Advertisements
contoh resensi buku

Contoh Resensi Buku Pengetahuan, Non Fiksi, Novel, dan Cara Membuatnya

Contoh Resensi Buku – Kamu sedang mencari informasi perihal resensi buku untuk tugas sekolah atau ingin belajar mengenai cara meresnsi yang baik dan benar beserta contoh resensinya. Selamat! Kamu berada di website yang tepat. Sebenarnya banyak sekali contoh resensi, seperti contoh resensi novel, contoh resensi buku fiksi dan lainnya. Berikut ini pembahasan mengenai resensi buku dan contoh resensi buku yang bisa kamu pelajari.

contoh resensi buku
pixabay.com

Pengertian Resensi Buku

Pengertian resensi buku menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah pembicaraan atau pertimbangan mengenai buku dan ulasan buku. Sedangkan pengertian dari resensi adalah suatu karya tulis yang mengulas sebuah karya,baik itu novel, buku pengetahuan, komik, majalah, atau film.

Kata resensi sendiri asalnya dari bahasa latin, yaitu recensere atau revidere yang memiliki arti menimbang, melihat kembali, atau menilai. Arti itu sama dengan bahasa Belanda yaitu recencie, dan di dalam bahasa Inggris adalah review. Istilah-istilah itu memiliki makna dan arti yang sama yang initinya adalah mengulas sebuah buku. Resensi memiliki tindakan yang bisa memberi penilaian, membahas, membahas isi buku, atau mengkritik sebuah buku.

Pengertian Resensi Menurut Para Ahli

pengertian resensi

Saryono (1997:56)

Saryono berpendapat bahwa reseni adalah sebuah tulisan seperti esai tapi bukan bagian dari ulasan yang menyeluruh tentang sebuah buku. Dimana isinya bisa berupa laporan, pertimbangan, ulasan, baik buruknya, bermanfaat tidaknya, kuat lemahnya, benar salahnya, dan argumentatif tidaknya buku yang di resensi.. Tulisan yang dibuat itu ditambah dengan foto atau fotocopy dari sampul buku yang di resensi.

Panuti Sudjiman (1984)

Panuti Sudjiman berpendapat bahwa resensi adalah hasil penilaian dan pembahasan yang singkat dari sebuah karya tulis. konteks ini memberikan arti penilaian, membahas, mengungkap secara sekilas, dan mengkritik sebuah buku.

WJS Poerwadarminta (2003:73)

Poerwadarminta berpendapat bahwa resensi adalah suatu perbincangan atau pertimbangan mengenai sebuah buku yang menilai kekurangan dan kelebihan buku itu. kritikan terhadap buku, menarik tidaknya isi dan tema buku, dan memberi rekomendasi kepada orang mengenai perlu atau tidaknya membaca buku tersebut. Perbincangan mengenai buku tersebut biasanya ada dalam surat kabar atau pun majalah.

Dalam Buku Bahasan dan Sastra Indonesia ( Penulis: Euis Sulastri dkk )

Asal dari kata resensi dari bahasa Belanda yakni renetie, yang memiliki arti bahasan atau kupasan. Jadi, arti dari resensi adalah suatu pembahasan atau kupasan menggenai buku, drama, film yang biasanya ditayangkan melalui media massa.

Jenis-jenis atau Macam-macam Resensi

jenis-jenis resensi

Resensi Kritis

Resensi kritis adalah salah satu dari jenis resensi dengan bentuk ulasan yang mendetail atau rinci menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari jenis resensi ini biasanya objektif dan kritis di dalam menilai isi dari sebuah buku.

Resensi Deskriptif

Resensi deskriptif adalah jenis resensi yang menerangkan secara mendetail di setiap bab atau bagian dari buku yang di resensi.

Resensi Informatif

Resensi informatif adalah salah satu jenis resensi yang menerangkan sebuah isi dari resensi buku dengan singkat dan biasanya umum dari semua isi buku.

Tujuan Resensi Buku

tujuan resensi buku

Resensi memiliki tujuan tersendiri. Tujuan dari resensi buku sendiri itu sebagai berikut :

  1. Menguji kualitas sebuah buku.
  2. Mengetahui alasan dan latar belakang buku itu diterbitkan.
  3. Memberikan kritikan dan saran kepada penulis buku terhadap isi buku, cara penulisan, dan subtansinya.
  4. Memberikan kepada calon pembaca sebuah gambaran dan penilaian buku secara singkat.
  5. Pembaca bisa mengetahu kekurangan dan juga kelebihan dari sebuah buku.

Manfaat Resensi Buku

manfaat resensi buku

Meresensi sebuah buku memiliki beberapa manfaat diantarantya adalah :

  • Sebagai bahan pertimbangan unutk pembaca perihal sebuah karya yang bisa mempengaruhi karya tersebut.
  • Menjadi sarana promosi, karena dengan adanya reseni, buku secara tidak langsung menjadi media promosi yang ampuh dan bisa saja gratis, asalakan resensi yang dibuat adalah resensi yang positif.
  • Sebagai penulis, manfaat dari meresensi yaitu semakin kita sering menulis secara tidak langsung keahlian menulis kita akan meningkat.

Unusur-unsur Dalam Resensi Buku

unsur-unsur dalam resensi buku

Ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan ketika akan meresensi sebuah buku. Berikut ini unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah resensi:

Identitas Buku

Identitas buku meliputi judul buku, nama pengarang buku, nama penerbit beserta alamat penerbitnya, no. edisi, dan jumlah halaman buku. Pada identitas buku bisa meliputi ukuran dari buku, ilustrasi jilid, dan warna buku. Tapi, dalam kepenulisan resensi hal-hal itu jarang dimunculkan.

Ikhtisar Buku

Ikhtisar buku merupakan susunan berdasarkan dari pokok-pokok isi buku. Ada perbedaan ketika akan meresensi buku novel dan buku non fiksi. Pokok-pokok isi dari novel bisa ditentukan dengan suatu peristiwa atau keadaan yang penting.

Kepengarangan

Kepengarangan sering disampaikan dalam resensi sebuah novel. Terutama yang berkaitan dengan latar belakang, sikap-sikap, keahlian, dan karyanya. Pada bagian kepengarangan disampaikan secara singkat dan biasanya tidak lebih dari satu paragraf. Biasanya dicantumkan di halaman utama atau di belakang novel.

Keunggulan dan Kelemahan

Keunggulan dan kelemahan pada resensi berkaitan dengan unsur-unusr yang ada pada novel. Dimana di unsur-unsur tersebut, memberikan penilaian berdasarkan penguasaan masalah, kesederhanaan, kekhasan, dan asspek lainnya.

Cara Membuat Resensi Buku

cara membuat resensi buku

Berikut ini adalah tahapan cara membuat resensi buku. Sebelum anda meresensi sebuah buku perhatikan dengan baik-baik hal-hal berikut ini:

1. Pengenalan buku yang diresensi, dimulai dengan tema dari buku, deskripsi dari isi buku, foramt, nama penerbit, dimana dan kapan diterbitkan, tebal buku, sampai harga dari buku tersebut. Siapa pengarang dari buku yang anda resensi mulai dari nama, latar belakang penulis, prestasi, karya sang penulis, sampai apa alasan dia menulis buku tersebut. Golongkan buku yang diresensi termasuk dalam kategori ekonomi, politik, teknik, psikologi, pendidikan, sosiologi, bahasa, filsafat, atau sastra.

2. Bacalah buku yang hendak diresensi secara cermat, teliti dan komprehensif. Isi yang ada di dalam buku perlu dipahami sebelum diresensi.

3. Tandai bagian yang mendaptkan perhatian secara khusus dan tentukan bagian yang akan dikutip untuk dibuat data.

4. Buat sinopsis dari buku yang akan diresensi.

5. Menentukan penilaian dalam hal berikut:

  • Kerangka penulisan. Bagaimanakah hubungan antara bagian satu dengan yang lainnya, dinamika, dan sistematikanya.
  • Isi pernyataan. Analisa penyajian data, bobot ide, bahasa yang digunakan apakah sesuai EYD, kalimat dan penggunaan kata utamanya untuk buku ilmiah.
  • Aspek teknis. Bagaimanakah tata letak, kerapihan, kebersihan, dan cetakannya banyak salah cetak atau tidak.
  • Sebelum anda menilai, baiknya terlebih dahulu membuat garis besar atau outline resensinya. Outline akan membantu ketika menulis, merevisi, dan mengoreksi hasil dari resensi yang memakai dasar dan kriteria yang sudah ditentukan.

Contoh Resensi Buku Pengetahuan

contoh resensi buku pengetahuan

Identitas Buku Pengantar Filsafat Pendidikan

Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan
Penulis : Drs. Uyoh sadulloh, M.Pd
Jumlah Halaman Buku : 183 hlm.
Tahun Terbit : September 2004

Isi Buku Pengantar Filsafat Pendidikan

Pendidikan adalah suatu kegiatan yang dikerjakan manusia menggunakan media yang sangat luas, dimana mencakup semua pengetahuan dan pengalaman pada manusia mengenai pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu praktek di dalam hidup, sama seperti kegiatan lainnya, seperti kegiatan hukum, kegiatan agama, kegiatan ekonomi, dan kegiatan lainnya. Disamping itu, kita bisa mempelajari pendidikan dengan cara akademik, baik itu secara empirik yang sumbernya dari pengalaman, atau dengan merenungi untuk melihat arti dari pendidikan dalam kontek yang lebih luas lagi. Pertama adalah praktek pendidikan, dan kedua adalah teori pendidikan.

Keunggulan Buku Pengantar Filsafat Pendidikan

Buku ini memiliki keunggulan yaitu mampu memberi informasi mengenai suatu nilai, sumber nilai, dan bagiamana seorang manusia bisa mendapatkan nilai itu sebab pendidikan pada prinsipnya tidak bisa dipisahkan dengan nilai.

Kelemahan Buku Pengantar Filsafar Pendidikan

Buku ini memiliki kelemahan yaitu kurang memberikan kepahaman untuk para pembaca yang masih pemula yang menyebabkan penyampaian yang disampaikan buku ini tidak tersampaikan dengan baik ke pembaca.

Kesimpulan Buku Pengantar Filsafat Pendidikan

Buku ini bisa jadi rekomendasi sebab di dalam buku ini terdapat ilmu pendidikan, pendekatan ilmu filosofis, dan tidak hanya teori pendidikan saja yang dibahas akan tetapi dengan praktik pendidikannya untuk membangun sumber daya manusia dan juga memberikan pengalaman yang luas, sebab pendidikan berkaitan erat dengan seluruh aspek dalam kehidupan baik itu pengalaman atau pemikirannya. Di dalam ilmu pendidikan butuh kajian filosofis sebab kajian seperti ini akan melihat pendidikan dalam kenyataan yang berkesinambungan. Pengkajian pilosofis megengenai pendidikan bisa membantu memberi informasi mengenai hakikat dari manusia yang secara horizontal berkaitan dengan hubungan antar manusia dan alam semesta. Pengkajian filosofis bisa juga memberi informasi yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan jufa sumber dari pengetahuan. Hal ini bisa membantu di dalam menentukan tujuan dari akhir pendidikan itu sendiri.

Contoh Resensi buku Non Fiksi

contoh resensi buku non fiksi
tokobukuarafah.com

Identitas Buku Muhammad Al Fatih 1453

Judul Buku : Muhammad Al Fatih 1453
Penulis : Felix Y. Siauw
Penyunting : Salman Iskandar
Penerbit : Al Fatih Press
Cetak : Kelima, November 2013
ISBN : 978 602 17997 0 3
Harga : Rp. 75.000
Tebal : xxvi + 320 hlm

Mempelajari sejarah, utamanya berkaitan dengan sejarah Islam, akan memberikan asupan semangat juang dan renungan yang menjadikan kita berpikir dan bertindak agar lebih baik lagi. Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali untuk meninggalkan sejarah Islam.

Buku dengan judul ‘Muhammad Al Fatih 1453’ merupakan buku yang menceritakan tentang penaklukan sebuah kota yaitu Konstantinopel oleh seorang Sultan/ Raja yang semenjak kecil di didik untuk menjadi pemimpin yang cerdas, berani, dan kuat untuk menaklukan Konstantinopel dan membuktikan kebenaran nubuah dari Nabi Muhammad Shalalhualaihiwassalam..

Konstantinpel ialah kota yang sangat strategis sekali sebab kota ini terletak di persimpangan diantara benua Eropa dan benua Asia, kota dimana aktifitas pelabuhannya yang sangat sibuk ketika zaman itu.

Konstantinopel adalah kota yang memiliki kesempatan secara terhormat dengan menjadikan kota ini menjadi salah satu dari 3 peradaban paling besar yang ada di dunia dan mendapatkan gelar kota yang pertahanannya terbaik di dunia ketika itu..

Sudah puluhan percobaan dilakukan untuk menaklukan kota itu, tapi hasilnya selalu gagal, kota ini diklaim membutuhkan waktu lebih dari delapan0 abad agar bisa ditaklukan.

Konstantinopel ialah kota yang memiliki benteng pertahanan berlapis tiga dimana ketingggian benteng tersebut kurang lebih dua puluh meter.

Kota dengan pertahanan yang bisa dibilang mustahil untuk ditaklukan ini pada waktu itu ternyata bisa ditaklukkan oleh seorang Sultan yang menjadi seorang tokoh besar sepanjang sejarah Islam, siapakah dia?

Muhammad Al Fatih 1453 adalah sebuah buku biografi tokoh besar Islam, tokoh yang dianugrahi julukan ‘panglima terbaik’, tokoh yang bisa menggerakkan pasukannya untuk membebaskan kota dengan pertahanan terkuat di dunia yaitu Konstantinopel.

Muhammad Al Fatih merupakan seorang yang tidak hanya saja menjadi pemimpin politis, tapi beliau pun menjadi pemimpin ideologis yang menguatkan posisinya di mata rakyatnya dan pasukannya.

Beliau juga adalah seorang ulama dan ilmuan yang sudah hafal Al Quran sejak masih kecil, hafal dan paham tujuh bahasa. Kehidupan yang dijalani oleh beliau sangat akrab dengan budaya yang penuh dengan keilmuan, di masa pendidikannya beliau dibimbing oleh dua ulama terbaik ketika itu.

Muhammad Al Fatih merupakan seorang sultan sekaligus panglima perang yang sangat yakin tentang bisyarah (kabar) dari Nabi Muhammad Shalalahualaihiwassalam, yaitu:

“Kota Konstantinopel nanti akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya merupakan sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya merupakan sebaik-baik pasukan.” [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335].

Semua hidupnya didedikasikan untuk tujuan yang sangat mulia ini. Beliau menjadi seorang panglima perang dan juga gubernur ketika umur 21 tahun dan terus menaklukan sampai beliau meninggal ketika ingin menaklukkan kota Roma. Dimana akhirnya saat ini belum bisa ditaklukkan oleh panglima manapun yang ada di dunia ini.

Beliau meninggal umur 52 tahun yang telah membuat karya sangat besar untuk Islam dan juga kaum muslimin, yang dengannya itu memaksa dunia untuk tidak lagi lagi menganggap remeh kaum muslimin.

Contoh Resensi Buku Fiksi

contoh resensi buku fiksi
wattpad.com

Identitas Buku Novel Dear Nathan

Judul Buku : Dear Nathan
Pengarang : Erisca Febriani
Jumlah Halaman : 528 hlm.
Penerbit : Best Media
Tahun Terbit: 2016

Pembuka Resensi Buku Novel Dear Nathan

Buku ini mengisahkan perihal percintaan dan persahabatan di masa SMA. Buku novel ini berkisah tentang seorang gadis bernama Salma dan seorang pria bernama Nathan. Buku novel ini terdiri dari 31 bab yang memiliki alur cerita dan tema setiap babnya berbeda-beda. Penulis sukses membuat seorang tokoh yang bisa membuat pembaca terbuai. Bagaimana sang tokoh ini bertingkah, bersikap, kenakalannya, dan paling utama cara dia bisa bersama Salma, semuanya sungguh menarik. Pengarang bisa membuat suasana ceritanya menjadi penuh dengan semangat yang membuat pembacanya penasaran cerita di bab selanjutnya.

Jenis Buku Novel Dear Nathan

Dear Natahan merupakan jenis buku fiksi dikarenakan karakter yang ada merupakan karakter buatan.

Keunggulan Buku Novel Dear Nathan

Meskipun tema dari buku ini sudah mainstream atau banyak penulis novel yang membuat cerita dengan rema serupa, akan tetapi karakter Nathan yang menjadi unggulan dalam novel ini. Pada intinya penulis berhasil membaut karakter yang kuat. Tak hanya tokoh utama, tokoh pendukung yang jumlahnya banyak , penulis piawai memberikan karakter khas di setiap karaketer pendukungn dengan ciri khas anak SMAnya. Jalan cerita yang di sajikan juga masuk akal. Konflik yang di ceritakan bisa disampaikan dengan bagus, dan penyelesaian konfliknya pun apik. Banyak sekali amanat yang bisa diambil dari buku novel ini. Mengenai kasih sayang, pengorbanan, persahabatan, dan arti memaafkan dan mau menerima realitas kehidupan.

Kelemahan Buku Novel Dear Nathan

Penggunaan bahasa yang baku dalam percakapan diantara dua orang tokoh tidak menggambarkan bahwa mereka merupakan pasangan anak yang masih muda, dan lebih terasa kaku. Cara penulis membaut narasinya terasa berlebihan. Terkadang, pemilihan katanya tidak pas. Narasinya juga sering memutar ke sana kemari. Buku dengan tebal 528 halaman ini memberikan kesan malas untuk membaca buku ini untuk pertama kali. Akan tetapi, buku ini bagus untuk kamu para remaja untuk menjalani masa mudanya.

Nilai yang Terkandung Dalam Buku Novel Dear Nathan

Nilai yang ingin disampaikan dalam novel ini adalah mengenai kesetiaan diantara dua orang kekasih. Mengajarkan agar kita selalu berjuang dan selalu setia kepada sesuatau yang kita anggap baik untuk masa depan kita.

Contoh Resensi Buku Novel

contoh resensi buku novel
radityadika.com

Identitas Buku Novel Koala Kumal

Judul : Koala Kumal
Penulis : Raditya Dika
Penerbit : Gagas Media
Tanggal Terbit : 17 Januari 2015
Tebal Halaman : 250 halaman

Untuk berproses menuju kedewasaan merupakan sesuatu yang biasa untuk penulis. Perubahan itu akan terasa kepada pembaca setia yang dari awal mengikuti terus karya-karya sang penulis. Responnya pasti beranekaragam, ada yang semakin mengidolakan pada sang penulis, tapi biasanya kebanyakan yang terjadi ialah kecewa berat dan malah bisa sampai mencaci maki pada si penulis.

Ini sudah biasa terjadi kepada penulis yang baru menerbitkan karya perdananya dan langsung meledak. Ini sama seperti yang terjadi di industri musik. Mungkin saja anda sudah mengetahui bahwa yang dimaksud itu adalah grup musik Arctic Monkeys.

Perubahan yang sangat drastis yang dibuat mereka di dalam album AM malahan menjadikant nama mereka semakin tenar. Apakah seorang Raditya Dika termasuk dalam kategori sukses dengan cepat pada karya perdanannya juga? Kambing Jantan muncul dengan memberikan sesuatu yang berbeda.

Komedi kasar yang merupakan materi langsung dari blog pribadinya Raditya Dika. Tapi, apakah Koala Kumalnya Raditya Dika juga bisa menjadi seperti layaknya album AM Arctic Monkeys?

Raditya Dika, biasa di panggil Dika, merilis buku ketujuhnya dengan judul Koala Kumal. Ini adalah momen yang sangat dinantikan oleh para penggemar Raditya Dika, sebab sudah tiga tahun dia tidak menulis buku. Dalami tiga tahun terakhir, dia sibuk dengan proyek serial film Malam Minggu Miko dan film dari adaptasi novelnya, dimana dia sendiri berperan sebagai pemain, penulis skenario, sekaligus sutradaranya.

Kenapa bukunya diberi judul Koala Kumal? dibagian bab akhir, Dika menerangkan mengenai patah hati. Tentang orang yang masa lalunya saling memberi rasa yang nyaman, tapi ketika bertemu lagi perasaan itu sudah berbeda.

Sama seperti seekor koala yang pindah dari hutan tempat ia tinggal, tapi saat kembali koala itu bingung sebab hutan yang pernah jadi rumahnya itu dibabat habis oleh manusia. Karena itu, buku ini berjudul Koala Kumal. Kebanyakan isinya menceritakan tentang patah hati, rasa yang pernah ada, dan perihal kenyamanan yang hilang diganti cinta yang baru.

Koala Kumal halamannya sedikit lebih tipis dibanding buku sebelumnya yaiut buku Manusia Setengah Salmon. Kembali memakai judul binatang, kesempatan ini Dika melanjutkan konsep “Komedi Pakai Hati”. Kematangan dan kedewasaan semakin terlihat disini. Struktur dari bahasanya semakin rapi.

Dengan usia yang sudah 30 tahun, Raditya Dika secara perlahan menghilangkan kata-kata yang kasar dan tak baku seperti yang ada di buku-buku sebelumnya. Sebenarnya tidaklah begitu penting struktur bahasa di dalam buku komedi. Tapi, perbedaan itu sangat jelas. Berbeda jauh dengan buku Kambing Jantan, buku pertamanya Dika dimana bahasanya slengean dan tidak mengindahkan struktur bahasa..

Tapi, apakah patah hati sebagai tema utama dan juga kedewasaan menjadikan Koala Kumal tak lucu lagi? Justru dari sanalah, kecerdikan Dika bekerja. Lucu dan tidaknya harus memakai komedi kasar. Komedi dengan menggunakan hati pun bisa, begitulah prinsip yang di pegang Dika.

Memang itu terbukti benar. Anda tak perlu khawatir sense of comedy yang dimiliki Raditya Dika akan luntur sampai dia tua. Tapi, jangan ada harapan komedi Koala Kumal serusak dan sekasar dengan buku Kambing Jantan dan Babi Ngesot.

Kesimpulan, Koala Kumal sangat direkomendasikan untuk dibeli dan dibaca pastinya. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita petik dari buku novel Koala Kumal, terutama bagi orang yang baru saja mengalami patah hati. Patah hati merupakan proses untuk menuju kedewasaan. Dengan patah hati tidak berarti kita tidak lagi bisa mengejar cinta. Cinta membutuhkan sebuah perjuangan. Perjuangan sendiri adalah mempertahankan sebuah kenyamanan.

Sekian contoh resensi buku pengetahuan, non fiksi, dan novel beserta cara membuat resensi buku. Contoh resensi novel yang lengkap sudah saya tulis di artikel lainnya anda bisa cari.

Advertisements

Kommen