Advertisements
roti bakar cokelat dan kopi

Contoh Proposal Usaha Roti Bakar Nikmat Bikin Nagih

Contoh Proposal Usaha Roti Bakar

roti bakar cokelat dan kopi
rotibakarbro.com

Contoh Proposal Usaha Roti Bakar – Bicara masalah bisnis, Indonesia bisa di bilang sangat kurang skali orang yang berprofesi sebagai pengusaha. Banyak orang yang menganggap menjadi karyawan itu lebih mulia dibandingkan menjadi pedagang. Padahal bisa jadi pedagang itu gajinya lebih banyak dibandingkan dengan karyawan. Belakang ini orang-orang Indonesia mulai tumbuh semangat untuk berwirausaha, dibuktikan dengan banyaknya yang mencari contoh proposal usaha ikan bakar, roti bakar ice cream, usaha cuci motor, usaha roti goreng, dan usaha-usaha lainnya. Di artikel ini akan memberikan contoh proposal usaha roti bakar.

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Usaha Roti Bakar

  • Prospek Pasar

Pada zaman sekarang masyarakat sangat berhati-hati dalam membeli makanan di luar, karena banyak sekali makanan yang dijual oleh penjual yang tidak bertanggung jawab dan curang untuk menekan biaya produksi sehingga menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

Biasanya masyarakat kalangan bawah membeli makanan yang hanya mengutamakan rasanya yang lumayan enak tapi murah. Dua hal itulah yang biasanya menjadi pertimbangan mereka untuk membeli makanan. Masyarakat kalangan ke bawah pada umumnya tidak menghiraukan bahan dan kandungan apa saja yang ada di dalam makanan yang mereka beli. Maka dari itu kami akan membuat usaha makanan yang memiliki cita rasa yang enak, harganya terjangkau, pastinya aman dikonsumsi oleh manusia dan juga meiliki kandungan gizi yang cukup.

Dari dalam bahasan di atas kita akan mebangun sebuah usaha roti bakar, karena banyak masyarakat yang menyukai roti bakar dikarenakan rasanya yang gurih, enak, dan juga membuat ketagihan orang yang memakannya. Roti bakar ini nantinya akan memberikan beberapa rasa, sehingga para pembeli tidak merasa bosan dengan rasa yang hanya itu-itu saja.

Disamping itu rota bakar yang kami buat bisa di nikmati oleh banyak kalangan mulai dari anak, remaja, dan dewasa. Roti bakar ini bisa dikonsumsi pada waktu pagi atau pun malam hari. Lebih nikmat apabila makan roti bakar ditemani dengan segelas kopi hangat tau teh. Apalagi jika cuaca sedang hujan, dengan makan roti bakar sangat cocok sekali untuk menghangatkan badan sekaligus mengisi perut.

  • Manfaat Ekonomi

Usaha roti bakar sangat menjanjikan, karena keuntungan yang diperoleh lumayan besar. Kami memberikan kemudahan untuk para pelanggan dengan harga yang terjangkau dan memiliki kualitas produk yang terjaga dan terjamin keheigenisannya.

  • Manfaat Sosial

Untuk Pemilik

Dengan peluang usaha ini, harapannya usaha ini bisa berkembang dengan baik ke berbagai daerah di Indonesia. Usaha roti bakar ini terbilang masih memiliki potensi untuk di kembangkan di daerah-daerah di Indonesia yang masih belum ada orang yang mengambil peluang usaha di daerahnya. Keuntungan yang diperoleh oleh sang pemilik bisa dijadikan sebagai pengalaman dalam dunia bisnis. Juga menjadikan bekal untuk menjalankan bisnis yang lebih besar lagi. Pengalaman-pengalamn yang diperoleh seperti cara mengatasi dan melayani konsumen, manajemen karyawan, dan lain-lain.

Untuk Masyarakat

Roti bakar bisa menjadi sebuah camilan untuk masyarakat yang enak, mengenyangkan, dan juga terjamin kualitasnya. Disamping itu jika usaha roti bakar ini terus mengalami perkembangan maka lowongan pekerjaan pun akan semakin bertambah jadi, bisa membuka lowongan pekerjaan yang lebih luas.

  • Tujuan Usaha
  1. Mendapatkan keuntungan.
  2. Menambah wawasan dan pengalaman dalam dunia kewirausahaan.
  3. Menambah lowongan pekerjaan.
  4. Memupuk rasa percaya diri dan semangat dalam berwirausaha di kalangan masyarakat.

Visi

Menjadikan sebuah usaha roti bakar yang memiliki kualtias terbaik dan memiliki banyak cabang di seluruh daerha di indonesia.

Misi

  1. Memberkan layanan dan produk terbaik.
  2. Terus menambah lowongan pekerjaan.
  3. Memberikan keterampilan dalam berwirausaha.

BAB II USAHA YANG DIAJUKAN

  • Produk

Produk yang ditawarkan memiliki beragam rasa, seperti:

  • Kacang
  • Keju
  • Cokelat
  • Strawberry
  • Nanas
  • Srikaya
  • Blueberry

Dengan banyaknya rasa para konsumen bisa memilih rasa yang mereka suka sesuai dengan keinginannya masing-masing. Campur bahan pada produk kami tidak mengandung bahan dengan unsur yang bisa membahayakan kesehatan manusia seperti formalin, boraks dan bahan kimia pengawet lainnya yang bebahaya bagi manusia, sehingga produk yang kita buat aman dikonsumsi dan tidak merusak kesehatan.

Analisis SWOT Usaha Roti Bakar

Analisis SWOT (Strength Weakness Oportunities Threats)di bisnis roti bakar ini sebagai berikut:

Kekuatan (Strength)

Untuk membuat roti bakar sangatlah simpel dan tidak memerlukan waktu yang lama.
Harga dari roti bakar terjangkau, jadi bisa dibeli oleh semua kalangan yang ada di masyarakat.
Roti bakar yang kami sajikan memiliki citarasa yang enak dan gurih, karena dibuat dengan bahan yang berkualitas.
Memiliki beragam rasa, jadi para pelanggan nantinya tidak bosan dengan roti bakar yang rasanya itu-itu saja.

Kelemahan (Weakness)

Tempat usaha sangat berpengaruh agar para pembeli bisa dengan mudah membeli roti bakar kami.
Pembelian biasanya akan sedikit menurun apabi tejadi cuaca yang buruk.
Kenaikan harga sembako yang tidak stabil bisa berpengaruh terhadap daya beli konsumen.

Peluang (Opportunities)

  • Biasanya masyarakat banyak yang mencari camilan terutama ketika malam hari, maka roti bakar bisa jadi sebagai pilihan makanan untuk camilan di malam hari.
  • Biasanya para pedagang roti bakar hanya menawarkan rasa yang umum ada di roti bakar lainnya yaaitu rasa cokelat, keju, nanas, kacang, srikaya, strawberry, blue berry, maka oleh karena itu kami akan menambahkan rasa baru agar memiliki lebih banyak rasa dibandingkan dengan pedagang roti bakar lainnya yaitu rasa durian. Jadi masyarakat yang suka dengan durian, roti bakar ini bisa jadi alternatif.
  • Pasar roti bakar ini sangat luas dimana bia mencakup dari berbagai kalangan dari muda samai tua.

Ancaman (Threats)

  • Banyaknya usaha sejenis yang menawarkan pelayanan yang lebih baik.
  • Adanya inovasi-inovsi baru yang bisa menarik konsumen ke tempat roti akar lain.
  • Bermunculannya makanan-makanan unik yang bisa mengalihkan pelanggan.

 

Rencana Pemasaran

Target Pasar

Tempat usaha yang akan kami tempati harus berada di tempat-tempat yang strategis seperti di pinggir jalan utama. Hal itu karena dengan tempat usaha kita berada di tempat yang ramai dan banyak dilewati orang, kami pun akan mudah mendapatkan pembeli. Karena target dari usaha roti bakar kami adalah masyarakat sekitar tempat usaha dan masyarakat yang melewati tempat usaha kita.

Persaingan

Banyak sekali saingan di usaha roti bakar ini, tapi dengan adanya persaingan kita dituntut untuk terus berpikir kreatif supaya usaha yang dijalankan terus berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Kita juga harus bersaing secara sehat dan tidak boleh saling menjatuhkan.

Sasaran Pembeli

Sasaran atau target pembeli kita yaitu semua kalangan masyarakat, baik itu kalangan atas, kalangan menengah, dan kalangan bawah. Semua kalangan yang disebutkan pasti mampu untuk untuk membeli roti bakar kami, dikarenakan harga dari roti bakar kami terjangkau dan tidak menguras uang terlalu dalam. Harga untuk roti bakarnya antara 12.000 – 20.000.

Strategi Pemasaran

Ada beberapa strategi yang akan kami jalankan diantaranya:

Mulut ke mulut (Word of Mouth)

Promosi mulut ke mulut ini bisa dibilang sebagai promosi yang sangat ampuh, dan tidak perlu mengeluarkan uang. Kita hanya dituntut untuk membuat produk yang enak dan membuat pelanggan rindu untuk mencobana lagi, nanti biasanya orang yang sudah merasa cocok dengan produk kita pasti akan merekomendasikan ke keluarga atau teman-temannya. Apalagi di zaman sosial media saat ini jika pelanggan membagikan pengalamannya tentang produk kita pasti bisa langsung viral.

Media Online

Perkembangan dunia oline saat ini sangat begitu pesat, kita harus memanfaatkannya sebagai medai promosi secara online. Kita bisa berpromosi mellu media sosial seperti facebook, twitter, blog, dan media sosial lainnya. Dengan begitu usaha kita akan banyak diketahui oleh orang lain.

Pengembangan Pasar

Kita juga harus memikirkan cara mengembagkan pasar selain melakukan strategi-strategi produk. Cara untuk memperluas pasar kita akan membuka cabang baru di daerah yang potensial. Sehingga usaha kita banyak dikenal orang orang banyak dan bisa meningkatkan pendapatan. Kita juga bisa memberikan lowongan pekerjaan baru.

Pengembangan Produk

Untuk pengembangan produk, kita bisa menambahkan rasa yang tidak ada di penjual roti baka lain. Misalnya rasa durian jarang sekali pedagang roti bakar yang ada menu rasa duriannya. Tentunya dengan harga yang terjangkau. Kedepannya mungkin akan dikembangkan dengan inovasi-inovasi baru yang bisa untuk menjaga loyalitas para pelanggan.

Rencana Produksi

Harga

Harga yang kami tawarkan bermacam-macam sesuai dengan rasa yang dipilih. Daftar harganya adalah sebagai berikut:

[table “” not found /]

Kontrol Kualitas Produk

Untuk menjaga kualitas produk perlu adanya kontrol terhadap produk sebelum di jual ke konsumen. Kita akan melakukan pengecekan rasa dan roti sebelum berjualan.

BAB III ANALISIS KEUANGAN

Biaya awal

[table “” not found /]

Analisis Risiko Bisnis

Modal Awal 5.000.000
Perolehan
Rata-rata penjualan 15 bungkus
rata-rata harga: 15.500 x 15 = 172.500

Laba Kotor

[table “” not found /]

Biaya Operasional per Bulan

[table “” not found /]

BEP (Break Event Point) = Modal Awal / Laba Bersih = 4.700.000 / 1.925.000 = 2,5 bulan

Laba Rugi

[table “” not found /]

Arus Kas

[table “” not found /]

Neraca

[table “” not found /]
Advertisements

Kommen