Advertisements

Terbukti! Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Menurut Islam

Mungkin ada sebagian orang atau bisa jadi Anda yang mengalami susah sekali dalam hal mengingat. Dan untuk Anda yang saat ini sedang semangat-semangatnya belajar sesuatu yang ingin sekali Anda kuasai seperti membaca buku atau tutorial akan tetapi Anda kesulitan dalam mengingat kembail apa yang sudah dipelajari. Untuk Anda atau anak yang sedang menghafal ayat Al-Qur’an dan merasa kesusahan dalam mengingatnya karena mudah lupa. Anda perlu lebih tahu tentang kecerdasan.

Kecerdasan ada hubungannya dengan fungsi dari kerja otak. Kemudian ada pertanyaan, apakah kita bisa memaksimalkan fungsi otak sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi dan fokus? Atau Anda menginginkan anak Anda berprestasi dalam memahami mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Atau memiliki anak yang memiliki kebutuhan khusus seperti down syndrome dan autis supaya bisa fokus dan bisa menjadikan Anda bangga.

Perkenalkan VitaBrain VB Centella yang menjadi solusi permasalahan yang disebutkan di atas.

Vitamin VitaBrain Dapat Di Konsumsi Oleh Siapa?

  1. Anak-anak, remaja sampai orang  dewasa yang merasakan kesulitan dalam hal belajar dan memahami suatu pelajaran di sekolah atau kuliah
  2. Orang dewasa supaya lebih fokus dan juga konsentrasi  kerja di kantor meningkat
  3. Anak-anak dan juga orang dewasa yang bicaranya gagap
  4. Orang dewasa mengalami sakit kepala atau stress
  5. Membantu dalam perawatan penderita  penyakit migrain atau vertigo
  6. Membantu dalam perawatan sesudah stroke untuk melancarkanr aliran darah ke otak agar bisa lebih responsif dan komunikasi lebih baik
  7. Membantu dalam proses perawatan penderita insomnia
  8. Anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus seperti hiperaktif, autis dan down syndrome supaya bisa lebih fokus dan responsif terhadap sekitar
  9. Para calon Hafidz & Hafidzoh supaya lebih cepat dalam menghafal semua ayat di dalam Al Quran
  10. Para orang tua sepuh untuk mengurangi kepikunan atau mudah lupa
  11. Para mantan pecandu NARKOBA untuk memulihkan sel-sel otak yang rusak akibat efek sampingnya
  12. Para Dokter Ahli Syaraf dan Psikiater dan kejiwaan untuk membantu menterapi para pasiennya.
  13. Para pekerja seni dan industri kreatif supaya bisa dengan lebih mudah mendapatkan ide-ide yang cemerlang dalam berkarya
  14. Untuk siapa saja yang memerlukan untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasannya.

Vita Brain Suplemen Otak Keluarga Cerdas

vitabrain suplemen otak

HARGA VITABRAIN

NORMAL:

Rp. 299.000

PROMO:

Rp. 249.000

PEMESANAN:

WA/TELEGRAM: 083840841795 atau Chat langsung ke WA dengan Klik Disini

TESTIMONI VITA BRAIN 

testimoni vitabrain

PEMESANAN:

WA/TELEGRAM: 083840841795 atau Chat langsung ke WA dengan Klik Disini

testimoni konsumen vitabrain

PEMESANAN:

WA/TELEGRAM: 083840841795 atau Chat langsung ke WA dengan Klik Disini


*DISCLAIMER: Setiap orang akan memperoleh hasil yang berbeda tergantung kondisi dari tubuh yang mengkonsumsinya, akan tetapi apabila Anda mengkonsumsinya sesuai dengan dosis yang ada, anda akan merasakan manfaatnya


Pentingkah Meningkatkan Daya Ingat?

cara meningkatkan daya ingat menurut islam picture
Sumber: www.howtoimprovebrainpower.com

Untuk menjalakan kehidupan sehari-hari daya ingat merupakan hal penting untuk kita jaga. Banyak orang yang masih bingung untuk meningkatkan kecerdasan anak atau dirinya sendiri. Banyak juga pelatihan-pelatihan untuk mengaktivasi daya ingat otak, mulai aktivasi otak kanan, kiri, dan tengah.

Di dalam islam sendiri sebenarnya telah ada metode atau cara meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan yang kebanyakan orang Islam tidak menyadarinya padahal cara ini apabila dilakukan secara berkesinambungan bisa meningkatkan kecerdasan otak manusia. Disamping bisa mencerdaskan kita juga insyaf Allah akan mendapatkan pahala.

Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak Menurut Islam

tips meningkatkan daya ingat picture
Sumber: humansarefree.com

Ada seorang syaikh yang karyanya berjudul “Ta’lim al Muta’alim. Kitab ini membahas mengenai tata krama utuk mencari ilmu. Beliau menyampaikan bahwasanya ada beberapa yang bisa seseorang itu kuat ingatannya dan hafalannya. Di antaranya yaitu:

Pertama, Berusahalah Untuk Menyedikitkan Makan Dengan Cara Berpuasa

puasa meningkatkan daya ingat picture
Sumber: collegeismylife.com

Anda mungkin bertanya-tanya tentang proses yang terjadi pada sistem pencernaan kita ketika dalam keadaan berpuasa. Kuat kah lambung dan usus kita menahan lapar ketika tidak adanya asupan makanan dan minuman kurang lebih sekitar 13 jam.

Benarkah puasa tidak berbahaya untuk sistem pencernaan dalam tubuh? Perlu Anda ketahui lambung beserta usus yang kita miliki berguna untuk mencerna makanan yang dikonsumsi oleh kita dengan cara mengeluarkan asam lambung dan enzim pencernaan.

Dalam keadaan lambung kosong, akan produksi asam lambung akan menurun dan enzim pencernaan pun menurun pula. Puasa juga terjadi proses pengeluaran racun dan sel-sel tubuh yang rusak akan diperbaharui. Dengan berpuasa kita akan lebih mudah untuk menerima pelajaran dan berpikir pun akan terasa lebih enteng. Tidak heran ulama-ulama terdahulu selalu mengamalkan amalan puasa.

Kedua, Sholat

sholat meningkatkan daya ingat otak
Sumber: thayyiba.com

Didalam otak kita ada bagian syaraf yang tidak bisa di aliri oleh darah kecuali jika kita dalam keadaan sujud. Dikarenakan posisi jantung yang terletak di dada, jantung tidak cukup kuat untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian otak kita.

Dengan melakukan sujud di mana posisi otak kita lebih bawah dari jantung, menyebabkan aliran darah akan mengalir ke seluruh bagian otak. Layaknya sepeda motor yang tidak di gas di jalan yang menurun, pasti akan melaju dengan cepat.

Allah memerintahkan para hambanya untuk sholat bukan semata hanya untuk beribadah, pasati dibalik itu semua ada segi manfaat untuk manusianya. Seorang Profesor bernama Hembing mengatakan bahwa 80% darah yang bisa jantung pompa ke otak hanya dalam keadaan sujud atau sholat.

Doktor ahli syaraf asal Amerika yaitu Dr. Fidelma pun sependapat bahwa ada bagian syaraf yang tidak dialiri oleh darah kecuali dalam keadaan sujud. Dia pun merasa kagum dengan hasil penelitiannya itu. Alhamdulillah dengan hidayah Allah dia pun memeluk agama Islam.

Kita harus banyak bersyukur kepada Allah karena kita di perintahkan ibadah sholat. Semoga kita tidak lalai dalam menjalankan ibadah wajib ini dengan penuh kekhusyukan dan semoga Allah menjaga kita dalam sifat malas untuk beribadah.

Bisa Anda bayangkan jika otak kekurangan oksigen. Kemampuan otak kita akan menurun dan daya pikir kita akan melemah. Pastinya daya ingat pun akan menurun dan cepat lupa. Sebaliknya apabila otak kita mendapatkan banyak pasokan oksigen, kita akan lebih mudah untuk mengingat, menghafal, atau menerima pelajaran dan informasi baru.

Ketiga, Perbanyaklah Membaca Al Quran dan Menghafalnya

menghafal al quran mencerdaskan otak picture
Sumber: maartendewolf.photoshelter.com

Dari hasil riset Universitas Al Azhar, dengan kita sering membaca Al Quran kinerja otak kita akan meningkat serta ingatan kita akan akan semakin tajam hingga 80%. Ada waktu-waktu yang nyaman untuk membaca Al Quran di antaranya setelah shalat utamanya setelah sholat subuh dan magrib.

Bukti kebesaran Allah itu ada dengan ajaran-ajaran Islam di mana seluruh amalannya tidak hanya jadi sebagai bentuk ibadah akan tetapi juga merupakan keberkahan bagi hidup manusia. Dengan menghafal Al Quran juga banyak manfaat bisa kita dapat di antaranya:

Melatih Daya Konsentrasi Kita
melatih daya konsentrasi otak Picture
Sumber: cerebrals.com

Sel-sel otak akan berkembang dengan kita membaca dan menghafal AL Quran ini melatih konsentrasi kita. Ketika membaca dibarengi dengan tajwid yang benar dan menghafalnya, maka otak kita akan terus bekerja dan dilatih.

Merangsang Tingkat Kecerdasan Otak
merangsang kecerdasan otak picture
Sumber: themindunleashed.org

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Shaleh Bin Ibrahim Ashani, beliau merupakan dosen di Universitas Imam Muhammad Ibn Saud Riyadh. Menyatakan dalam penelitiannya bahwa ada korelasi yang positif antara banyak hafalan dan kesehatan mental serta psikologis siswanya. Semakin banyak hafalan semakin berprestasi pula para siswanya dan kesehatan mentalnya pun lebih baik dari siswanya yang sedikit hafalannya.

Tidak Gampang Pikun
mencegah pikun picture
Sumber: elshinta.com

Dengan kita terus menghafal serta menguang hafalan kita, insyaf Allah akan memperlambat kita dari kepikunan, karena otak kita terus dirangsang agar terus belajar maka otak pun selalu dalam kondisi terbaiknya.

Melatih Kedisiplinan
melatih kedisiplinan picture
Sumber: pojoksatu.id

Untuk menghafal Quran baiknya kita memiliki guru yang membimbing kita. Disamping agar kita disiplin dan juga membenarkan bacaan kita yang salah.

Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat

makanan minuman daya ingat otak
Sumber: mentorcuisine.com

Setiap orang pasti memiliki tingkat daya ingat yang berbeda-beda dan banyak sekali pengaruhnya mulai dari faktor turunan, kesehatan, lingkungan dan lainnya. Ada beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang patut Anda coba untk meningkatkan daya ingat kita.

Sarapan Pagi

Usahakan Anda jangan meninggalkan kegiatan yang satu ini meskipun Anda hanya makan roti atau segelas susu. Tidak perlu banyak-banyak nanti Anda malah ngantuk yang penting proteinnya cukup.
Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik untuk tubuh kita dikarenakan dalam kacang-kacangan mengandung lemak baik yang dapat memperbaiki sistem kerja pada otak.

Tomat

Tomat banyak mengandung antioksidan dan lycopene yang berfungsi untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas karena faktor usia.

Kafein

Mungkin Anda baru tahu bahwa kafein ini manfaatnya bagus untuk otak Anda. Kafein yang ada di dalam cokelat, kopi, dan lainnya itu dapat menjadikan otak kita berkonsentrasi dan tetap fokus. Saya sarankan jangan terlalu banyak juga meminumnya, karena semua yang berlebihan itu tidak baik.

Popcorn

Camilan yang satu ini ternyata bisa meningkatkan konsentrasi kita dalam bekerja. Popcorn memiliki vitamin B12, B6 dan E yang bagus untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita.

Teh Hijau

Ada jurnal yang menyatakan bahwa teh hijau yang mengandung EGCG sangat ampuh melawan penyakit –penyakit degeneratif (penyakit yang mengiringi proses penuaan) dan juga meningkatkan daya ingat.

Ikan

Makanan ini sangat mudah untuk kita dapatkan di samping itu ternyata ikan memiliki banyak nutrisi untuk mempertajam daya ingat kita. Mengandung asam lemak, omega 3 dan DHA yang berpengaruh untuk fungsi untuk mengingat.

Itulah cara meningkatkan daya otak menurut Islam. Kita harus selalu terus menjaga kesehatan kita baik itu rohani dan jasmani. Karena tubuh kita itu hanyalah titipan Allah. Selayaknyalah kita selalu menjaganya dengan baik.

Advertisements

1 thought on “Terbukti! Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Menurut Islam

Kommen