Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh Teks Eksposisi – membahas tentang contoh-contoh teks eksposisi yang berhubungan dengan pelajaran bahasa. Teks ini merupakan salah satu bagian dari berbagai jenis-jenis teks seperti teks anekdot, teks narasi, teks deskripsi, teks eksplanasi dan lain-lain.

Contoh Teks Eksposisi Beserta Penjelasannya

contoh teks eksposisi
firdafrdma.wordpress.com

Inti dalam teks ekspansi ialah menjelaskan suatu informasi secara terperinci. Informasi ini berupa pengetahuan dari realitas yang ada, didukung dengan fakta dan data yang objektif.

Selanjutnya, dalam artikel ini akan dibahas secara detail mengenai tema ini. Cangkupan pembahasannya berkaitan tentang ciri-ciri teks eksposisi, struktur kalimat, macam-macam jenis, dan contohnya. Mari menikmati ulasan-ulasannya untuk mampu dijadikan sebagai wawasan bagi kita.

Pengertian Teks Eksposisi

pengertian teks eksposisi

Teks eksposisi adalah rangkainan kata dalam kalimat di suatu paragraf atau karangan yang di dalam nya mengandung informasi, disampaikan secara terperinci dan objektif. Teks ini didukung dengan data dan fakta yang kongkrit baik secara fenomena nyata maupun secara berita, buku, dan referensi lainnya.

Umumnya teks eksposisi biasa digunakan dalam karya tulis ilmiah seperti skripsi, makalah, artikel, jurnal, essay, disertasi, tesis, laporan perjalanan, dan lain sebagainya. Menulis contoh teks eksposisi, anda perlu memperhatikan bebrapa hal. Pertama, harus mampu menguasai objek yang akan dituliskan.

Kedua, mampu menganalisa poin-poin yang diungkapkan berhubungan dengan objek tulisan tersebut. Ketiga, harus mampu menyampaikan analisis yang telah hasilkan dengan jelas dan menggunakan bahasa yang efektif dan efisien.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Ciri-ciri teks eksposisi

Berikut ciri-ciri dari teks eksposisi diantaranya :

a. Memiliki Gaya Informasi Persuasif atau Ajakan

Ciri dari teks eksposisi yang pertama adalah memiliki gaya bersifat ajakan. Jadi, teks ini bertujuan mengajak pembaca pada pemahaman ke suatu hal. Menggunakan bahasa yang persuasif pada pembaca.

b. Teks Disampaikan Secara Jelas, Lugas, dan Menggunakan Bahasa Baku

Teks eksposisi yang cenderung bersifat karangan ilmiah maka wajib hukumnya untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar. Bahasa baik dan benar disini haru jelas, lugas, dan bahasa baku sesuai tatanan Bahasa Indonesia.

c. Teks Bersifat Objektif

Teks eksposisi harus bersifat objektif. Jangan hanya ala kadarnya tanpa data dan fakta. Tidak diperbolehkan hanya melakukan khayalan atau persepektif belaka. Meski didukung bukti reaitas riil.

d. Menjelaskan Informasi dan Pengetahuan

Teks ekposisi bukan hanya sekedar teks cerita tanpa tujuan yang jelas. Bukan hanya sekedar untuk hiburan dan sejenisnya. Namun, teks jenis ini harus memberikan suatu informasi dan pengetahuan yang akan dipaparkan. Jangan memasukkan unsur subjektifitas pada teks eksposisi, kecuali sebagai pendapat yang didasarkan analisa yang tepat.

e. Penjelasannya Disertai Data yang Akurat

Penjelasan harus disertai dengan segala bentuk data-data akurat yang didapatkan. Data tersebut bisa diperoleh dari hasil penelitian wawancara, observasi, ataupun dari referensi buku-buku, berita-berita, dan sejenisnya.

f. Data Berupa Fakta

Data dalam teks eksposisi ini harus bersifat fakta nyata di lapangan. Oleh karena itu, teks jenis ini selalu berkaitan dengan hasil penelitian.

Struktur Teks Eksposisi

struktur teks eksposisi

Ada beberapa struktur dalam teks eksposisi yang perlu untuk diperhatikan diantaranya

  • Tesis
  • Argumentasi
  • Kesimpulan

Penjelasan:

a. Tesis

Tesis adalah suatu pernyataan analisi dan pendapat berupa sudut pandang Penulis terhadap setiap masalah yang akan dibahas topiknya. Tesis memberikan sebuah gambaran awal terhadap problem yang akan dibahas nantinya. Hal ini semacam menjabarkan latar belakang masalah. Nantinya tesis akan diperkuat dengan sebuah argumen. Bagian perlu digunakan dalam membuat contoh teks eksposisi.

b. Argumentasi

Argumentasi merupakan suatu pendapat yang didasarkan pada alasan dan bukti yang detail dan jelas, digunakan untukmemperkuat pendapat dalam sebuah tesis. Argumen pun dapat digunakan untuk menyanggah sebuah pernyataan. Hal ini berupa pernyataan umum dari data hasil penelitian di lapangan, ataupun pada teori yang sudah.

c. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan inti dari semua pembahasan. Inti ini bertujuan untuk menegaskan suatu pembicaraan dalam teks eksposisi ini.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

jenis-jenis teks eksposisi

Beberapa jenis dari teks eksposisi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Teks Eksposisi Definisi
  2. Teks Eksposisi Ilustrasi
  3. Teks Eksposisi Proses
  4. Teks Eksposisi Laporan
  5. Teks Eksposisi Perbandingan
  6. Teks Eksposisi Pertentangan

Penjelasan:

1. Teks Eksposisi Definisi

Contoh teks eksposisi jenis pertama ialah teks eksposisi definisi, paragraf memaparkan pengertian suatu topik tertentu dalam karangan.

2. Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi ialah paragraf menyajikan informasi dan penjelasan-penjelasan. Memberikan gambaran sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang memiliki kesamaan.

3. Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses merupakan teks yang menggunakan tahapan-tahapan atau cara-cara dalam melakukan sesuatu hal yang dimulai dari awal hingga akhir.

4. Teks Eksposisi Laporan

Teks eksposisi laporan merupakan paragraf yang mengemukakan laporan dari sebuah peristiwa atau penelitian.

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan merupakan paragraf yang gagasan utamanya dipaparkan dengan cara membandingkan dengan yang lain.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan adalah sebuah paragraf yang berisi pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

Contoh Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi

Contoh teks eksposisi dapat anda perhatikan dalam salah satu tema yang penulis ambil dan jadikan sebagai contoh dibawah ini. Berikut contohnya sebagai berikut:

Tren Spiritualitas Pragmatis

Tesis:

Era modern yang semakin ke depan memasuki post modern ini pun banyak beraneka ragam kondisi yang terjadi. Masa modern berabad-abad tahun setelah masa renaisans banyak orang yang sekuler. Hal inilah menjadikan banyak orang dimasa sekarang mengalami krisis spiritualitas.

Banyak orang merindukan spiritualitas kembali. Kerinduan ini pundi masa menuju post modern banyak diluapkan oleh masyarakat. Namun sayangnya, karena spiritualitas banyak dijadikan hanya sebagai pelarian mereka cenderung kurang tepat menjalankannya. Spiritualitas hanya untuk kepragmatisan belaka bukan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan secara total.

Argumentasi:

Bukti riil di masyarakat mengenai Spiritualitas Pragmatis ini ialah maraknya sekarang orang yang suka mengatamkan al-qur’an (One day one jus, misalnya), tetapi banyak para pengatam al-qur’an itu yang tidak mengambil nilai dari al-qur’an. Dia malah melakukan perilaku yang melanggar agama misalnya di berita terdapat ustad yang mencabuli santrinya.

Selain itu, bukti nyata lainnya ialah banyaknya orang berbondong-bondong mengantri umroh. Namun sayangnya, banyak orang yang sudah umroh tetapi mereka kikir dan tidak mengasihi orang miskin. Selain itu, marak grup-grup sholawat. Tetapi kebanyakan orang selalu mengatakan “Lihat Sholawat” kata ini cenderung berkonotasi sholawat seolah-olah dijadikan tontanan.

Selain itu, uang lebih miris lagi ada penawaran jasa untuk membuat seseorang makrifat, dan jasa reiki islami misalnya. Padahal hal ini bukan ajaran agama yang sesungguhnya, makrifat tidak bisa sekedar dibuat orang lain dengan instan. Tapi makrifat proses panjang mendekatkan diri pada Tuhan. Maka hal ini bisa dicurigai menggunakan ilmu hitam ataupun sihir. Maka tren spiritualitas pragmatis ini sangat berdampak negative.

Kesimpulan:

Tren spiritualitas pragmatis yang marak di era post modern ini banyak berdampak negative. Bukan mendekatkan pada perintah agama, tetapi hanya sebagai pemuas hasrat keringnya spiritual.

Demikian pembahasan artikel tentang “Contoh Teks Eksposisi Beserta Penjelasannya” yang dapat Penulis sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Pembaca dan bagi pencari referensi berkaitan dengan tema ini.