Contoh Report Text Singkat Beserta Generic Structurenya

Contoh Report Text Singkat Beserta Generic Structurenya

Contoh Report Text – Report text merupakan jenis teks lain dalam materi bahasa inggris yang dibuat dengan tujuan mengumumkan hasil dari suatu penyelidikan atau mengumumkan sesuatu yang telah terjadi. Karena sering disamakan dengan descriptive text, maka report text harus dicirikan dengan ciri khususnya. Ciri khusus dari report text adalah apa yang diumumkan adalah informasi yang umum, sama sekali tidak spesifik.

Jenis report text ini pun dibagi kembali menjadi beberapa macam berdasarkan tujuan dari dibuatnya teks itu sendiri. Tujuan umum penulisan report text adalah untuk memberikan fungsi sosial sebagai pemberian informasi mengenai sesuatu yang umum kepada pembacanya. Lalu, jenis dari report text dibagi lagi menjadi beberapa jenis sesuai tujuan dari informasi itu sendiri.

Report text dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca mengenai hewan disebut sebagai report text dengan tema hewan. Selanjutnya, jenis lain report text adalah report text yang dibuat untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu kota, maka disebut sebagai report text dengan tema kota. Lain lagi ada juga report text yang memberikan informasi mengenai tanaman, maka report text ini disebut bertema tanaman. Ada banyak lagi jenis dari report text yang bergantung dengan tema dari informasi yang diberikan. Beberapa contoh tema yang banyak dibuat adalah transportasi, negara, dan planet.

Untuk memudahkan mempelajari mengenai struktur umum report text, maka berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh report text dengan tema yang berbeda, dilengkapi juga dengan artinya, dan bagaimana struktur umum dari masing-masing contoh yang diberikan. Pelajari juga tentang recount text di link ini.

Contoh Report Text Tema Hewan serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Report Text

“Komodo Dragon”

Do you know what is the largest lizard? This lizard is called komodo. It lives in the scrub and woodland of a few Indonesian islands.

Komodo dragon is the world’s heaviest lizard, weighing 150 pounds or more. The largest Komodo ever measured was more than 10 feet (3 meters) long and weighed 366 pounds (166 kg) but the average size of komodo in the wild is about 8 feet (2.5 meters) long and 200 pounds (91 kg)

Komodo has gray scaly skin, a pointed snout, powerful limbs and a muscular tail. They use their keen sense of smell to locate decaying animal remains from several miles away. They also hunt other lizards as well as large mammals and are sometimes cannibalistic.

The Komodo dragon’s teeth are almost completely covered by its gums. When it feeds, the gums bleed, creating an ideal culture for virulent bacteria. The bacteria that live in the Komodo dragon’s saliva causes septicemia, or blood poisoning, in its victims. A dragon will bite its prey, then follow it until the animal is too weak to carry on.

This lizard species is threatened by hunting, loss of prey species and habitat loss.

Jika report text tema hewan di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Naga Komodo”

Tahukah anda apa kadal terbesar yang ada di dunia? Kadal terbesar di dunia disebut sebagai komodo. Ia tinggal di semak belukar dan hutan di beberapa pulau di Indonesia.

Komodo adalah juga kadal terberat di dunia, beratnya mencapai hingga 150 kilogram atau lebih. Komodo terbesar yang pernah diukur panjangnya lebih dari 10 kaki (3 meter) dan beratnya 366 pon (166 kg), namun ukuran rata-rata komodo di alam liar lebarnya sekitar 8 kaki (2,5 meter) dan beratnya 200 pound (91 kg).

Komodo memiliki kulit bersisik dengan warna abu-abu, moncongnya runcing, tungkai kuat dan ekor yang berotot. Mereka menggunakan indra penciuman mereka yang tajam untuk menemukan sisa hewan yang membusuk dari beberapa mil jauhnya. Mereka juga memangsa kadal lainnya serta mamalia besar atau juga terkadang kanibalistik.

Gigi komodo hampir sepenuhnya tertutup oleh gusi. Saat menyusui, gusi Komodo berdarah dan menyebabkan Komodo menjadi memiliki bakteri yang ganas. Bakteri yang hidup di air liur Komodo itu menyebabkan septikemia, atau keracunan darah jika terkena pada korbannya. Seekor komodo akan menggigit mangsanya, lalu mengikutinya sampai binatang itu terlalu lemah untuk berjalan.

Spesies kadal ini terancam punah akibat perburuan. Hilangnya spesies Komodo ini diakibatkan oleh kekurangan mangsa ataupun karena kehilangan habitat.

Struktur Umum (General Structure) dari Report Text dengan Tema Hewan

Dalam suatu report text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu general classification dan description.. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Bagian General Classification merupakan bagian yang menunjukkan berbagai pernyataan umum mengenai objek yang sedang dibicarakan. Pada teks di atas, objek yang dibicarakan adalah Komodo dan bagian general classification ditunjukkan pada bagian “Do you know what is the largest lizard? This lizard is called komodo. It lives in the scrub and woodland of a few Indonesian islands.” Atau dengan kata lain, bagian general classification dari teks di atas tercantum pada paragraf pertama teks.

Selanjutnya, bagian description adalah bagian yang menjelaskan mengenai informasi mendetail dari objek yang dibicarakan dalam detail. Teks di atas membicarakan mengenai informasi detail dari Komodo dimulai dari paragraf 2 hingga paragraf terakhirnya.

Contoh Report Text Tema Kota serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Report Text Tema Kota

“Jakarta City”

Jakarta is a capital city of Indonesia. Jakarta is located on the northwest Java.

The most popular food in Jakarta are Kerak Telor, Ketoprak, and Soto Betawi. There are so many cultural in Jakarta. There are many old buildings there.

But now, Jakarta has influenced by Globalization. Globalization gives many Impact. Negative impact and positive impact. There are many positive impact. But, because the positive impact, there are many negative impact too.

An example of positive impact is, there are a lot of tourist that goes vacation to Jakarta. and then, the tourist will see Indonesian culturals, old buildings, and many gives. But, from that positive impact, the negative impact is rivers in Indonesian especially Jakarta, the rivers are polluted by waste. And if Jakarta is rainy, there are always flood.

Jika report text dengan tema kota di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Kota Jakarta”

Jakarta adalah ibu kota Indonesia. Jakarta terletak di sebelah barat laut Jawa.

Makanan yang paling populer di Jakarta adalah Kerak Telor, Ketoprak, dan Soto Betawi. Ada begitu banyak budaya di jakarta. Ada banyak bangunan tua di sana.

Tapi sekarang, Jakarta telah dipengaruhi oleh Globalisasi. Globalisasi memberi banyak dampak. Dampak negatif dan dampak positif. Ada banyak dampak positif. Tapi, karena ada akibat positifnya, maka tentu ada banyak dampak negatif juga.

Contoh dampak positifnya, ada banyak turis yang pergi berlibur ke Jakarta. Dan kemudian, wisatawan akan melihat budaya Indonesia, bangunan tua, dan banyak keuntungan yang diberikan. Tapi, dari dampak positif itu, dampak negatifnya adalah sungai-sungai di Indonesia khususnya di Jakarta menjadi sungai-sungai tersebut tercemar limbah. Dan jika Jakarta hujan, selalu terjadi banjir.

Struktur Umum (General Structure) dari Report Text dengan Tema Kota

Dalam suatu report text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu general classification dan description.. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Bagian General Classification merupakan bagian yang menunjukkan berbagai pernyataan umum mengenai objek yang sedang dibicarakan. Pada teks di atas, objek yang dibicarakan adalah Jakarta dan bagian general classification ditunjukkan pada bagian “Jakarta is a capital city of Indonesia. Jakarta is located on the northwest Java.” Atau dengan kata lain, bagian general classification dari teks di atas tercantum pada paragraf pertama teks.

Selanjutnya, bagian description adalah bagian yang menjelaskan mengenai informasi mendetail dari objek yang dibicarakan dalam detail. Teks di atas membicarakan mengenai informasi detail dari Jakarta dimulai dari paragraf 2 hingga paragraf terakhirnya.

Baca Juga: Narrative Text: Pengertian Beserta Contohnya

Contoh Report Text Tema Tumbuhan serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Report Text Tema Tumbuhan serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Mangrove Trees”

A mangrove is a tropical marine tree. Mangroves have special aerial roots and salt-filtering tap roots which enable them to thrive in brackish water. Brackish water is salty but not as salty as sea water.

Mangrove trees are commonly planted and found in coastal areas. Mangroves can serve as walls of protection for natural disaster in coastal area like tsunami. According to BBC News, healthy mangrove forests had helped save lives in the Asia disaster tsunami and people tended to respect these natural barriers even more, especially after the tsunami.

There are several species of mangrove tree found all over the world. Some prefer more salinity, while others like to be very-close to a large fresh water source such as river. Some prefer areas that are sheltered from waves. Some species have their roots covered with sea water every day during high tide. Other species grow on dry land but are still part of the ecosystem. The Times of India reported that rare species of mangrove had been found and was also known as the looking-glass tree, probably because the leaves are silver-coated.

Mangroves need to keep their trunk and leave above the surface of the water. Yet they also need to be firmly attached to the ground so they are not moved by waves.

Any part of root that appears above the water flows oxygen to the plant under water surface. as the soil begin to build up, these roots procedure additional roots that become embedded in the soil.

Jika report text tema tumbuhan di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Pohon Mangrove”

Mangrove adalah pohon laut tropis. Mangrove memiliki akar udara khusus dan akar air penyaringan garam yang memungkinkannya berkembang dalam air payau. Air payau asin tapi tidak seasin seperti pada air laut.

Pohon mangrove biasanya ditanam dan ditemukan di daerah pesisir. Mangrove dapat berfungsi sebagai dinding perlindungan bencana alam di daerah pesisir seperti tsunami. Menurut BBC News, hutan mangrove yang sehat telah membantu menyelamatkan nyawa di tsunami Asia dan orang-orang cenderung lebih menghormati penjaga alami ini, terutama setelah tsunami.

Ada beberapa jenis pohon mangrove yang ditemukan di seluruh dunia. Sebagian jenis lebih menyukai salinitas, sementara yang lain suka sangat dekat dengan sumber air tawar yang besar seperti sungai. Beberapa lebih memilih area yang terlindung dari ombak. Beberapa spesies memiliki akarnya yang ditutupi air laut setiap hari saat air pasang. Spesies lain tumbuh di lahan kering namun masih merupakan bagian dari ekosistem. Times of India melaporkan bahwa spesies mangrove langka telah ditemukan dan juga dikenal sebagai pohon kaca yang tampak, mungkin karena daunnya dilapisi perak.

Mangrove perlu menjaga persediaan mereka dan memunculkannya di permukaan air. Namun mereka juga harus terikat erat ke tanah sehingga tidak tergeser oleh ombak.

Setiap bagian akar yang muncul di atas air mengalirkan oksigen ke tanaman di bawah permukaan air. Saat tanah mulai terbentuk, akarnya ini akan memroduksi akar akar yang kemudian tertanam di dalam tanah.

Struktur Umum (General Structure) dari Report Text dengan Tema Tumbuhan

Dalam suatu report text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu general classification dan description.. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Bagian General Classification merupakan bagian yang menunjukkan berbagai pernyataan umum mengenai objek yang sedang dibicarakan. Pada teks di atas, objek yang dibicarakan adalah Pohon Mangrove dan bagian general classification ditunjukkan pada bagian “A mangrove is a tropical marine tree. Mangroves have special aerial roots and salt-filtering tap roots which enable them to thrive in brackish water. Brackish water is salty but not as salty as sea water.” Atau dengan kata lain, bagian general classification dari teks di atas tercantum pada paragraf pertama teks.

Selanjutnya, bagian description adalah bagian yang menjelaskan mengenai informasi mendetail dari objek yang dibicarakan dalam detail. Teks di atas membicarakan mengenai informasi detail dari Pohon Mangrove dimulai dari paragraf 2 hingga paragraf terakhirnya.

Contoh Report Text Tema Bencana Alam serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Report Text Tema Bencana Alam

Earthquake”

Earthquake often happens around us. It brings great damages. Earthquake is hard to be predicted and that makes lot victims.

Actually there are three kinds of earthquake. This kinds of earthquake are commonly base on the factor and geological area where the earthquakes happen. These three kinds of earthquake are tectonic, volcanic and explosion.

Tectonic earthquakes are most common one. This kind of earthquake happens while earth’s crust rocks break because of the geological strength created by moving of the earth’s plates.

Volcanic earthquakes happen exactly with volcanic activity. Volcanic earthquakes are when the volcano produces acidic lava, which drys quickly, when it dries quickly it blocks the top of the volcano. This make no more magma can escape. Pressure starts to build up and eventually the acidic lava can no longer stand the pressure. So the volcano is free to explode, the pressure is released so fast that an earthquake is caused. A volcanic earthquake is usually kept within 10-20 miles of the volcano.

Explosion earthquakes are the result of the collapse earthquakes that are small earthquakes occurring in underground mines and caverns.

Jika report text tema bencana alam di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Gempa Bumi”

Gempa sering terjadi disekitar kita. Kejadian ini membawa kerusakan besar. Gempa sulit diprediksi dan itu membuat banyak korban.

Sebenarnya ada tiga jenis gempa. Jenis gempa ini biasanya didasarkan pada faktor dan daerah geologi dimana terjadi gempa bumi. Ketiga jenis gempa ini bersifat tektonik, vulkanik dan ledakan.

Gempa tektonik adalah yang paling umum. Gempa semacam ini terjadi saat batuan kerak bumi pecah karena kekuatan geologis yang tercipta dari pindahkan lempeng bumi.

Gempa vulkanik terjadi persis dengan aktivitas vulkanik. Gempa vulkanik adalah ketika gunung berapi menghasilkan lava asam, yang cepat kering, saat mengering dengan cepat, ia menghalangi puncak gunung berapi. Hal ini membuat magma tidak lagi bisa lolos. Tekanan mulai terbentuk dan akhirnya lava asam tidak bisa lagi menahan tekanan. Jadi gunung berapi bebas meledak, tekanan dilepaskan begitu cepat sehingga terjadi gempa. Sebuah gempa vulkanik biasanya disimpan dalam jarak 10-20 mil dari gunung berapi.

Ledakan gempa adalah hasil dari keruntuhan gempa bumi yang merupakan gempa kecil yang terjadi di tambang bawah tanah dan gua-gua.

Struktur Umum (General Structure) dari Report Text dengan Tema Tumbuhan

Dalam suatu report text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu general classification dan description.. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Bagian General Classification merupakan bagian yang menunjukkan berbagai pernyataan umum mengenai objek yang sedang dibicarakan. Pada teks di atas, objek yang dibicarakan adalah Gempa Bumi dan bagian general classification ditunjukkan pada bagian “Earthquake often happens around us. It brings great damages. Earthquake is hard to be predicted and that makes lot victims.” Atau dengan kata lain, bagian general classification dari teks di atas tercantum pada paragraf pertama teks.

Selanjutnya, bagian description adalah bagian yang menjelaskan mengenai informasi mendetail dari objek yang dibicarakan dalam detail. Teks di atas membicarakan mengenai informasi detail dari Gempa Bumi dimulai dari paragraf 2 hingga paragraf terakhirnya.

Demikianlah informasi mengenai report text, beserta contoh dari struktur umumnya. Semoga informasi ini dapat membantu anda mempelajari lebih mudah mengenai jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris selanjutnya!

 

Contoh Announcement Text Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Announcement Text Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Announcement Text – Macam-macam announcement text sebenarnya sudah banyak kita temukan tanpa kita sadari di sekeliling kita. Jenis teks bahasa Inggris yang satu ini merupakan salah satu teks yang paling familiar dan dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Announcement text ini merupakan teks yang dibuat untuk memberikan pengumuman mengenai suatu peristiwa dan berbagai informasi lainnya.

Tujuan dari dibuatnya announcement text adalah untuk memberikan informasi mengenai berbagai hal. Perbedaan informasi mengenai tujuan dari dibuatnya announcement text ini adalah kemudian menjadi dasar munculnya berbagai jenis announcement text.

Jenis-jenis dari announcement text ini banyak digunakan dalam materi bahasa Inggris. Jenis yang pertama adalah announcement text yang berfungsi menjelaskan pengumuman mengenai orang hilang. Selain itu, mungkin juga announcement text dibuat untuk memberikan pengumuman mengenai berita orang meninggal, berita mengenai pernikahan, pengumuman ulang tahun, ataupun pengumuman mengenai kelahiran. Bentuk umum lainnya dari announcement text pun dapat ditunjukkan sebagai pengumuman lowongan kerja, pengumuman kompetensi, pengumuman pemenang, ataupun iklan.

Untuk memudahkan mempelajari mengenai struktur umum dari announcement text, maka berikut ini akan dijelaskan contoh dari masing-masing announcement text, artinya, dan bagaimana struktur umum dari masing-masing contoh yang diberikan. Selain annoucement text, kamu juga perlu mempelajari contoh report text.

Contoh Announcement Text Berita Orang Hilang serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Announcement Text

“MISSING GIRL”

Name: Celine Marveux

Age: 10 years old

Height: 140 cm

Weight: 48 kg

Last seen at 3 pm on Tuesday 2nd August in front of her school, St.Laigle School, 23rd Divine Road, Boston, Massachusetts, USA, wearing her school uniform, white blouse and brown jacket and striped blue skirt. If you happen to see her, please contact the nearest police station or her parents at this number below:

  • Jenna (089658385304)
  • Alain (5439288510083)

There will be a proper reward for those who can help us to find her.

Jika announcement text dengan berita orang hilang di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“ANAK HILANG”

Nama: Celine Marveux

Umur: 10 tahun

Tinggi: 140 cm

Berat: 48 kg

Terakhir terlihat pada pukul 3 sore pada hari Selasa tanggal 2 Agustus di depan sekolahnya, St.Laigle School, 23th Divine Road, Boston, Massachusetts, AS, mengenakan seragam sekolahnya, blus putih dan jaket coklat serta rok biru bergaris. Jika Anda kebetulan menemuinya, silakan hubungi kantor polisi terdekat atau orang tuanya di nomor ini di bawah ini:

  • Jenna (089658385304)
  • Alain (5439288510083)

Akan ada hadiah yang menarik bagi mereka yang dapat membantu kami menemukannya.

Struktur Umum (General Structure) dari Announcement Text Berita Orang Hilang

General Structure Announcement Text Berita Orang Hilang

Dalam suatu announcement, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Bagian pertama adalah title. Bagian ini tentunya adalah judul yang mewakili serta dapat menggambarkan informasi keseluruhan dari pengumuman yang dibuat. Misalnya saja dalam pengumuman di atas, judul dari pengumuman adalah “MISSING GIRL.” Judul ini dapat menjelaskan bahwa seluruh announcement text akan berisi mengenai informasi dari anak perempuan yang hilang.

Bagian kedua dikenal dengan nama explanation. Bagian kedua ini disebut sebagai bagian yang menjelaskan lebih dalam mengenai informasi dari pengumuman itu sendiri. Biasanya bagian ini memuat informasi mengenai ciri-ciri, waktu, apa dan bagaimana suatu kejadian dapat terjadi. Pada teks di atas dapat diketahui explanation ditunjukkan dengan nama dari anak yang hilang, ciri-cirinya, dan bagaimana anak tersebut telah hilang.

Contoh Announcement Text Berita Kedukaan serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Announcement Text Berita Kedukaan Serta Artinya

“DEEP CONDOLENCES”

We wish to express our deepest

Condolesces on the passing of

Amir Daud

The first chief editor of The Jakarta Post

(78 years of age) on Saturday,October, 9,2015

His body is laid out at Jl.Sawo Raya no.2 Rawamangun,East Jakarta.

Burial will be in Tanah Kusir Cemetery.

South Jakarta

On Sunday,October,4,2015

May God almighty bless and keep him

Always

The management and staff of

The Jakarta Post

Jika announcement text dengan berita kedukaan di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“TURUT BERDUKA CITA”

Kami ingin mengungkapkan turut berduka cita yang terdalam

Atas meninggalnya

Amir Daud

Pemimpin redaksi pertama dari The Jakarta Post

(78 tahun) pada hari Sabtu, 9 Oktober 2015

Jenazah dapat dilayat di Jl.Sawo Raya no.2 Rawamangun, Jakarta Timur.

Pemakaman akan dilakukan di Pemakaman Tanah Kusir.

Jakarta Selatan

Pada hari Minggu, 4 Oktober 2015

Semoga Tuhan yang Mahakuasa memberkati dan menjaganya

Selalu

Manajemen dan staf

The Jakarta Post

Struktur Umum (General Structure) dari Announcement Text Berita Kedukaan

General Structure Announcement Text Berita Duka

Dalam suatu announcement, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Bagian pertama adalah title. Bagian ini tentunya adalah judul yang mewakili serta dapat menggambarkan informasi keseluruhan dari pengumuman yang dibuat. Misalnya saja dalam pengumuman di atas, judul dari pengumuman adalah “DEEP CONDOLENCES.” Judul ini dapat menjelaskan bahwa seluruh announcement text akan berisi mengenai informasi kedukaan atas wafatnya seseorang yaitu pemimpin The Jakarta Post.

Bagian kedua dikenal dengan nama explanation. Bagian kedua ini disebut sebagai bagian yang menjelaskan lebih dalam mengenai informasi dari pengumuman itu sendiri. Biasanya bagian ini memuat informasi mengenai ciri-ciri, waktu, apa dan bagaimana suatu kejadian dapat terjadi. Pada teks di atas dapat diketahui explanation ditunjukkan dengan nama dari orang yang wafat, kapan wafatnya, dimana disemayamkan, dan kapan akan dikuburkan.

BACA JUGA: Contoh Narrative Text Lengkap Dengan Artinya

Contoh Announcement Text Berita Pernikahan serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Announcement Text Berita Pernikahan

“WEDDING ANNOUNCEMENT”

WE ARE IN LOVE

And Want Everyone To Know It

Join Us As We

TAKE THE PLUNGE

AND BECOME MR. AND MRS.

JANUARY 15, 2015

Ceremony Starts At 4 PM

Kubah Emas Mosque

143 Dirgantara

Lembang, Bandung

Reception To Follow At 7 PM

Armadin Hall

120 Dirgantara

Lembang, Bandung

Hope To See You There!

RAIHAN DONI

And

SURTI ELIZABETH

Jika announcement text dengan berita pernikahan di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“PENGUMUMAN PERNIKAHAN”

KAMI SALING MENCINTAI

Dan kami ingin semua orang mengetahuinya

Bergabunglah dengan kami sebab kami

MENUNJUKKAN KEBERANIAN

DAN MENJADI TUAN DAN NYONYA

15 JANUARI 2015

Acara AKad dimulai jam 4 sore

Masjid Kubah Emas

143 Dirgantara

Lembang, Bandung

Akan dilanjutkan dengan Resepsi jam 7 malam

Armadin Hall

120 Dirgantara

Lembang, Bandung

Kami berharap dapat bertemu Anda di sana!

RAIHAN DONI

dan

SURTI ELIZABETH

Struktur Umum (General Structure) dari Announcement Text Berita Orang Menikah

General Structure Announcement Text Berita Orang Menikah

Dalam suatu announcement, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Bagian pertama adalah title. Bagian ini tentunya adalah judul yang mewakili serta dapat menggambarkan informasi keseluruhan dari pengumuman yang dibuat. Misalnya saja dalam pengumuman di atas, judul dari pengumuman adalah “WEDDING ANNOUNCEMENT.” Judul ini dapat menjelaskan bahwa seluruh announcement text akan berisi mengenai informasi dari acara pernikahan seseorang dan pasangannya.

Bagian kedua dikenal dengan nama explanation. Bagian kedua ini disebut sebagai bagian yang menjelaskan lebih dalam mengenai informasi dari pengumuman itu sendiri. Biasanya bagian ini memuat informasi mengenai ciri-ciri, waktu, apa dan bagaimana suatu kejadian dapat terjadi. Pada teks di atas dapat diketahui explanation ditunjukkan dengan nama dari dua orang yang akan menikah, kapan dan dimana akan menikah, dan anda diundang untuk datang ke pernikahannya.

Contoh Announcement Text Berita Lowongan Kerja serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Announcement Text Berita Lowongan Kerja

“JOB OPPORTUNITY”

The Technical Support Division has positions open for two technical support representatives in the Springfield office. Both positions require a B.S. in computer science and three years experience in the software industry. The closing date for applications is May 5. Interested persons should submit an application with a resume and a cover letter.

Technical support representatives provide telephone and on-line assistance to users of Doe’s Vision and Mainline software products. Duties include:

  1. Handling telephone inquiries
  2. Answering on-line questions
  3. Faxing hardcopy answers from our database

Questions concerning these positions can be answered by Eric Doe in Human Resources, extension 5555.

Jika announcement text dengan berita lowongan pekerjaan di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“LOWONGAN KERJA”

Divisi Technical Support memiliki lowongan kerja untuk dua posisi sebagai perwakilan pendukung teknis di kantor Springfield. Kedua posisi ini membutuhkan syarat gelar Sarjana dalam ilmu komputer dan pengalaman tiga tahun di industri perangkat lunak. Tanggal penutupan untuk aplikasi adalah 5 Mei. Bagi anda yang berminat harus mengajukan lamaran dengan resume dan surat lamaran.

Perwakilan dukungan teknis memberikan bantuan melalui telepon dan on-line kepada pengguna produk perangkat lunak Doe’s Vision dan Mainline. Tugas tersebut meliputi:

  1. Menangani pertanyaan melalui telepon
  2. Menjawab pertanyaan on-line
  3. Mengirimkan jawaban hardcopy dari database kami

Pertanyaan mengenai posisi ini bisa dijawab oleh Eric Doe di Human Resources, ext. 5555.

Struktur Umum (General Structure) dari Announcement Text Berita Lowongan Kerja

General Structure Announcement Text Berita Lowongan Kerja

Dalam suatu announcement, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Bagian pertama adalah title. Bagian ini tentunya adalah judul yang mewakili serta dapat menggambarkan informasi keseluruhan dari pengumuman yang dibuat. Misalnya saja dalam pengumuman di atas, judul dari pengumuman adalah “JOB OPPORTUNITY.” Judul ini dapat menjelaskan bahwa seluruh announcement text akan berisi mengenai informasi dari lowongan kerja yang membutuhkan aplikasi pelamar.

Bagian kedua dikenal dengan nama explanation. Bagian kedua ini disebut sebagai bagian yang menjelaskan lebih dalam mengenai informasi dari pengumuman itu sendiri. Biasanya bagian ini memuat informasi mengenai ciri-ciri, waktu, apa dan bagaimana suatu kejadian dapat terjadi. Pada teks di atas dapat diketahui explanation ditunjukkan dengan posisi pekerjaan yang kosong, apa sayarat pelamar, tanggal akhir lamaran, serta penjelasan mengenai tanggung jawab pekerjaan tersebut.

Contoh Announcement Text Pengumuman Acara Reuni serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Announcement Text Pengumuman Acara Reuni

“GRAND ALUMNI HOMECOMING”

SMAN 10 Jarak will be having a Grand Alumni Homecoming on December 7, 2012 at 2:00 pm at Gajah Mungkur Hotel and Restaurant as the celebration of 10th Foundation Anniversary of SMAN 10 Jarak.

On this regard, we are cordially inviting you to attend the said affair to meet your old friends, classmates, acquaintances and teachers, reminiscing memorable experiences and sharing stories of success and most specially to renew our commitment to the noble ideals of our beloved Alma Mater.

The registration charges are Rp. 250.000,- per person payable at the venue. These charges include Alumni T-shirt, Alumni ID, Alumni souvenir, dinner, live band and raffle draws.

For further inquiries, please contact our Alumni Secretariat at (021) 237-2383 or text us at 08173445631.

We look forward to your presence in this once a year celebration.

Jika announcement text dengan berita reuni akbar alumni di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“REUNI AKBAR ALUMNI”

SMAN 10 Jarak akan mengadakan Reuni Akbar Alumni pada tanggal 7 Desember 2012 pukul 14:00 di Hotel dan Restoran Gajah Mungkur sebagai perayaan HUT ke-10 SMAN 10 Jarak.

Dalam hal ini, kami dengan hormat mengundang Anda untuk menghadiri acara tersebut untuk bertemu dengan teman lama, teman sekelas, kenalan dan guru Anda, mengenang pengalaman yang tak terlupakan dan berbagi cerita tentang kesuksesan dan yang paling khusus untuk memperbarui komitmen kita terhadap cita-cita mulia Almamater kita tercinta.

Biaya pendaftaran adalah Rp. 250.000, – per orang dibayar di tempat tersebut. Biaya ini mencakup biaya T-shirt Alumni, Alumni ID, souvenir Alumni, makan malam, live band dan undian undian.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi Sekretariat Alumni kami di (021) 237-2383 atau kirimkan pesan ke 08173445631.

Kami menantikan kehadiran Anda dalam perayaan setahun sekali ini.

Struktur Umum (General Structure) dari Announcement Text Pengumuman Acara Reuni

General Structure Announcement Text Pengumuman Acara Reuni

Dalam suatu announcement, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Bagian pertama adalah title. Bagian ini tentunya adalah judul yang mewakili serta dapat menggambarkan informasi keseluruhan dari pengumuman yang dibuat. Misalnya saja dalam pengumuman di atas, judul dari pengumuman adalah “GRAND ALUMNI HOMECOMING.” Judul ini dapat menjelaskan bahwa seluruh announcement text akan berisi mengenai informasi dari reuni akbar alumni SMAN 10 Jarak yang akan dilakukan.

Bagian kedua dikenal dengan nama explanation. Bagian kedua ini disebut sebagai bagian yang menjelaskan lebih dalam mengenai informasi dari pengumuman itu sendiri. Biasanya bagian ini memuat informasi mengenai ciri-ciri, waktu, apa dan bagaimana suatu kejadian dapat terjadi. Pada teks di atas dapat diketahui explanation ditunjukkan dengan informasi mengenai acara alumni, tanggal dan tempat pelaksanaan, biaya yang harus dibayarkan, serta narasumber yang dapat dihubungi.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai contoh announcement text dan arti serta analisis dari strukturnya. Semoga anda dapat semakin memahami bagaimana mengetahui struktur umum dari suatu announcement text dengan lebih mudah. Informasi ini diharapkan dapat membantu anda dalam belajar bahasa Inggris. Semoga anda lebih mudah belajar bahasa Inggris!

Contoh Procedure Text Tentang Benda dan Makanan Beserta Artinya

Contoh Procedure Text Tentang Benda dan Makanan Beserta Artinya

Contoh procedure text sebenarnya sudah banyak kita baca tanpa kita sadari. Jenis teks bahasa Inggris yang satu ini merupakan salah satu teks yang paling familiar dan dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Procedure text ini merupakan teks yang dibuat untuk menjelaskan prosedur atau instruksi dalam melakukan sesuatu.

Tujuan dari procedure text ada dua jenis yaitu, menunjukkan urutan proses dalam upaya membuat pembacar mengerti bagaimana prosedur sesuatu hal, sedangkan tujuan kedua adalah memberitahu kepada pembaca bagaimana untuk dapat melakukan sesuatu sesuai urutan langkahnya.

Sedikitnya terdapat 3 jenis procedure text yang banyak digunakan dalam materi bahasa Inggris.

  1. Jenis yang pertama adalah procedure text yang berfungsi menjelaskan bagaimana mengoperasikan sesuatu, disebut sebagai manual procedure text.
  2. Procedure text yang kedua merupakan jenis teks yang diuat untuk menjelaskan bagaimana membuat sesuatu, disebut sebagai making procedure text. Terakhir, terdapat jenis procedure text yang menjelaskan bagaimana menjadi esuatu yang berhubungan dengan perilaku manusia, disebut how to procedure text.

Untuk memudahkan mempelajari mengenai struktur umum procedure text, maka berikut ini akan dijelaskan contoh procedure text dari masing-masing procedure text, artinya, dan bagaimana struktur umum dari masing-masing contoh yang diberikan. Oh ya selain procedure text biasanya di sekolah juga mempelajari announcement text. Contoh announcement text bisa kamu lihat langsung di link tadi.

Contoh Procedure Text

Berikut ini contoh-contoh dari procedure text dari beberapa tipenya.

Contoh Manual Procedure Text Beserta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Manual Procedure Text Beserta Artinya

[su_note]

“How to Insert Sim Card Cellphone”

Cellphone is a modern communication device which connects one to the others by voice, written message and data. However this device can not work until the SIM card is inserted.

When inserting the SIM Card to cellphone, make sure that the cellphone has been switched off and follow the direction bellow :

First of all, press the locking catch and slide the cover then lift it off the phone.

After that, push two catches in the opposite directions and remove the battery.

Next, slide the SIM card carefully into the slot and make sure that the golden connect arson are facing to the connector of the phone.

Then, put the battery and align it until snaps into its place.

Finally, insert the two catches of the back cover corresponding slot in the phone and slide the cover forward button of the phone until locks into place

Don’t forget to switch on the cellphone. Wait until it is ready to use.

Jika manual procedure text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Cara Memasukkan Kartu Sim ke Dalam Ponsel”

Ponsel adalah perangkat komunikasi modern yang menghubungkan orang satu dengan yang lain melalui suara, pesan tertulis dan data. Namun perangkat ini tidak bisa bekerja sampai kartu SIM dimasukkan.

Saat memasukkan Kartu SIM ke ponsel, pastikan ponsel telah dimatikan dan ikuti petunjuk di bawah ini:

Pertama-tama, tekan pengunci ponsel bagian belakang dan geser penutup lalu lepaskan penutup dari ponsel.

Setelah itu, dorong dua pengunci ke arah yang berlawanan dan lepaskan baterai.

Selanjutnya, geser kartu SIM dengan hati-hati ke dalam slot dan pastikan penyambungan sinyal yaitu bagian emas telah menghadap ke konektor ponsel.

Kemudian, letakkan baterai dan luruskan sampai terkunci pada tempatnya.

Terakhir, masukkan kedua tangkai slot pengunci belakang sesuai slot di ponsel dan geser penutup depan tombol telepon sampai terkunci pada tempatnya.

Jangan lupa menyalakan ponsel. Tunggu sampai siap digunakan.

[/su_note]

Struktur Umum (General Structure) dari Manual Procedure Text

General Structure Manual Procedure Text

Dalam suatu procedure text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 4 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

  1. Goal: Bagian ini menjelaskan tujuan dari suatu prosedur pembuatan dilakukan. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “However this device can not work until the SIM card is inserted.
  2. Materials: Bagian ini menjelaskan mengenai bahan-bahan yang harus disiapkan untuk melakukan tahapan. Pada teks di atas bahan-bahan dijelaskan sebagai material dengan “When inserting the SIM Card to cellphone, make sure that the cellphone has been switched off and follow
  3. Steps: Bagian ini merupakan bagian yang menjelaskan rangkuman dari langkah-langkah dari keseluruhan prosedur yang akan dilakukan. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dengan “First of all,” “After that,” “Next,” “Then,” dan “Finally.”
  4. Results: Bagian ini menjelaskan mengenai hasil atau penutup dari prosedur yang telah dilakukan. Pada teks di atas penutup atau hasil ditunjukkan dengan “Don’t forget to switch on the cellphone. Wait until it is ready to use.”

Contoh Making Procedure Text Beserta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Making Procedure Text Beserta Artinya

[su_note]

“How to Make a Pancake”

INGREDIENTS :

  •         3 – 4 spoonful of flour
  •         2 eggs
  •         1 ½ (250 ml) of milk
  •         1 stick of butter

MATERIALS :

  •         1 mixing bowl
  •         2 table spoons
  •         2 cups
  •         1 small pan

PROCEDURE :

  1.   Put the flour in the bowl.
  2.   Put milk in a cup.
  3.   Make sure it’s 250 ml of milk.
  4.   Put the milk in the bowl.
  5.   Break the 2 eggs into the bowl.
  6.   Mix it with a spoon.
  7.   Heat up the pan and put the butter
  8.   Put the mix in the pan.
  9.   Let the pancake mix cook about 5 minutes
  10.  Flip pancake over when the top is brown.
  11.  Your pancake its ready to be serve

Jika making procedure text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Cara Memasak Pancake”

BAHAN :

  •         3 – 4 sendok tepung
  •         2 telur
  •         1 ½ (250 ml) susu
  •         1 tongkat mentega

MATERI:

  •         1 mangkuk pencampur
  •         2 sendok makan
  •         2 cangkir
  •         1 panci kecil

PROSEDUR:

  1. Masukkan tepung dalam mangkuk.
  2. Masukkan susu ke dalam cangkir.
  3. Pastikan itu 250 ml susu.
  4. Masukkan susu ke dalam mangkuk.
  5. Pecahkan 2 butir telur ke dalam mangkuk.
  6. Campur dengan sendok.
  7. Panaskan wajan dan masukkan mentega
  8. Letakkan campuran di panci.
  9. Biarkan pancake mix memasak sekitar 5 menit
  10. Panaskan pancake saat bagian atas berwarna coklat.
  11. Pancake Anda siap untuk disajikan

[/su_note]

Struktur Umum (General Structure) dari Making Procedure Text

General Structure Procedure Text

Dalam suatu procedure text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 4 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

  1. Goal: Bagian ini menjelaskan tujuan dari suatu prosedur pembuatan dilakukan. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “How to Make a Pancake.
  2. Materials: Bagian ini menjelaskan mengenai bahan-bahan yang harus disiapkan untuk melakukan tahapan. Pada teks di atas bahan-bahan dijelaskan sebagai material dengan “3 – 4 spoonful of flour, 2 eggs, 1 ½ (250 ml) of milk, 1 stick of butter, 1 mixing bowl, 2 table spoons, 2 cups1 small pan
  3. Steps: Bagian ini merupakan bagian yang menjelaskan rangkuman dari langkah-langkah dari keseluruhan prosedur yang akan dilakukan. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dalam bagian “Put the flour in the bowl, Put milk in a cup, Make sure it’s 250 ml of milk, Put the milk in the bowl, Break the 2 eggs into the bowl, Mix it with a spoon., Heat up the pan and put the butter, Put the mix in the pan, Let the pancake mix cook about 5 minutes, Flip pancake over when the top is brown, Your pancake its ready to be serve
  4. Results: Bagian ini menjelaskan mengenai hasil atau penutup dari prosedur yang telah dilakukan. Pada teks di atas penutup atau hasil ditunjukkan dengan “Your pancake its ready to be serve.”

Contoh How To Procedure Text serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh How To Procedure Text

[su_note]

“How To Be Successful in Final Exam”

MATERIALS:

  •         Some of materials
  •         Dictonary

TOOLS:

  •         Pen
  •         Pencil
  •         Books
  •         Eraser
  •         Paper

ACTION VERB:

  •         Read
  •         Pray
  •         Try
  •         Understand
  •         Prepare

STEPS:

There are some steps to be successful in final exam. First prepare some of material and tools which you need such as pen, pencil, paper, books, and dictionary. Pray before you learn. After that, read and understand materials that have been given by your teacher or lecturer. If you find words that you don’t know, you can search it in dictionary. If you still don’t understand with your materials, try to summarize materials that important for you with your pen and paper. When you summarize your materials, you can make it with your own sentences. Learn in quiet condition because when you learn in quiet condition, you can be easier to absord materials. After you finish studying, you have to prepare the equipment of final exam such as pen, pencil, eraser, test card, etc. So that, you will not be haste when you will go to school or college. If you will do your final exam, you must pray first. After you pray, you can answer the questions calmly. So, if you want to be successful in final exam you can try above some steps.

Jika how to procedure text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Cara Sukses di Ujian Akhir”

MATERI:

  •         Beberapa materi
  •         Kamus

ALAT:

  •         Pulpen
  •         Pensil
  •         Buku
  •         Penghapus
  •         Kertas

KATA KERJA:

  •         ​​Baca
  •         Berdoa
  •         Berusaha
  •         Pahami
  •         Bersiap

LANGKAH-LANGKAH:

Ada beberapa langkah sukses dalam ujian akhir. Pertama siapkan beberapa bahan dan alat yang Anda butuhkan seperti pena, pensil, kertas, buku, dan kamus. Berdoalah sebelum kamu belajar. Setelah itu, baca dan pahami materi yang telah diberikan oleh guru atau dosen anda. Jika Anda menemukan kata-kata yang tidak Anda ketahui, Anda bisa mencarinya di kamus. Jika Anda masih tidak mengerti dengan materi Anda, cobalah meringkas bahan-bahan yang penting untuk Anda dengan pena dan kertas Anda.

Bila Anda meringkas materi Anda, Anda bisa membuatnya dengan kalimat Anda sendiri. Belajar dalam kondisi sepi karena saat Anda belajar dalam kondisi sepi, Anda bisa lebih mudah absord bahan. Setelah selesai belajar, Anda harus menyiapkan alat ujian akhir seperti pena, pensil, penghapus, kartu tes, dll. Jadi, Anda tidak akan tergesa-gesa saat akan masuk sekolah atau kuliah. Jika Anda akan melakukan ujian akhir Anda, Anda harus terlebih dahulu berdoa. Setelah Anda berdoa, Anda bisa menjawab pertanyaan dengan tenang. Jadi, jika Anda ingin sukses dalam ujian akhir Anda bisa mencoba beberapa langkah di atas.

[/su_note]

Struktur Umum (General Structure) dari How To Procedure Text

General Structure How To Procedure Text

Dalam suatu procedure text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 4 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

  1. Goal: Bagian ini menjelaskan tujuan dari suatu prosedur pembuatan dilakukan. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “How To Be Successful in Final Exam.
  2. Materials: Bagian ini menjelaskan mengenai bahan-bahan yang harus disiapkan untuk melakukan tahapan. Pada teks di atas bahan-bahan dijelaskan sebagai material dengan “Some of materials, Dictonary, Pen, Pencil, Books, Eraser, Paper, Read, Pray, Try, Understand, dan Prepare”
  3. Steps: Bagian ini merupakan bagian yang menjelaskan rangkuman dari langkah-langkah dari keseluruhan prosedur yang akan dilakukan. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dalam bagian “First prepare some of material,” “After that,” “If you find words that you don’t know,” “If you still don’t understand,” “When you summarize your materials,” “After you finish studying,” “So that,” “If you will do your final exam,” dan “So.
  4. Results: Bagian ini menjelaskan mengenai hasil atau penutup dari prosedur yang telah dilakukan. Pada teks di atas penutup atau hasil ditunjukkan dengan “if you want to be successful in final exam you can try above some steps.”

Baca Juga: Contoh Narrative Text Dengan Artinya

Berikut tadi beberapa informasi mengenai contoh procedure text dan arti serta analisisi dari strukturnya. Semoga anda dapat semakin memahami bagaimana mengetahui struktur umum dari suatu procedure text dengan lebih mudah. Informasi ini diharapkan dapat membantu anda dalam belajar bahasa Inggris. Selamat belajar!

Contoh Recount Text Pendek Beserta Arti dan General Structurenya

Contoh Recount Text Pendek Beserta Arti dan General Structurenya

Contoh Recount text – Recount Text merupakan salah satu teks dalam materi bahasa inggris yang dibuat dengan tujuan menceritakan ulang berbagai kejadian dan peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu. Karena merupakan cerita di masa lalu, maka struktur dari recount text akan menggunakan kalimat masa lampau (past tense). Dalam artikel ini akan diberikan contoh recountext pendek tentang liburan atau holiday beserta keluarga dan lainnya. Selain mempelajari recount text, di sekolah juga biasanya belajar procedure text.

Jenis recount text ini pun dibagi lagi menjadi beberapa macam berdasarkan tujuan dari dibuatnya teks itu sendiri. Tujuan umum penulisan recount text adalah untuk memberikan/ menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian. Akan tetapi, tujuan khususnya terbagi menjadi tiga jenis recount text.

Recount text dengan tujuan menceritakan kembali pengalaman penulis secara pribadi disebut sebagai personal recount text. Selanjutnya, jenis kedua adalah recount text yang dibuat untuk menjelaskan kejadian yang terjadi secara faktual, seperti kejadian ilmiah dalam ilmu pengetahuan atau kecelakaan seperti laporan kepolisian, disebut sebagai Factual Recount Text. Terakhir, terdapat juga recount text dengan tujuan imajinatif, yaitu menuliskan peristiwa imajinasi dari penulis pada kejadian di masa lalu yang disebut sebagai Imaginative Recount Text.

Untuk memudahkan mempelajari mengenai struktur umum recount text, maka berikut ini akan dijelaskan contoh dari masing-masing recount text, artinya, dan bagaimana struktur umum dari masing-masing contoh recount text yang diberikan.

Contoh Recount Text Liburan Personal Beserta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Recount Text Liburan

Berikut adalah contoh recount text tentang liburan ke kebun binatang :

[su_note]

A Trip to the Zoo

Yesterday my family went to the zoo to see the elephant and other animal.
When we got to the zoo, we went to the shop to buy some food to give to the animals.
After getting the food we went to the nocturnal house where we saw birds and reptiles which only come out at night.
Before lunch we went for a ride on the elephant. It was a thrill to ride it. Dad nearly fell off when he let go of the rope.
During lunch we fed some birds in the park. In the afternoon we saw the animals being fed.
When we returned home we were tired but happy because we had so much fun.

Jika personal recount text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

Perjalanan ke Kebun Binatang

Kemarin keluargaku pergi ke kebun binatang untuk melihat gajah dan hewan lainnya.
Ketika sampai di kebun binatang, kami pergi ke toko untuk membeli makanan yang akan aku berikan langsung kepada hewan.
Setelah mendapatkan makanannya, kami pergi ke rumah nokturnal dimana kami dapat melihat burung dan reptil yang hanya keluar pada malam hari.
Sebelum makan siang, kami pergi untuk mengendarai gajah. Sungguh mengasyikkan dapat mengendarainya. Ayah hampir terjatuh saat melepaskan tali pegangan yang diberikan.
Saat makan siang, kami memberi makan beberapa burung di taman. Sore harinya, kami melihat hewan-hewan itu diberi makan oleh petugas.
Ketika kami kembali ke rumah, kami lelah tapi bahagia karena kami bersenang-senang.

[/su_note]

Struktur Umum (General Structure) dari Personal Recount Text

Struktur Umum Personal Recount Text

Dalam suatu recount text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 3 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Orientation: Bagian ini menjelaskan kapan, bagaimana, mengapa peristiwa itu terjadi. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “Yesterday my family went to the zoo to see…”

Events: Bagian ini menjelaskan mengenai tahapan-tahapan dalam peristiwa. Pada teks di atas tahapan peristiwa-peristiwa dijelaskan dengan “When we got to the zoo,” “After getting the food,” “Before lunch,” “During lunch,” dan “When we returned,”

Reorientation: Bagian ini merupakan bagian penutup yang menjelaskan rangkuman dari seluruh peristiwa yang telah terjadi. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dengan “we were tired but happy because we had so much fun.”

Contoh Factual Recount Text Beserta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Factual Recount Text Beserta Artinya

Berikut adalah contoh recount text faktual tentang berita seseorang yang mendorong wanita di bus:

[su_note]

“Man Charged with Pushing Old Woman Down Bus”

SINGAPORE – The man who pushed an old woman down a bus along Upper Thomson Road has been charged in court.
Twenty-five-year-old Ong Kok Hao is accused of hurting 76-year-old Hwang Li Lian Nee Lye on bus service number 167 at about 3pm on June 5 this year.
Ong is said to have used his right hand to push the old woman on her back, causing her to fall on the steps of the bus.
The incident was captured in a two-minute video and uploaded on YouTube.
The video shows Ong suddenly flying into a rage at Madam Hwang for pressing the bell at the last-minute along Upper Thomson Road.
A shouting match then ensued and during the heated spat, Ong threatened to slap the woman, before pushing her down the bus.
Ong’s lawyer Eddie Koh will be making representations to the court. The case will next be mentioned in December.

Jika factual recount text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Seorang Pria Dihukum Karena Mendorong Wanita Tua dari Bis”

SINGAPURA – Pria yang mendorong wanita tua dari bis di sepanjang jakan Upper Thomson Road telah dihukum di pengadilan.
Ong Kok Hao yang berusia 25 tahun dituduh melukai Hwang Li Lian Nee Lye yang berusia 76 tahun pada bis dengan nomor layanan 167 pada pukul 3 sore pada tanggal 5 Juni tahun ini.
Ong dikatakan telah menggunakan tangan kanannya untuk mendorong wanita tua itu pada punggungnya, kemudian menyebabkannya jatuh di tangga bis.
Insiden tersebut ditangkap dalam video berdurasi dua menit dan diupload di YouTube.
Video tersebut menunjukkan bahwa Ong tiba-tiba marah pada Nyonya Hwang karena menekan bel di detik-detik terakhir saat akan turun di sepanjang Upper Thomson Road.
Sebuah teriakan kemudian terdengar akibat pertengkaran yang memanas, Ong mengancam akan menampar wanita itu, sebelum mendorongnya ke luar dari bis.
Pengacara Ong Eddie Koh akan membuat pembelaan ke pengadilan. Persidangan selanjutnya akan dilakukan pada bulan Desember.

[/su_note]

Struktur Umum (General Structure) dari Factual Recount Text

Struktur Umum Factual Recount Text

Dalam suatu recount text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 3 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Orientation: Bagian ini menjelaskan kapan, bagaimana, mengapa peristiwa itu terjadi. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “The man who pushed an old woman down a bus along Upper Thomson Road has been charged in court.”

Events: Bagian ini menjelaskan mengenai tahapan-tahapan dalam peristiwa. Pada teks di atas tahapan peristiwa-peristiwa dijelaskan dengan “Twenty-five-year-old Ong Kok Hao is accused,” “Ong is said to have used his right hand,” “The incident was captured in,” “The video shows Ong suddenly,” “A shouting match then ensued,” dan “Ong’s lawyer Eddie Koh will.”

Reorientation: Bagian ini merupakan bagian penutup yang menjelaskan rangkuman dari seluruh peristiwa yang telah terjadi. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dengan “The case will next be mentioned in December.”

Contoh Imaginative Recount Text serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Imaginative Recount Text

Berikut adalah contoh recount text imaginative tentang petualangan di hutan:

[su_note]

“My Rainforest Adventure”

Today I woke up at 5:00am in the morning. I put on my loose fitting shirt, trousers, sturdy black boots with little holes in them, wide brimmed hat and a plastic bag with spare dry clothes in case it rained so I didn’t get a cold. When I got out of the four-wheel drive I could feel the refreshing cool air, it smelt like it had been raining for ages before I came to the rainforest. I decided to explore the forest floor.

The first animal I saw was a magnificent, giant eastern brown snake. I was so scared I felt like I wanted to run but that would be really dangerous!

The second animal I spotted was a beetle eating a rotten berry. I bent down to have a closer look but it stank like rotten eggs and onion mixed together.
Then I turned to the right and saw a bowerbird collecting lots of blue stuff like wrappers and blue flowers. It had beautiful, magnificent, midnight-blue eyes and it looked very graceful.

By now I had seen enough on the forest floor so I decided to go to the understorey. So I went to the bridge in the understorey 20m high off the forest floor.
The first animal I saw in the understorey was a massive, graceful, blue butterfly sucking pollen off a beautiful orchid. That was my favourite animal so far of all the animals I saw.

The second animal I spotted was a black bat hanging upside down on the branch near me. Before I arrived at the rainforest I thought we wouldn’t see a bat because I was going in the day and bats are nocturnal.

The third animal I spotted was a grey Boyd’s dragon it was eating lots of bugs and beetles. I looked down to the forest floor and saw a little stream, it had a cute, little platypus looking after her five tiny, mini babies.

By now I had had enough of the understorey so I decided to go up the ladder to the canopy. I already knew that we would see lots of brightly coloured birds in the canopy.
I went up the ladder and on the way up I already saw lots of birds and lots of berries and colourful, beautiful, rainbow flowers. When I got to the canopy I was 30m high.

The first animal I saw in the canopy was a Crimson Rosella it was eating seeds off some beautiful flowers. The Crimson Rosella was dark red and midnight-blue on its tail and wings.
I could see the emergent trees 50m tall off the ground. I saw a wedge-tail eagle looking for food and other little animals.

I had a great time because I liked the rainforest. The most terrifying animal was the eastern brown snake. I liked the blue butterfly the best of all the animals.

Jika imaginative recount text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Petualangan Saya di Hutan Hujan”

Hari ini saya bangun jam 5:00 pagi. Saya mengenakan kemeja, celana panjang, sepatu bot hitam kokoh dengan sedikit lubang di dalamnya, topi bertepi lebar dan kantong plastik dengan pakaian kering untuk berjaga-jaga hujan turun, sehingga saya tidak akan kedinginan.

Ketika saya keluar dari kendaraan roda empat ini, saya bisa merasakan udara sejuk yang menyegarkan, rasanya seperti sudah hujan sejak lama sebelum saya datang ke hutan hujan. Saya memutuskan untuk menjelajahi tanah hutan.

Hewan pertama yang saya lihat adalah seekor ular cokelat raksasa yang megah. Saya sangat takut sehingga saya merasa ingin berlari tapi itu akan membuatnya semakin berbahaya!
Hewan kedua yang saya lihat adalah seekor kumbang yang memakan buah berry busuk. Saya membungkuk untuk melihat lebih dekat tapi ada bau seperti telur busuk dan bawang dicampur bersama di sana.

Lalu saya menoleh ke kanan, saya melihat seekor binatang purba mengumpulkan banyak barang biru seperti bungkus dan bunga biru. Matanya yang indah, megah, berwarna biru seperti malam gelap, dan terlihat sangat anggun.

Sekarang saya sudah cukup melihat di hutan, jadi saya memutuskan untuk pergi ke daerah bawah. Jadi saya pergi ke sana dengan menggunakan jembatan sekitar 20m dari hutan.
Binatang pertama yang saya lihat di bawah tumbuhan itu adalah kupu-kupu besar yang anggun dan biru dan mengisap serbuk sari dari anggrek yang indah. Itu hewan terbaik menurut saya sejauh ini dari semua binatang yang sudah saya lihat.

Hewan kedua yang saya lihat adalah seekor kelelawar hitam yang tergantung di cabang dekat saya. Sebelum saya tiba di hutan hujan, saya pikir kita tidak akan melihat kelelawar karena saya yakin kelelawar keluar pada malam hari.

Binatang ketiga yang saya lihat adalah naga Boyd abu-abu yang sedang memakan banyak serangga dan kumbang. Saya melihat ke bawah ke dari hutan dan melihat sedikit arus, ada sebuah platipus kecil yang lucu yang merawat kelima bayi mini yang kecil itu.

Saat ini saya sudah cukup melihat di tumbuhan bawah, jadi saya memutuskan untuk naik tangga ke kanopi. Saya sudah tahu bahwa kita akan melihat banyak burung berwarna cerah di kanopi.
Saya naik tangga dan dalam perjalanan naik saya sudah melihat banyak burung dan banyak berry dan bunga-bunga pelangi yang indah dan indah. Ketika sampai di kanopi itu kira-kira dapat diketahui tingginya 30m.

Hewan pertama yang saya lihat di kanopi itu adalah Rosella Crimson yang memakan biji dari beberapa bunga yang indah. The Crimson Rosella berwarna merah gelap dan tengah malam-biru di ekor dan sayapnya.

Saya juga bisa melihat pohon setinggi 50m tinggi dari tanah. Saya melihat seekor elang baji mencari makanan dan hewan kecil lainnya.
Saya merasa bersenang-senang di sana karena saya menyukai hutan hujan. Hewan yang paling mengerikan adalah ular coklat timur. Saya paling suka kupu-kupu biru dari semua binatang yang ada.

[/su_note]

Struktur Umum (General Structure) dari Imaginative Recount Text

General Structure Imaginative Recount Text

Dalam suatu recount text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 3 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Orientation: Bagian ini menjelaskan kapan, bagaimana, mengapa peristiwa itu terjadi. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “Today I woke up at 5:00am in the morning. I put on my loose fitting shirt, trousers..”

Events: Bagian ini menjelaskan mengenai tahapan-tahapan dalam peristiwa. Pada teks di atas tahapan peristiwa-peristiwa dijelaskan dengan “When I got out of the four-wheel,” “The first animal I saw,” “The second animal I saw,” “Then I turned to the right,” dan “By now I had seen enough,”

Reorientation: Bagian ini merupakan bagian penutup yang menjelaskan rangkuman dari seluruh peristiwa yang telah terjadi. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dengan “I had a great time because I liked the rainforest.”

Baca Juga : Contoh Narrative Text Pendek

Demikianlah informasi mengenai recount text, beserta contoh recount text dari struktur umumnya. Semoga informasi ini dapat membantu anda mempelajari lebih mudah mengenai jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris selanjutnya!

Contoh Narrative Text Singkat Beserta Artinya Dalam Berbagai Tema

Contoh Narrative Text Singkat Beserta Artinya Dalam Berbagai Tema

Contoh narrative text merupakan salah satu jenis text yang wajib diketahui oleh siswa-siswi yang mempelajari bahasa inggris. Terdapat macam-macam narative text yang perlu diketahui oleh para siswa.

Dalam materi bahasa inggris di sekolah, siswa dikenalkan dengan berbagai macam jenis teks termasuk juga narrative text ini. Seperti narrative text fable, legend dan lainnya. Setiap teks dalam pelajaran bahasa inggris memiliki tipe, tujuan, dan struktur yang berbeda. Bagaimana dengan narrative text ini?

Pengertian Narrative Text

narrative text

Apa itu narrative text? Narrative text merupakan teks dalam bahasa inggris yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan suatu cerita dengan menjelaskan secara detail kronologi dari cerita tersebut. Kronologi ini pun sifatnya saling terikat dan tersambung. Sehingga tujuan dari penulisan narrative text adalah untuk menghibur para pembaca dengan menceritakan suatu kisah yang menarik untuk disimak.

Karena karakteristiknya yang kental sebagai sebuah cerita (kisah) yang kronologisnya detail, jenis-jenis dari narrative text pun erat kaitannya dengan beberapa jenis karya tulis fiksi. Apa sajakah jenis narrative text yang perlu anda ketahui? Silahkan simak dan perhatikan seluruh penjelasannya berikut ini.

Macam-macam Narrative Text

Dalam narrative text terda[ata macam-macam atau jenis narrative text yang berbeda. Berikut jenis-jenis dari narrative text

Contoh Narrative Text Fairy Stories Beserta Artinya

Contoh Narrative Text Fairy Stories dan Artinya

Narrative text yang pertama merupakan cerita tentang peri (fairy stories). Bagaimanakah contoh dari cerita ini dan artinya, serta analisis strukturnya? Simaklah penjelasan berikut ini.

[su_note]

Thumbelina

Once upon a time, there was a kind woman who had no children, longed for a baby and would often say, “How I would love to have a baby girl, even a tiny little one.” A beautiful fairy heard her wish one day, and gave her a little seed to plant in a flowerpot. When the seed bloomed into a tulip, the woman saw a tiny, beautiful girl inside, no bigger than her thumb. She decided to call her Thumbelina. She was so small that she had a walnut shell for a bed and used petals as a blanket. Then, an ugly toad fell in love with Thumbelina.

One night when she was sleeping, he carried her off to his lily pad in a pond. Thumbelina was very unhappy. A swallow was passing by and saw how sad she looked, and said, “Come south with me to warmer lands.” Young Thumbelina flew away on the swallow’s back. They flew across the seas and came to a land of sunshine. The swallow said, ” This is my home. You can live in one of the loveliest and biggest flowers.” When Thumbelina stepped inside, she found a handsome fairy, as tiny as her, in its heart. He was the son of the king of flowers and he fell in love with Thumbelina. He asked her to marry him. So Thumbelina became queen of the flowers and the two lived happily ever after.

Berikut tadi contoh pertama mengenai narrative text jenis fairy stories. Bagaimana arti dari cerita mengenai Thumbelina ini? Berikut ini arti dari narrative text Thumbelina di atas.

Thumbelina

Dahulu kala, hiduplah seorang wanita baik yang tidak bisa memiliki anak. Saking merindukan bayi dia pun sering berkata, “Saya ingin sekali memiliki bayi perempuan, bahkan walau bayi itu sangat kecil tubuhnya saya tetap ingin. ” Seorang peri cantik ternyata mendengar harapan dari wanita ini. Sehingga di suatu hari, peri ini memberikannya sedikit benih untuk ditanam dalam pot bunga.
Saat benih itu telah tumbuh menjadi tulip, wanita itu melihat seorang gadis kecil yang cantik di dalamnya, gadis ini tidak lebih besar tubuhnya dari ibu jarinya.

Oleh karena itu, ia pun memutuskan untuk memanggilnya dengan nama Thumbelina. Karena tubuhnya yang begitu kecil, wanita ini mengambil kulit kenari untuk tempat tidur Thumbelina dan menggunakan kelopak bunga sebagai selimutnya. Tak disangka-sangka, katak jelek pun jatuh cinta pada Thumbelina. Suatu malam ketika Thumbelina sedang tidur, dia di bawa katak ke bak bunga bakung di kolam.

Thumbelina sangat tidak bahagia. Seekor burung layang-layang lewat dan melihat betapa sedihnya Thumbelina, lalu ia pun berkata, “Mari ikut ke selatan dengan saya ke tempat yang lebih hangat.” Thumbelina pun ikut terbang menjauh di atas punggung burung layang. Mereka terbang melintasi lautan dan sampai ke tanah yang cerah. Burung layang-layang itu berkata, “Ini rumahku. Kamu bisa hidup di salah satu bunga terindah dan terbesar.” Saat Thumbelina melangkah masuk, dia menemukan peri yang tampan, sekecil dia, di dalam kelopaknya.
Dia adalah putra raja bunga dan dia jatuh cinta pada Thumbelina. Dia meminta Thumbelina untuk menikahinya. Jadi Thumbelina menjadi ratu bunga dan keduanya hidup bahagia selamanya.

[/su_note]

Karakteristik Struktur Narrative Text Fairy Tale

Karakteristik Struktur Narrative Text Fairy Tale

Orientation: Pendahuluan dari text di atas adalah “Once upon time, there was a kind woman…”
Complication: Masalah dari text di atas adalah ketika Thumbelina di bawa pergi oleh kodok jelek ke kubangan bunga.
Resolution: Penyelesaian masalah dari text di atas adalah ketika Burung Layang membawa Thumbelina pergi dari kubangan bunga.
Reorientation: Penutup dari text di atas adalah Thumbelina bertemu Pangeran Bunga dan saling jatuh cinta, lalu hidup bahagia selamanya.

Contoh Narrative Text Mysteries dan Artinya

Contoh Narrative Text Mysteries dan Artinya

Jenis narrative text selanjutnya merupakan cerita misteri. Beberapa contoh cerita misteri sering juga dikaitkan dengan cerita rakyat yang penuh dengan nilai mistis. Berikut ini salah satu cerita misteri dari daerah Sumatera Utara yang menceritakan tentang Sigale-gale.

[su_note]

“Sigale-gale”

Last holiday Anka and Reza spent their holiday in Tomok Village, Samosir Island. They visited their friend, Togar. Anka was very happy in there, but the only one that very odd in her mind. Sigale-gale figurehead in front of Togar’s house. Anka can see Sigale-gale from Togar’s window. Sigale-gale is a figurehead or a wood doll from Batak. Its proportions like humans. Perharps it made alike Prince Manggale. Prince Manggale fell from the wars. The King, his father was very sad .

Finally Sigale-gale figurehead was made. Surprisingly, Sigale-gale could move by self and dancing tor-tor in front of the King. People said, the Prince Manggale’s soul join in that wood doll.
Until now, Sigale-gale dance become most famous attractive tour in Samosir Island. But now Sigale-gale moved by Mastermind. But absolutely Anka still terrifying just with a sight. At night, after had dinner, Anka, Reza, and Togar were playing cards. Anka looked there was something moving in the window. In the dark Anka saw Sigale-gale was waving! Reflex, Anka was screaming out loudly.

“what’s wrong, Anka?” said Tagor and Reza surprised, and immediately jumped from the chair and came to Anka.

“that Sigale-gale is waving!” said Anka panic.

“WHAT?!” Togar and Reza shocked.

“is that right, Togar?” asked Reza

“emmhhhh… maybe it is because of gale or something” answered Togar keep calm. Togar didn’t want to make his guest terrifying.

“wait a moment! It’s so weird. Sigale-gale is so heavy, how can it waving caused by wind?” said Reza

“or… prince Manggale…” said Anka

Reza wondered, and told to his little sister and Togar to check it out. Togar hesitant. But then finally the curiosity win. They sneaked out house. in the outside, the wind is so hard. Above the light moon, sigale-gale’s face seemed so scary. With his sleeves that waving like dancing tor-tor.
And suddenly… Jreeenggg! Sigale-gale’s head was turning into them! Reza, Togar, and Anka shocked. They just could stand there, without any action. But suddenly, they heard another sound.

“nguk..nguk..! nguk..!”

That voice sound very sad and scary. Reza, Anka, and Togar looked each other.

“don’t you hear? That sound..” asked Reza

“I think it comes from Sigale-gale” said Togar.

“hm… okay it sounds very scary. Let’s come back to home.” Said Reza

“okay”

“NO!” shout Anka firmly

“it sounds like a monkey’s voice. Sounds so sad. Or… he injures overhere” said Anka again with afraid feelings Reza smiled. He knows his little sister very love animal. Now she fight with the fears only to help a monkey? Absolutely so appropriate to give two thumbs.

“okay let’s find where the monkey is” said Reza

“nguk….nguk..nguk”

“look!” Togar pointed

In the back side sigale-gale, a monkey that injured seemed very weak in Masterpiece’s threads.

“ah, so the monkey causes sigale-gale move” said reza satisfied after he finished the mystery.

“ Ohh… monkey loveyy…” Anka take the monkey gently

Togar and Reza was smiling.

“ok now, let’s go back to home” said Togar

They went to Togar’s house, left the sigale-gale that suddenly turn its head. They didn’t realize, that monkey was still a kid. He couldn’t pull the threads, until it could turn ahead.

Itulah tadi contoh kedua narrative text dengan jenis cerita misteri. Cerita ini dapat diartikan dalam bahasa Indonesia seperti contoh di bawah ini:

“Sigale-gale”

Liburan kemarin Anka dan Reza menghabiskan liburan mereka di Desa Tomok, Pulau Samosir. Mereka mengunjungi teman mereka, yaitu Togar. Anka sangat senang berlibur di sana, tapi satu-satunya hal yang sangat aneh dan mengganggu pikirannya adalah sosok Sigale-gale di depan rumah Togar. Anka bisa melihat Sigale-gale dari jendela Togar. Sigale-gale adalah boneka kayu khas dari suku Batak. Proporsinya yang seperti manusia itu disebut-sebut sama seperti Pangeran Manggale.

Pangeran Manggale wafat ketika perang. Ayahnya sang Raja sangatlah sedih. Akhirnya figur Sigale-gale dibuat. Anehnya, Sigale-gale bisa bergerak dengan sendirinya dan menari tor tor di depan Raja. Menurut cerita rakyat, jiwa Pangeran Manggale bergabung dalam boneka kayu itu.

Sampai saat ini, tarian Sigale-gale menjadi wisata menarik paling terkenal di Pulau Samosir. Tapi sekarang Sigale-gale digerakkan oleh penggerak di balik layar. Tapi Anka masih benar-benar takut dengan apa yang dilihatnya. Pada malam hari, setelah makan malam, Anka, Reza, dan Togar sedang bermain kartu. Anka melihat ada sesuatu yang bergerak di jendela. Dalam kegelapan Anka melihat Sigale-gale melambai! Refleks, Anka menjerit keras-keras.

“Ada apa, Anka?” tanya Tagor dan Reza terkejut, dan langsung melompat dari kursi dan mendekati Anka.

“Sigale-gale itu melambai!” Kata Anka panik.

“APA?!” Togar dan Reza kaget.

“Benarkah begitu, Togar?” tanya Reza.

“Emmhhhh … mungkin itu karena angin atau hal lainnya” jawab Togar tetap tenang. Togar tidak ingin membuat tamunya takut.

“Tunggu sebentar! Ini sangat aneh. Sigale-gale begitu berat, bagaimana bisa melambai akibat angin? “Kata Reza

“Atau … pangeran Manggale …” kata Anka

Reza bertanya-tanya, dan memberi tahu adiknya dan Togar untuk memeriksanya. Togar ragu. Tapi akhirnya rasa penasarannya menang. Mereka menyelinap keluar rumah. Di luar, angin sangat kencang. Di atas bulan cahaya, wajah sigale-gale tampak sangat menyeramkan. Dengan lengan bajunya yang melambai-lambai seperti tor tor.

Dan tiba-tiba … Jreeenggg! Kepala Sigale-gale bergerak menghadap mereka! Reza, Togar, dan Anka kaget. Mereka hanya bisa berdiri di sana, tanpa tindakan apapun. Tapi tiba-tiba, mereka mendengar suara lain.

“Nguk..nguk ..! nguk ..! ”

Suara itu terdengar sangat sedih dan menyeramkan. Reza, Anka, dan Togar saling pandang.

“Tidakkah kamu dengar suara itu? .. ” tanya Reza

“Aku pikir itu berasal dari Sigale-gale” kata Togar.

“Hm … oke kedengarannya sangat menyeramkan. Ayo kembali ke rumah.” ajak Reza

“baik”

“TIDAK!” Teriak Anka dengan tegas

“Kedengarannya seperti suara monyet. Kedengarannya sangat menyedihkan. Mungkin… dia terluka.” kata Anka lagi dengan perasaan takut
Reza tersenyum. Dia tahu adik perempuannya sangat menyukai binatang. Sekarang dia bertarung dengan ketakutan hanya untuk membantu seekor monyet? Sama sekali pantas memberi dua jempol.

“Oke mari kita cari dimana monyet itu” kata reza

“Nguk … .nguk..nguk”

“Lihat!” Togar menunjuk

Di sisi belakang sigale-gale, seekor monyet yang terluka tampak sangat lemah tersangkut karena benang penggerak.

“Ah, jadi monyet itu yang menyebabkan sigale-gale bergerak” kata reza puas setelah ia menyelesaikan misteri tersebut.

“Ohh … monyet sayang …” Anka menyelamatkan monyet dengan lembut. Togar dan Reza tersenyum.

“Ok sekarang, ayo kembali ke rumah” kata Togar

Mereka pergi ke rumah Togar, meninggalkan sigale-gale yang tiba-tiba menoleh.

Mereka tidak sadar, monyet itu masih kecil. Dia tidak bisa menarik benang, sampai bisa berbalik ke depan.

[/su_note]

Karakteristik Struktur Narrative Text Mistery

Karakteristik Struktur Narrative Text Mistery

Orientation: Pendahuluan dari text di atas adalah “Last holiday Anka and Reza spent their holiday…”
Complication: Masalah dari text di atas adalah ketika Anka melihat Sigale-gale bergerak di luar rumah.
Resolution: Penyelesaian masalah dari text di atas adalah ketika mereka pergi ke luar dan ternyata ada monyet di balik Sigale-gale. Mereka menyimpulkan monyetlah yang menyebabkan Sigale-gale bergerak.
Reorientation: Penutup dari text di atas adalah ternyata Sigael-gale itu memang bergerak lagi ketika mereka telah pergi membawa monyet. Sangat mengerikan.

Generic Structure Narrative Text atau Struktur Umum Narrative Text

Generic Structure Narrative Text

Seperti yang telah ditunjukkan pada contoh-contoh narrative text di atas. Ada empat bagian dalam struktur umum narrative text. Bagian pertama adalah Orientation. Bagian ini menjelaskan mengenai bagaimana cerita di buka. Pada bagian pertama ini juga tercantum siapa, di mana, dan sedang apa cerita dimulai. Bagian kedua adalah Complication. Bagian ini memuat informasi mengenai masalah yang terdapat dalam cerita.

Masalah ini pun diketahui merupakan inti dari cerita yang sedang dipaparkan.Bagian ketiga adalah Resolution. Setelah adanya masalah, tentu harus ada penyelesaian. Bagian inilah yang memuat penyelesaian dari suatu masalah dalam cerita. Terakhir, ada bagian bernama Reorientation. Sederhananya, bagian ini disebut sebagai bagian penutup.

Demikianlah tadi beberapa contoh narrative text dan artinya. Selain itu, juga dijelaskan mengenai struktur umum dari narrative text ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari mengenai narrative text di sekolah. Selamat membaca!

Narrative Text