk saat ini yaitu “BAKSO BAROKAH” akan tetapi nanti akan ada perubahan nama jika itu diperlukan.

D. Tempat Usaha

Setelah survei ke beberapa tempat yang bisa dijadikan tempat usaha kami. Tempat yang kami pilih adalah di Jalan Pawirokuat, depan kampus UII Jogja. Di jalan ini apabila dibuka usaha dinilai sangat strategis dan cocok karena di depannya ada jalan yang ramai di lalui oleh orang. Tak jauh dari renana tempat usaha kita juga terdapat minimarket, kos-kosan dan perumahan serta tempat wisata.

E. Waktu Operasional Bakso Barokah

Jam atau waktu operasional warung bakso ini dimulai dari jam 10 pagi sampai dengan jam 10 malam. Waktu fleksibel sesuai dengan keadaan penjaga warung dan juga lingkungan di sekitar warung bakso.

F. Anggaran Dana Bakso Barokah

Rencan untuk anggaran warung bakso kurang lebih sebesar 25.000.000 dengan rinciannya sebagai berikut:

Rencana Anggaran Bakso Barokah

Penegluaran untuk bulan pertama

style="display:inline-block;"
data-ad-client="ca-pub-6627376861225423"
data-ad-slot="8988174994">
Keterangan Jumlah
Sewa tempat usaha 1 tahun 9.000.000
Meja 6 buah x 250.000 1.500.000
Kursi 24 buah x 50.000 1.200.000
Kipas angin 3 buah x 150.000 450.000
Etalase besar 1.000.000
Etalase kecil 700.000
Modal untuk bahan makanan 1 bulan x 250.000/hari 6.000.000
Karyawan 1 orang 250.000/bulan 250.000
Biaya promosi 300.000
Alat makan 500.000
Alat masak 500.000
Listrik air pulsa 1 bulan 600.000
Biaya lain-lain 3.000.000
Total   25.000.000

Prinsip yang dianut di usaha bakso ini yaitu prosentase yang proporsional untuk dana yang dianggarkan demi terus bertumbuhnya usaha yang dijalankan. Untuk pelaksanaan operasional persenannya dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kondisi usaha jika masih rugi pada bulan-bulan baru membuka usaha, BEP, ada penambahan untuk biaya operasional, dan lainnya. Kerjasama pada perjanjian bersifat mengikat dan fleksibel dapat berubah sewaktu-waktu melalui musyawarah dengan cara kekeluargaan.

G. Penutup

Dari hasil pembahasan di proposal inidapat disimpulkan bahwa usaha makanan bakso ini dari segi gagasan, terget pasar, sampai rencana keuangan memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya.
Semua yang baru merintis usaha pastinya tidak akan berjalan mulus sati nanti ada tantangan dan rintangan yang harus di hadapi. Tantangan terbesar dalam bidang usaha makanan bisanya adalah promosi dan juga sosialisasi kepada konsumen bahwa usaha makanan yang dijalankan patut untuk dipertahankan. Oleh sebab itu target pasar dari usaha ini yaitu untuk orang-orang yang ingin praktis membeli bkaso tanpa harus membuatnya sendiri yang memerlukan tenaga dan pikiran.

2. Contoh Proposal Usaha Makanan Tradisional

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Usaha Makanan Tradisional

Banyak masyarakat Indonesia yang kurang peka tentang lingkungan sekitarnya yang bisa menjadi peluang usaha, hal itu disebabkan karena kurang dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dan kurangnya ilmu yang mengakibatkan pengusaha yang ada di Indonesia masih sangat sedikit. Oleh sebab itu lapangan kerja dan penggangguran banyak sekali di Indonesia.

Dengan berwirausaha adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah perekonomian dan pengangguran yagn ada di Indonesia. Cara untuk berwirausaha pun banyak sekali, bisa dengan mengolah bahan-bahan mentah menjadi setengah jadi atau barang setengah jadi diproduksi menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Maka daripada itu kami memiliki ide untuk membuka usaha yang memiliki nilai jual yang memanfaatkan ubi sebagai bahan dasarnya. Kami akan membuat kue “UBICO” dengan bahan ubi yag bisa didapatkan dengan gampang , tapi dengan kurangnya pengethuan untuk mengolah, padahal itu bisa dibuat menjadi sebuah kue yang bisa dijual dengan harga yang pantas.

1.2 Visi Usaha

Memperkenalkan sekaligus mengangkat makanan tradisional di mata masyarakat.

1.3 Misi Usaha

a. Mengedepankan inovasi produk terutama produk tradisional

b. Mengangkat nilai dari makanan tradisional

c. Menjaga kualitas dan pelayanan supaya pelanggan puas

1.4 Tujuan Kegiatan Usaha Makanan

Tujuan dari pemilihan usaha makanan ini adalah:

a. Memperoleh keuntungan

b. Meningkatkan minat konsumen terhadap makanan tradisional

c. Membuka lapangan kerja baru

d. Mempertahankan makanan tradisional agar tidak punah dimakan zaman.

1.5 Maksud kegiatan usaha makanan tradisional

Dengan dibuatnya usaha makanan tradisional ini bermaksud supaya ilmu tentang kuliner yang telah didapat bisa disalurkan. Dengan ilmu yang sudah dimiliki bisa berinovasi untuk membuat makanan tradisional memiliki nilai lebih dan bisa bersaing dengan makanan modern. Dengan membuat inovasi kue yang berbahan dasar ubi. Kami akan membuat “UBIKO” bola ubi cokelat dari hasil inovasi kue ubi.

BAB II PEMBAHASAN

Ubiko merpakan nama dari roduk kami, penamaannya demikian karena kue ini bahan dasarnya ubi, biasanya ubi ini merupakan camilan orang-orang yang ada di kampung-kampung, tapi kami akan mencoba untuk membuat produk maknan yang menarik dari ubi ini sehingga bisa diterima di masyarakat luas.

Kandungan nutrisi pada ubi sangat bags untuk kesehatan. Ubi mengandung vitamin C, A, E, magnesium, betakaroten, kalium dan kaya dengan oksigen, oleh karena itu ubi bisa di konsumsi untuk semua kalangan, dari anak-anak kecil sampai orang dewasa.

2.2 Strategi Pemasaran

2.2.1 Segmen Pasar

Segmen pemasaran merupakan pembeli dijadikan sebagai target yang akan kita capai, produk yang kita buat adalah produk yang dapat dinikmati berbagi kalangan yang ada di masyarakat. Produk makanan ini juga bisa dinikmati oleh anak-anak sampai orang dewasa.

2.2.2 Target Pasar

Target yang kita sasar adalah warung-warung, sekolahan-sekolahan, dan kampus-kampus di sekitar.

2.2.3 Positioning

Supaya produk makanan yang kita buat dikenal oleh orang banyak, kami memiliki inovasi menambahkan beberapa rasa seperti kacang, cokelat, dan seres yang bisa meningkatkan rasa lebih enak dibandigkan dengan produk sejenis lainnya. Dan konsumen pun akan mudah untuk mengenali produk kita.

2.3 Analisis S.W.O.T.

Analisi SWOT (Strength Weakness Oportunity Threat) merupakan acuan untuk menganalisa persaingan usaha.

2.3.1 Strength

Dengan inovasi yang kita pasti akan diterima di masyarakat. Disamping itu kami juga menjadikan produk makanan ini berkualitas dan dengan bahan dasari ubi yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

2.3.2 Weakness

Produk makanan ini bisa ditiru

Ketahanan produk tidak lama

Harga bahan pembuatan produk tidak stabil

2.3.3 Oportunity

Produk sejenis sudah ada di masyarakat akan tetapi kami menambahkan inovasi sehingga berbed dengan produk yang sudah ada di masyarakat. Disaming itu produk dari bahan dasar ubi jarang sekali, maka ini merupakan sebuah peluang yang bagus untuk kedepannya.

2.3.4 Threat

Ada beberapa ancaman dari usaha ini diantaranya:

Bahan baku yang kadang naik turun

Persaingan yang tidak sehat

Adanya produk sejenis yang lebih baik yang mengakibatkan produk kami kalah bersaing

BAB III MANAGEMEN PRODUKSI

3.1 Proses Produksi

Kegiatan produksi yang kami lakukan adalah sebagai berikut:

Terus mengembangkan inovasi produk dengan menganalisa pasar yang telah kita bidik.

Menentukan bahan-bahan apa saja yang diperlukan dan juga bahan penunjang selain dari bahan utama. Lalu melakukan survei ke pasar untuk mendapatkan harga yang murah.

Dalam proses produksi dikerjakan dengan standar kerja yang sudah disusun agar proses produksi berjalan sesuai dengan apa yang kami harapkan.

Membuat laporan keuangan, hal ini agar dana dan transaksi yang kita dapatkan bisa kita analisa dan proses produksi pun akan berjalan dengan lancar.

3.2 Bahan Baku

Untuk proses produksi kami memakai bahan baku sebagai berikut:

No Nama Bahan Jumlah Harga Total
1 Ubi 16 Kg 2500 40.000
2 Tepung Tapioka 4 Kg 8.000 32.0000
3 Gula Merah 1 Kg 14.000 14.000
4 Kacang 2 Kg 25.000 25.000
5 Cokelat 5 pcs 10.000 50.000
6 Seres 5 pcs 5.000 25.000
7 Garam 5 pcs 5.000 25.000
Total 187.000

3.3.2 Perlengkapan

No Nama Barang Jumlah Harga Total
1 Label 5 lembar 3.000 15.000
2 Sarung tangan plastik 2 1.000 2.000
3 Wadah plastik 10 pak 8.500 85.000
Total 102.000

3.4 Biaya Lain-lain

No Nama Biaya Jumlah
1 Isi ulang gas 18.000
2 Transportasi 15.000
Total 33.000

3.5 Cara Membuat Produk

  • Siapkan bahan yang dierlukan
  • Kupas ubi dan cuci, setelah itu kukus hingga matang
  • Haluskan ubi yang sudah dikukus sampai menjadi adonan
  • Lalu masukan tepung tapioka, garam, tumbuk kembali samapi tercampur
  • Apabila setelah selesai ambil adonan dan buat bulat yang isinya diisi dengan cokelat atau lainnya.
  • Goreng dengan api yang sedang sampai warnanya berubah menjadi cokelat keemasan, angkat dan tiriskan.
  • Jika sudah dingin bisa diberikan toping sesuai selera.

BAB IV RENCANA ANGGARAN

4.1 Modal

Modal yang dikeluarkan untuk usaha ini 322.000

Total biaya: perlengkapan+bahan baku+biaya lain-lain= 102.000+187.000+33.000=322.000

Dimana dalamsat ali produksi kami membuat 100 buah dengan modal 322.000

4.2 Penentuan Harga Jual Produk

HPP( Harga Pokok Produksi) = biaya total / hasil produksi = 322.000/100 = 3220 pcs

Harga jual = harga pokok+laba = 3.220+1.780 = 5.000

4.3 Laba Rugi

Laba = (hasil produksi x harga jual) – modal = (100 x 5.000) – 322.000

= 500.000 – 322.000 = 178.000

Prosentase laba = laba/ modal x 100%

=178.000 / 322.000 x 100% = 55,27 persen

BAB V PENUTUP

5.1 Kesimpulan

UBIKO adalah produk yang berbahan dasar ubi yang diberi sedikit inovasi agar bisa diterima di masyarakat luas. Dengan harapan produk ini bisa diterima di masyarakat dan digemari oleh para pembeli.

5.2 Saran

Proposal ini jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik yang bisa membuat proposal ini lebih baik lagi.

Sekian proposal ini dibuat, semoga usaha yang akan kami jalankan berjalan dengan lancar dan bisa memberikan dampak yang baik di masyarakat.

Itulah 2 contoh proposal usaha makanan yang bisa anda buat sebagai acuan proposal usaha anda. Tetap semangat dalam berwirausaha dan jangan pernah lelah.

Advertisements

1 thought on “Contoh Proposal Usaha Makanan Ringan dan Berat

Monggo di komen