Advertisements
makanan-palsu-daging-babi-kimia

9 Makanan Palsu Berasal Dari China Ini Sangat Berbahaya !

Makanan Palsu China – Banyak sekali hal-hal menarik dari negeri China, mulai dari tembok raksasaya yang merupakan warisa dari sejarah dan budaya. Tapi hal yang sangat terkenal dari negara ini adalah di bidang perniagaan, China terkenal dengan negara yang bisa membuat produk tiruan atau KW seperti barang elektronik, tas, dan benda-benda lainnya.

Bukan hanya itu saja ternyata China bisa membuat makanan KW. Banyak sekali makanan palsu yang sampai sekarang ini masih di produksi dan disebarkan di China. Bahkan salah satu dari makanan palsu yang diproduksi China sudah masuk ke Indonesia, yaiut beras palsu yang terbuat dari plastik.

Berikut ini adalah daftar makanan yang berbahaya buatan China yang perlu anda ketahui dan perhatikan.Daging 1.

1. Domba Palsu

makanan-palsu-daging-kambing-palsu
pixabay.com

Selain beras dan nasi para pedagang di China juga ada yang memalsukan daging domba. Mereka memakai daging rubah, tikus, dan cerpelai yang dicampurkan bahan kimia, lalu dijual sebagai daging domba. Pemalsuan daging domba ini sangat terkenal di China, oleh sebab itu banyak pedagang yang di razia.

Polisi China juga sudah memberikan informasi untuk membedakan daging domba yang asli dan palsu. Jika dilihat secara singkat, kedua daging domba yang asli dan palsu mirip. Tapi apabila direbus, daging domba yang palsu akan gampang terpisah-pisah.

2. Tahu Terbuat Dari Zat Kimia

makanan-palsu-tahu-palsu
pixabay.com

Tahu merupakan makanan yang biasa di santap oleh orang Indonesia dan China. Pemerintah China berhasil menangkap sekelompok orang yang membuat tahu palsu di daerah Wuhan, Provinsi Wubei. Mereka mencampurkan zat kimi untuk memproduksi tahu.

Salah satu pedagang yang curang mengakui bahwa dia mencampurkan protein kedeli dan tepung, lalu ditambah zat kimia pigmen, monosodium glutamate, dan es unutk memproduksi tahu palsu. Selanjutnya mereka mengemas tahunya dengan nama pabrik yang membuat tahu asli.

Terkadang si pembuat tahu palsu menambahkan rogalite, yaitu zat kimia yang biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan pakaian yang mana zat ini bisa menyebabkan kanker. Mereka mengaku dengan zat itu warna tahunya lebih bagus dan gampang dimakan.

3. Roti Dari Kardus

makanan-palsu-roti-kardus
pixabay.com

Anda mungkin tak pernah terbayangkan roti yang berasal dari kardus. Hal ini benar terjadi di China, ada sekelompok orang China memotong-motong kardus, lalu dicampur dengan zat kimia dan perasa babi. Kemudian mereka memakai roti baozi.

Untuk membuat roti ini hal yang anda lakukan adalah kardus yang telah di potong kemudian di kasih soda yang biasa dipakai dalam pembuatan sabun, lalu dicampur dengan perasa babi dan zat kimia lainnya.

Banyak sekali video-video yang tersebar di dunia maya mengenai cara pembuatan roti dari kardus ini sampai dunia perah heboh. Akan tetapi pemerintahan China mengatakan bahwa video tersebut hanya bohong belaka. Reporter yang merekam video itu pada akhirnya di tangkap dan kasus ini pun ditutup.

4. Kepiting Palsu

makanan-palsu-kepiting-yangcheng

Kepeiting juga dibuat palsunya di China. Jenis kepiting yang dibuat palsu yaitu kepiting yangcheng. Jenis kepiting ini sangat mahal. Karena mahalnya kepiting itu ada oknum yang memalsukan kepiting itu memakai kepiting biasa supaya harganya mahal.

Cara yang dilakukan bermacam-macam ada yang menaruh kepiting biasa di Danau Yangcheng, sampai memakai zat kimia supaya kepiting biasa seperti kepiting yangcheng yang mempunyai banyak rambut.

Meskipun tidak terlalu berbahaya, tapi zat kimi yang dipakai bisa merusak kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang berkelanjutan. Sekiranya hanya ada 3 ribu kepiting yancheng asli dari 100 ribu kepiting yang dijual.

5. Daging Babi Bercampur Zat Kimia

makanan-palsu-daging-babi-kimia
drjocker.com

Tak hanya daging domba, daging lainnya di China seperti daging babi banyak dicampur dengan zat kimia. Para peterak babi menambahkan zat kimia clenbuterol kepada babi mereka. Zat ini sangatlah berbahaya dan dilarang oleh pemerintah China sebab meskipun bisa membakar lemak, tapi apabila dimakan manusia bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti sakit jantung, pusing, dan keringat berlebih.

Para penjual daging memakai zat kimia ini bertujuan supaya daging babi lebih terasa empuk. Sudah banyak korban berjatuhan pada tahun 1998 sampai 2007. Satu orang mati dan 1.700 orang lainnya menjadi sakit karena memakan daging bercampur zat berbahaya tersebut.

6. Mie Palsu

makanan-palsu-mie-palsu
pixabay.com

Tidak hanya nasi saja yang dipalsukan, di China mie juga ada yang palsu. Para pedagang nakal memakai tepung beras yang sudah tidak layak di konsumsi. Biasanya tepung ini dipakai untuk pakan ternak, akan tetapi dibuat mie untuk dijual. Agar mie terlihat seperti mie pada umumnya,para pedagang nakal menambahkan zat kimia yang bisa merusak kesehatan.

Dalam seharinya, pabrik mie palsu di Dongguan bisa membuat 500 kg mie palsu siap jual. Polisi China sudah membekuku pabrik yang membuat mie palsu ini kiranya ada sekitar 35 pabrik mie palsu, diantaranya ada yang memakai tepung jagung atau nasi yang sudah tidak layak konsumsi dan ditambah pemutih dan boraks dala bahan bakunya.

7. Beras Palsu

makanan-palsu-beras-palsu
belanjaalkes.com

Mungkin sebagian anda tidak akan percaya bahwa beras ada yang palsu. China lah yang memproduksi beras ini. Bahan baku beras palsu ini terdiri dari ketela rambat, kentang, dan bahan sintesis resin. Semua bahan itu kemudian dicampur dan dibentuk menyerupai beras. Beras palus ini banyak seklai diperdagangkan di daerah Taiyuan, Provinsi Shaanzi.

Untuk membedakan beras pelastik cukup mudah karena apabila beras ini di masak akan tetap keras dan susah dicerna. Beras plastik ini sangatlah berbahaya sebab terkandung zat kimia. Mengkonsumsi tiga mangkuk beras ini sama seperti memakan satu plastik kresek dan satu plastik vinyl. Kadang-kadang para pedagang mencampurnya dengan beras yang asli sehingga susah untuk dibedakan.

8. Susu Melamin

minuman-palsu-susu-melamin
keyword-suggestion.com

Melamin merupakan bahan kimia yang mempunyai banyak kegunaan di bidang industri, tapi tidak untuk dikonsumsi. Pada tahun 2009 53 ribu bayi di China dilaporkan  keracunan produk susu palsu yang mengandung melamin. Melamin ini ditambahkan ke susu formula agar meningkatkan kadar protein susu.

9. Kenari Isi Semen

makanan-palsu-kenari-isi-semen
brilio.net

Produk ini banyak ditemukan di China. Pengusaha nakal mengeluarkan isi dari kacang kenari lalu mengisinya dengan bahan untuk bangunan seperti semen, kemudian kulit kacang melekatkan kembali dengan memakai lem. Kacang kenari palsu ini bisa marak terjadi sebab meningkatnya harga kenari secara dramatis di China selama bertahun-tahun dengan jumlah permintaan yang terus naik.

Itulah makanan KW atau palsu asal China. Tetap waspada dan teliti dengan apa yang anda konsumsi. SHARE artikel ini supaya sahabat dan keluarga anda mengetahui bahaya dari makanan palsu ini.

Advertisements

Kommen