Advertisements
henna tangan terbaru

Henna Tangan Cantik, Mudah, dan Simple + Video Tutorialnya

Henna Tangan – Akhir-akhir ini henna menjadi booming di sebagian besar daerah di Indonesia. Terutama di bulan-bulan dimana banyak yang melangsungkan pernikahan. Biasanya para pengantin wanita mempercantik tangannya dengan henna tangan. Tak hanya untuk di tangan henna juga bisa diaplikasikan di menjadi henna kaki. Sebeluim kita melihat gambar atau motif henna tangan. Yuk kita cari tahu dulu sejarah henna itu sendiri.

[BEST] Henna Unik Arab Yuk di kita lihat :

Sejarah Henna

sejarah henna
indiasaveryinteresting.blogspot.com

Kata henna asalnya dari bahasa latin dari tumbuhan yaitu lawsonia Inermis yang diucapkan oleh orang-orang Arab menjadi hinna. Asal tepatnya dari mehndi sangat sulit dikatakan sebab seni ini sudah ada hampir sekitar 5000 tahunan. Sejarawan berkata bahwa bangsa mogul yang mengenalkan mehndi ke India, tapi ada sejarawan lain berkata bahwa asal mula mehndi dari India, sedangkan yang lainnnya dari Timur Tengah atau Afrika Utara.

 

Tanaman henna ketinggiannya bisa mencapai 4 hingga 6 kaki. Tanaman ini bisa kita temukan di negara-negara dengan iklim panas seperti India, Afganistan, Mesir, Suriah, Pakistan, Yaman, Maroko, Uganda, Senegal, Kenya, Tanzania, Palestina dan Iran. Henna tumbuh sangat baik di daerah dengan iklim panas.

Henna juga merupakan salah satu tanaman paling tua yang dipakai untuk kosmetik. Henna aman untuk digunakan. Jarang orang yang dihenna terjadi masalah. Apabila ragu sebab memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya konsultasikan ke dokter dan mencoba dengan sedikit dulu.

Seperti mengoleskan henna di di bawah lengan atau belakang leher, sebab kulit di bagian itu termasuk daerah yang sangat sensitif. Henna yang alami biasanya aman untuk digunakan, karena henna alami tidak memakai bahan kimia atau zat yang berbahaya lainnya.

Mehendi merupakan racikan dari tanaman lawsonia inermis atau henna. Henna bisa digunakan di bagian tubuh dengan membuat sebuah pola dan juga desain yang sangat indah.

Henna terkenal dengan khasiatnya untuk terapi dan penyembuhan. Di zaman dulu, henna digunakan untuk membuat rambut terlihat mengkilap, sebagai kondisioner alami, dan bagus untuk kepala.

Di India, mehndi adalah salah satu dari cara untuk memperindah diri selain menggunakan make up dan perhiasan. Bisa didunakan sehari-hari, atau dalam acara khusu seperti acara pernikahan.

Dua atau tiga hari sebelum acara pernikahan berlangsung, sang mempelai perempuan akan terlebih dahulu dalam pesta mehndi yang diadakan berama dengan keluarga dan juga teman. Tangan sang mempelai perempuan akan dihias mehndi mulai dari ujung jari hingga siku, dan dibagian kaki dari ujung kaki hingga lutut.

Nama sang mempelai laki-laki akan disisipkan di sela-sela mehndi yang diterapkan, dimana nantinya akan menjadi sebuah permainan untuk mencari nama itu.

Ketika sebelum pernikahan dimulai permainan diamana sang mempelai laki-laki wajib menemukan tulisan namanya di henna mempelai wanita. Terkadang mempelai laki-laki juga dihiasi dengan mehdi.

Henna juga dalam sejarahnya berfungsi untuk menangkal kejahatan dan meberikan nasib baik untuk pemakainya. Sebab henna digunakan seblum melahirkan dan sebelum melangsungkan pernikahan.

Kebanyakan prosesi pernikahan yang tradisional di beberapa daerah Indonesia memasukan ritual untuk memakai pacara (sebutan henna orang Indonesia) untuk salah satu ritual di pernikahan adat melayu. Masing-masing daerah berbeda-beda makna dan artinya pada ritual tersebut, meskipun di saat sekarang ritual seperti ini dianggap sebagaian masyarakat Indonesai hanya sebagai pelengkap dalam proses pernikahan di dalam suatu ada tertentu.

Selain di Paksitan dan India, hena juga sering dipakai oleh kaum perempuan di Asia, Afrika, dan bahkan Amerika. Di beberapa negara, henna dipakai di hari pernikahan, baik itu untuk menghiasi lengan, kuku, atau kaki para calon wanitanya.

Selain bertujuan untuk memperindah penampilan, menggunakan henna juga banyak diyakini bisa melindungi bagi pemakainya dari gangguan-gangguan. Contohhnya seperti henna belly, yaitu melukis perut yang sedang bunting alias hamil dengan henna bukanlah hal yang aneh. selain bertujuan untuk melestarikan tradisi, memperindah bagain perut juga merupakan dari gaya hidup.

Di Indonesia sendiri, henna lebih dikenal dengan nama pacar atau innai atau paci yang merupakan bahan pewarna alami dari daun pacar. Di sebagaian tradisi dan adat budaya Indonesia, penggunaan henna atau pacar merupakan bagian dari ritual sebelum melaksanakan prosesi pernikahan. Contohnya di Aceh dan Padang dengan malam bainainya.

Cara Meracik Henna

cara meracik henna
alibaba.com

Cara meracik atau meramu henna di Indonesia dan di luar negeri berbeda. Di luar negeri, bubuk henna dicampur oill messo, kayu putih murni, dan campuran alami lainnya. Sedangkan di Indonesia, daun pacar yang dipettik kemudian ditumbuk sampai halus. Lalu dicampur nasi putih. Kemudian dicampur arang.

Cara melukis hennanya pun berbeda. Di Arab atau India, setiap harinya wanita-wanitanya menghenna kulitnya dengan beranekaragam motif dan ukuran yang indah, baik tujuannya untuk memperindah atau kesehatan.

Di Indonesia, henna dipakai dengan tidak ada motif, hanya di olesi di bagian kuku sampai tangan atau kaki. Hanya calon pengantin sajalah yang boleh memakainya, fungsinya untuk mengusir roh-roh yang jahat. Dengan majunya perkembangan zaman, teknik dan cara menghenna di daerah di Indonesia mulai mengikuti negara-negara lain.

Tradisi Menghenna di Indonesia

Malam Pacar dari Betawi

malam pacar betawi
sewabusanabetawi.blogspot.com

Tradisi malam pacar diselenggarakan sesudah proses ngerik (mencukur bulu kelelawar) dan membuat centung di rambut di bagian dua sisi pipi di depan telinga. Tradisi acara malam pacar merupakan malam untuk mempelai wanita dengan memerahkan tangan dan kukunya memakai pacar.

Acara memakai inai atau malam berpacar adalah salah satu keunikan di dalam tradisi perkawinan adat di Indonesia.

Berinnai dari Riau

berinai riau
riaudailyphoto.com

Di malam hari sebelum melangsungkan upacara pernikahan, diadakan pemakaian daun inai kepada kedua mempelai. Tujuan dari upacara ini yaitu untuk menolak bala dan juga melindungi pasangan pengantin dari ganguan-ganguan.

Berpacar dari Palembang

berpacar palembang
thebridedept.com

Upacara berpacar merupakan mewarnai semua kuku tangan. kaki, telapak kaki, telapak tangan yang disebut pelipit memakai daun pacar. Warna merah daun pacar dipercaya bisa mengusir segala jenis makhluk halus. Daun pacar sendiri dipercaya bisa memberikan kesuburan untuk pengantin wanita.

Mapacci dari Bugis Makassar

mapacci bugis makassar
youtube.com

Upacara ini adalah sebuah ritual penggunaan daun pacar ke tangan calon pengantin. Daun pacar mempunyai sifat magis dan juga melambangkan kesucian. Sebelum acara pernikahan biasanya diselengarakan malam pacar atau disebut Wenni Mapacci oleh orang Bugis atau disebut Akkorontigi oleh orang Makassar yang memilikki arti mensucikan diri.

Pasang Pacar di Lampung

Acara pasang pacar biasa dikerjakan satu hari sesudah acara mandi uap (betanges) dan menghilangkan bulu-bulu halus dan membentuk alis supaya sanga mempelai wanita terlihat lebih menarik (berparas).

Malam Bainai dari Minangkabau

malam binai minangkabau

Acara malam baniai di Minangkabau meruapkan malam 1000 harapan, 1000 doa untuk kebahagiaan kehidupan rumah tangga yang akan melangsungkan pernikahan. Tumbukan daun pacar atau inai, dioleskan di kuku calon mempelai orang tua dan saudara-saudaranya.

Malam Bohgaca dari Aceh

Malam bohgaca merupakan malam mengenakan inai atau pacar dan dilakukan sebelum acara akad nikah diselenggarakan. Daun inai atau pacar melambangkan bahwa seorang isteri itu sebagai obat lara dan perhiasan rumah tangga.

Peta Kapanca

Di Nusat Tenggara Barat juga terdapat tradisi menggunakan pacar di dalam adat pernikahan Bima. Dengan mengoleskan tangan calon pengantin dengan pacar yang disebut peta kapanca.

Kumpulan Gambar Henna Tangan & Kaki

Henna Tangan

henna tangan
damalaw.top

Henna Tangan Sederhana

henna tangan sederhana
mymehndidesign.com

Henna Tangan Cantik

henna tangan cantik
www.fashionlady.in

Foto Henna Tangan

foto henna tangan
www.fashionlady.in

Henna di Tangan

henna di tangan
www.fashionlady.in

Gambar Henna di Tangan

gambar henna di tangan
www.fashionlady.in

Henna Tangan Mudah

henna tangan mudah
www.livinghours.com

Henna Tangan Simple dan Mudah

henna tangan simple dan mudah
beautyepic.com

Henna Tangan Pengantin

henna tangan pengantin
anggrekmultimedia.com

Gambar Henna Tangan Simple

gambar henna tangan simple
www.livinghours.com

Henna Tangan India

henna tangan india
www.fashionlady.in

Henna Tangan Terbaru

henna tangan terbaru
www.fashionlady.in

Henna Art Tangan

henna art tangan
www.livinghours.com

Henna Lukis Tangan

henna lukis tangan
play.google.com

Henna Untuk Tangan

henna untuk tangan
dhatoday.com

Gambar Henna Tangan Pengantin

gambar henna tangan pengantin
momtravelerblog.wordpress.com

 


Video Tutorial Membuat Henna Tangan

Advertisements

2 thoughts on “Henna Tangan Cantik, Mudah, dan Simple + Video Tutorialnya

Kommen