Advertisements

Bahaya Vape Bagi Tubuh Manusia Nomor 4 [ Ngeri Banget! ]

Bahaya Vape – Siapa yang tidak tahu tentang Vape, rokok elektrik yang saat ini sedang booming, terutama dikalangan kaum adam. Dalam artikel ini akan dikupas secara jelas mengenai bahaya dari Vape yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, terutama kaum muda mudi yang suka trend Vape ini. Mulai dari campuran yang terkandung dalam Vape, hingga bahaya yang diakibatkan oleh Vape.Siapa yang tidak tahu tentang Vape, rokok elektrik yang saat ini sedang booming, terutama dikalangan kaum adam.

Dalam artikel ini akan dikupas secara jelas mengenai bahaya dari Vape yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, terutama kaum muda mudi yang suka trend Vape ini. Mulai dari campuran yang terkandung dalam Vape, hingga bahaya yang diakibatkan oleh Vape. Rokok atau asap rokok merupakan hal yang sudah lazim kita temui sejak zaman dulu hingga sekarang. Namun pada tahun 2010 hingga sekarang, ada jenis rokok yang sedang ngetrend di Indonesia, yaitu e-cigarete atau yang lebih umum disebut dengan “Vape”. Vape merupakan rokok elektrik yang digemari oleh para perokok atau vaporier (sebutan untuk penyuka Vape).

Sebenarnya Vape sudah lama beredar Eropa dan Amerika, tetapi baru masuk ke Indonesia sejak tahun 2010, itupun belum mendapat izin dari BPOM. Maka dari itu, seperangkat alat Vape jarang diperjualbelikan secara langsung atau ditempat umum, tapi dengan mudah dapat dibeli lewat online. Vape ini jelas berbeda jika dibandingkan dengan rokok konvensional atau rokok tembakau yang biasa kita temui.

Mengenai masalah harga, jelas Vape lebih mahal daripada rokok konvensional. Tapi, tentang keamanan atau bahaya? Apakah Vape ini lebih aman?. Penulis telah menanyakan hal tersebut kepada sepuluh orang awam dan hasilnya, tujuh orang menjawab Vape aman, selebihnya menjawab aman. Tetapi kesepuluh orang tersebut belum pernah mencari info sebelumnya. Vape atau rokok elektrik ini memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, tetapi semuanya terdiri dari tiga unsur, yaitu elemen pemanas, baterai, dan tabung yang berisi cairan atau cartridge.  Cairan Vape sendiri banyak loh campurannya. Intinya sama dengan rokok konvensional. Namanya juga rokok, pasti ada nikotinnya. Nah, di rokok elektronik atau Vape ternyata juga memiliki nikotin dan beberapa campuran bahan cair lainnya.

Perbedaan Vape dan Rokok

NoVapeRokok
1Mengeluarkan UapMengeluarkan Asap
2Uang yang dikeluarkan berwarna putih bersihAsap rokok berwarna putih kecoklatan
3Mengeluarkan uap yang tebalMengeluarkan sedikit asap
4Mengeluarkan bau yang sedap tergantung rasanyaMengeluarkan bau yang tidak sedap
5Tidak mengandung TARMengandung TAR
6Tidak baik untuk tubuhTidak baik untuk tubuh

Kandungan Bahan Berbahaya Pada Vape atau Rokok Elektrik

bahan berbahaya pada vape
youtube.com

Berikut ini penulis berikan detail dari campuran Vape lengkap dengan efek bahaya dari bahan tersebut. Cairan dalam Vape inilah yang sebenarnya memiliki kandungan berbahaya, seperti :

  1. Gliserin (Propelin Glycol), yaitu zat yang memproduksi uap air dalam Vape. Menurut Food and Drug Administration (FDA), ketika mengonsumsi Gliserin secara disengaja dapat menyebabkan kelainan fungsi jantung, hati dan ginjal, baik itu sementara atau permanen. Gliserin cair atau uap juga menyebabkan iritasi pada mata, jika terjadi kasus tersebut mata harus segera dibilas dengan air. Selain itu, uap Gliserin juga teridentifikasi sebagai faktor penyebab penyakit asma dan permasalahan pernafasan lainnya. Pada beberapa individu, Gliserin juga menyebabkan mual dan muntah. Gliserin dalam Vape, digunakan untuk melarutkan zat nikotin.
  2. Nikotin, Nikotin yang terdapat pada Vape hanya berbeda bentuknya. Pada Vape, nikotin tembakau diekstrak menjadi cair. Nikotin bisa cepat mengalir lewat pembulu darah yang mengakibatkan tubuh dan otot melemas. Dalam waktu cepat, fungsi otot dalam tubuh akan menjadi lemas. Aliran Nikotin yang cepat ketika menghirup Vape, menjadikan jantung berdetak lebih kencang untuk memompa darah, dalam hal inilah dapat terjadi resiko penyakit jantung. Selain itu, Nikotin yang terhirup lewat Vape bisa menyebabkan resiko terkena kanker paru-paru, diabetes dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  3. TSNA, atau Tobacco-Specific Nitrosamine. Nitrosamin merupakan zat yang terdapat dalam tembakau pada Vape. Nitrosamin adalah zat kimia yang dapat memicu kelainan genetik seperti cacat bawaan, sehingga untuk ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi Vape karena akan berbahaya untuk janin. Nitrosamin juga mengandung zat pemicu kanker, sebab Nitrosamin mengandung zat karsinogen (penyebab kanker).
  4. Tetramethylpyrazine. Di dalam Vape terkandung senyawa Tetramethylpyrazine. Senyawa tersebut jika dikonsumsi oleh tubuh dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kerusakan otak. Dimana sudah kita ketahui sejak dulu bahwa otak merupakan organ paling vital dalam tubuh. Jika senyawa tersebut tidak boleh dikonsumsi untuk waktu yang lama, maka dari itu kita juga tidak boleh mengonsumsi Vape dalam jangka waktu yang panjang.

Bahaya Vape Bagi Tubuh

bahaya vape
dreamstime.com

Nah, sudah jelas bukan mengenai kandungan yang berada dalam cairan Vape tersebut beserta efeknya untuk tubuh. Sebenarnya secara langsung sudah bisa ditarik kesimpulan untuk mengetahui penyakit apa saja yang bisa diakibatkan setelah menghirup Vape, terutama untuk jangka waktu yang panjang. Namun untuk lebih jelasnya, penulis akan menjabarkan lagi tentang bahaya Vape yang mengakibatkan penyakit stroke, ISPA, berhubungan erat dengan polusi udara dan kebakaran.

 Vape Bisa Mengakibatkan Stroke 

Bagaimana Vape bisa mengakibatkan stroke?. Hal tersebut bisa terjadi akibat dari mengonsumsi Nitrosamin yang kemudian mengakibatkan penyakit hipertensi, jantung, dan diabetes yang pada akhirnya berakibat pada stroke. Stroke terdiri dari dua macam yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Keduanya bisa disebabkan akibat mengonsumsi Vape. Stroke iskemik terjadi ketika pembulu darah yang mengalir ke otak tersumbat. Sebaliknya, stroke hemoragik merupakan stroke dimana pembulu darah pecah atau bocor disekitar otak.

 Menghirup Vape Mengakibatkan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) 

Senyawa Gliseril yang terdapat dalam rokok elektrik ketika dihirup bisa mengakibatkan gangguan pernapasan. Senyawa tersebut sudah ditetapkan sebagai racun yang tidak baik untuk tubuh. Gejalanya bisa mulai dari sesak napas yang lama kelamaan bisa berakibat pada asma berkepanjangan. Hal tersebut juga kita temui dalam akibat dari penggunaan rokok konvensional (rokok tembakau).

 Vape Menimbulkan Polusi Udara 

Setelah Vape diidentifikasi bisa menyebabkan ISPA, sudah pasti Vape juga menyebabkan polusi udara. Sebab, adanya penyakit ISPA disebabkan karena polusi udara. Nah, darimana polusi udara tersebut berasal? Polusi udara dari Vape berasal dari uap cairan yang dihasilkan oleh Vape untuk kemudian dihirup oleh para vaporizer. Uap tersebut merupakan polusi udara yang berbahaya untuk paru-paru.

 Vape Mudah Terbakar dan Meledak 

Bahaya lain dari menghirup Vape yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat banyak yaitu mudah terbakar. Ya, benar! Vape juga mudah terbakar. Sekilas mungkin orang-orang akan berpikir bahwa Vape atau rokok elektrik terlihat lebih keren, aman dan modern. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Vape menggunakan baterai di dalamnya. Jika baterai tersebut bisa terbakar arusnya apabila terjadi kesalahan dalam elemen pemanas. Walau resiko tersebut kemungkinannya sangat kecil terjadi, tetapi para pengguna Vape perlu juga waspada. Akan ada ledakan yang terjadi jika ada kesalahan arus. Ledakan tersebut pastinya akan bermasalah untuk Vaporizer, karena bisa merusak mulut bahkan juga wajah.

Korban Vape

Di atas adalah seseorang korban vape. Dia mau nge-vape akan tetapi tiba-tiba saja vape nya meledak. Nahas giginya ada beberapa yang rontok.

Jadi, sudah jelas sekali bahwa Vape tidak baik untuk kesehatan. Walaupun beberapa orang berpendapat bahwa Vape aman, tetapi jika dibedah lebih dalam tentang kandungan Vape sebenarnya tidak ada bedanya dengan bahaya rokok konvensional juga.

Nah, Jika anda masih ingin usia panjang dan bahagia dengan keluarga anda, akan lebih baik jika menjauhi Vape. Terutama untuk para pemuda, selagi masih muda, sayangi tubuh anda dari zat-zat kimia yang terkandung dalam Vape. Itulah bahya vape yang bisa kita sampaikan terimakasih sudah membaca jangan lupa SHARE artikel ini supata teman-teman kamu banyak yang tahu tentang bahaya dari vape atau rokok elektrik ini ya.

Advertisements