Macam Jenis Burung Lovebird Bulu Indah Beserta Gambarnya

Burung Lovebird – Burung lovebird atau dalam bahasa Indonesianya adalah burung cinta sudah bukan jenis burung yang asing lagi bagi para kicau mania lovebird. Tidak hanya memikat dari para pecinta burung gacor, burung jenis lovebird juga diminati oleh masyarakat yang masih awam dalam dunia perburungan. Hal ini disebabkan bukan karena suara love birdnya, akan tetapi karena burung lovebird memiliki warna bulu yang indah dan beranekaragam.

Ciri-ciri Lovebird Betina

  • Tulang pubisnya cenderung lebih lembek dan apabila diraba jaraknya renggang
  • Ujung ekornya merata
  • Wara bulunya kusam
  • Tubuhnya lebih berat
  • Ketika akan membangun sarang burung betina lebih aktif dibanding jantan
  • Saat bertengger, kakinya akan melebar

Ciri-ciri Lovebird Jantan

  • Ketika musim kawin, tulang pubis pada jantan akan mengeras dan jaraknya rapat saat diraba
  • Ujung ekornya runcing
  • Warna bulunya lebih terang dibandingkan dengan burung betina
  • Bobotnya lebih ringan dan bentuk tubuh jantan tidak terlalu tegas dibanding betina
  • Pasif dalam mencari bahan untuk membuat sarang dan kadang menyuapi betinaa
  • Ketika bertengger jarak kakinya lebih rapat

Jenis Lovebird

Burung Lovebird

Burung lovebird jenisnya banyak seklai. Ada yang berwarna biru, putih, campuran, dan lain-lain. Berikut ini beberapa jenis lovebird dan gambarnya yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam mencari informasi tentang lovebird mulai dari lovebird pastel sampai lovebird blorok.

Lovebird Parblue Alias Yellow Face

Lovebird Parblue
bliblinews.com

Ciri-ciri lovebird parblue yang paling menonjol adalah warna buru di kepalanya yang kuning. Banyak juga pecinta burung yang memburu jenis burung lovebird ini untuk koleksi mereka baik untuk koleksi untuk diternak atau untuk menjadi burung hias.

Lovebird parblue ditemukan pertama kali oleh seorang breeder yaitu Felix del Valle. Dia mukim di Tampa, Florida, Amerika Serikat, pada tahun 2001. Dari tahun itu Mr. Felix terus aktif mempopulerkan dan mengembangkan lovebird parblue hingga saati ini terkenal di dunia.

Lovebird Parblue memiliki nama lain yakni burung yellow face, yang merupakan salah satu dari mutasi yang baru dan akhir-akhir ini mengeluarkan variasi-variasi baru. Seperti namanya, Lovebird Parblue mempunyai muka warnanya kuning keputihan.

Kata parblue adalah akronim dari kata partial blue atau sebagian bulunya biru, hal ini sesuai dengan adanya warna biru di sebagian tubuh selain di muka, meskipun tak dominan.

Paruh dari burung parblue ini berwarna oranye, tidak berwarna merah layaknya lovebird green series, atau putih di blue series. Bagi love bird  blue series yang masih anakan terkadang warna paruhnya bisa juga putih dan ketika dewasa akan berwarna oranye.

Lovebird Batman Bukan Superhero

Lovebird Batman
oomkicau.blogspot.com

Untuk Anda yang masih awam di dunia perburungan mungkin merasa asing atau aneh mengenai nama lovebird yang satu ini. Namanya seperti salah satu super hero yaitu Batman. Alasan lovebird ini dinamai lovebird Batman karena warna dan corak burung ini seperti Batman. Lovebird batman ngekeknya panjang.

Lovebird Batman memiliki beberapa jenis lagi diantaranya lovebird batman personata, lovebird batman blorok, dan lovebird batman fichery.

Lovebird Blorok Warna Bulunya Campuran

Lovebird Blorok
www.binatangpeliharaan.org

Jenis lovebird ini bisa dibilang unik. Hal ini karena warna bulunya tidak ada yang dominan warna tententu. Warna bulu burung lovebird blorok umumnya campur-campur antara warna putih dengan warna yang lainnya. Burung ini juga memilik jenis-jenis lagi yaitu Lovebird Merah Blorok dan Lovebird Parblue Blorok. Untuk mengenali lovebird jenis ini sangatlah mudah karena warna bulunya seperti gradasi dari warna-warna.

Anda bisa menghasilkan lovebird blorok dengan menyilangkan lovebird yang berbeda. Seperti Lovebird Dakori dan Lutina. Nanti anaknya kemungkinan akan menjadi love bird blorok hijau.

Lovebird Lutino, Kuning dan Merah Dominan

Lovebird Lutino
budidayaperawatan.blogspot.com

Warna dari Love Bird Lutino terkenal dengan warna kuning dan merah yang dominan. Umumnya, di bagaian tubuh warnanya kuning dan di kepala warnanya orange atau merah. Burung ini nilai jualnya lumayan tinggi disebabkan karena warnanya yang cerah. Biasanya jenis lovebird ini diikutkan lomba, utamanya lomba kicau dan kecantikan burung.

Jenis-jenis dari Lovebird Lutino lumayan banyak, diantaranya Lovebird Lutino Albino, Lovebird Lutino Golden Cherry, Lovebird Cinnamon, dan Lovebird Pied.

Untuk Anda yang ingin menghasilkan Lovebird Lutino, gampangnya mengawinkan antara lovebird pejantan hijau yang normal dan lovebird lutino betina. Kombinasi antara lovebird ini tingkat akurasi untuk menghasilkan Lovebird Lutino sekitar 60% di generasi pertamanya.

Lovebird Violet

Lovebird Violet
pinterest.com

Lovebird Violet meruakan salah satu jenis burung lovebird yang merubah biru normal di bagian sponge jadi berwarna violet. Lovebird Violet memiliki penurunan sifat double dan single. Untuk bisa menghasilkan warna lovebird violet, indukan salah satunya wajib berjenis lovebird violet, entah itu betina atau jantannya.

Ciri-ciri dari Lovebird violet memiliki warna biru keunguan atau violet di bulunya. Warna violetnya terlihat pada bagaian sayap dimana ujungnya berwarna hitam. Sementara dibagian perut warnanya putih, paruhnya orange tua, dan kepalanya didominasi dengan warna hitam.

Tidak hanya itu saja, Lovebird violet memiliki variasi warna yang lain yaiut Lovebird Pastel Violet. Warna bulu jenis Lovebird ini didominasi oleh putih dan ada warna pastel violet pada punggung dan juga sayapnya.

Lovebird Olive

Lovebird Olive
burunglovers.blogspot.com

Lovebird Olive adalah jenis lovebird yang warna bulunya hijau. Ada tiga jenis lovebird yang warnanya hijau, yaitu: hijau tua atau dark green , hijau standar atau wild colour , dan olive atau double dark green (DD Green). Apabila ketemu sama lovebird yang warna bulunya hijau tua banget, sudah dipastikan itu lovebitd olive. Warna hijaunya hanya menyelimuti di bagian dada, punggung, dada, sampai ekor saja. Pada bagian kepalanya umumnya berwarna pink, orange, atau kuning.

Lovebird Euwing

Lovebird Euwing
petanisukses.com

Lovebird jenis Euwing awalnya ditemukan pada tahun 2004 oleh Piet Verhijde, dia adalah seorang penangkar lovebird dari Belanda. Piet berhasil menghasilkan lovebird euwing dengan mengawinkan antara indukan lovebird hijau dan lovebird lutino fischeri.

Nama Euwing sendiri merupakan sebuah singkatan dari Eumelamin dan Wing yang artinya sayap. Keunikan dari lovebird euwing ini terletak pada warna sayapnya yang memiliki corak kuning dan hitam.

Ciri-ciri dari lovebird ewing mempunyai campuran warna kuning dan hitam yang dominan. Disamping itu, pada bagian bulu dadanya tereduksi jadi lebih terang (putih atau kuning) dibanding warna galur murninya dan ada peningkatan warna gelap di kedua sayap sampai berbetuk huruf V di bulu punggung di antara sayapnya.

Lovebird Pastel Biru

Lovebird Pastel Biru
tubanberkicau.com

Love bird pasatel biru adalah salah satu jenis lovebird yang lagi banyak dicari orang. Ciri khas dari lovebird ini adalah warna biru mudanya yang indah dan juga sangat mencolok. Seperti namanya, burung ini mempunyai warna bulu pastel biru. Warna birunya memiliki arti lembut dan kalem.

Sebagian orang berkata jika burung ini persis  seperti lovebird pastel putih. Apabila dilihat dari jauh, memang burung yang satu ini warna bulunya seperti putih.

Lovebird Josan

Lovebird Josan
kaskus.com

Lovebird Josan atau terkadang disebut dengan lovebird ijo standar adalah salah satu jenis lovebird yang disukai banyak orang yang masih pemula. Untuk menemuka burung ini sangatlah mudah, sebab tersedia banyak di pasaran dan harganya tergolong murah. Alasan burung lovebird josan ini memiliki banyak peminat karena memang harganya yang murah dan untuk proses penjodohannya pun sangat mudah. Burung ini tidak terlalu pilih-pilih dalam mencari pasangan dan burung lovebird josan ini lihai dalam merawat anak-anaknya.

Lovebird Biru Cobalt

Lovebird Biru Cobalt
kaskus.co.id

Lovebird biru cobalt adalah salah satu jenis lovebird yang banyak diminati oleh banyak orang. Seperti namanya warna bulu burung ini berwarna biru. Jenis lovebid ini termasuk dalam varian lovebird blue series, yakni jenis lovebird yang mempunyai warna biru. Jenis lovebird lainnya yang masuk dalam lovebird series ialah osin dan violet.

Lovebird Pasjo (Pastel Ijo)

Lovebird Pasjo
youtube.com

Warna bulu dari lovebird ini adalah pastel ijo makannya dinamai Pasjo. Warna hijau kekuningan yang lembut dan kalem menjadikan burung ini indah dipandang oleh mata. Lovebird Pasjo terdapat 2 jenis yaitu Pasjo bersih dan Pasjo kotor. Bagi Anda yang suka dengan bulu yang indah, disarankan untuk memilih Pasjo bersih. Karena bulunya rapih dengan warnanya yang hijau kekuningan

Lovebird Albino

Lovebird Albino
pictastar.com

Lovebird Albino memiliki bulu berwarna putih polos. Burung ini sangatlah unik karena tidak mempunyai variasi warna lain. Beberapa orang suka dengan lovebird yang satu ini karena warna bulunya yang bersih. Lovebird ini di Indonesia lumayan langka. Tapi, untuk masalah harga, lovebird jenis albino ini tidak lebih mahal dari lovebird merah.

Lovebird Dakori (Dakocan Original)

Lovebird Dakori
lovebirdjuarakicau.blogspot.com

Lovebird dakori merupakan singkatan dari dakocan original. Dakocan ialah salah satu jenis lovebird yang mempunyai topeng hitam. Lovebird dakori yang baik mempunyai topeng hitam tau kuning berkerah, tubuhnya kecil dan gempal layaknya burung beo. Burung ini awalnya dari dataran tinggi di Utara & Tengah Tanzania.

PECINTA SUARA BURUNG? Baca Juga: Suara Burung Kacer

Pertama kali lovebird dakori ditemukan pada akhir tahun 1800, tapi tidak di impor hingga tahun 1920an. Burung ini juga memiliki variasi warna, ada yang bertopeng hijau, biru, ungu, dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis burung lovebird yang bisa Anda pelihara. Semoga artikel ini bermanfaat.