Advertisements
gambar anekdot politik

Contoh Teks Anekdot Beserta Pengertian dan Strukturnya

Contoh Teks Anekdot – Pada kesempatan kali ini. Kita akan menjelaskan tentang teks anekdot beserta dengan contoh teks anekdot. Di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, banyak sekali jenis-jenis seperti teks prosedur dan lainnya. Untuk kamu yang sedang mencari materi tentang teks anekdot, kamu sudah berada di artikel yang tepat yang membahas perihal teks anekdot. Berikut ini penjabaran mengenai teks anekdot.

Contoh Teks Anekdot yang Perlu Diketahui

contoh teks anekdot
publiclibrariesonline.org

Contoh teks anekdot, mungkin kata itu pernah terdengar. Teks anekdot berkaitan dengan segala bentuk kelucuan dan sindiran. Bersifat tanggapan terhadap realitas yang ada secara fenomena nyata. Kalimatnya biasanya pendek dan menarik. Berisikan nilai-nilai kritik terhadap suatu hal. Anda dapat menemukan di berbagai bidang seperti pendidikan, agama, politik, hukum, sosial, lingkungan, budaya, dan lain sebagainya.

Artikel ini akan membahas secara detail mengenai tema ini. Pembahasanya mencangkup pengertian teks anekdot, struktur anekdot, kaidah teks anekdot, dan contohnya, akan di kupas tuntas dalam artikel ini.

Pengertian Teks Anekdot

Teks anekdot adalah suatu teks pendek bersifat lucu, isinya diambil dari tema-tema nyata pada fenomena. Teks anekdot ini bertujuan untuk melakukan kritikan dengan menyindir secara halus melalui kata yang lucu. Tema yang disentuk banyakk hal seperti; pilitik, hukum, social, budaya, lingkungan, dan lain sebagainya.

Teks anekdot ini pun memiliki beberapa ciri-cirinya yaitu bersifat humoris, sindiran, kritikan, ditujukan kepada seseorang, atas dasar fenomena nyata, melakukan kritikan dengan perumpamaan-perumpamaan, dan terkadang menggunakan karakter-karakter seseorang dengan perumpamaan tertentu.

Struktur Teks Anekdot

Sebuah teks pasti selalu memiliki struktur, begitu pun dengan teks anekdot. Contoh teks anekdot ini juga memiliki struktur khusus. Memperhatikan strukturnya menjadi penting dilakukan untuk memahami teks jenis ini dengan baik. Oleh karena itu, berikut ini Penulis sampaikan beberapa struktur teks anekdot sebagai berikut :

Abstrak

Abstraks adalah bagian awal paragraf, berfungsi untuk memberikan suatu gambaran secara jelas dan general mengenai isi dari teks anekdot. Abstrak harus ada dalam teks anekdot supaya pembaca memiliki sebuah gambaran untuk masuk pada pembahasan berikutnya.

Orientasi

Orientasi adalah gambaran suasana yang melatarbelakangi peristiwa, terjadi pada awal cerita.

Event

Event merupakan gambaran dari rangkaian suatu cerita yang terjadi, bisa disebut juga dengan jalan suatu cerita.

Krisis

Krisis adalah suatu masalah inti yang terjadi dalam sebuah cerita di dalam teks anekdot.

Reaksi

Reaksi yaitu suatu cara untuk menyelesaikan masalah yang terdapat pada bagian krisis.

Re-Orientasi

Re-Orientasi adalah akhir suatu cerita pada teks anekdot, disebut juga dengan bagian penutup.

Kaidah Teks Anekdot

Pada contoh teks anekdot terdapat beberapa kaidah bahasa yang perlu diperhatikan. Kaida-kaidah tersebut dapat Penulis sajikan sebagai berikut:

Menggunakan Waktu Lampau

Penggunaan bahasa ini pada kalimat ialah kalimat yang menyatakan waktu yang sudah terlewat. Contohnya: Kemarin malam pemerintah tetapkan kenaikan harga BBM

Menggunakan Kalimat Perintah

Penggunaan kalimat perintah yaitu kalimat yang bertujuan untuk memberikan suatu perintah terhadap seseorang. Contohnya: Turunkan harga BBM segera !

Menggunakan Kata Penghubung atau Konjungsi

Teks anekdot juga menggunakan kata-kata konjungsi seperti: Lalu, setelah itu, kemudian, dan lain-lain. Contohnya: Setelah itu, kita akan mati kelaparan.

Menggunakan Pernyataan Retoris

Pernyataan retoris adalah suatu majas yang terdapat dalam bahasa Indonesia, berupa pertanyaan yang tidak perlu dijawab. Jawabannya sudah terdapat pada sie penanya. Contohnya: Apakah anda kira kami tidak menderita dengan kebijakan ini ?

Menggunakan Kata Kerja

Kata kerja perlu digunakan dalam kaidah menulis teks anekdot. Kata kerja seperti menulis, berbisnis, membaca, dan lain sebagainya. Contohnya : Kita sedang membaca kebobrokan kebijakan ini.

Menggunakan Kalimat Seru Ajakan

Kalimat seru ajakan ini bertujuan untuk mengajak pada sesuatu hal. Contohnya : Mari kita menjadi bangsa yang adil !

Macam-Macam Contoh Teks Anekdot

1. Dampak Kenaikan Harga BBM

Contoh teks anekdot yang pertama dengan tema “Dampak Kenaikan Harga BBM”, sebagai berikut:
Suatu hari ada seorang bapak tua dari desa. Dia sedang kelihatan sibuk di pawon (Dapur dengan menggunakan tunggu kayu, Red Bahasa Jawa).

Kelihatan mondar-mandir seperti orang bingung. Dia sepertinya sedang menyiapkan beberapa sayuran. Anehnya sayur itu tak lazim dimasak kebanyakan orang. Terihat dia mau memasak sayur itu.

“Aduh-aduh nasib orang desa. Sayurnya pakai daun cabe. Law gimana lagi cabe nya cuma buat yang punya duit. BBM naik semuanya pada naik selangit. Apa ini nasib orang desa yang tak berduit ??!!?!!” Gumam bapak tua dari desa.

2. Aku Aneh Law Kamu Nyleneh

Eki, sesosok perempuan unik tapi berprestasi di sekolahnya. Keunikan dia terletak pada, dia selalu rame atau bahkan ketiduran saat diajar di dalam kelas. Namun siapa sangka, dia bukan berarti tidak memperhatikan pelajaran. Orang dia selalu bisa menjawab dengan benar setiap pertanyaan gurunya.

Dia pun selalu mampu mengerjakan tugas lebih awal dari teman-temannya dan selalu mendapatkan nilai yang bagus. Hal inilah yang membuat teman-temannya banyak iri, dan tidak suka padanya. Dia pun di julukin sie aneh.
“Dasar anak aneh low. Kok ada orang kayak kamu Ki Eki” Anim beserta teman se gengnya mencoba mengejek Eki di teras sekolah saat istirahat.

“Eww iya aku emang aneh terus napa??”

“Low jadi orang aneh bangga !!! Dasar gak punya malu !!! Uda gak punya teman lagi” Sahut roroh teman Anim.

“Emang aku gak punya teman seperti kalian yang suka nya bully orang. Terus apa yang di banggakan ??? Aku aneh, law kalian apa nyleneh??? Masak pelajaran uda memperhatikan jawabannya sering salah, dan sukanya selalu nyalahin orang. Bilang orang lain yang aneh padahal dia sendiri nyeleneh… Weeeeee !!!!” Jawaban Eki sambil kemudian pergi.

3. Tips-Tips Diet Bisa Langsing (Lucu)

1. Kalau kamu pingin punya body langsing bak model coba deh jangan makan sebulan, dijamin bakalan khurus dan dipakaikan kain kafan. Hehehe.

2. Banyak orang yang kepengen langsing bukan??? Ya, inilah tips nya. Cobalah anda minum obat diet, minum satu botol dalam semalam dijamin anda bakalan kurusan deh. dan dapat hadiah. Mencret-mencret BAB nya, hehehe.

3. Cabe ditelisik dapat menurunkan berat badan. Bila anda sudah sering konsumsi cabe tapi dirasa belum juga miliki body langsing. Coba ini pakai cara ane. Beli cabe satu kresek besar ya, langsung makan semuanya tanpa dimasak dan dicampur dengan apapun. Dijamin anda bakalan langsing lidahnya, kepedasan. Hehehe.

4. Bila anda inginkan tubuh yang inda, pasti semua orang selalu berfikir untuk ingin langsing. Olahraga merupakan salah satu cara diet bikin langsing. Namun semua orang butuh cara yang cepat dan instan untuk segera kurusan. Coba dek luangkan satu hari untuk olah raga full pagi sampai malam, dijamin anda khurusan dan pingsan di pinggir jalan. Hehehe.

Contoh Gambar Anekdot

Berikut ini adalah contoh gambar anekdot lucu, gambar anekdot pendidikan, dan yang lainnya

Gambar Anekdot Lucu

gambar anekdot lucu
spam32016.blogspot.com

Gambar Anekdot Pendidikan

gambar anekdot pendidikan
indasafatmawati.blogspot.com

Gambar Anekdot Politik

gambar anekdot politik

Demikian artikel tentang “Contoh Teks Anekdot yang Perlu Diketahui” yang dapat Penulis sajikan. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan untuk seseorang yang sedang membutuhkan referensi mengenai tema ini.

Advertisements

Kommen