Contoh Teks Eksplanasi Lengakp Dengan Pembahasannya

Contoh Teks Eksplanasi – Di dalam mempelajari Bahasa Indonesia pastinya kamu akan menemukan berbagai macam jenis teks, contohnya teks eksplanasi. Berikut ini akan dibahas tentang teks eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi dan Pembahasannya

contoh teks eksplanasi
webmateri.com

Contoh teks eksplanasi akan menjadi pembahasan pada artikel ini. Mungkin teks eksplanasi sudah tidak asing lagi kita dengar. Namun, bagaimana mengenai teks eksplanasi yang sesunggungnya mungkin tidak banyak orang mengetahui. Kecuali para pengkaji bahasa yang banyak menekuni berbagai jenis teks karangan.

Di dalam dunia kepenulisan banyak sekali orang yang harus tau tentang beberapa teks, seperti teks eksposisi, teks prosedur, dan yang lucu biasanya berupa teks anekdot.

Mungkin ada diantara anda yang sedang memikirkan mengenai tema ini. Bahkan mungkin ada yang sedang mencari referensi tentang apa itu teks eksplanasi. Maka disinilah akan menemukan apa yang sedang anda cari. Adanya inspirasi Penulis untuk membahas teks eksplanasi ini semoga menjadi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di benak anda.

Cangkupan pembahasan yang lebih mendetail akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan contohnya. Poin-poin sub bab ini nantinya yang akan menjadi kajian dalam pembahasan berikutnya.

Pengertian Teks Eksplanasi

pengertian teks eksplanasi

Contoh teks eksplanasi merupakan suatu teks yang membahas tentang “Mengapa” dan “Bagaimana” peristiwa terjadi. Pembahasannya berkaitan dengan suatu proses kejadian alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Intinya, teks eksplanasi membahas tentang segala hal mengenai fenomena sosial maupun alam.

Eksplanasi sendiri berasal dari bahasa Inggris “Explanation”, artinya tindakan menjelaskan atau menerangkan sebuah pernyataan atau fakta.

Peristiwa yang terjadi tentu selalu memiliki hubungan sebab akibat dan sebuah proses. Peristiwa tersebut dapat kita tulis dalam bentuk karya teks eksplanasi untuk mengetahui segala proses dan sebab akibat terjadinya fenomena tersebut. Melalui tulisan teks eksplanasi anda dapat menuangkan data informasi kepada pembaca mengenai berbagai problematika yang terdapat dalam reaitas nyata.

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

ciri ciri eksplanasi

Contoh teks eksplanasi pasti memiliki ciri khusus yang perlu diperhatikan. Ciri ini dipelajari untuk mengetahui bagaimana teks eksplanasi yang sesungguhnya. Selain itu, juga dapat untuk membedakan dengan teks lainnya. Maka ciri-ciri khusus pada teks eksplanasi sangat perlu kita ketahui.

Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

1. Strukturnya Terdiri dari Pernyataan Umum, Sebab Akibat, dan Interpretasi

Teks eksplanasi pasti memiliki struktur pernyataan umum, sebab akibat, dan intrepretasi. Pernyataan umum mengenai peristiwa yang terjadi, ditopang dengan sebab akibat, dan diintrepretasikan dengan analisa mengenai peristiwa tersebut sebagai kesimpulan terakhir untuk menegaskan.

2. Informasi Berdasarkan Fakta dan Data

Penjelasan harus disertai dengan segala bentuk data-data akurat yang didapatkan. Data tersebut bisa diperoleh dari hasil penelitian wawancara, observasi, ataupun dari referensi buku-buku, berita-berita, dan sejenisnya. Data dalam teks eksplanasi ini harus bersifat fakta nyata di lapangan. Oleh karena itu, teks jenis ini selalu berkaitan dengan peristiwa nyata.

3. Bersifat Objektif

Teks ekspanasi harus bersifat objektif. Jangan hanya ala kadarnya tanpa data dan fakta. Tidak diperbolehkan hanya melakukan khayalan atau persepektif belaka. Meski didukung bukti reaitas riil.

4. Mebahas Mengenai Pengetahuan dan Peristiwa

Teks ekplanasi bukan hanya sekedar teks cerita tanpa tujuan yang jelas. Bukan hanya sekedar untuk hiburan dan sejenisnya. Namun, teks jenis ini harus memberikan suatu informasi dan pengetahuan yang akan dipaparkan sesuai dengan peristiwa yang terjadi beserta proses-proses sebab akibatnya. Jangan memasukkan unsur subjektifitas pada teks jenis ini, kecuali sebagai pendapat didasarkan analisa yang tepat.

5. Bersifat Informatif

Teks eksplanasi harus bersifat memaparkan data. Menjelaskan informasi secara nya, tanpa bersifat menggurui dan mendoktrin.

Struktur Teks Eksplanasi

struktur teks eksplanasi

Cotoh teks eksplanasi memiliki struktur tersendiri seperti teks pada umumnya yang juga mimiliki strukturnya. Struktur yang ada dimaksudkan untuk mempermudah kita dalam menjabarkan teks ini. Melalui poin-poin struktur yang ada, maka mempermudah kita karena sudah terdapat rangkaian sistematikanya. Inilah struktur pada teks eksplanasi sebagai berikut:

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum berkaitan dengan pernyataan suatu topik yang akan dijelaskan dengan gambaran-gambaran permasalahannya tersebut. Hal ini dibahas rentetan proses terjadinya peristiwa. Sebuah pernyataan awal untuk menuju pembahasan. Bisa dikatakan sebagai latar belakang masalah.

2. Isi Berkaitan Sebab Akibat

Isi disini berkaitan tentang pemaparan secara detail peristiwa dengan menjelaskan proses terjadinya secara tuntas. Mengaitkannya dengan sebab akibat terjadinya peristiwa tersebut. Peristiwa yang dijelaskan secara bertahap dari awal hingga akhir.

3. Interpretasi

Interpretasi berisi tentang hasil analisa dari peristiwa tersebut dengan menginterpretasikannya fenomena tersebut. Interpretasi ini juga menegaskan kesimpulan tentang topik yang telah disajikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Setiap karangan suatu teks pasti memiiki kaidah bahasa yang perlu diperhatikan. Begitupun dengan contoh teks eksplanasi mempunyai kaidah bahasa pula. Berikut beberapa kaidahnya yang perlu diperhatikan:

  1. Fokus dengan yang bersifat umum
  2. Menggunakan bahasa baku dan ilmiah
  3. Lebih banyak menggunakan kata kerja material dan relasional.
  4. Menggunakan konjungsi waktu dan kausal.
  5. Menggunakan kalimat pasif.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

contoh teks eksplanasi banjir

Banjir

Pernyataan Umum

Banjir merupakan suatu gejala alam, secara langsung mempegaruhi kehidupan manusia. Mampu menimbulkan kerusakan secara fisik, mental, maupun materil. Banjir adalah luapan air secara besar, dapat menggenangi dan menerjang suatu daerah-daerah dan masuk ke pemukiman warga. Hal ini karena sungai sudah tidak mampu menampung air.

Banjir sudah tidak asing lagi untuk kita dengar. Pasalnya, di Indonesia pun banyak mengalami peristiwa ini khususnya di kota-kota besar yang notabene jauh dari pepohonan yang mampu meresapkan air hujan ke pohon. Ditopang lagi limbah-limbah yang sudah sering dibuang sembarangan. Oleh karena itu, mestinya kita perlu mengetauhi penyebab dan akibat terjadinya banjir. Harapannya agar nanti kita dapat berantisipasi dan menjaga dengan sebaik mungkin.

Isi Berkaitan Sebab Akibat

Banjir terjadi tidak mungkin datang begitu saja tanpa penyebab. Terjadinya banjir setidaknya disebabkan oleh dua factor. Faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam merupakan curah hujan yang tinggi, letak geografis berada lebih rendah dari permukaan laut, adanya pasang naik air laut, dan daerah terletak pada cekungan sehingga jalan keluar air menjadi sempit.

Faktor manusia adalah segala hal yang disebabkan oleh manusia seperti penebangan hutan dengan sembaranan, tidak melakukan reboisasi, buang sampah tidak pada tempatnya, dan sebagainya sehingga saluran air tersumbat dan kemudian air meluap.

Banjir mengakibatkan kerugian besar bagi manusia. Ulah manusia membuat bumi protes sehingga menghukum manusia itu sendiri. Banyak barang-barang berharga yang terendam banjir dan terbawa arus, banyak korban baik nyawa maupun sekedar sakit, sarana publik porak-poranda, dank kerugian-kerugian lainnya.
Interpretasi

Banjir merupakan fenomena alam yang berdampak negative. Banjir disebabkan oleh faktor alam dan manusia. Agar tidak terjadi banjir kembali mestinya sebagai manusia kita dapat memperlakukan alam dengan baik dan menjauhi segala penyebab terjadinya banjir. Agar alam tidak marah pada manusia.

Demikian artikel tentang “Contoh Teks Eksplanasi dan Pembahasannya” yang dapat Penulis sajikan. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan untuk seseorang yang sedang membutuhkan referensi mengenai tema ini.