Advertisements
sinopsis-novel-perahu-kertas

Sinopsis Novel Perahu Kertas dan Unsur Instrinsik Ekstrinsiknya

Sinopsis Novel Perahu KertasĀ – Banyak sekali novel yang bertemakan tentang persahabatan dan percintaan yang patut anda baca. Seperti novel laskar pelangi dan sang pemimpi karya Andrea Hirata. Berikut ini sinopsis novel perahu kertas beserta unsur instrinsik dan ekstrisiknya. Novel ini karya dari Dewi Lestari atau biasanya dipanggil Dee.

Sinopsisi Novel Perahu Kertas Karya Dewi “Dee” Lestari

sinopsis-novel-perahu-kertas
snurcholis.blogspot.com

Dimulai dengan sebuah kisah tentang seorang anak muda yang bernama Keenan. Dia adalah seorang anak remaja yang baru lulus dari sekolah menengah atas di Amsterdam, Belanda. Keenan tinggal di negara kincir angin itu kurang lebih selama 6 tahun bersama neneknya.

Tapi, dia dipaksa oleh ayahnya untuk pulang ke Indonesia. Keluarga Keenan tak mendukung Keenan menjadi pelukis. Keenan pun melanjutkan pendidikannya di sebuah unversitas di Bandung. Dia mencoba untuk mengalah dan akhirnya memutuskan untuk belajar di Faklutas Ekonomi.

Tokoh utama lainnya dalam novel ini bernama Kugy. Kugy ini adalah wanita yang memiliki tubuh yang mungil. Dia memiliki kepribadian yang selalu ceria dan riang. Berbeda jauh dengan Keenan yang memiliki kepribadian kaku dan dingin. Selain orangnya periang dan ceria, Kugy juga orangnya nyentrik dan eksentrik.

Kugy akan mudah sekali dikenal meskipun berada dalam banyak kerumunan orang. Kugy sangat menyukai kisah-kisah klasik dan dongeng. Dari kecil Kugy memiliki cita-cita unutk menjadi seorang pendongeng. Dia banyak sekali mengoleksi buku-buku dongeng.

Akan tetapi ketika impian untuk menjadi pendongeng sedang tinggi-tingginya, Kugy harus menyadari akan sebuah realita bahwa menjadi seorang penulis dongeng bukan lah sebuah pekerjaan yang dapat memberikan materi yang banyak. Kugy pun dipaksa untuk memendam mimpinya tersebut.

Kugy tidak pernah merasa putus asa meskipun mimipinya menajdi seorang penulis dongeng harus kandas. Dia menyukai dunia kepenulisan. Hal itulah yang menjadikan dia melanjutkan pendidikannya di Fakultas Sastra di Bandung sama dengan Universitas Keenan.

Pertemuan antara Kugy dan Keenan tidak terlepas dengan adanya tokoh lain yaitu Eko dan Noni. Eko merupakan sepupu dari Keenan. Sementara Noni adalah tokoh pendukung yang merupakan sahabat dari Kugy. Pertemuan perdana mereka terjadi ketika Noni dan Eko akan menjemput Keenan yang tiba di Indonesia.

Waktu terus berjalan, Kugy dan Keenan menjalin persahabatan bersama dengan Noi dan Eko. Ternyata diam-diam Kugy dan Keenan saling mengagumi satu dengan yang lainnya. Kugy sangat bahagia sekali menceritakan sebuah kisah melalui dongeng, dia pun merasa takjub bisa bertemu dengan Keenan karena bisa menuangkan sebuah cerita dalam bentuk gambar.

Mereka berdua pun jatuh cinta dalam diam. Karena kondisi menuntut keduanya untuk tetap diam dan saling menebak. Diam nya perasaan mereka berdua semakin memuncak ketika Kugy memiliki seorang pacar yang bernama Joshua atau suka dipanggil Ojos.

Sedangkan Keenan yang belum mempunyai pacar, akan dijodohkan dengan seorang tokoh yang bernama Wanda. Wanda adalah seorang kurator. Karena hal itulah Noni dan Eko sangan bersemangat sekali untuk menjodohkan Wanda dengan Keenan yang pandai melukis.

Persahabatan antara Kennan, Kugy, Noni, dan Eko berjalan seperti biasanya. Tapi, lambat laun persahabatan mereka sedikit renggang. Kugy sibuk menjadi guru di sekolah darurat. Dia menjadi seorang guru relawan. Dia mengajar murid-muridnya dengan cara berdongeng.

Anak-anak yang awalnya usil dengan Kugy, berubah menjadi meyukainya sebab menceritakan sebuah dongeng yang berjudul “Jendral Pilik dan Pasukan Alit”. Dongeng itu merupakan karangan dari Kugy yang ditulisnya dalam sebuah buku. Di waktu yang akan datang, buku yang berisi dongeng-dongeng Kugy diberikan kepada Keenan.

Keenan juga memiliki kesibukannya sendiri, dia sibuk dengan kehidupanya sendiri dan adanya Wanda. Pada awalnya hubungan Keenan dan Wanda baik-baik saja. Akan tetapi, berjalannya waktu hubungan tersebut menjadi hancur dan membuat Keenan terpukul.

Dia sadar bahwa selama ini yang ia susah payah bangun, seperti sia-sia dan membuat Keenan kecewa dalam waktu semalam. Hati Keenan seperti remuk dan sangat kecewa. Akhirnya Keenan memutuskan untuk ke Bali dan meninggalkan Kota Bandung. Di Bali, Keenan tinggal dengan sahabat ibunya yang bernama Pak Wayan.

Sebelum pergi ke Bali, Keenan sempat diberi buku dongeng Jendral Pilik dan Pasukan Alit oleh Kugy. Keenan pun membawa buku dongeng itu ke Bali. Di tempatnya pak Wayan, lambat laun Keenan menata kembali mimpi dan hidupnya kembali.

Dia dikelilingi dengan para seniman yang menjadikan naluri seni Keenan terus terasah. Di Bali, Keenan mengagumi seorang gadis yang bernama Luhde Laksmi, di adalah keponakannya Pak Wayan. Setelah beberapa waktu, Keenan menjadi seorang pelukis yang karyanya digemari banyak orang. Dia membuat lukisan seri yang sangat digemari oleh kolektor lukisan. Dimana pada lukisan Keenan ini sebenarnya menceritakan kisah yang ada pada buku dongen milik Kugy.

Sementara itu, setelah menyelesaikan kuliahnya, Kugy pulang ke Jakarta dan bekerja menjadi seorang copywriter. Dia lalu menajlin sebuah hubungan dengan bosnya yang merupakan sahabat dari kakak Kugy. Bosnya bernama Remi.

Remi dan Kugy menjalin hubungan meski pun sebenarnya Kugy masih suka teringat dengan Keenan. Ketika suatu waktu, Kugy dipertemukan dengan Keenan yang terpakasa keluar Bali dikarenakan sang ayah mengalami serangan stroke. Keenan pun terpaksa harus mengemban amaah untuk melanjutkan perusahaan sang ayah.

Pertemuan antara Kugy dan Keenan dalam kondisi yang berbeda membuat mereka tidak mampu lagi untuk menahan perasaan mereka masing-masing. Konflik pun mulai terjadi di titik ini.

Secara keseluruhan, sang penulis meramu cerita percintaan ini dengan simpel tapi penuh akan makna. Kisah cinta pada novel ini tentang sebuah pencarian akan cinta yang mengalir sampai bermuara layaknya perahu kertas. Melalui Keenand dan Kugy, penulis memberikan sebuah kisah cinta yang biasa tapi sangat dalam.

Pemilihan kata yang tepat dan alurnya yang taktis pada novel Perahu Kertas ini sangat menarik seklai untuk dibaca. Meskipu dengan tema yang ringan, tapi tulisan penulis pada novel ini sama menariknya dengan karya penulis lainnya yang memiliki tema yang berat.

Pada sinopsis novel Perahu Kertas di dalam artikel ini hanyalah mencertiakan dalam garis besarnya saja. Disarankan untuk membaca langsung novel PErahu Kertas ini sampai selesai. Tak perlu ragu dengan kualitas dari tulisan Dee, dia merupakan salah satu penulis novel berbakat yang dimiliki oleh Indonesia.

Unsur Intrinsik Novel Perahu Kertas

unsur-intrinsik-novel-perahu-kertas

Tema Novel: Persahabatan
Alur Cerita: Maju Mundur
Sudut Pandang: Orang Ketiga Tunggal
Tokoh: Kugy, Keenan, Noni, Eko dan Wanda

Penokohan

  • Keenan: Rajin, Cuek
  • Kugy: Ceria, Unik
  • Eko: Penyayang
  • Noni: Rajin, Disiplin
  • Wanda: Perhatian, Penyayang

Latar Tempat: Jakarta, Bali, Stasiun, Bandara, Kampus
Latar Suasana: Sedih, Bahagia
Latar Waktu: Siang, Sore, Malam
Gaya Bahasa: terkandung majas personifikasi
Amanat: Selalu bersabar dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan. Jodoh sudah di tentukan oleh Tuhan.

Unsur Ekstrinsik Novel Perahu Kertas

Ekonomi: Keenan berada pada keluarga yang kaya
Sosial: Mempunyai banyak teman dan saling membantu satu dengan yang lainnya.
Religius: Keenan mendoakan orang tuanya ketika sedang sakit.
Moral: Tolong menolong antar sesama, saling menghargai dan menghormati.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Perahu Kertas

kelebihan-dan-kekurangan-novel-perahu-kertas

 

Cerita yang di tuangkan dalam novel perahu kertas mudah sekali dipahami pembaca. Cerita yang disampaikan juga mudah diikuti. Gaya bahsas dan ceritaya anak muda banget. Tokoh Keenan dan Kudi di dalam cerita sangatlah menarik, permasalahan cinta yang mereka hadapi seolah-olah nyata. Ceritanya susah untuk di tebak. Novel Perahu Kertas ini tidak hanya mengisahkan tentang ercintaan tapi juga persahabatan.

Advertisements

1 thought on “Sinopsis Novel Perahu Kertas dan Unsur Instrinsik Ekstrinsiknya

Monggo di komen