Advertisements

Beasiswa LPDP Afirmasi Lengkap Dengan Syaratnya

Calon Penerima Beasiswa LPDP Dan LPDP Afirmasi Wajib Baca!

beasiswa-lpdp

Beasiswa LPDP atau LPDP Afirmasi adalah salah satu dari bentuk kepedulian dari kementrian keuangan Republik Indonesia yang berguna untuk mengembangkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Kebanyakan, perkuliahan adalah salah satu investasi leher ke atas yang cukup mahal untuk sebagian orang.

Tidak jadi masalah bagi orang yang memiliki cukup biaya untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Tapi, menjadi masalah yang cukup serius bagi mereka yang kekurangan dalam hal biaya. Oleh karena itu, beasiswa menjadi salah satu solusi bagi mereka yang kurang dalam masalah biaya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Beasiswa LPDP atau kepanjangannya yaitu beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan beasiswa yang sangat populer bagi para pencari beasiswa di Indonesia. Dana yang disiapkan oleh LPDP ini tidaklah sedikit. Jadi, ini merupakan sebuah kesempatan bagi kalian yang berkeinginan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Beasiswa ini menawarkan pembiayaan untuk calon penerima beasiswa yang akan melanjutkan di luar negeri atau dalam negeri. Untukmu yang menginginkan melanjutkan study di luar negeri, inilah salah satu jalan untuk mewujudkan cita-citamu.

Semua itu tidak ada yang mustahil apabila kamu terus berusaha keras dan tidak lupa untuk selalu berdo’a. Kegagalan adalah hal yang biasa semua orang rasakan, begitu pun dengan keberhasilan selalu bersama dengan orang-orang yang selalu berusaha dengan seluruh kemampuan dirinya.

Video Tips Tentang LPDP

Apa Dan Bagaimana Sih Beasiswa LPDP Itu ?

Mungkin untuk yang baru tahu tentang beasiswa LPDP merasa bingung. Sebenarnya apa sih beasiswa LPDP itu dan bagaimana sajakah proses-proses agar kita bisa lolos tahapan-tahapan dalam proses penyeleksian bagi calon penerima beasiswa LPDP. Terus baca artikel ini sampai selesai ok!

seleksi-beasiswa-lpdp
Sumber: pixabay.com

Merupakan beasiswa yang sangat banyak sekali dicari-cari orang, seleksi beasiswa LPDP biasanya diperuntukkan bagi mereka yang akan melanjutkan studinya di dalam maupun di luar negeri. Sampai detik ini banyak sekali mahasiswa-mahasiswa yang telah lolos seleksi beasiswa LPDP ini.

Ini merupakan tanda-tanda yang sangat bagus sekali bahwa untuk mendapatkan beasiswa ini sangat bisa dan mungkin sekali. Tugasmu hanyalah berusaha untuk mencari tahu apa-apa saja yang perlu disiapkan untuk memenuhi persyaratan untuk seleksi beasiswa LPDP.

Jangan cemas jika kamu tahu proses-proses dan tahapan-tahapannya. Yang paling penting tahu caranya. Iya! setidaknya masalahmu teratasi 50% jika kamu mengetahui cara untuk mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan.

Terus ikuti artikel ini sampai selesai. Akan dijelaskan lebih lanjut apa serta bagaimana agar kamu meraih beasiswa LPDP.

Bagaimana Sejarah LPDP Terbentuk ?

sejarah-lpdp
Sumber:LPDP

Di dalam UUD 1945 anggaran Penerima dan Belanja Negara atau APBN sekurang-kurangnya sebesar 20%. Hal ini digunakan untuk bidang pendidikan. UU No. 2 tahun 2010 mengenai APBN-P 2010 menyetujui bahwasanya dana yang disediakan dalam APBN-P yang dialokasikan untuk pendidikan digunakan untuk Dana Pengembangan Pendidikan Nasional atau DPPN dikelola dengan sistem pengelolaan dana tak terbatas (endownment fund) oleh Badan Layanan Umum atau BLU.

Di tahun 2011, Menkeu atau Menteri Keuangan dan Mendikbud bersepakat bahwa pengelola DPPN dan penyalurannya di tugaskan ke Kemenkeu akan tetapi pejabat serta pegawainya adalah gabungan dari pegawai Kemenkeu dan Kemendikbud.

Menkeu melalui PMK (Peraturan Menteri Keuangan) No. 252/PMK.01/2011 pada tanggal 20 Desember 2011 Menetapkan sebuah Organisasi dan Tata Kelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan menjadi lembaga non eselon yang bertanggung jawab secara langsung kepada Menteri Keuangan dan berpedoman pada kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan Dewan Penyantun LPDP yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Keuangan, dan Menteri Agama.

Melalui hasil KMK(Keputusan Menteri Keuangan) Nomor18/KMK.05/2012 pada tanggal 30 Januari 2012, LPDP telah ditetapkan sebagai sebuah instansi pemerintah untuk menerapkan pola keuangan Badan Layanan Umum.

Ini Nih 3 Fakta Menarik Perihal LPDP

fakta-menarik-lpdp

Pertama, Logo LPDP yaitu kuncup dari bunga cempaka yang memiliki makna bahwa LPDP terus mengalami perkembangan menyesuaikan dengan zaman. Harum bung cempaka melambangkan dari misi LPDP yaitu untuk mengharumkan nama baik Indonesia dengan cara melahirkan SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi seorang pemimpin masa depan bangsa. Jingga dan kuning keemasan melambangkan spirits, kekreatifitasan dan dinamika.

Kedua, Ada sebuah desa di daerah Kabupaten Pandeglang yang berstatus sebagai desa tertinggal. Oleh sebab itu, desa ini mendapat perhatian khusus dari calon awardee LPDP untuk program pembangunan masyarakat dengan tema Indonesia Menyapa.

indonesia-menyapa
Sumber: menyapa-indonesia.com

Ketiga, Pendaftaran beasiswa LPDP dalam setahun membuka pendaftaran 4 kali. Ini merupakan sebuah alternatif untuk mahasiswa yang akan melamar beasiswa ke luar negeri seperti beasiswa fullbright, ASS, dan Monbugakusho.

Inilah Kelebihan Beasiswa LPDP

kelebihan beasiswa lpdp

Di kalangan para akademisi beasiswa LPDP menjadi primadona. Benar! Beasiswa ini sangat banyak peminatnya. Setiap tahun jumlah pendaftar terus meningkat. Hal apa sih yang membuat beasiswa ini banyak peminatnya? Apakah istimewanya beasiswa LPDP?

1. Beasiswa LPDP Bisa Diikuti Oleh Siapa Saja. Iya Siapa Saja!

Mau kamu Guru, dosen atau pengangguran yang tidak memiliki pengalaman bekerja bisa ikut seleksi beasiswa LPDP. Akan tetapi akhir dari tahun 2013, dosen tetap perguruan tinggi negeri atau swasta yang memiliki NIDN disarankan untuk melamar beasiswa DIKTI, bukan LPDP.

Para pelamar yang berstatus dosen tetap apabila lolos LPDP akan mendapatkan rekomendasi ke DIKTI akan tetapi dari pihak LPDP tidak memiliki wewenang untuk memberikan beasiswa.

2. Kamu Bisa Melamar Beasiswa LPDP Di Mana Saja!

Untuk melamar beasiswa LPDP tidaklah susah. Kamu bisa mendaftar di mana pun kamu berada yang terpenting kamu berkebangsaan dan mempunyai KTP Indonesia. Baik sedang di tanah air atau pun di luar negeri.

3. Masukkan Lamaranmu Kapan Saja!

Untuk mendaftar beasiswa LPDP kamu bisa daftar kapan pun sepanjang tahun. Dengan setiap tahunnya dibuka pendaftaran sebanyak 4 kali. Apabila kamu telah lolos administrasi proses selanjutnya adalah tes wawancara. Jika belum bisa lolos masih ada kesempatan untuk mencoba lagi sambil memperbaiki kesalahan dan kekuranganmu.

4. Jangan Cemas Akan Besaran Biaya SPP Kuliahmu!

Ada salah seorang penerima beasiswa LPDP yang telah diterima di Naval Academy Amerika Serikat, di mana pembayaran SPPnya harus dibayar di muka sampai lebih dari 3 miliar rupiah. Jadi, kamu tak perlu cemas untuk masalah biaya kuliahmu.

5. Pembayaran Beasiswa Dijamin Transparan

Untuk pembayaran SPP langsung dibayarkan ke universitas dan untuk biaya sehari-hari (Living Alowance) dibayar tepat waktu langsung ke rekening pelajar. Dengan besaran biaya hidup sesuai kondisi standar hidup di negara yang kamu tuju.

6. Dibekali Dengan Pembekalan Nasionalisme Dan Kepemimpinan

Sebelumnya para penerima beasiswa harus mengikuti program yang melibatkan beberapa tokoh nasional dan bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia(TNI), untuk angkatan I dan II bahkan melakukan pembekalannya di atas kapal perang TNI Angkatan Laut.

7. Beasiswa LPDP Berasal Dari Dana Pendidikan Yang Tak Terbatas

Alokasi RAPBN sebesar 20% disisihkan untuk pendidikan. Hasil dari investasi ini secara leluasa dimanfaatkan untuk program beasiswa dan penelitian di Indonesia. Dengan dana yang terus bertambah di setiap tahunnya. Jadi pengelolaan dananya bisa dikatakan fleksibel dikarenakan semua dana dikelola oleh LPDP itu sendiri, serta terbebas dari interferensi dari luar.

8. Persis Dengan Beasiswa Dari Negeri Lainnya

Beasiswa ini mirip sekali dengan beasiswa dari Australia yaitu beasiswa ALA (Australia Leadership Award). Merupakan beasiswa yang dikhususkan dari pemerintahan Australia untuk para calon pemimpin Asia Pasifik lima sampai sepuluh tahun ke depan, atau seperti beasiswa Fullbright dari Amerika.

Beasiswa ini pun lebih menitik beratkan kepada anak-anak daerah yang memiliki tekad untuk membawa perubahan daerahnya masing-masing agar terus maju.

9. Tidak Ada Batasan Quota

Yang paling menarik dari beasiswa LPDP ini tidak adanya kuota persaingan. LPDP akan menerima bagi mereka yang memenuhi kualifikasinya. Tidak peduli apakah Master atau Doktor, biaya berapa pun akan di danai asalkan sesuai dengan klasifikasi yang LPDP tentukan.

Layakkah Kamu Mendapatkan Beasiswa LPDP ?

lolos beasiswa lpdp
Sumber: youtube.com

Artikel ini berusaha untuk memotivasi anda yang rendah diri, tidak memiliki motivasi, merasa tidak mampu, atau perasaan buruk lainnya. Anda layak untuk mendapatkan beasiswa ini karena:

1. Anda Orang Indonesia
Dalam salah satu syarat untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP adalah anda harus penduduk Indonesia yang memiliki KTP, So anda berhak untuk mendaftar beasiswa LPDP.

2. Dirimu Berjiwa Muda
Memang untuk mengikuti beasiswa ini batas maksimalnya itu 35 tahun. Tapi, maksud di poin ini untuk anda yang berjiwa muda meskipun dalam kenyataannya umurnya sudah tidak muda lagi. Selama umur memenuhi syarat, anda layak untuk mendaftar beasiswa LPDP.

3. Semangat Untuk Belajar Dan Mengembangkan Diri Lebih Baik
Anda adalah sosok orang yang ingin terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi dan ingin berguna untuk ngerimu.

Penting! Persyaratan Umum/ Afirmasi Yang Perlu Kamu Siapkan

persyaratan-beasiswa-lpdp
Sumber: fundrising.com

Untuk mengikuti sebuah seleksi pastinya ada sebuah persyaratan yang perlu kamu siapkan. Untuk beasiswa LPDP atau LPDP afirmasi kamu perlu mempersiapkan beberapa persyaratan diantaranya yaitu:

Persyaratan Umum Yang Perlu Kamu Ketahui

1. Sarat pertama kamu harus warga negara Indonesia dengan memiliki identitas kependudukan yang diakui oleh pemerintah.

2. Lulusan dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi BANPT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri) atau kedinasan yang diakui oleh pemerintah. Untuk yang lulusan luar negeri harus berkategori baik sesuai dengan daftar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

3. Kamu harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dengan memperlihatkan bukti bahwa kamu pernah menjadi pemimpin sebuah organisasi atau sebuah lembaga dengan memiliki bukti berupa dokumen yang sesuai.

4. Berperan aktif dalam berbagai kegiatan di masyarakat dengan memperlihatkan bukti dokumennya.

5. Menandatangani pernyataan bahwa kamu belum pernah sama sekali terlibat dalam kasus melanggar hukum.

6. Menandatangani pernyataan tidak terlibat dalam bentuk tindakan melanggar kode etik akademik.

7. Menandatangani pernyataan kamu akan mengabdi kepada kepentingan bangsa.

8. Tidak pernah menerima beasiswa dari mana pun.

9. Untuk yang sedang bekerja harus meminta Surat Tugas Belajar (STB) dari atasan.

10. Untuk yang belum bekerja harus memiliki surat keterangan dari tokoh masyarakat.

11. Hanya bisa memilih program studi yang direkomendasikan LPDP.

12. Membuat essay dan menguploadnya.

Persyaratan Khusus Beasiswa LPDP

1. Untuk pelamar program magister telah menyelesaikan dan memiliki gelar sarjana dan untuk pelamar Doktor telah menyelsaikan gelar Magister.

2. Batas maksimum pelamar 35 tahun untuk program Magister dan 40 tahun untuk program Doktor sampai saat penutupan pendaftaran.

3. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3 untuk melanjutkan studi Magister dan 3,25 untuk lanjutan studi Doktor.

4. Kemampuan TOEFL ITP min. 500 untuk program Magister/ Doktor. TOEFL PBT min. 550 atau setara untuk Magister atau Doktor di PT yang memiliki Letter of Acceptence (LOA). Bagi para pelamar yang bahasa pengantarnya bukan Inggris menyesuaikan.

5. Paham dan setuju untuk menyelesaikan studi maksimal 2 tahun untuk program Magister dan 4 tahun untuk program Doktor.

Syarat Untuk Melamar Beasiswa LPDP Afirmasi

syarat-beasiswa-lpdp-afirmasi

Persyaratan Umum Beasiswa LPDP Afirmasi

1. WNI (Warga Negara Indonesia)
2. Sudah menuntaskan studi program sarjana atau magister
3. PT luar negeri terdaftar di Dirjen Pendidikan Tinggi, Pendidikan Tinggi RI dan Kemristek.
4. Memiliki jiwa pemimpin, profesional, gigih, nasionalis dan mandiri.
5. Ikut serta dalam kegiatan sosial kemasyarakatan/ inovasi/ keilmuan/ kreasi/ budaya.
6. Menandatangani beberapa surat pernyataan diantaranya:

a. Siap setia kepada NKRI
b. Mengabdi untuk kepentingan bangsa
c. Kembali ke Indonesia setealah menyelesaikan studi.
d. Kembali ke daerah asalnya masing-masing.
e. Tidak sedang atau akan menerima beasiswa dari beasiswa lain.
f. Tidak melanggar hukum atau terlibat dalam organisasi yang bertentangan dengan Pancasila.
g. Tidak melanggar kode etik akademik.
h. Sanggup untuk memenuhi semua ketentuan beasiswa yang ditetapkan LPDP.
i. Memberikan data yang benar yang sesuai dengan aslinya. Jika terbukti tidak sah, maka harus bersedia mendapatkan sanksi hukum dan dimasukkan dalam daftar blacklist.

7. Mendapat surat izin dari atasan bagi yang bekerja.

8. Sehat jasmani dan rohani serta terbebas dari narkoba. Khusus untuk tujuan melanjutkan studi ke luar negeri ditambah dengan bebas TBC.

9. Mendapatkan rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja dan rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang tidak bekerja.

10. Mempunyai dan memilih salah satu bidang keilmuan yang sesuai dengan sasaran LPDP.

11. Program studi dan Perguruan Tinggi yang dipilih harus sesuai dengan ketentuan LPDP.

12. Menuliskan essay 500 hingga 700 kata dengan tema: “ Kontribusiku bagi Indonesia: yang telah , sedang dan akan dilakukan untuk lembaga/ instansi/ masyarakat/ profesi komunitas saya” serta “Sukses terbesar dalam hidup”.

13. Jika terdapat dokumen atau data palsu maka pendaftar beasiswa LPDP akan dinyatakan gugur dan tidak boleh lagi mendaftar di LPDP.

14. Menyerahkan surat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dibawa ketika tes wawancara.

15. Membuat laporan studi dan mengirimkannya setiap semester dan dikirim setiap akhir semester.

16. Batas mendaftar hanya satu kali dalam waktu 1 tahun.

Persyaratan Khusus Beasiswa Afirmasi

persyaratan-khusus-beasiswa-lpdp-afirmasi

Ada dua jenis persyaratan khusus bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa afirmasi

1. Beasiswa Afirmasi untuk kelompok masyarakat daerah perbatasan atau daerah tertinggal di antaranya:

a. Menyelesaikan pendidikan dasar serta menengah dibuktikan dengan ijazah atau telah mengabdi minimal selama 3 tahun di daerah perbatasan dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwenang.
b. Siap mengabdi untuk kepentingan bangsa dan kembali ke daerah asalnya.
c. Untuk pelamar beasiswa yang mengikuti program Magister:

– Maksimal usia pelamar pada akhir tahun yaitu 31 Desember di tahun pendaftaran berusia 40 tahun.
– Menyelesaikan program studi sarjana dan tak berlaku untuk yang telah menyelesaikan program magister dalam maupun luar negeri.
– LoA (Letter of Acceptance) unconditional dari PT yang berada di dalam perguruan tinggi LPDP.
– Apabila tidak memiliki LoA. Pelamar wajib mempunyai IPK minimal sebesar 2,75 dan memiliki dokumen yang resmi dan menguasai bahasa Inggris diterbitkan ETS atau IELTS atau bahasa asing lainnya sesuai ketentuan LPDP.
– Untuk perkuliahan dimulainya paling cepat 6 bulan sesudah pendaftaran di tutup.
– Sanggup menuntaskan program Magister selama 2 tahun.
– Jika ada melampirkan dokumen TPA/ GRE/ LSAT/ GMAT.

d. Pelamar Beasiswa Untuk Program Doktoral

– Usia pada 31 Desember ketika tahun mendaftar maksimal 45 tahun.
– Menyelesaikan program Magister atau Magister terapan.
– Bisa untuk mereka yang menginginkan meneruskan ke tingkat doktoral tanpa melalui program magister.
– LoA Unconditional dari PT dalam daftar LPDP.
– Apabila memiliki LoA, pendaftar harus memiliki IPK minimal sebesar 3,00 serta mempunyai dokumen resmi yang membuktikan menguasai bahasa Inggris dari ETS atau IELTS.
– Masa perkuliahan dimulai sekitar 6 bulan setelah pendaftaran ditutup setiap periode.
– Wajib menyelesaikan program doktoral selama 4 tahun.
– Mempunyai dokumen resmi LSAT, TPA, GRE, GMAT apabila ada.

Persyaratan Beasiswa Afirmasi Untuk Para Alumni Bidikmisi atau Kelompok Masyarakat yang Berprestasi

Syarat untuk para penerima Bidikmisi ada 11 syarat yang perlu dipenuhi:

1. Secara ekonomi tidak mampu, orang tua/ istri atau suami berpenghasilan kotor sebesar 3 juta dan jika dibagi dengan jumlah keluarga paing besar 750 ribu per bulannya, dibuktikan dengan:

– Menunjukkan kartu keluarga terbaru.
– SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari lurah.
– Slip gaji / surat keterangan pendapatan orang tua, istri/ suami untuk yang sudah menikah.
– Bukti pengeluaran untuk listrik selama tiga bulan terakhir.

2. Maksimal usia 35 tahun pada 31 Desember.

3. Menyelesaikan program sarjana atau sarjana terapan.

4. Maksimal tiga tahun sejak dinyatakan lulus untuk mendaftar program beasiswa ini.

5. LoA dari PT daftar LPDP.

6. Apabila tidak mempunyai LoA, IPK minimal 3,50 serta ada bukti penguasaan bahasa Inggris dari ETS atau IELTS

7. Perkuliahan dimulai 6 bulan sesudah pendaftaran selesai.

8. Menyanggupi menuntaskan magister selama 2 tahun.

9. Mempunyai TPA/ GMAT/ GRE/ LSAT jika ada.

10. Membuat rencana studi sesuai dengan program magister pada PT tujuan.

11. Bisa dan mungkin untuk mereka yang ingin meneruskan ke doktoral tanpa program magister.

Itu dulu tentang info dan juga persyaratan mengenai beasiswa LPDP/ Afirmasi. Untuk info tambahan akan di tambahkan di artikel yang lainnya. Silahkan share dan like artikel ini supaya teman-temanmu yang ingin mendaftarkan dirinya untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP bisa mengetahuinya.

Advertisements

2 thoughts on “Beasiswa LPDP Afirmasi Lengkap Dengan Syaratnya

Kommen