Cara Menulis Essay Beasiswa LPDP yang Baik dan Benar

Cara Menulis Essay yang Baik dan Benar

cara menulis essay
theodysseyonline.com

Cara Menulis Essay – Bagi kamu yang sedang kuliah, pasti sudah tidak merasa asing dengan tugas-tugas kuliah terutama tugas yang berkaitan dengan ketik mengetik. Baik itu mengetik rangkuman, artikel, atau essay. Oleh sebab itu kemampuan dalam menulis merupakan kemampuan yang mendasar di dalam dunia pendidikan. Kita akan membahas cara menulis essay yang baik dan juga tips & panduan menulis essay beasiswa terutama beasiswa LPDP.

Untuk menulis essay secara umum sebenarnya bisa di lakukakn dengan cara-cara berikut ini:

Pertama, temukan judul menarik untuk di tulis

Untuk memulai membuat sebuah essay yang baik yaitu dengan membuat toik yang menarik, lalu jadilah seorang yang ahli dan mengerti di bahasan yang kamu bahas. Caranya bagaimana supaya tulisan yang kita tulis seperti orang yang memang ahli di dalamnya? caranya kamu cukup pergi ke perpustakaan, lalu carilah sumber-sumber yang setopik dengan essay yang akan kamu buat. Jangan lupa untuk membawa buku dan alat tulis unutk mencatat sumber-sumber yang relevan dengan essay yang kita buat agar nanti kita tidak lupa dan mudah untuk ditulis.

Kedua, analisis essay yang akan kita buat

Kamu kan sudah dapat nih sumber-sumber dasar ilmu yang terkait dengan essay yang akan kamu buat, langkah selanjutnya analisislah essay yang akan kamu bahas. Analisislah essay yang ernah kamu baca sebelumnya, carilah kelebihan dan kekurangan dari essay tersebut. Lalu, tambahkan ke essay yang akan kamu buat sebagai pendukung argumen kamu nantinya. Untuk belajar cara menulis essay yang baik, salah satu caranya dengan menganalisis essay yang ditulis oleh orang lain.

Ketiga, buatlah kerangka atau outline sebelum menulis

Sebelum kamu menulis essay, buatlah kerangka atau outlinenya terlebih dahulu agar mempermudah kamu nantinya dalam menulis. Paparkan secara detail di setiap paragrafnya, dan buat poin-poin pentingnya di setiap paragraf yang kamu buat. Selanjutnya, keluarkan semua argumen-arguman yang ada di pikiran kamu di paragraf dengan susunan yang rapih dan juga menggunakan kalimat yang baku.

Keempat, perkenalan tentang persoalaan yang akan di bahas

Langkah yang harus kamu akukan adalah pengenalan. Pengenalan yang di bahas di sini mengenai persoalaan yang kamu bahas. Diaman perkenalan disini harus membuat orang lain terpikat ketika membacanya. Kamu jangan meremehkan mengenai hal ini, karena hal ini terlihat mudah, tapi dalam pengerjaannya lumayan sulit untuk membuat orang mau membaca judul yang dibuat. Kebanyakan orang-orang di Indonesia tidak gemar membaca dan bisanya hanya memberikan kritik tanpa solusi.

Kelima, paragraf berisi poin-poin outline

Didalam paragraf yag kamu buat harus berisi poin-poin bahsan yang sudah kamu tulis di outline sebelumnya. Jika outline atau kerangka kamu membahasa Y, kamu juga harus memaparkan tentang Y, intinya jangan keluar topik dari outline.

Karena nantinya pembaca akan kebingungan dengan bahasan yang dibuat tidak sesuai dengan topik atau sub pembahasan yang sudah ditentukan. Usahakan disetiap paragrafnya ada argumen pribadi, dan juga teori-teori yang bisa memperkuat argumen kamu. Untuk mencari teorinya kamu bisa ke perpustakaan atau mencari sumber-sumber yang terpercaya di internet.

Keenam, penutup essay sangatlah penting

Kamu jangan berpikiran membuat sebuah penutup essay itu mudah. Penilaian sebuah essay itu memiliki kualitas yang bagus dan buruk bisa dilihat dari penutupnya. Oleh karena itu, biasanya di bagian penutup sebuah essay adalah kesimpulan yang kamu tulis supaya para pembaca merasa yakin bahwa yang kamu tulis itu benar, dan sudah melakukan penelitian, dan didukung dengan pendapat dari para ahli.

Ketujuh, bahasa dalam penulisan essay

Untuk menjalin komunikasi kita memerlukan bahasa. Maka, kamu jangan pernah membuat essay yang berisi dengan kata-kata yang susah dipahami oleh masyarakat. Pakailah bahasa yang mudah dimengerti oleh orang lain agar nantinya essay yang kamu buat bisa menjadi rujukan untuk orang lain ketika membuat essay.

Cara Menulis Essay Beasiswa LPDP

contoh essay beasiswa lpdp
blog-idrac.com

Melalu program LPDP, pemerintah setiap tahunnya memberikan beasiswa gratis untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliahnya ke luar negeri. Salah satu syarat beasiswa LPDP yaitu menulis essay. Inilah tips dalam menulis essay
yang yang perlu kamu perhatikan baik-baik.

1. Tetaplah Fokus

Di dalam pembuatan essay LPDP ada dua tema pilihan yang bisa kamu pilih :

a. Kotribusiku bagi Indonesia: kontribusi telah, sedang,dan akan saya lakukan untuk masyarakat atau lembaga atau instansi atau profesi di komunitas saya.
b. Sukses terbesar dalam hidupku

Untuk tema pertama ada sedikit perubahan dari tema sebelumnya, tapi tidak begitu banyak perbedaannya hanya sedikit lebih detail saja.

Di tema pertama, kebanyakan menulis essay dengan menerangkan banyak sekali kontribusi yang sudah dilakukan. Namun, alangkah baiknya kamu fokus saja pada satu topik khusus yang sesuai dengan bidang yang kamu tekuni. Misalnya kamu fokus di bidang biologi, maka kamu ceritakan kontribusimu mengkaji ragam hayati di Indonesia. Sedangkan untuk tema kedua, kamu bisa kaitkan dengan essay pertama.

Usahakan bercertia tentang satu topik saja , lalu kamu kembangkan sebagai gambaran cita-citamu nantinya. Iniliah yang dimaksu dengan tetap fokus. Menulis sebuah essay dengan hanya fokus pada satu cerita bisa lebih gampang, dibanding dengan harus mengisi beragam cerita ke dalamnya.

Pada intinya kita dituntut untuk membuat sebuah cerita yang memiliki makna dan juga menjadi harpan dan impianmu untuk memajukan Indonesia di masa yang akan datang.

2. Susun Essay Berdasarkan Urutannya

Untuk menulis essay kamu harus tahu aliran enulisannya dari mulai pendahuluan, isi, sampai penutup. Dalam kenyataannya di dalam essay memang tidak dituliskan pendahuluan sampai pentup. Tapi, kamu harus menulis dengan alirannya yang benar dan runtut tidak loncat kesana kemari pembahasannya.

Kamu perlu memperhatikan hal ini, karena ini merupakan hal sepele tapi penting.

Misal, kamu aan menulis essay tentang memajukan pertanian. Maka, pada paragraf berikutnya ceritakan masalah-masalah yang kamu temukan. Masukan argumen-argumen kamu dengan contoh yang konkret yang kamu sudah lakukan atau akan kamu lakukan. Hindari bercerita tentang masalah tanpa kamu memberikan solusinya. Di paragraf terakhir, beri kesimpulan dan harapan kamu untuk kedepannya.

3. Buatlah Pendahuluan yang Bisa Meyakinkan, Akhiri dengan Ending yang Mengesankan

Di bagian penulisan pendahuluan ini lumayan sulit ketika menulis essay. Kamu harus lebih menghabiskan banyak waktu di bagian ini. Pendahuluan yang bagus akan menjadi awalan yang berbeda dari essay yang lain. Ini salah satu contoh pendahuluan essay:

contoh tulisan pendahuluan essay beasiswa lpdp

Didalam contoh kesatu, dimulai dengan realita-realita yang terjadi di Indonesia. Poin yang penting untuk kamu tuliskan ada di kalimat akhir, ini sangat penting untuk kamu bercertia tentang bidang kamu dan perananmu di bidang itu.

Didalam contoh kedua, mulailah dengan harpan yang jelas dengan realita yang kamu dapatkan. Pada bagian ini kamu bisa mengembangkan untuk arti sukses menurut kamu sendiri.

Berikut contoh penutup pada essay:

contoh tulisan penutup essay beasiswa lpdp

Di dalam contoh-contoh yang disampaikan di atas tidaklah sempurna, semoga sedikit gambaran di atas memberikan sedikit pencerahaan dalam menulis essay beasiswa LPDP.

Advertisements

1 thought on “Cara Menulis Essay Beasiswa LPDP yang Baik dan Benar

  1. Butuh IELTS tinggi untuk keperluan akademik, professional & imigrasi?
    Kami menyediakan program kilat, yaitu GARANSI IELTS 7.5 dalam 4 bulan. Berpengalaman lebih dari 14 tahun, satusatunya di Indonesia yang memiliki program GARANSI IELTS 8.0 & score internasional dari 4000 alumni kami merupakan yang paling spektakuler di Indonesia. 08787 8787 190

Kommen