Advertisements
sketsa bunga mawar

Contoh Sketsa Pemandangan, Bunga, dan Rumah

Sketsa Pemandangan – Untuk kamu yang hobi menggambar membuat sketsa pasti sangat penting untuk membantu dala proses menggambar supaya lebih mudah. Dengan sketsa atau garis bantu, kamu tidak akan merasa kebingungan dalam menggambar gambar yang kamu inginkan. Berikut ini pembahasan tentang sketsa mulai dari sketsa pemandangan, sketsa bunga, dan sketsa rumah.

Apa itu Sketsa ?

Sketsa adalah gambaran secara kasar dan juga ringan yang dipakai untuk awal atau kerangka dari sebuah pembuatan karya lukis. Sketsa bisa dibedakan menjadi dua yaitu:

Seni rupa murni merupakan seni yang hanya bisa dipakai sebagai hiasan saja, tidak melihat fungsi atau kegunaannya.

Seni rupa terapan merupakan sebuah seni selain keindahannya diperhatikan, fungsi berserta kegunaanya juga ikut diperhatikan.

Jenis-jenis Sketsa

Ditinjau dari segi pembuatannya jenis sketsa dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Gambar garis besar : menggamabar garis-garis dengan bentuk yang sederhana.
2. Sketsa cepat : memakai beberapa garis saja dengan tujuan untuk memberikan tampilan di sketsa yang sudah rampung.
3. Studi citra : sketsa dimana coretan cepat dan tidak terperinci dimana hanya menunjukkan bentuk secara global saja.

Fungsi Sketsa

Sketsa memiliki beberapa fungsi daintaranya adalah sebagai berikut:

1. Supaya lebih memberikan gambaran untuk tema yang diangkat dalam seni rupa.
2. Mencegah kesalahan yang mungkin saja akan terjadi
3. Agar mempertajam pengamatan
4. Menambah kemampuan mengkoordiasikan hasil dari pengamatan dan juga keterampilan tangan.

Unsur Pembangun Dalam Sketsa

Ada beberapa unuser pembangun yang ada pada sketsa diantranya : garis, warna, gelap terang, bidang, dan warna.

Teknik-teknik Sketsa

Sebenarnya ada banyak untuk teknik sketsa tapi saya akan berikan dua contoh teknik sketsa:

1. Teknsik Sketsa Arsir

Teknik arsir merupakan teknik dengan cara mengarsir memakai garis-garis saja.

2. Teknik Sketsa Dengan Cara Dussel

Teknik Dussel merupakan sebuah teknik yang mirip seperti teknik arsir, tapi untuk teknik dussel ini garisnya kelihatan samar sebab garisnya diperhalus.

Itulah penjabaran tentang sketsa, berikut ini contoh-conth sketsa yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi dalam membuat sketsa :

Contoh Sketsa Pemandangan

Di bawah ini merupakan contoh sketsa pemandangan alam yang indah dan bisa kamu tiru dengan mudah.

Sketsa Pemandangan Alam

sketsa pemandangan alam
gambarterbaru.com

ini merupakan sketsa pemandangan alam dimana di sana terdapat pegunungan yang berjajar. Di tengahnya ada sungai yang menjadikan pemandangan tersebut semakin indah. Dilengkapi dengan adanya pohon-pohon yang rindang menjadikan suasana yang sejuk.

Sketsa Pemandangan Air Terjun

sketsa pemandangan air terjun
tugassekolahsd.blogspot.com

Gambar di atas ini merupakan sketsa pemandangan air terjun. Di kelilingi dengan pohon-pohon dan tumbuhan yang lebat. Gambarnya cukup simpel dan tidak rumit. Mudah sekali untuk ditiru untuk latihan dalam menggambar pemandangan air terjun.

Sketsa Pemandangan Pantai

sketsa pemandangan pantai
bersosial.com

Sketsa pemandangan pantai ini sangatlah sederhana, dimana sudut pandang yang diambil adalah dari arah laut yang jarang sekali orang mengambil sudut pandang dari arah laut. Disana ada perahu dengan sang nelayan yang sedang menarik perahunya ke arah pantai. Sepertinya sang nelayan habis menangkap ikan.

Contoh Sketsa Bunga

Berikut ini adalah contoh-contoh sketsa bunga mawar yang mudah dan bisa menjadi salah satu inspirasi untuk kamu untuk membaut sketsa bunga mawar.

Sketsa Bunga Mawar

 

sketsa bunga mawar
warnagambar.com

Di atas merupakan contoh sketsa kelopak bunga mawar yang mudah untuk ditiru. Kamu bisa dengan mudah membuat gambar sketsa bunga mawar dengan meniru gambar di atas ini. Hal yang perlu kamu perhatikan ialah garis-garis ketika akan membuat sketsa bunga tersebut.

sketsa bunga mawar indah
warnagambar.com

Gambar di atas ialah gambar sketdsa bunga mawar utuh. Menggambar bunga mawar secara keseluruhan bisa dibilang lebih mudah, karena untuk membuatnya tidak perlu dengan detail.

sketsa bunga mawar lengkap
warnagambar.com

Salah satu variasi dari gambar sketsa bunga mawar yang bisa dijadikan inspirsi untukmu. Coba untuk selalu membuat gambar-gambar lain selain menggambar bunga mawar. Untuk melatih skill menggambarmu kamu bisa dengan cara menggambar sketsa bunga lainnya seperti sketsa bunga matahari, bunga tulip, dan bunga-bunga lainnya.

Sketsa Bunga Tulip

sketsa bunga tulip
gambar-abc.com

Bunga tulip merupakan salah satu bunga paling digemari orang-orang di dunia. Jika dilihat dengan seksama bentuk dari bunga tulip sebenarnya biasa saja, bentuknya kuncup bunga belum mekar dengan sempurna dan tegak ke atas. Tapi, menariknya dari bunga ini ialah banyaknya warna-warna yang kontras dengan daun dan batangnya.

Sketsa Bunga Sakura

sketsa bunga sakura
pinterest.com

Bunga sakura adalah bunga nasionalnya negara Jepang. Biasanya bunga ini mekar ketika musim semi, yakni kira-kira akhir bulan Maret sampai bulan Juni. Bunga ini sangat mudah sekali ditemukan di Jepang. Motif-motif sakura juga diaplikasikan ke berbagai benda seperti kimono, guci, cendramata dan lainnya.

Contoh Sketsa Rumah

Buat kamu yang sedang mencari inspirasi sketsa rumah gambar di bawah ini bisa dijadikan inspirasi utnukmu.

Sketsa Rumah Minimalis

sketsa rumah minimalis
designrumahminimalis.blogspot.com

Gambar sketsa rumah di atas merupakan contoh gambar denah rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat rumah yang minimalis.

Sketsa Rumah Sederhana

sketsa rumah sederhana
jadhomes.com

Gambar rumah sederhana dengan tangan di atas sangat sederhana sekali. Desain rumahnya tidaklah ribet dan rumit. Akan tetapi meski terlihat sederhana, rumah ini terlihat sangat ideal untuk dijadikan rumah tempat tinggal.

Sketsa Rumah Adat Jawa Joglo

sketsa rumah adat jawa joglo
gambar-abc.blogspot.com

Mungkin untuk kamu orang yang tinggal di daerah Jawa Tengah tidak aasing lagi dengan gambar di atas. Ya, itu merupakan gambar sketsa rumah adat Jawa, yaitu rumah joglo. Saat ini rumah joglo jarang bahkan sulit ditemukan, mungkin kebanyakan orang sudah merasa bahwa desain dari rumah joglo sudah ketinggalan zaman, oleh sebab itu sekarang jarang orang yang membuat desain rumah dengan desain rumah joglo.

Itulah pembahasan tentang sketsa dan contoh sketsanya, semoga menjadi inspirasi untuk kamu. Terimakasih sudah berkunjung, Semoga hidup kamu selalu bahagia.

Advertisements

Kommen