Advertisements
jenis-jenis jahe merah

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Mungkin untuk Anda yang saat ini menjadikan obat herbal sebagai obat alami tidak asing lagi dengan yang namanya jahe merah. Banyak seklai manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh kita. Selan untuk bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Jahe merah biasanya digunakan untuk bumbu dapur.

Jahe merah yang dalam bahasa inggris adalah ginger merupakan salah satu jenis dari tanaman rimpang yang terkenal untuk bahan obat dan rempah-rempah. Bentuk dari rimpangnya seperti jemari yang saling terhubung dengan ruas tengah. Rasanya yang pedas berasal dari senyawa yang bernama zingeron.

Asal mula tanaman jahe ini diprediksikan dari Negara India. Tapi, ada sebagian juga yang mengatakan bahwa asal dari jahe dari Cina Selatan. Dari negara asalnya yaitu India, jahe dibawah untuk dijadikan bahan dagangan sampai Asia Tenggara, Cina, Jepang, sampai ke negara di Timur Tengah. Lalu ketika zaman kolonialisme berlangsung, jahe yang bisa menghangatkan tubuh menjadi komoditas makanan yang terkenal di negara-negara Eropa. Jahe memiliki nama ilmiah Zingber officinale. Sukunya termasuk dari Zingiberaceae atau temu-temuan.

Jenis-jenis Jahe

jenis-jenis jahe
readtiger.com

Berikut ini adalah jenis-jenis jaher populer yang ada di pasaran:

Jahe Gajah atau Jahe Badak

jahe gajah atau jahe badak
sentrapertanian.blogspot.com

Jahe gajah atua jahe badak adalah jahe yang banyak digemari di dunia. Bentuk dari jahe ini besar dan rasanya tidak pedas-pedas amat seperti jenis jahe lainnya. Daging rimpang warnanya kuning sampai putih.

Jahe Kuning

jahe kuning
alibaba.com

Jahe kuning adalah jahe yang digunakan untuk bumbu masakan, utamanya sebagai konsumsi secara lokal. Aroma dan rasa dari jahe ini lumayan tajam. Ukuran rimpangnya sedang dan berwarna kuning.

Jahe Merah

jahe merah
pixabay.com

Yang terakhir adalah jahe merah. Jahe merah mempunyai kandungn minyak atsiri yang cukup tinggi dan rasanya sangat pedas dibandingkan dari jenis jahe yang lainnya. Oleh sebab itu, jaeh merah cocok seklai untuk bahan dasar jamu dan farmasi. Ukuran rimpang jahe merah paling kecil dan warna kulitnya berwarna
merah, dan seratnya lebih besar dari jahe lainnya.

Banyak masyarakat yang membudidayakan jahe merah. Alasan mereka berbudidaya jahe merah karena untuk menanam jahe merah penanamannya lumayan mudah, praktis, dan hasilnya pun menguntungkan. Budidaya jahe merah tak banyak tergantung dari cuaca, lokasim dan faktor lainnya. Bahkan, saat ini banyak orang yang budidaya
jahe merah memakai kantong plastik atau polybag.

Harga jahe merah di pasaran lebih mahal dibandingkan dengan jaha lainnya. Hal itu disebabkan karena kandungnan yang ada di dalam jahe merah lebih tinggi dibandingkan dengan jahe lainnya. Jahe merah biasanya digunakan untuk membuat jamu tradisional. Itu disebabkan karena banyak seklai manfaat dari jahe merah untuk tubuh kita.

Khasiat dan Manfaat Jahe Merah

manfaat jahe merah
lifehack.org

Mangaat jahe merah untuk kesehatan banyak seklai mulai dari mengobati penyakit ringan hingga mencegah penyakit berat. Apa saja khasiat dan manfaat jahe merah untuk kesehatan? Berikut ini manfaat dari jahe merah untuk tubuh kita.

Jahe Merah Untuk Mengobati Rematik

Jahe Merah Untuk Mengobati Rematik
jamunusantara.com

Jahe merah bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik. Selain untuk mengobati penyakit rematik, jahe merah bisa mengatasi maslaah pegal linu yang biasa timbul pada pekerja berat. Di dalam jahe merah terkandung senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit dan memar di persendian. Penyakit seperti encok atau rematik bisa diobati dengan mengkonsumsi jahe merah.

Cara membuat ramuan untuk penyakit rematik dengan jahe merah. Siapkan jahe merah 20 gram, cabe jawa 20 gram, temulawak 20 gram, kummis kucing 30 gram, daun komfrey 30 gram, dan air 4 gelas. Semua bahan-bahan tadi dicucui sampai bersih, kemudian diiris tipis, kemudian dierbus. Tunggu sampai air rebusannya bersisa 2 gelas saja, lalu disaring. Minum 2x ketika pagi dan sore hari, untuk satu kali minumnya 1 gelas. Supaya rasanya lebih segar, bisa ditambahkan dengan 2 sendok makan madu dan tambahan perasan jeruk nipis.

Jahe Merah Untuk Obat Batuk

Jahe Merah Untuk Obat Batuk
mencegahpenyakit.com

Kandung yang ada di dalam jahe merah bisa membaut otot di daerah tenggorokan menjadi lebih rilex. Tidak hanya itu saja, jahe merah bisa memberikan rasa hangat di sekitar tenggorokan. Itu yang menjadikan jahe merah bisa menjadi obat untuk batuk. Salin untuk mengobati batuk, jahe merah bisa mengobati radang pada tenggorokan. Jahe merah yang bisa menghangatkan ini bisa membantu mengatasi radang pada tenggorokan dan batuk. Anda bisa mengkonsumsi jahe merah dalam bentuk minuman atau olahan jahe lainnya.

Jahe Merah Bisa Untuk Menurunkan Kolesterol

Jahe Merah Bisa Untuk Menurunkan Kolesterol
burangir.com

Di dalam jahe merah terdapat kandungan yang berguna untuk mengeluarkan racun uang ada di dalam tubuh, salah satunya ialah kolesterol jahat di dalam darah. Kolesterol jahat dalam darah bisa mengganggu aliran darah pada tubuh. Salah satu dari manfaat jahe merah ini ialah untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan kolesterol jahat pun akan hancur dengan sendirinya.

Manfaat Jahe Merah Untuk Mengatasi Jerawat

Manfaat Jahe Merah Untuk Mengatasi Jerawat
stepgoals.com

Tak hanya untuk kesehatan saja, jahe merah bisa berguna untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi jerawat. Untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan jahe merah caranya terlibang gampang. Jahe merah yang sudah dibersihkan dipikatkan pada wajah hingga keluar minyaknya lalu tutup seluruh muka dengan irisan jahe merah tersebut.

Khasiat Jahe Merah Untuk Sakit Kepala

Khasiat Jahe Merah Untuk Sakit Kepala
ercare24.com

Untuk mengatasi sakit kepala dengan memanfaatkan jahe merah caranya mudah. Anda hanya perlu untuk menyeduh jahe merah dengan air hangat atau Anda bisa menghirup arima dari jahe merah yang sudah di iris-iris. Mengkonsumsi ramuan ini kurang lebih 3 kali dalam sehari bisa meredakan sakit kepala Anda.

Jahe Merah Untuk Diet

Jahe Merah Untuk Diet
ahloo.com

Manfaat lain untuk jahe merah adalah untuk membantu menurunkan berat badan atau diet. Untuk memperoleh manfaat jahe merah untuk diet ini dengan cara meminum air jahe merah dengan rutin. Dengan meminum air jahe merah bisa membantu untuk membakar lemak di bagian perut dan mengurangi nafsu makan Anda.

Jahe Merah Untuk Tulang Keropos

Jahe Merah Untuk Tulang Keropos
tasteforlife.com

Jahe merah terdapat senyawa yang bisa mengurangi tulang keropos yang biasanya menyerang wanita maupun pria ketika berusia lanjut. Anda bisa mendapatkan manfaat dari jahe merah ini dengan mengkonsumsi olahan dari jahe merah.

Ramuan untuk mengobati tulang keropos ialah sebagai berikut: Siapkan kacang hijau 30 gram, kayu manis 20 gram, jahe merah 20 gram, merica 15 gram, kapulaga 10 gram, dan air 4 gelas. Seluruh bahan dicuci terlebih dahulu lalu ditumbuk. Kemudian direbus sampai ari rebusan jadi 2 gelas dan disaring supaaya ampasnya tidak
terbawa. Minum 1 gelas pada pagi hari dan sore hari, supaya rasanya sedikit lebih enak bisa ditambah 2 sendok madu.

Khasiat Jahe Untuk Mengobati Mabuk Perjalanan

Khasiat Jahe Untuk Mengobati Mabuk Perjalanan
www.inspiradata.com

Khasiat dari jahe merah bisa mengobat mabuk perjalanan. Jahe merah yang mengandung senyawa yang bisa menetralisir zat yang bisa memicu mabuk ketika perjalanan. Saat Anda mengkonsumsi olaha jahe merah, perut akan menjadi hangat. Aroma yang khas dari jahe merah akan mengurangi sakit kepala. Dengan meminum minuman jahe sebelum Anda berpergian dengan menggunakan kendaraan bisa mengatasi mabuk perjalanan sebab sifat dari jahe merah yang anti mual.

Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit Asma

Manfaat Jahe Merah Untuk Penyakit Asma
cauchymurtopo.wordpress.com

Jahe merah juga bisa untuk mengatasi penyakit asma. Untuk mengatasi penyakit asma dengan jahe merah caranya sebagai berikut: Siapakan jahe merah 20 gram, daun randu 30 gram, daun sambiloto 30 gram, daun lampes 20 gram, dan 4 gelas air. Semuanya dicuci sampai bersih, kemudian diiris kecil-kecil. Setelah itu direbus sampai air rebusannya tersisa 2 gelas saja, kemudian disaring. Minum 2 kali dalam sehari di pagi dan sore hari sesudah makan. Untuk sekali minum 1 gelas. Anda bisa menambahkan madu atau jeruk nipis.

Jahe Merah Untuk Stroke

Jahe Merah Untuk Stroke
prezi.com

Penyumbatan di dalam pembuluh darah yang diakibatkan oleh kolesterol jahat akan menimbulkan penyakit stroke. Untuk membuat ramuan untuk mengatasi stroke siapkan daun ciremai 30 gram, pule pandak 30 gram, jahe merah 30 gram, daun mengkudu 30 gram, dan air 5 gelas. Sesudah bahan dicuci bersih, rebus dengan air 5 gelas tadi sampai tersisa 2 gelas. Dinginkan lalu saring terlebih dahulu sebelum di minum. Minum setengah gelas 3 kali sehari pada waktu pagi, saing, dan sore.

Manfaat Jahe Merah Untuk Vitalitas Pria

Manfaat Jahe Merah Untuk Vitalitas Pria
www.suehoggvitality.com

Selain untuk mengobati stroke, jahe merah memiliki manfaat untuk meningkatkan vitalitas pada pria. Cara mengolahnya adalah sebagai berikut: Siapkan gingseng 30 gram, jahe merah 15 gram, lada hitam 20 gram, cabe jawa 20 gram, air minum 4 gelas. Semuanya dicuci, kemudian direbus sampai ari tersisa 2 gelas lalu disaring terlebih dahulu. Minum 2 kali di pagi dan sore hari. Untuk seklai minum 1 gelas. Bisa ditambah 2 sendok madu dan 1 butir kuning telur. Aduk sampai rata kemudian minum.

Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan Jantung

Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan Jantung
www.bluestarhonorcare.com

Apabila tubuh kita terdapat minyak dan kolesterol yang terdiri dari lemak hewani maupun nabati risiko terkena penyakit jantung akan tinggi. Dengan mengkonsumsi jahe kadar trrigliserida dan kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh akan turun.

Mengatasi Gangguan Pencernaan Dengan Jahe Merah

Mengatasi Gangguan Pencernaan Dengan Jahe Merah
www.satujam.com

Umumnya ganguan penyakit yang menyerang pada sistem pencernaan seperti rasa sakit yang muncul ketika haid dan kram bisa di atasi dengan meminum air jahe dengan rutin.

Jahe Merah Untuk Ibu Hamil

Jahe Merah Untuk Ibu Hamil
dakwahislambalikpapan.wordpress.com

Biasanya ibu yang sedang hamil akan merasakan mual pada pagi hari atau istilahnya morning sickness sebab pencernaannya agak terganggu. Untuk mengatasi rasa mualnya Anda bisa dengan meminum jahe merah atau minum kopi hangat setiap kali Anda merasa mual saat bangun tidur.

Khasiat Jahe Mencegah Kanker Usus

Khasiat Jahe Mencegah Kanker Usus
masterholistic.com

Salah satu perguruan tinggi yang ada di Negara Amerika Serikat memberi kabar bahwa dengan kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang bahannya jahe bisa mencegah penyakit kanker usus besar atau koloretal.

Jahe Merah Untuk Mengobati Alergi

Jahe Merah Untuk Mengobati Alergi
www.parenting.co.id

Jahe merah memiliki manfaat untuk mengobati alergi, karena di dalam jahe merah ada kandungan senyawa yang bagus untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan alergi dan mengobatinya.

Manfaat Jahe Merah Untuk Mengatasi Masuk Angin

Manfaat Jahe Merah Untuk Mengatasi Masuk Angin
seruni.id

Permasalahan pada pencernaan biasanya menajadikan perut mual dan ingin muntah, kondisi itu terjadi juga pada orang yang terkena demam atau masuk angin. Untuk menanggulangi untuk pengobatan awal jangan langung membeli obat kimia di warung, coba untuk minum jahe supaya lambung Anda terasa nyaman dan perut akan terhindar dari masalah seperti kram perut.

Manfaat Jahe Merah Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Jahe Merah Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
analisiskesehatand3.blogspot.com

Supaya tubuh kita tidak gampang terserang penyakit. Kita harus meingkatkan sistem kekbalan di dalam tubuh atau imun/ imunitas. Apabila imun tubuh kuat, maka secara tidak langsung bakteri atau virus akan mudah untuk ditangkal oleh tubuh kita. Untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh kita bisa dengan memnum jahe dengan teratur, karena jahe berfungsi sebagai antioksidan.

Jahe Merah Untuk Obat Cacing

Jahe Merah Untuk Obat Cacing
modernfarmer.com

Jahe merah bisa digunakan untuk mengobati cacingan pada anak atau orang dewasa. Caranya denan menghaluskan 60 gram jahe merah, lalu campur dengan air panas. Kemudian saring dan masukan ke dalam gelas, tambah satu sendok madu. Mengkonsumi minuman jahe merah tiga kali sehari insya Allah bisa mengatasi masalah cacingan
Anda.

Manfaat jahe memang sangat banyak, akan tetapi untuk Anda yang memiliki penyakit maag akut, jahe merah tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Sebab kandungan yang ada di dalam jahe merah sangatlah kuat yang bisa menjadikan lambung Anda terbakar.

Itulah ulasan manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini agar orang terdekat Anda mengetahuinya.

Advertisements

Kommen