Contoh Recount Text Pendek Beserta Arti dan General Structurenya

Contoh Recount text – Recount Text merupakan salah satu teks dalam materi bahasa inggris yang dibuat dengan tujuan menceritakan ulang berbagai kejadian dan peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu. Karena merupakan cerita di masa lalu, maka struktur dari recount text akan menggunakan kalimat masa lampau (past tense). Dalam artikel ini akan diberikan contoh recountext pendek tentang liburan atau holiday beserta keluarga dan lainnya. Selain mempelajari recount text, di sekolah juga biasanya belajar procedure text.

Jenis recount text ini pun dibagi lagi menjadi beberapa macam berdasarkan tujuan dari dibuatnya teks itu sendiri. Tujuan umum penulisan recount text adalah untuk memberikan/ menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian. Akan tetapi, tujuan khususnya terbagi menjadi tiga jenis recount text.

Recount text dengan tujuan menceritakan kembali pengalaman penulis secara pribadi disebut sebagai personal recount text. Selanjutnya, jenis kedua adalah recount text yang dibuat untuk menjelaskan kejadian yang terjadi secara faktual, seperti kejadian ilmiah dalam ilmu pengetahuan atau kecelakaan seperti laporan kepolisian, disebut sebagai Factual Recount Text. Terakhir, terdapat juga recount text dengan tujuan imajinatif, yaitu menuliskan peristiwa imajinasi dari penulis pada kejadian di masa lalu yang disebut sebagai Imaginative Recount Text.

Untuk memudahkan mempelajari mengenai struktur umum recount text, maka berikut ini akan dijelaskan contoh dari masing-masing recount text, artinya, dan bagaimana struktur umum dari masing-masing contoh recount text yang diberikan.

Contoh Recount Text Liburan Personal Beserta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Recount Text Liburan

Berikut adalah contoh recount text tentang liburan ke kebun binatang :

A Trip to the Zoo

Yesterday my family went to the zoo to see the elephant and other animal.
When we got to the zoo, we went to the shop to buy some food to give to the animals.
After getting the food we went to the nocturnal house where we saw birds and reptiles which only come out at night.
Before lunch we went for a ride on the elephant. It was a thrill to ride it. Dad nearly fell off when he let go of the rope.
During lunch we fed some birds in the park. In the afternoon we saw the animals being fed.
When we returned home we were tired but happy because we had so much fun.

Jika personal recount text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

Perjalanan ke Kebun Binatang

Kemarin keluargaku pergi ke kebun binatang untuk melihat gajah dan hewan lainnya.
Ketika sampai di kebun binatang, kami pergi ke toko untuk membeli makanan yang akan aku berikan langsung kepada hewan.
Setelah mendapatkan makanannya, kami pergi ke rumah nokturnal dimana kami dapat melihat burung dan reptil yang hanya keluar pada malam hari.
Sebelum makan siang, kami pergi untuk mengendarai gajah. Sungguh mengasyikkan dapat mengendarainya. Ayah hampir terjatuh saat melepaskan tali pegangan yang diberikan.
Saat makan siang, kami memberi makan beberapa burung di taman. Sore harinya, kami melihat hewan-hewan itu diberi makan oleh petugas.
Ketika kami kembali ke rumah, kami lelah tapi bahagia karena kami bersenang-senang.

Struktur Umum (General Structure) dari Personal Recount Text

Struktur Umum Personal Recount Text

Dalam suatu recount text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 3 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Orientation: Bagian ini menjelaskan kapan, bagaimana, mengapa peristiwa itu terjadi. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “Yesterday my family went to the zoo to see…”

Events: Bagian ini menjelaskan mengenai tahapan-tahapan dalam peristiwa. Pada teks di atas tahapan peristiwa-peristiwa dijelaskan dengan “When we got to the zoo,” “After getting the food,” “Before lunch,” “During lunch,” dan “When we returned,”

Reorientation: Bagian ini merupakan bagian penutup yang menjelaskan rangkuman dari seluruh peristiwa yang telah terjadi. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dengan “we were tired but happy because we had so much fun.”

Contoh Factual Recount Text Beserta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Factual Recount Text Beserta Artinya

Berikut adalah contoh recount text faktual tentang berita seseorang yang mendorong wanita di bus:

“Man Charged with Pushing Old Woman Down Bus”

SINGAPORE – The man who pushed an old woman down a bus along Upper Thomson Road has been charged in court.
Twenty-five-year-old Ong Kok Hao is accused of hurting 76-year-old Hwang Li Lian Nee Lye on bus service number 167 at about 3pm on June 5 this year.
Ong is said to have used his right hand to push the old woman on her back, causing her to fall on the steps of the bus.
The incident was captured in a two-minute video and uploaded on YouTube.
The video shows Ong suddenly flying into a rage at Madam Hwang for pressing the bell at the last-minute along Upper Thomson Road.
A shouting match then ensued and during the heated spat, Ong threatened to slap the woman, before pushing her down the bus.
Ong’s lawyer Eddie Koh will be making representations to the court. The case will next be mentioned in December.

Jika factual recount text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Seorang Pria Dihukum Karena Mendorong Wanita Tua dari Bis”

SINGAPURA – Pria yang mendorong wanita tua dari bis di sepanjang jakan Upper Thomson Road telah dihukum di pengadilan.
Ong Kok Hao yang berusia 25 tahun dituduh melukai Hwang Li Lian Nee Lye yang berusia 76 tahun pada bis dengan nomor layanan 167 pada pukul 3 sore pada tanggal 5 Juni tahun ini.
Ong dikatakan telah menggunakan tangan kanannya untuk mendorong wanita tua itu pada punggungnya, kemudian menyebabkannya jatuh di tangga bis.
Insiden tersebut ditangkap dalam video berdurasi dua menit dan diupload di YouTube.
Video tersebut menunjukkan bahwa Ong tiba-tiba marah pada Nyonya Hwang karena menekan bel di detik-detik terakhir saat akan turun di sepanjang Upper Thomson Road.
Sebuah teriakan kemudian terdengar akibat pertengkaran yang memanas, Ong mengancam akan menampar wanita itu, sebelum mendorongnya ke luar dari bis.
Pengacara Ong Eddie Koh akan membuat pembelaan ke pengadilan. Persidangan selanjutnya akan dilakukan pada bulan Desember.

Struktur Umum (General Structure) dari Factual Recount Text

Struktur Umum Factual Recount Text

Dalam suatu recount text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 3 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Orientation: Bagian ini menjelaskan kapan, bagaimana, mengapa peristiwa itu terjadi. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “The man who pushed an old woman down a bus along Upper Thomson Road has been charged in court.”

Events: Bagian ini menjelaskan mengenai tahapan-tahapan dalam peristiwa. Pada teks di atas tahapan peristiwa-peristiwa dijelaskan dengan “Twenty-five-year-old Ong Kok Hao is accused,” “Ong is said to have used his right hand,” “The incident was captured in,” “The video shows Ong suddenly,” “A shouting match then ensued,” dan “Ong’s lawyer Eddie Koh will.”

Reorientation: Bagian ini merupakan bagian penutup yang menjelaskan rangkuman dari seluruh peristiwa yang telah terjadi. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dengan “The case will next be mentioned in December.”

Contoh Imaginative Recount Text serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Imaginative Recount Text

Berikut adalah contoh recount text imaginative tentang petualangan di hutan:

“My Rainforest Adventure”

Today I woke up at 5:00am in the morning. I put on my loose fitting shirt, trousers, sturdy black boots with little holes in them, wide brimmed hat and a plastic bag with spare dry clothes in case it rained so I didn’t get a cold. When I got out of the four-wheel drive I could feel the refreshing cool air, it smelt like it had been raining for ages before I came to the rainforest. I decided to explore the forest floor.

The first animal I saw was a magnificent, giant eastern brown snake. I was so scared I felt like I wanted to run but that would be really dangerous!

The second animal I spotted was a beetle eating a rotten berry. I bent down to have a closer look but it stank like rotten eggs and onion mixed together.
Then I turned to the right and saw a bowerbird collecting lots of blue stuff like wrappers and blue flowers. It had beautiful, magnificent, midnight-blue eyes and it looked very graceful.

By now I had seen enough on the forest floor so I decided to go to the understorey. So I went to the bridge in the understorey 20m high off the forest floor.
The first animal I saw in the understorey was a massive, graceful, blue butterfly sucking pollen off a beautiful orchid. That was my favourite animal so far of all the animals I saw.

The second animal I spotted was a black bat hanging upside down on the branch near me. Before I arrived at the rainforest I thought we wouldn’t see a bat because I was going in the day and bats are nocturnal.

The third animal I spotted was a grey Boyd’s dragon it was eating lots of bugs and beetles. I looked down to the forest floor and saw a little stream, it had a cute, little platypus looking after her five tiny, mini babies.

By now I had had enough of the understorey so I decided to go up the ladder to the canopy. I already knew that we would see lots of brightly coloured birds in the canopy.
I went up the ladder and on the way up I already saw lots of birds and lots of berries and colourful, beautiful, rainbow flowers. When I got to the canopy I was 30m high.

The first animal I saw in the canopy was a Crimson Rosella it was eating seeds off some beautiful flowers. The Crimson Rosella was dark red and midnight-blue on its tail and wings.
I could see the emergent trees 50m tall off the ground. I saw a wedge-tail eagle looking for food and other little animals.

I had a great time because I liked the rainforest. The most terrifying animal was the eastern brown snake. I liked the blue butterfly the best of all the animals.

Jika imaginative recount text di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:

“Petualangan Saya di Hutan Hujan”

Hari ini saya bangun jam 5:00 pagi. Saya mengenakan kemeja, celana panjang, sepatu bot hitam kokoh dengan sedikit lubang di dalamnya, topi bertepi lebar dan kantong plastik dengan pakaian kering untuk berjaga-jaga hujan turun, sehingga saya tidak akan kedinginan.

Ketika saya keluar dari kendaraan roda empat ini, saya bisa merasakan udara sejuk yang menyegarkan, rasanya seperti sudah hujan sejak lama sebelum saya datang ke hutan hujan. Saya memutuskan untuk menjelajahi tanah hutan.

Hewan pertama yang saya lihat adalah seekor ular cokelat raksasa yang megah. Saya sangat takut sehingga saya merasa ingin berlari tapi itu akan membuatnya semakin berbahaya!
Hewan kedua yang saya lihat adalah seekor kumbang yang memakan buah berry busuk. Saya membungkuk untuk melihat lebih dekat tapi ada bau seperti telur busuk dan bawang dicampur bersama di sana.

Lalu saya menoleh ke kanan, saya melihat seekor binatang purba mengumpulkan banyak barang biru seperti bungkus dan bunga biru. Matanya yang indah, megah, berwarna biru seperti malam gelap, dan terlihat sangat anggun.

Sekarang saya sudah cukup melihat di hutan, jadi saya memutuskan untuk pergi ke daerah bawah. Jadi saya pergi ke sana dengan menggunakan jembatan sekitar 20m dari hutan.
Binatang pertama yang saya lihat di bawah tumbuhan itu adalah kupu-kupu besar yang anggun dan biru dan mengisap serbuk sari dari anggrek yang indah. Itu hewan terbaik menurut saya sejauh ini dari semua binatang yang sudah saya lihat.

Hewan kedua yang saya lihat adalah seekor kelelawar hitam yang tergantung di cabang dekat saya. Sebelum saya tiba di hutan hujan, saya pikir kita tidak akan melihat kelelawar karena saya yakin kelelawar keluar pada malam hari.

Binatang ketiga yang saya lihat adalah naga Boyd abu-abu yang sedang memakan banyak serangga dan kumbang. Saya melihat ke bawah ke dari hutan dan melihat sedikit arus, ada sebuah platipus kecil yang lucu yang merawat kelima bayi mini yang kecil itu.

Saat ini saya sudah cukup melihat di tumbuhan bawah, jadi saya memutuskan untuk naik tangga ke kanopi. Saya sudah tahu bahwa kita akan melihat banyak burung berwarna cerah di kanopi.
Saya naik tangga dan dalam perjalanan naik saya sudah melihat banyak burung dan banyak berry dan bunga-bunga pelangi yang indah dan indah. Ketika sampai di kanopi itu kira-kira dapat diketahui tingginya 30m.

Hewan pertama yang saya lihat di kanopi itu adalah Rosella Crimson yang memakan biji dari beberapa bunga yang indah. The Crimson Rosella berwarna merah gelap dan tengah malam-biru di ekor dan sayapnya.

Saya juga bisa melihat pohon setinggi 50m tinggi dari tanah. Saya melihat seekor elang baji mencari makanan dan hewan kecil lainnya.
Saya merasa bersenang-senang di sana karena saya menyukai hutan hujan. Hewan yang paling mengerikan adalah ular coklat timur. Saya paling suka kupu-kupu biru dari semua binatang yang ada.

Struktur Umum (General Structure) dari Imaginative Recount Text

General Structure Imaginative Recount Text

Dalam suatu recount text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 3 bagian. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

Orientation: Bagian ini menjelaskan kapan, bagaimana, mengapa peristiwa itu terjadi. Dalam teks di atas ada pada bagian awal yaitu “Today I woke up at 5:00am in the morning. I put on my loose fitting shirt, trousers..”

Events: Bagian ini menjelaskan mengenai tahapan-tahapan dalam peristiwa. Pada teks di atas tahapan peristiwa-peristiwa dijelaskan dengan “When I got out of the four-wheel,” “The first animal I saw,” “The second animal I saw,” “Then I turned to the right,” dan “By now I had seen enough,”

Reorientation: Bagian ini merupakan bagian penutup yang menjelaskan rangkuman dari seluruh peristiwa yang telah terjadi. Bagian ini dalam teks ditunjukkan dengan “I had a great time because I liked the rainforest.”

Baca Juga : Contoh Narrative Text Pendek

Demikianlah informasi mengenai recount text, beserta contoh recount text dari struktur umumnya. Semoga informasi ini dapat membantu anda mempelajari lebih mudah mengenai jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris selanjutnya!