Advertisements
universitas-salamanca

Universitas Tertua Di Dunia Ini Memiliki Sejarah Panjang

Universitas Tertua Di Dunia – Dalam artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang universitas tertua di dunia.
Pusat-pusat perguruan tinggi sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan ada beberapa yang mencapai ribuan tahun.

Akan tetapi banyak perguruan tinggi yang tidak bisa bertahan dan akhirnya bubar. Selama berabad-abad banyak sekali perguruan tinggi atau universitas tertua di dunia yang dibubarkan, ada yang menjadi perguruan tinggi otonom atau dirubah menjadi perguruan tinggi yang modern.

Institusi pendidikan yang sudah lama berdiri yang memiliki sejarah yang panjang dan tetap bertahan, mereka telah membuktikan bahwa kemampuan mereka untuk bertahan menghadapi perkembangan zaman modern dan tetap relevan terhadap perkembangan zaman meskipun persaingannya sangat ketat.

Banyak universitas tua di dunia akan tetapi tetap eksis, terkenal dan bergengsi untuk menimba ilmu di sana.

10 Universitas Tertua Yang Ada Di Dunia

Kebanyakan universitas tua berada di daerah Eropa, karena jumlah universitas yang sudah lama di sana cukup banyak dan sampai saat ini masih tetap beroperasi. Langsung saja inilah universitas-universitasnya.

Universitas Bologna

universitas-bologna
Sumber: columbia.edu

Lokasi : Italia
Tahun berdiri : 1088

Dengan motonya “Nourising Mother of The Studies” universitas ini didirikan pada tahun 1088. Sampai tak pernah beroperasi dan memegang gelar universitas tertua di dunia. Sampai zaman modern, universitas ini hanya mengajarkan bidang kedokteran saja.

Tapi saat ini memiliki beragam program di semua tingkatan. Terletak di Bolgona, Italia. Perguruan tinggi ini memilki pendaftar sebanyak 85.000 mahasiswa, dimana 30.000 mahasiswanya merupakan mahasiswa pascasarjana.

Alumni terkenal dari kampus ini ada 3 paus, beberapa pengusaha dan politikus Italia. Universitas Bolgana memiiki peringkat ke 182 di QS World University Rankings 2014/2015. Sampai sekarang universitas ini tetap dianggap sebagai universitas maju dalam sistem pendidikan di Eropa.

Universitas Oxford

universitas-oxford
Sumber: panduanwisata.id

Lokasi: Inggris
Tahun berdiri: 1096-1167

Dengan daftar alumni yang meliputi 26 Perdana Menteri Inggris, penerima 27 nobel, pemenang 47 hadiah nobel dan Satu gelar Sir yang diberikan kepada Stephen Hawking. Universitas Oxford sangat dihormati karena merupakan salah satu universitas tertua.

Tahun pendirian pasti universitas ini masih simpang siur tepatnya pada tahun berapa. Mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak tahun 1167, karena pada saat itu Henry II melarang para pelajar Inggris belajar ke universitas lain.

Pernah ditutup sebanyak dua kali. Karena adanya kerusuhan St Scholastica pada tahun 1209 dan 1355. Universitas berbahasa Inggris paling tua ini terdapat 38 jurusan.

Universitas Salamanaca

universitas-salamanca
Sumber: uga.edu

Lokasi: Spanyol
Tahun berdiri: 1134

Universitas tertua lainnya yang berada di Eropa, Universitas Salamanca didirikan pada tahun 1134 diberikan piagam kerajaan di tahun 1218. Berlokasi di Salamanca, Spanyol sebelah barat kota Madrid. Didirikan oleh Raja Alfonso XI untuk memfasilitasi rakyatnya untuk menimba ilmu.

Lembaga pendidikan tinggi yang tertua di Spanyol, setelah Universitas Palencia ditutup. Dengan aura sejarahnya yang kental di mana lembaga pendidikan ini Chirstopher Columbus membuat kasus untuk memperoleh dukungan kerajaan untuk ekspedisinya pada abad ke 15.

Universitas Salamanca menduduki peringkat antara 481-490 di QS World University Rankings. Jumah mahasiswanya kurang lebih sekitar 30.000 mahasiswa di dalam sembilan kampus. Sampai saat ini, Universitas Salamanca masih menjadi tempat favorit bagi siswa-siswa Spanyol yang ingin mempelajari di bidang humaniora serta bahasa.

Universitas Paris

universitas-paris
Sumber: wikimedia.org

Lokasi: Paris
Tahun berdiri: 1160-1250

Didirikan antara tahun 1160 sampai 1250 di ibukota Prancis yaitu Paris. Universitas ini sering dikenal dengan “la Sorbonne” terkenal dengan salah satu universitas pertama yang dibangun di Eropa. Sempat mendapat skors dan berhenti beroperasi antara tahun 1793 dan 1896.

Saat ini, Universitas Perancis tersebar di beberapa kota. Terbagi menjadi 13 lembaga otonom pada tahun 1970. Mengalami perkembangan pada akhir abad 12 di daerah Katedral Notre Dame sebagai salah satu pusat studi di bidang kedokteran, hukum, seni, dan teologi.

Peringkat tertinggi yaitu Université Pierre et Marie Curie (UPMC) peringkat 115 dunia, Université Paris-Sud peringkat ke 209 dan Université Paris Diderot – Paris 7peringkat ke 210.

Universitas Cambridge

universitas-cambridge
Sumber: veritas.org

Lokasi: Inggris
Tahun berdiri: 1209

Didirikan pada tahun 1209 oleh sekelompok sarjana yang keluar dari Universitas Oxford karena adanya konflik politik. Universitas ini juga merupakan universitas berbahasa Inggris tertua di dunia.

Saat ini Universitas Cambridge merupakan salsah satu dari top universitas di dunia. Para alumninya memenangkan penghargaan 85 nobel. Cambridge memiliki lebih dari 18.000 mahasiswa, dimana 6.000 mahasiswanya adalah pascasarjana.

Universitas Padua

universitas-paduna
Sumber: wikimedia.org

Lokasi: Italia
Tahun berdiri: 1222

Universitas Padua atau UNIPD berlokasi di Padova, Italia. Didirikan pada tahun 1222 (adapun beberapa bukti yang menyatakan berdirinya sebelum tahun tersebut) yang merupakan salah satu universitas abad pertengahan yang masih beroperasi sampai saat ini.

Universitas ini tertua di Italia setelah Universitas Bolgona Menduduki peringkat ke 262 dunia. Memiliki program penelitian di bidang astronomi, hukum, kedokteran dan filsafat. Memiliki lebih dari 40.000 siswa di kota Padua. Pada tahun 1545, Universitas Padova mendirikan kebun Padova yang sekarang menjadi salsah satu taman tertua di dunia.

Universitas Naples Federico II

universitas-naples-federico-ii
Sumber: vesuviolive.it

Lokasi: Italia
Tahun berdiri: 1224-1258

Didirikan pada tahun 1224 oleh Friedrich II, soerang Kaisar dari Kekaisaran Romawi, Universitas Naples Federico II terletak di kota terbesar ketiga di Naples, Italia dan salah satu kota tertua di dunia.

Universitas Naples Federico II menempati peringkat ke 345 di dunia, mengajar berbagai macam program untuk komunitas siswa sekitar 100.000 orang. Diantara para alumni yang terkenal adalah sang filsuf dan teolog yaitu Thomas Aquinas.

Unversitas Siena

universitas-siena
Sumber: wikimedia.org

Lokasi: Italia
Tahun berdiri: 1240

Terletak di kota kecil Siena di daerah Tuscany, Universitas Siena adalah salah satu universitas tertua di dunia, saat ini menepati peringkat ke 471-480 di dunia. Dengan jumlah siswa yang mendaftar di atas 20.000 orang mahasiswa.

Kampus Universitas Siena terdiri dari hampir setengah dari populasi seluruh kota. Pusat kotanya sendiri merupakan situs sejarah penting,dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO dan setiap tahunnya dikunjungi oleh lebih dari 160.000 wisatawan yang datang untuk menikamti kuliner, seni, museum, dan peninggalan abad pertengahan di sana.

Universitas Coimbra

universitas-coimbra
Sumber: wikimedia.org

Lokasi: Portugal
Tahun berdiri: 1290

Meskipun awalnya didirikan di ibukota Portugis tahun 1290, Universitas Coimbra (peringkat ke 351 di dunia), bebrapa kali dipindahkan oleh raja, pada akhirnya berakhir di Coimbra, pusat kota terbesar ketiga dan rumah dari sejarah era Romawi.

Dengan mahasiswanya saat ini mendekati 25.000 orang, Universitas of Coimbra telah melalui banyak reformasi radikal, dan selama beberapa dekade abad ke-18 merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang beroperasi di Portugal.

Pada tahun 2013, Universitas of Coimbra telah ditambahkan ke daftar warisan dunia UNESCO atas bangunan bersejarah, halaman terbuka, tradisi budaya dan pemandangan kotanya yang sangat luas.

Universitas Al-Azhar

universitas-al-azhar
Sumber: asianews.it

Lokasi: Mesir
Tahun berdiri: 970

Meskipun tidak memperoleh status Universitas hingga tahun 1961, Universitas Al-Azhar didirikan selebih awal pada 970 masehi di Kairo, Mesir. Awalnya sebuah ‘Madrasah’, mengajar siswa dari sekolah dasar ke tingkat tersier.

Universitas Al-Azhar pertama dikenal sebagai pusat pembelajaran Islam tapi sejak kurikulumnya dikembangkan menjadi lebih modern, untuk mempertahankan eksisitensinya . Waktu demi waktu, sekolah melihat banyak ketidakstabilan politik, terutama di abad ke-12 ketika Dinasti yang baru mengambil alih kekuasaan dan menghancurkan lebih dari 100.000 teks.

Hari ini, Universitas Al-Azhar menempti peringkat ke 701 di dunia, dan 37 di peringkat QS University Rangkings regional Arab pada tahun 2015. Dengan siswa yang mendaftar saat ini sekitar 20.000 mahasiswa. Selain studi tradisional, Sekolah juga menawarkan program dalam bisnis, ekonomi, ilmu pengetahuan, kedokteran, teknik dan pertanian.

Itulah universitas-universitas tertua yang ada di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Advertisements

Kommen