Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Dan Daya Ingat Pada Anak

Cara Meningkatkan Daya Ingat – Pasti semua orang tua mempunyai keinginan untuk memilik anak yang pintar dan cerdas. Kepintaran dan kecerdasan seorang anak dipengaruhi dengan seberapa kuat daya ingat pada anak tersebut. Semakin tinggi daya ingat seorang anak, semakin tinggi juga prestasinya si sekolah. Berikut hal-hal yang perlu diketahui oleh orang tua agar anak memiliki daya ingat yang kuat.

Pentingnya Daya Ingat Anak

cara meningkatkan konsentrasi belajar dan daya ingat anak
pixabay.com

Setiap anak pasti diberikan kelebihan dan ke kekurangan. Salah satunya memiliki daya ingat yang kuat. Anak yang memiliki daya ingat yang kuat biasanya mudah sekali dalam menerima informasi atau pelajaran yang baru dia dapatkan. Memiliki anak dengan daya ingat yang kuat pasti menjadi dambaan bagi semua orang tua.

Karena secara tidak langsung apabila si anak memiliki daya ingat yang baik maka masa depan anak lebih cerah dan kehidupan mereka di kemudian hari akan terus membaik. Kebanyakan orang tua menganggap bahwa tingkat kecerdasan anak itu tidak bisa di rubah.

Tapi tidak menutup kemungkinan orang yang memiliki daya ingat atau kecerdasan yang biasa saja daya ingatnya bisa ditingkatkan. Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan daya ingat anak, dengan melakukan latihan tertentu yang dapat merangsang otak anak supaya daya ingatannya semakin tajam dan bisa meningkatkan kecerdasannya.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

cara meningkatkan daya ingat anak

Untuk meningkatkan daya ingat anak anda bisa lakukan diantaranya:

Coba anda bermain bersama anak anda dengan cara perintahkan sang anak untuk mengingat no telepon kerabat atau keluarga anda. Lakukan latihan itu setiap harinya dengan no telepon yang berbeda-beda.

Anda juga bisa merangsang daya ingat anak anda dengan memberikan dukungan tentang kegemaran atau hobi mereka yang dapat merangsang otak anak untuk selalu bekerja secara aktif.

Biasakan anak anda untuk selalu membaca berbagai macam jenis buku setiap harinya. Selain anak anda mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru anak anda juga secara tidak langsung berlatih untuk meningkatkan daya ingatannya supaya semakin tajam.

Pentingnya Konsentrasi Pada Anak

meningkatkan konsentrasi pada anak
pixabay.com

Konsentrasi merupakan pemusatan pikiran pada hal tertentu. Hal-hal yang kita lakukan semuanya membutuhkan konsentrasi. Pekerjaan akan lebih cepat dan baik jika kita berkonsentrasi. Makannya, konsentrasi sangatlah penting untuk menunjang kita dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan konsentrasi, anak akan lebih mudah dan cepat menguasai pelajaran yang dia terima.

Tips Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak

tips meningkatkan konsentrasi
pixabay.com

Anda bisa suruh anak anda untuk membuat jadwal belajarnya dan jadikan rutinitas supaya pola belajarnya teratur.
Berikanlah waktu istirahat yang cukup untuk anak. Apabila anak anda lelah janganlah dipaksa untuk terus belajar. Ajak anak untuk beristirahat yang cukup. Apabila terus dipaksa juga belajarnya malahan tidak bisa maksimal.

Usahakan suasana di tempat anak untuk belajar dalam keadaan tenang dan tidak bising.

Jika sedang istirahat belajar, coba suruh anak anda untuk berjalan-jalan ke mana saja dari tempat belajar anak anda. Hal ini supaya anak tidak jenuh saat belajar.

Makanan Bagus Untuk Konsentrasi dan Daya Ingat

makanan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
pixabay.com

Berikut ini adalah makanan yang dianjurkan untuk anak anda untuk meningkatkan daya ingatannya, di antaranya: Bayam berguna untuk meningkatkan kemampuan otak anak supaya lebih berkembang. Wortel, kaya akan vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga memiliki kandungan luteloin yang berfungsi untuk meredakan peradangan pada otak, sehingga bisa mengurangi turunnya daya ingat anak.

Ada juga ikan salmon, yang kaya akan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak dan juga bisa meningkatkan daya ingat anak. Walnut juga bagus untuk meningkatkan daya ingat karena banyak mengandung omega 3 dan dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer atau penyakit yang menurunkan daya ingat.

Game Untuk Melatih Daya Ingat dan Konsentrasi Anak

Untuk melatih daya ingat anak anda bisa dengan cara bermain game bersama mereka. Game yang bisa meningkatkan daya ingat anak diantaranya sebagai berikut:

Halma

permainan halma
wikimedia.org

Halam merupakan permainan seperti catur yang bisa melibatkan 2-4 pemain. Tempat permainannya berbentuk geometri. Sangat cocokuntuk melatih daya ingat dan mengasah otak. Secara tidak langsung dengan bermain permainan ini anak anda belajar mengambil sebuah keputusan yang cepat dan juga tepat untuk menghadapi masalah.

Lego

permainan lego
pixabay.com

Lego merupakan sebuah permainan yang bentuknya kotak dan bulatan kecil yang bisa disusun menjadi sebuah bangunan atau benda lainnya. Permainan ini bisa melatih daya imajinasi anak anda. Anak-anak itu haus akan ilmu dan imajinasi maka mereka biasanya selalu melakukan hal-hal yang baru.

Puzzle

permainan puzzle
pixabay.com

Puzzle adalah permainan yang cukup terkeal di dunia anak-anak, tapi ternyata tidak hanya anak-anak saja yang suka permainan yang satu ini. Orang dewasa juga banyak yang suka dengan permainan puzzle tentunya dengan tingkat kesulitan yang beda. Dengan permainan ini anak akan belajar cara menyelesaikan sebuah permasalahan dan juga melatih otaknya.

Rubik

permainan rubik
pixabay.com

Rubik adalah salah satu mainan yang populer pada tahun 1974. Mainan ni ditemukan oleh seorang profesor bernama Erno Rubik berasal dari Hungaria. Untuk memainkan rubk anak anda harus belajar rumus-rumusnya agar setiap sisi menjadi warna yang sama. Permanian ini bisa melatih ingatan dan juga meningkatkan kecerdasan anak anda.

Catur

permainan catur
pixabay.com

Catur merupakan sebuah permainan untuk mengasah otak. Semua kalangan dari anak-anak sampai kakek-kakek ada yang menyukai permainan ini. Semua orang bisa menikmati permainan ini tidak hanya menggunakan papan catur biasa, tapi juga bisa lewat permainan catur di komputer atau smartphone.

Dengan mengatur strategi bertahan sekaligus menyerang. Anak anda harus pandai menyusun strategi untuk mengalahkan raja lawan.

Kesimpulannya, menjaga daya ingat dan konsentrasi pada anak itu sangat penting. Anda harus tahu cara-cara supaya daya ingat dan konsentrasi anak anda tetap terjaga dengan baik. Cara-caranya sudah dijelaskan di atas anda bisa langsung mencobanya. Sekian itulah cara meningkatkan konsentrasi dan daya ingat pada anak. Semoga bermanfaat.

Advertisements

1 thought on “Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Dan Daya Ingat Pada Anak

Kommen