Belajar Facebook Ads Gratis Dengan Mas Bram di Bandung

Belajar Facebook Ads
wccftech.com

Pertama kali saya tau ada acara workshop belajar facebook ads gratis dari timeline facebook yang di post oleh Mas Bram. Beliau membuat sebuah grup yang bernama “Free 1 Day Seminar Pixel House Studio”. Syarat untuk bisa mengikuti seminar itu tinggal ikut bergabung ke grup tersebut.

Tak lama kemudian ada pengumuan akan diadakan seminar belajar facebook ads selama 1 hari gratis di Pixel House Studio Bandung. Untuk yang mau ikut syaratnya cuma komen di post, yang diterima hanya sekitar 30 orang saja dan itu harus orang yang tinggalnya diluar Kota Bandung. Saya pun waktu itu sedang di Ciamis, jadi bisa mengikuti seminar itu.

Keesokkan harinya saya membeli tiket ke Stasiun Kota Banjar Patroman menggunakan motor Supra x 125 R keluaran 2005 kurang lebih dari rumah ke stasiun memerlukan waktu sekitar 45 menit. Untuk tujuan Banjar dan Bandung ada tiket promo bagi penumpang yang membeli 1 jam sebelum pemberangkatan apabila tiketnya masih ada. Alhmdulilah saya dapat tiketnya. Normalnya untuk menuju Bandung harga tiket kereta api 90-100 ribu tapi dengan promo ini harganya cuma 60 ribu untuk kelas eksekutif.

Singkat cerita saya pun berangkat ke Bandung dari Stasiun Kota Banjar Patroman. Kereta yang akan saya naiki tiba di stasiun sekitar pukul 5 pagi. Sampai di Bandung kira-kira pukul 10 pagi, di sana saya sudah meminta jemput kaka saya yang ke dua yang ada di Bandung. Kami berangkat ke rumah kaka saya yang pertama, karena saya akan menginap di sana.

Keesokan harinya saya setelah sarapan berangkat diantar oleh kaka saya menuju lokasi seminar yang kebetulan lumayan dekat dengan rumah kaka saya. Sesampai di Pixel House saya langsung menuju tempat penerimaan peserta. Saat saya datang, para peserta sudah banyak yang datang. Saya pun duduk di bagian depan supaya penyampaian materinya dapat saya simak dengan jelas.

Oh ya bagi kamu yang belum mengenal siapa sih itu Bramantya Farid, saya akan sedikit mengenakan siapa itu Bramantya Farid. Nama lengkapnya adalah Brmantya Farid Prasetyo atau banyak orang yang memanggil beliau Mas Bram.

Mas Bram ini merupakan seorang SEO Expert dan juga menguasai traffic generation lainnya seperti Facebook. Beliau juga memiliki bisnis offline yang belum lama ini diresmikan yaitu bisnis cafe. Mas Bram lahir di Bontang pada tanggal 17 Juli 1987.

Orang yang masih muda ya. Beliau menekuni dunia blogging pada tahun 2009, yang awalnya beliau pernah mengikuti sebuah seminar internet marketing, dari seminar itulah Mas Bram merasa tertarik dan serius menekuni dunia itu sampai sekarang.

Langsung saja inilah apa yang saya dapatkan dari seminar belajar facebook gratis di Pixel House Studio Bandung.

Di dalam dunia internet marketing baik itu yang mengandalkan SEO atau paid traffic seperti Facebook Ads, tidak ada teks pasti. Goal yang kita peroleh pada saat ini ketika berjualan melalui facebook ads hanya memberikan batasan, kapan kita akan memulai, berhenti, atau scale up. Pada akhirnya, kembali kepada pengalaman kita sebagai seorang advertiser atau pengiklan.

Tidak ada seorang Facebook Advertiser yang sekali running iklan pasti langsung untung. Kelebihan dari mereka yang berhasil adalah mereka selalu mencoba dan terus mencoba hingga menghasilkan profit. Kuncinya praktek dan praktek lebih sering dengan skala yang lebih besar lagi. Tanpa praktek dan kesungguhan, hasil yang akan kita peroleh tidak akan maksimal.

Mindset

Jadi seorang expert itu lebih susah dibandingkan dengan menghasilkan itu sendiri. Dalam belajar sesuatu pusing itu hal yang sangat biasa karena kita baru mengenal informasi baru yang akan di serap oleh otak kita. Teruslah berani untuk mencoba jangan mudah patah semangat jika pada waktu tertentu merasa mentok atau stuck, teruslah berusaha dan teta semangat.

Berani mencobalah untuk melakukan sesuatu yang ingin kita kuasai. Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan, tapi degan kegagalan itulah kita mendapakan pelajaran yang paling berharga. Mulailah dengan dari yang bisa kamu lakukan, bukan dari yang paling ideal.

Misalnya, kamu bisa untuk membuat iklan dari Facebook, ya sudah kamu pelajari itu sampai merasa bosan dan mendapatkan pola yang tepat dan terbukti. Lakukan itu berulang-ulang dan pantang menyerah. Jangan pernah berfikiran untuk sempurna di awal, karena memang tidak akan sempurna.

Berani Untuk Praktek

Kata Anthony Robbins “Repetition is a mother of skill” pasti anda sudah paham kan makudnya apa? Ya dengan kita terus melakukan secara berulang apa yang ingin kita kuasai pasti kita akan menjadi expert di bidang tersebut. Kira-kira sekitar 3 sampai 6 bulan kuasailah ilmu dasar pada bidang yang ingin kita kuasai terus berulang-ulang.

Facebook Ads Simplified

Ada 3 bagian besar di Facebook Simplified

Pertama, menemukan produk fisik yang convert (mudah unutk dijual)

Kedua, jadikanlah FB Ads sebuah skill bukan hanya pengetahuan saja.

Ketiga, fokus dan berani untuk scale up (money in money out)

Testinglah produk yang kira-kira convert. Jangan memutuskan produk itu bagus atau tidak sebelum di tes, buatlah patokan budgetnya. Menghabiskan dana 100 juta masih belum bisa dikatakan sebagai ahli untuk FB Ads. Dari hasil iklan kita ambilah data-data yang masuk sebanyak-banyaknya.

Facebook Ads Simplified Guidance

Pertama, fokuslah pada objektif PPE Campaign atau boost your post.

Kedua, pilihlah lokasi mulai dari kota-kota besar di jawa.

Ketiga, temukan target market mulai dari jenis kelamin, umur, dan interest.

Keempat, kejar ROI iklan minimal 100%

Untuk terget luar jawa bukan berarti mereka tidak bisa belanja, tapi kurangnya edukasi dan koneksinya yang lambat. Untuk umur kadang harus spesifik terkadang harus broad. Biasanya kalau target umurnya muda biaya iklannya akan murah, tapi konversinya biasanya jelek. Per hari anggarkanlah 100 ribu untuk iklan, untuk mempercepat pengumpulan data.

Pantau dan Perbaiki Iklan Facebookmu

Salah satu patokan penting, utamakan engagement. Biarkan hasil iklan yang berbicara, jangan terlalu detail ketika buat iklan, yang penting kebutuhan dasar terpenuhi. Umur dibawah 19 tahun, konversinya kurang bagus. Campaign yang broad, lebih berhasil sekarang. 

Patokan potential reach, 50K-300K, untuk awal-awal, tapi sekarang jangan dipedulikan. Patokan utama dalam beriklan, mau kecil mau gede, yang penting KONVERSI !! Jangan matikan iklan, karena biasanya lebih buruk ketika diaktifkan kembali.

Untuk scale up, dalam opsi bid amount, gunakan manual dan gunakan suggested bid yang diberikan facebook. Jangan terlalu memutuskan bahwa iklan itu mahal ketika melihat engagement. Indikator iklan bagus komen + share yang tinggi. Like banyak tanpa komen, kurang bagus. Fans Page baru tidak perlu cari like, langsung hajar iklan saja.

Tips dan Trik Untuk CS

Jangan basa-basi, persingkat dan langsung arahkan ke tujuan pembelian. Selalu akhiri pertanyaan dengan pertanyaan, terus tanyakan dan arahkan calon customer sampai pembelian, contoh : ada yang bisa dibantu? mau order apa? mau ditransfer kapan? langsung tembak, kejar 3-4 chat, maksimal 6-7 chat. Follow up + scarcity, contoh : Mbak, jadi transfer ga? Kalau tidak kita kasih stock-nya untuk yang lain. Messenger BBM paling tidak convert, tapi krusial. Messenger Line dan WA  paling convert jadi kedua aplikasi itu wajib ada.

DROPSHIP

Mark up harga dropship 50-75-100 rb atau 50-100%. Patokan barang bagus di tokopedia lihat dari banyaknya penjualan. Kumpulkan produk sebanyak-banyaknya dari berbagai variasi. Buat FP yang general terlebih dahulu, yang mampu menampung semua barang tersebut. Jual harga dibawah 200 ribu dulu, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah.

PEMBUATAN IKLAN

Kenali angka kita berapa sebagai bahan pertimbangan untuk scale up. Tahap pertama, minimal iklan itu impas. Permudah pikiran untuk maju, jangan banyak berpikir negatif. Buat adset yang tidak tabrakan, interest atau usia jangan sama. interest : public figure, nama2 ustadz, 3G & 4G connection, wifi connection, married. Jangan beda ekstrim dengan campaign pertama, contoh :

campaign 1 : indonesia

campaign 2 : west java, east java, jakarta

Variasi campaign yang berhasil dengan campaign yang lain, good respon : nanya ongkir, janji transfer. siapkan 1 produk 4 photo, buat ke dalam satu album, say something / penjelasan : bahan, ukuran, warna, kontak,  langsung share. Headline huruf kapital, dan langsung menohok, Benefit, Bahan,

Contoh Iklan

Nama Campaign : Aini Store – Gamis Syar’i


Pengaturan Adset :

Lokasi 1 : indonesia

Lokasi 2 : provinsi utama

  1. west java
  2. east java
  3. central java
  4. jakarta
  5. yogyakarta

Lokasi3 : kota besar

  1. jakarta
  2. bogor
  3. depok
  4. tangerang
  5. bekasi
  6. bandung
  7. jogja
  8. surabaya
  9. sidoarjo
  10. semarang
  11. malang
  12. karawang

 

Gamis syari, kategori umur :

Umur 1 : 23 – 33 besar

Umur 2 : 23 – 25 sempit

Umur 3 : 20 – 55 tengah-tengah

Umur 4 : 25 – 45

 

Jenis kelamin kalau ragu pakai all.

Masih dalam 1 campaign pertama

 

Interest 1 : nama barang itu sendiri iklan, kemudian lihat suggestion, sebanyak2nya, potential reach, jangan ada yang dibawah 50 ribu.

Interest2 : nama barang yang berhubungan/ temennya satu rumpun.

Interest 3 : public figure.

Interest 4 : komunitas, majalah, tv show.

Interest 5 : pilih yang disediakan di facebook, terlalu broad, tapi selalu coba dan tes.

Interest 6 : kosongkan, yang penting umur benar.

 

Kebanyakan yang dipakai public figure, brand dan nama barang sendiri. Dalam pembuatan iklan, 3 hal utama yang harus diperhatikan : umur, lokasi, interest. no interest sering berhasil pada produk yang cakupannya cukup luas, kecantikan, diet, lendir. Jika mau pakai narrow, jangan gunakan interest/bahaviour yang kecil reachnya.

Pakai narrow audience dengan :

  1. Demographics (relationships-married-divorced-widow-single, education-yang lulus saja,)
  2. Behaviour-digital activities seperti browser, OS Windows dan
  3. Mobile device user, network connections : 3G & 4G & WiFi Connection

Behaviour lebih convert dibandingkan demographics. Setiap adset, berbeda umur. Jika umurnya sudah ditentukan, tinggal dibagi jumlah adsetnya, umur 42-45 mahal karena kecil interaksi. Kelebihan banyak adset nanti pada scale up. Cara scale up-nya, tinggal tambah biaya sedikit saja, maksimal 50% dari biaya awal. Tips scale up, dari kecil ke besar, dari besar ke kecil, pergunakan kota yang sudah digunakan di awal campaign.
Parameter Iklan Facbook Ads

 

  1. Pilih 1 atau 2 adset aktif, maksimal 10 adset aktif dalam 1 campaign.
  2. 1000 Post Engagement (PE) MINIMAL ada 2 sales. Apabila dalam 500 PE tidak ada interaksi yang mengarah kepada pembelian (seperti, add bbm/sms/WA/call) ada yang salah dalam pengaturan iklan, segera STOP IKLAN !!
  3. MAKSIMUM biaya per engagement adalah Rp. 150,-
  4. PASTIKAN CTR minimal 5 %, jangan ada yang di bawah itu.
  5. Dalam 100 Engagement, harus sudah diketahui iklan mana yang harus dimatikan.

Penjelasannya adalah :

  • MATIKAN Iklan apabila :
  1. Dalam 50 engagement harga per engagement-nya JAUH DIATAS Rp. 150,
  2. Dalam 50 engagement masih belum mencapai Rp. 150, KECUALI iklan tersebut SUDAH PROFIT.
  • PERTAHANKAN iklan apabila :
  1. Dalam 50 engagement masih dalam kisaran Rp. 151 – Rp. 250,
  1. Semua parameter iklan, bisa di cek pada kolom PERFORMANCE dan CLICK.

Apabila Iklan masih belum menguntungkan, coba cek hal-hal berikut :

  1. ADS COPY : Bahasa Iklan Hardselling, BIASANYA lebih menguntungkan. ( Hindari bahasa iklan terlalu soft dan mengejar viral).
  2. ADS IMAGE : Gambar menarik, catchy, kontras dengan warna facebook, menunjukkan hasil akhir yang diharapkan oleh customer (CTR diatas 5% menunjukkan bahwa gambar sudah menarik).
  3. TARGETING : Interest, Umur, Kota dan Gender
  4. OFFER : Dalam 3000 Post Engagement, kita sudah tahu produknya bisa dilanjutkan atau tidak, asal setiap 1000 Engagement kita perbaiki. Yang paling berpengaruh pada offer adalah :
  • Produk mempunyai ANGLE yang UNIK
  • Memenuhi KEBUTUHAN market
  • PRICING yang sesuai

Itulah tadi seminar belajar facebook ads di Pixel House Studio Bandung. Semoga bermanfaat.