Contoh Procedure Text Tentang Benda dan Makanan Beserta Artinya

Contoh procedure text sebenarnya sudah banyak kita baca tanpa kita sadari. Jenis teks bahasa Inggris yang satu ini merupakan salah satu teks yang paling familiar dan dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Procedure text ini merupakan teks yang dibuat untuk menjelaskan prosedur atau instruksi dalam melakukan sesuatu.

Tujuan dari procedure text ada dua jenis yaitu, menunjukkan urutan proses dalam upaya membuat pembacar mengerti bagaimana prosedur sesuatu hal, sedangkan tujuan kedua adalah memberitahu kepada pembaca bagaimana untuk dapat melakukan sesuatu sesuai urutan langkahnya.

Sedikitnya terdapat 3 jenis procedure text yang banyak digunakan dalam materi bahasa Inggris.

  1. Jenis yang pertama adalah procedure text yang berfungsi menjelaskan bagaimana mengoperasikan sesuatu, disebut sebagai manual procedure text.
  2. Procedure text yang kedua merupakan jenis teks yang diuat untuk menjelaskan bagaimana membuat sesuatu, disebut sebagai making procedure text. Terakhir, terdapat jenis procedure text yang menjelaskan bagaimana menjadi esuatu yang berhubungan dengan perilaku manusia, disebut how to procedure text.

Untuk memudahkan mempelajari mengenai struktur umum procedure text, maka berikut ini akan dijelaskan contoh procedure text dari masing-masing procedure text, artinya, dan bagaimana struktur umum dari masing-masing contoh yang diberikan. Oh ya selain procedure text biasanya di sekolah juga mempelajari announcement text. Contoh announcement text bisa kamu lihat langsung di link tadi.

Contoh Procedure Text

Berikut ini contoh-contoh dari procedure text dari beberapa tipenya.

Contoh Manual Procedure Text Beserta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Manual Procedure Text Beserta Artinya

“How to Insert Sim Card Cellphone”

Cellphone is a modern communication device which connects one to the others by voice, written message and data. However this device can not work until the SIM card is inserted.

When inserting the SIM Card to cellphone, make sure that the cellphone has been switched off and follow the direction bellow :

First of all, press the locking catch and slide the cover then lift it off the phone.

After that, push two catches in the opposite directions and remove the battery.

Next, slide the SIM card carefully into the slot and make sure that the golden connect arson are facing to the connector of the phone.

Then, put the battery and align it until snaps into its place.

Finally, insert the two catches of the back cover corresponding slot in the phone and slide the cover forward button of the phone until locks into place

Don’t forget to switch on the cellphone. Wait until it is ready to use.

Jika manual procedure text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Cara Memasukkan Kartu Sim ke Dalam Ponsel”

Ponsel adalah perangkat komunikasi modern yang menghubungkan orang satu dengan yang lain melalui suara, pesan tertulis dan data. Namun perangkat ini tidak bisa bekerja sampai kartu SIM dimasukkan.

Saat memasukkan Kartu SIM ke ponsel, pastikan ponsel telah dimatikan dan ikuti petunjuk di bawah ini:

Pertama-tama, tekan pengunci ponsel bagian belakang dan geser penutup lalu lepaskan penutup dari ponsel.

Setelah itu, dorong dua pengunci ke arah yang berlawanan dan lepaskan baterai.

Selanjutnya, geser kartu SIM dengan hati-hati ke dalam slot dan pastikan penyambungan sinyal yaitu bagian emas telah menghadap ke konektor ponsel.

Kemudian, letakkan baterai dan luruskan sampai terkunci pada tempatnya.

Terakhir, masukkan kedua tangkai slot pengunci belakang sesuai slot di ponsel dan geser penutup depan tombol telepon sampai terkunci pada tempatnya.

Jangan lupa menyalakan ponsel. Tunggu sampai siap digunakan.

Struktur Umum (General Structure) dari Manual Procedure Text

General Structure Manual Procedure Text

Dalam suatu procedure text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 4 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

  1. Goal: Bagian ini menjelaskan tujuan dari suatu prosedur pembuatan dilakukan. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “However this device can not work until the SIM card is inserted.
  2. Materials: Bagian ini menjelaskan mengenai bahan-bahan yang harus disiapkan untuk melakukan tahapan. Pada teks di atas bahan-bahan dijelaskan sebagai material dengan “When inserting the SIM Card to cellphone, make sure that the cellphone has been switched off and follow
  3. Steps: Bagian ini merupakan bagian yang menjelaskan rangkuman dari langkah-langkah dari keseluruhan prosedur yang akan dilakukan. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dengan “First of all,” “After that,” “Next,” “Then,” dan “Finally.”
  4. Results: Bagian ini menjelaskan mengenai hasil atau penutup dari prosedur yang telah dilakukan. Pada teks di atas penutup atau hasil ditunjukkan dengan “Don’t forget to switch on the cellphone. Wait until it is ready to use.”

Contoh Making Procedure Text Beserta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Making Procedure Text Beserta Artinya

“How to Make a Pancake”

INGREDIENTS :

  •         3 – 4 spoonful of flour
  •         2 eggs
  •         1 ½ (250 ml) of milk
  •         1 stick of butter

MATERIALS :

  •         1 mixing bowl
  •         2 table spoons
  •         2 cups
  •         1 small pan

PROCEDURE :

  1.   Put the flour in the bowl.
  2.   Put milk in a cup.
  3.   Make sure it’s 250 ml of milk.
  4.   Put the milk in the bowl.
  5.   Break the 2 eggs into the bowl.
  6.   Mix it with a spoon.
  7.   Heat up the pan and put the butter
  8.   Put the mix in the pan.
  9.   Let the pancake mix cook about 5 minutes
  10.  Flip pancake over when the top is brown.
  11.  Your pancake its ready to be serve

Jika making procedure text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Cara Memasak Pancake”

BAHAN :

  •         3 – 4 sendok tepung
  •         2 telur
  •         1 ½ (250 ml) susu
  •         1 tongkat mentega

MATERI:

  •         1 mangkuk pencampur
  •         2 sendok makan
  •         2 cangkir
  •         1 panci kecil

PROSEDUR:

  1. Masukkan tepung dalam mangkuk.
  2. Masukkan susu ke dalam cangkir.
  3. Pastikan itu 250 ml susu.
  4. Masukkan susu ke dalam mangkuk.
  5. Pecahkan 2 butir telur ke dalam mangkuk.
  6. Campur dengan sendok.
  7. Panaskan wajan dan masukkan mentega
  8. Letakkan campuran di panci.
  9. Biarkan pancake mix memasak sekitar 5 menit
  10. Panaskan pancake saat bagian atas berwarna coklat.
  11. Pancake Anda siap untuk disajikan

Struktur Umum (General Structure) dari Making Procedure Text

General Structure Procedure Text

Dalam suatu procedure text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 4 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

  1. Goal: Bagian ini menjelaskan tujuan dari suatu prosedur pembuatan dilakukan. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “How to Make a Pancake.
  2. Materials: Bagian ini menjelaskan mengenai bahan-bahan yang harus disiapkan untuk melakukan tahapan. Pada teks di atas bahan-bahan dijelaskan sebagai material dengan “3 – 4 spoonful of flour, 2 eggs, 1 ½ (250 ml) of milk, 1 stick of butter, 1 mixing bowl, 2 table spoons, 2 cups1 small pan
  3. Steps: Bagian ini merupakan bagian yang menjelaskan rangkuman dari langkah-langkah dari keseluruhan prosedur yang akan dilakukan. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dalam bagian “Put the flour in the bowl, Put milk in a cup, Make sure it’s 250 ml of milk, Put the milk in the bowl, Break the 2 eggs into the bowl, Mix it with a spoon., Heat up the pan and put the butter, Put the mix in the pan, Let the pancake mix cook about 5 minutes, Flip pancake over when the top is brown, Your pancake its ready to be serve
  4. Results: Bagian ini menjelaskan mengenai hasil atau penutup dari prosedur yang telah dilakukan. Pada teks di atas penutup atau hasil ditunjukkan dengan “Your pancake its ready to be serve.”

Contoh How To Procedure Text serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh How To Procedure Text

“How To Be Successful in Final Exam”

MATERIALS:

  •         Some of materials
  •         Dictonary

TOOLS:

  •         Pen
  •         Pencil
  •         Books
  •         Eraser
  •         Paper

ACTION VERB:

  •         Read
  •         Pray
  •         Try
  •         Understand
  •         Prepare

STEPS:

There are some steps to be successful in final exam. First prepare some of material and tools which you need such as pen, pencil, paper, books, and dictionary. Pray before you learn. After that, read and understand materials that have been given by your teacher or lecturer. If you find words that you don’t know, you can search it in dictionary. If you still don’t understand with your materials, try to summarize materials that important for you with your pen and paper. When you summarize your materials, you can make it with your own sentences. Learn in quiet condition because when you learn in quiet condition, you can be easier to absord materials. After you finish studying, you have to prepare the equipment of final exam such as pen, pencil, eraser, test card, etc. So that, you will not be haste when you will go to school or college. If you will do your final exam, you must pray first. After you pray, you can answer the questions calmly. So, if you want to be successful in final exam you can try above some steps.

Jika how to procedure text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Cara Sukses di Ujian Akhir”

MATERI:

  •         Beberapa materi
  •         Kamus

ALAT:

  •         Pulpen
  •         Pensil
  •         Buku
  •         Penghapus
  •         Kertas

KATA KERJA:

  •         ​​Baca
  •         Berdoa
  •         Berusaha
  •         Pahami
  •         Bersiap

LANGKAH-LANGKAH:

Ada beberapa langkah sukses dalam ujian akhir. Pertama siapkan beberapa bahan dan alat yang Anda butuhkan seperti pena, pensil, kertas, buku, dan kamus. Berdoalah sebelum kamu belajar. Setelah itu, baca dan pahami materi yang telah diberikan oleh guru atau dosen anda. Jika Anda menemukan kata-kata yang tidak Anda ketahui, Anda bisa mencarinya di kamus. Jika Anda masih tidak mengerti dengan materi Anda, cobalah meringkas bahan-bahan yang penting untuk Anda dengan pena dan kertas Anda.

Bila Anda meringkas materi Anda, Anda bisa membuatnya dengan kalimat Anda sendiri. Belajar dalam kondisi sepi karena saat Anda belajar dalam kondisi sepi, Anda bisa lebih mudah absord bahan. Setelah selesai belajar, Anda harus menyiapkan alat ujian akhir seperti pena, pensil, penghapus, kartu tes, dll. Jadi, Anda tidak akan tergesa-gesa saat akan masuk sekolah atau kuliah. Jika Anda akan melakukan ujian akhir Anda, Anda harus terlebih dahulu berdoa. Setelah Anda berdoa, Anda bisa menjawab pertanyaan dengan tenang. Jadi, jika Anda ingin sukses dalam ujian akhir Anda bisa mencoba beberapa langkah di atas.

Struktur Umum (General Structure) dari How To Procedure Text

General Structure How To Procedure Text

Dalam suatu procedure text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 4 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

  1. Goal: Bagian ini menjelaskan tujuan dari suatu prosedur pembuatan dilakukan. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “How To Be Successful in Final Exam.
  2. Materials: Bagian ini menjelaskan mengenai bahan-bahan yang harus disiapkan untuk melakukan tahapan. Pada teks di atas bahan-bahan dijelaskan sebagai material dengan “Some of materials, Dictonary, Pen, Pencil, Books, Eraser, Paper, Read, Pray, Try, Understand, dan Prepare”
  3. Steps: Bagian ini merupakan bagian yang menjelaskan rangkuman dari langkah-langkah dari keseluruhan prosedur yang akan dilakukan. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dalam bagian “First prepare some of material,” “After that,” “If you find words that you don’t know,” “If you still don’t understand,” “When you summarize your materials,” “After you finish studying,” “So that,” “If you will do your final exam,” dan “So.
  4. Results: Bagian ini menjelaskan mengenai hasil atau penutup dari prosedur yang telah dilakukan. Pada teks di atas penutup atau hasil ditunjukkan dengan “if you want to be successful in final exam you can try above some steps.”

Baca Juga: Contoh Narrative Text Dengan Artinya

Berikut tadi beberapa informasi mengenai contoh procedure text dan arti serta analisisi dari strukturnya. Semoga anda dapat semakin memahami bagaimana mengetahui struktur umum dari suatu procedure text dengan lebih mudah. Informasi ini diharapkan dapat membantu anda dalam belajar bahasa Inggris. Selamat belajar!