Advertisements
contoh-rumusan-makalah-skripsi

Contoh Rumusan Masalah Makalah, Penelitian, Skripsi dan Penjelasannya

rumusan-masalah
slideplayer.info

Contoh Rumusan Masalah – Dalam artikel ini akan membahas rumusan masalah, contoh rumusan masalah, pengertian, jenis, dan fungsi dari rumusan masalah. Bagi kamu yang saat ini sedang sekolah atau kuliah, pasti menyusun sebuah makalah, proposal, atau penelitian menjadi kegiatanmu sehari-hari. Apalagi bila kamu mengikuti organisasi kepenulisan atau UKM karya tulis ilmiah di kampusmu atau ikut UKM robotika yang mengutak-atik arduino. Untuk membuat proposal atau karya ilmiah pasti awalnya kamu harus membuat sebuah rumusan masalah terlebih dahulu.

Sebelum bahas contoh rumusan masalah boleh lah lihat video di bawah ini dijamin buat kamu semangat 😀

Pengertian Rumusan Masalah

pengertian-rumusan-masalah
tipepedia.net

Rumusan masalah adalah tahapan dari beberapa tahapan untuk membuat sebuah karya ilmiah penelitian atau lainnya. Rumusan masalah memiliki posisi yang sangat penting di dalam kegiatan sebuah penelitian. Apabila sebuah penelitian tidak ada maka penelitian yang nantinya dilakukan akan sia-sia, karena nantinya akan bingung apa saja yang perlu dilakukan dalam penelitianya.

Rumusan masalah atau research questions atau sering disebut juga research problem, memiliki arti sebuah rumusan yang menanyakan suatu kejadian atau fenomena yang ada, baik itu kedudukannya mandiri, atau pun kejadian atau fenomena yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Baik itu sebab atau akibat.

Sampai pentingnya rumusan masalah ini pada sebuah penelitian, hingga menjadikan rumusan masalah ini adalah setengah dari penelitian itu sendiri.

Pengertian dari rumusan masalah adalah bagian dari sebuah karya tulis ilmiah, makalah, atau skripsi yang sangat mendasar. Di dalam rumusan masalah yang kita susun nantinya akan menjadikan karya tulis kita menentukan arah pembahasannya akan menuju kemana. Di dalam rumusan masalah ini terdapat pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan dijawab setelah penelitian selesai dilakukan.

Semua poin-poin yang ada di dalam karya tulis baik itu metodologi, teori-teori, semua itu mengacu pada rumusan masalah yang kita buat. Oleh sebab itu, rumusan makalah merupakan fokus utama yang menentukan arah sebuah karya ilmiah.

Definisi Rumusan Masalah Menurut Para Ahli

kumpulan-buku-definisi-rumusan-masalah
www.uglydogbooks.com

Sebuah masalah yang telah terjadi jika seseorang berusaha dan mencoba tujuannya atau mencoba percobaan perdananya untuk mencapai tujuannya sampai berhasil (Pariata Westra).

Sebuah masalah merupakan kejadian yang membentuk pertanyaan kenapa dan kenapa ( Sutrisno Hadi)

Rumusan masalah adalah sebuah pertanyaan yang dicari jawabanya dengan mengumpulkan data dalam bentuk berbagai rumusan masalah berdasarkan penelitian berdasarkan tingkat eksplanasi (Sugiyonno)

Sudah dijabarkan di atas bahwasannya rumusan masalah adalah pertanyaan-pertanyaan yang nantinya dicari jawabanya dengan mengumpulkan data. Bentuk dari rumusan masalah ini dikembangkan berdasarkan tingkat eksplanasinya.

Fungsi Rumusan Masalah

fungsi-rumusan-masalah

Fungsi perumusan masalah dalam penelitian yaitu

  1. Sebagai pendorong suatu kegiatan penelitian menjadi diadakan atau dengan kata lain berfungsi sebagai penyebab kegiatan penelitian itu menjadi ada dan dapat dilakukan.
  2. Sebagai pedoman, penentu arah atau fokus dari suatu penelitian Perumusan masalah ini tidak berharga mati, akan tetapi dapat berkembang dan berubah setelah peneliti sampai di lapangan.
  3. Sebagai penentu jenis data macam apa yang perlu dan harus dikumpulkan oleh peneliti, serta jenis data apa tidak perlu dan harus disisihkan oleh peneliti. Keputusan memilih data mana yang perlu dan data mana yang tidak perlu dapat dilakukan peneliti, karena melalui perumusan masalah peneliti menjadi tahu mengenai data yang bagaimana yang relevan dan data yang bagaimana yang tidak relevan bagi kegiatan penelitiannya.
  4. Dengan adanya perumusan masalah penelitian, maka para peneliti menjadi dapat dipermudah di dalam menentukan siapa yang akan menjadi populasi dan sampel penelitian.

Tiga Kriteria Rumusan Masalah

tiga-kriteria-rumusan-masalah

Pertama, pada perumusan masalah kriteria pertama bentuknya berupa kalimat interogatif atau kalimat tanya, baik itu pertanyaan yang perlu jawaban eksplanatoris atau jawaban yag deskriftif. Eksplanatoris sendiri adalah menghubungkan dua atau pun lebih gejala atau fenomena dalam kehidupan manusia.

Kedua, berhubungan atau bermanfaat untuk berusaha membuat dan mengembangkan teori, di dalam makna pemecahan yang jelas, nantinya diharaakan akan memberikan teoritik yang bermutu, baik itu untuk membuat teori baru atau mengembangkan sebuah teori lama.

Ketiga, untuk membuat sebah rumusan msalah yang bagus, sebaiknya dirumuskan di dalam sebuah konteks yang benar dan aktual. Jadi, pemecahannya memberikan keterkaitan kebijakan yang sesuai, dan bisa di aplikasikan dengan jelas untuk proses perumusan masalah untuk kehidupan manusia

Penempatan Sebuah Rumusan Masalah

penempatan-rumusan-masalah
everydayinterviewtips.com

Ada beberapa alternatif untuk menentukan sebuah rumusa masalah di dalam sistematika penulisan :

1. Ada yang menempatkan rumusan masalah diletakan di bagian awal dari sistematika penelitian.

2. Ada juga yang menempatkan rumusan masalahnya sesudah latar belakang atau bersamaan dengan latar belakang.

3. Penempatannya ada juga yang sesudah tujuan penelitian.

Dimana saja tempat dari sebuah rumusan masalah sebenarnya tidak terlalu begitu penting dan tidak akan menggangu penelitian yang akan dilakukan. Akan tetapi yang paling penting adalah bagaimana merumuskan masalah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh sebab itu, antara judul penelitian harus sinkron dengan rumusan masalah yang dibuat.

Cara Untuk Membuat Rumusan Masalah

mengetik-rumusan-masalah
filmescape.com

Hal pertama kali ketika akan membuat rumusan masalah adalah menentukan topik. Dari topik yang sudah ditentukan ini kemuian fokuskan ke bagaia yang lebih spesifik lagi atau lebih melebar lagi pembahasannya. Ketika cakupan sudah ditentukan, baru dari sini bisa menentukan permasalahannya.

Dalam permasalahan bisa dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang selanjutnya dianalisis atau argumentasi dari penjabaran bukti-bukti berdasarkan hasil dari analisis. Berikut ini merupakan langkah yang perlu diakukan untuk membuat rumusan masalh karya ilmiah.

1. Tentukan tipe karya ilmiah apa yang akan dibuat
2. Persiapakan sumber referensi dari berbagai sumber
3. Memperluas atau menyempitkan topik
4. Bangun permasalahan dari topik
5. Uji So What

Jenis Rumusan Masalah

jenis-rumusan-masalah

Ada 3 jenis perumusan masalah dalam penelitian

1. Masalah deskriftif

Masalah deskriftif merupakan yang berkaitan dengan pernyataan bagi adanya variabel mandiri, baik itu satu atau lebih variabel. Jadi dalam rumusan masalah peniliti tak perlu membandingkan variabel pada sampel lain, dan juga mencari hubungan variabel dengan variabel lainnya.

Contoh rumusan masalah deskriptif

Bagaimana sikap dari masyarakat mengenai perguruan tinggi yang memiliki bandan hukum?

Seberapa tinggi tingkat kepuasaan dan juga aspirsi masyarakat pada pelayanan publik di ibu kota?

Seberapa baguskah kebijaka yang diterapakan di pemerintah?

2. Masalah komparatif

Masalah komparatif yaitu sebuah permasalahan penelitian yang sifatnya membandingkan antara variabel satu dengan yang lainnya apakah itu sama atau berbeda.

Contoh rumusan masalah komparatif

Apakah ada perbedaannya tingkat produktifitas anatara pegawai negeri dengan pegawai swasta?

Adakah perbedaan kapabilitas dan kedisiplinan kerja antara pegawai di perusahaan nasional dan pegawai swasta nasional?

Apa ada bedanya antara ketahanan fisik orang kota dengan orang pedalaman?

3. Masalah asosiatif

Masalah asosiatif ialah pertanyan pada sebuah penelitian yang sifatnya memiliki hubungan antar dua variabel atau pun lebih. Bisa dengan hubungan timbal balik, kausal, atau simetris.

Hubungan timbal balik

Hubungan timbal balik yaitu hubungan yang mempengaruhi satu sama lain. Di sini tidak diketahui antara variabel independen dan variabel dependen.

Contoh rumusan masalah hubungan timbal balik

Hubungan antara memilik motivasi tinggi dan prestasi gemilang. Pada hal ini dapat dinyatakan bahwa motivasi berpengaruh terhadap prestasi dan sebaliknya.

Hubungan kausal

Rumusan masalah kausal yaitu memiliki sifat sebab dan akibat. Di dalamnya terdapat variabel bebas (independen) dan variabel dependen. Di sini variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen.

Contoh rumusan masalah hubungan kausal

Apakah ada pengaruhnya antara sistem penggajian dengan kinerja kerja?

Seberapa besarkah tata ruang kota terhadap kebahagiaan penduduknya?

Adakah pengaruhnya antara pendidikan yang dilakukan oleh orang tua dengan prestasi belajar terhadap anak?

Hubugan simetris

Hubungan simetris yaitu hubungan diantara dua variabel atau bisa lebih kebetulan nampak secara bersama.

Contoh rumusan masalah hubungan simetris

Adakah hubungannya antara banyak semut di pohon dengan kemanisan buah?

Apakah ada hubungannya antara jumlah pengangguran dengan tingkat kriminal?

Contoh Rumusan Masalah Makalah Tentang Software Bajakan

contoh-rumusan-makalah-teknologi
channelpro.co.uk

Berdasarkan dari pemaparan latar belakang di atas, penulis dengan ini merumuskan rumusan masalah yang penulis akan kaji.

1. Apakah software bajakan itu?
2. Seperti apakah ciri-ciri dari software bajakan?
3. Bagaimanakah orang mendapatkan software bajakan?
4. Latarbelakang apakah yang membuat orang memilih software bajakan?
5. Berapa banyak orang yang memakai software bajakan?
6. Software bajakan apa saja yang biasa dipakai orang Indonesia?
7. Apa alasan sebagian orang yang tidak memakai software bajakan?

Contoh Rumusan Masalah Penelitian Kuantitatif

contoh-rumusan-masalah-penelitian
bonanzaonline.com

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

1. Apakah ada pengaruh dari implementasi kebijakan BPMP2T?
2. Apakah ada pengaruhnya kompetensi oleh aparatur pada kinerja BPMP2T?
3. Apakah terdapat pengaruh dari implementasi kebijakan di daerah dan kompetensi aaraturapabila bersama pada kierja BPMP2T?

Contoh Rumusan Masalah Skripsi Tentang Teknologi

contoh-rumusan-makalah-skripsi
valleylibrarybindery.com

1. Bagaimanakah alur atau sistem dari pendaftaran MABA di Uniersitas yang sudah dilakukan selama ini?

2. Apakah dengan dibuatnya sebuah sistem pendaftaran secara online bisa meningkatkan kinerja dan kemudahan bagi para MABA?

Itulah sedikit penjelasan mengenai rumusan masalah beserta contoh rumusan masalah. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan anda.

Advertisements

6 thoughts on “Contoh Rumusan Masalah Makalah, Penelitian, Skripsi dan Penjelasannya

Monggo di komen