Contoh Rumusan Masalah Makalah Lengkap + Latar Belakang

rumusan-masalah-makalah
pixabay.com

Contoh Rumusan Masalah Makalah – Untuk membuat suatu karya ilmiah seperti makalah memang harus mengerti dan tahu rumusan masalah apa yang akan kita sampaikan. Untuk pengertian, fungsi, dan penempatan rumusan masalah, kamu bisa lihat contoh rumusan masalah makalah, penelitian, dan skripsi. Berikut contoh-contoh rumusan masalah dengan tema pendidikan, kewirausahaan, dan Narkoba.

Contoh Rumusan Masalah Makalah Manajemen Pendidikan di Masa Depan

rumusan-masalah-pendidikan
qureta.com

Latar Belakang Makalah Pendidikan

Pendidikan adalah bagian yang sangat penting yang berfungsi sebagai penentuan kualitas dari sebuah bangsa. Gagal dalam pendidikan bisa berdampak bagi tidak suksesnya sebuah bangsa, dan pendidikan yang berhasil akan membawa keberhasilan untuk bangsa itu juga.

Di dalam bidang pendidikan, hendaknya memperhatikan beberapa unsur seperti pendidik, peserta didik, manajemen, stake holder, dan saran prasarana. Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat diperlukan di dalam bidang pendidikan. Pendidik, siswa, dan masyarakat adalah sumber daya yang berkualitas itu sendiri.

Adanya pendidikan memiliki beberapa fungsi diantaranya inovasi, inisiasi, dan konservasi. Inovasi adalah wadah untuk menggapai suatu perubahan. Inisiasi adalah langkah awal dari fungsi pendidikan untuk perubahan. Konservasi memiliki fungsi sebagai penjaga nilai dasar. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kehiduapn bangsa, harus ditata dari segala aspek pendidikan. Salah satunya manajemen pendidikan.

Tujuan dari pendidikan sendiri harapanya untuk menciptakan pendidikan yang memiliki kualitas yang sesuai dengan berbagai macam pihak. Dalam kasus ini, manajemen pendidikan sangatlah penting. Banyak warga Indonesia yang mengharapkan manajemen pendidikan di Indonesia memiliki manajemen pendidikan yang bagus.

Manajer pendidikan yang berkualitas mampu menciptakan dan melaksanakan manajemen pendidikan yang bagus. Salah satu dari manajemen pendidikan adalah guru. Selain bertugas sebagai pengajar, fungsi lain dari guru adalah sebagai soerang manajemen pendidikan. Seorang guru dituntut untuk memiliki rencana pendidikan yang baik. Manajer pendidikan yang baik yaitu orang yang bisa merencanakan pendidikan untuk masa yang akan datang.

Kenyataan yang saat ini terjadi manajemen pendidikan di Indonesia dinilai masih sangat jauh dari kata bagus. Ada banyak faktor yang menyebabkan buruknya kualitas manajemen pendidikan. Faktor yang menyebabkan jeleknya manajemen pendidikan diantaranya:

  • Para manajer pendidikan tidak memiliki rencana manajamen untuk masa yang akan datang.
  • Para manajer pendidikan orientasinya masih mengacu pada panduan manajemen lama.
  • Jarang sekali yang memiliki inisiatif untuk membuat rencana yang baru.

Hal-hal di atas terjadi akibat para manajer pendidikan tak mau ambil risiko pada pendidikan atau pun dirinya sendiri. Selama pandangan manajer pendidikan berfikirnya terus ke belakang maka kualitas dari manajemen pendidikan tidak akan pernah maju, bahkan bisa jadi mengalami kemunduran.

Jangan jauh-jauh, contoh ketika dulu Malaysia banyak orang-orangnya yang belajar ke Indonesia, akan tetapi saat ini pendidikan Indonesia malah tertinggal oleh Malaysia yang dulu merupakan muridnya Indonesia. Kurang siapnya manajemen pendidikan yang menjadi faktor utamanya. Dalam kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai manajemen pendidikan di masa yang akan datang, harapannya bisa menghasilkan pendidikan sesuai harapan.

Rumusan Masalah Makalah Pendidikan Manajemen Pendidikan di Masa Depan

Berdasarkan latar belakang di atas makan dapat diberi rumusan masalahnya sebagai berikut:

1. Apa saja yang perlu dilakukan untuk menyiapkan manajamen pendidikan di masa depan?
2. Mengapa perlu adanya penyusunan manajemen pendidikan?
3. Siapa yang akan menjadi pemimpin masa depan?
4. Kapan manajemen pendidikan yang telah direncanakan akan dilaksanakan?
5. Diamanakah manajemen pendidikan masa depan akan dilaksanakan?
6. Bagaimanakah cara untuk menyusun manajemen di masa depan?

Contoh Rumusan Masalah Makalah Kewirausahaan

rumusan-masalah-makalah-kewirausahaan
dspriadi333.blogspot.com

Latar Belakang Makalah Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang artinya menginginkan tingkat hidup yang lebih baik lagi. Peran kewirausahaan sangatlah penting, dibuktikan ketika terjadi krisis ekonomi yang pernah melanda Indonesia. Kewirausahaan berbasis ekonomi kerakyatan mampu bertahan menghadapi situasi sulit pada kala itu.

Wirausahawan memiliki peran internal dan eksternal. Secara internal wirausahawan memiliki peran untuk menurunkan ketergantungan orang lain, meningkatkan daya beli, dan meningkatkan kepercayaan diri. Sedangkan secara eksternal wirausahawan berperan untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Oleh sebab itu, menyadarkan tentang semangat kewirausahaan sangatlah penting sekali untuk meningkatkan ekonomi negara. Permasalahannya untuk menjadi seorang pengusaha yang berhasil tidak lah mudah, harus memiliki daya juang yang sangat tinggi dan tidak mudah menyerah.

Tantangan yang akan di hadapi pun sangatlah berat dan beragam. Sebelum masuk ke dunia wirausaha, harus dituntut untuk memilki ilmu tentang kewirausahaan itu sendiri supaya nantinya tidak kelabakan ketika menemukan sebuah permasalahan.

Rumusan Masalah Kewirausahaan

Dari pemaparan latar belakng di atas, masalah-masalah yang akan di bawah di makalah kewirausahaan ini sebagai berikut:

1. Bagaimanakah tahapan yang perlu diperhatikan untuk memulai usaha?
2. Sifat seperti apakah yang perlu dimiliki seorang pengusaha?
3. Hal-hal apasajah yang harus dipelajari untuk menjadi pengusaha yang berhasil?

Contoh Rumusan Masalah Makalah Tenteng Narkoba

rumusan-masalah-makalah-tentang-narkoba
vocativ.com

Latar Belakang Makalah Tentang Narkoba

NARKOBA ( Narkotka, Psikotropika, dan Bahan Adiktif lainnya) merupakan benda haram dan terlarang untuk di edarkan tanpa seizin pihak yang berwenang. Istilah narkoba sering dipakai oleh ara penegak hukum seperti polisi, BNN, hakim, jaksa, dan petugas pemasyarakatan.

Selain NARKOBA, istlah lain yang menunjuk kepada tifa zat diatas adalah NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif). Kata NAPZA biasanya digunakan oleh para praktisi kesehatan dan rehab. Tapi kedua istilah itu intinya bermakna sama merujuk kepada tiga jenis zat di atas.

UU No. 22 Tahun 1997 mengartikan Narkotika merupaan zat atau obat yang asalnya dari tanaman atau bukan yang bersifat sintetis atau semi sintetis yang bisa mengakibatkan penurunan kesadaran, mengurangi nyeri, hilangnya rasa, dan menimbulkan ketergantungan.

Asal penggunaan Narkoba sebenarnya legal dan tidak melanggar hukum selama penggunaanya untuk kebutuhan dunia pengobatan, akan tetapi banyak orang yang menyalah gunakan Narkoba hanya untuk kesenangan sesaat yang bisa menimbulkan kerusakan pada tubuh bahkan bisa mengalami kematian.

Rumusan Masalah Makalah Tentang Narkoba
1. Apa pengertian dari Narkoba?
2. Apa saja jenis-jenis Narkoba?
3. Bagaimana bahaya Narkoba bagi kesehatan?
4. Kapan awal Narkoba digunakan?
5. Bagaimana cara mencegah penyalah gunaan Narkoba?
6. Apakah bisa orang sembuh dari ketergantungan Narkoba?