Contoh Teks Prosedur Lengkap Dengan Pembahasannya

Contoh Teks Prosedur – Contoh teks prosedur merupakan pembahasan pada artikel kali ini. Penulis akan memaparkan berkaitan tentang pembuatan teks prosedur dan contohnya. Teks prosedur sudah sangat popular baik kalangan umum maupun khusus pengkaji. Ada banyaj jenis teks di dalam pelajaran Bahasa Indonesia seperti teks eksposisi, teks anekdot, dan teks lainnya.

Contoh Teks Prosedur dan Cara Membuatnya

contoh teks prosedur

Pasalnya kalimat ini sudah banyak digunakan untuk memberitahu langkah-langkah melakukan suatu hal. Orang dapat memaparkan teknik-teknik melakukan sesuatu dengan sistematis dan tepat dengan menggunakan teks prosedur ini. Maka teks prosedur ini sangat penting untuk diperhatikan dalam mengetahui cara pembuatannya dan contohnya.

Pembahasan lebih mendetail nanti akan dibahas pada penjelasan berikutnya. Anda akan mengetahui berbagai caranya. Teks prosedur ini memang sangat perlu untuk dipahami agar kita dapat menerapkannya dalam menuliskan karangan prosedural melakukan suatu hal. Cangkupannya ini nanti ialah pengertian, struktur, kaidah, dan contohnya.

Pengertian Teks Prosedur

Teks Prosedur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Contoh teks prosedur, dapat dipaparkan dengan lengkap yaitu sebuah teks yang menjelaskan rangkaian prosedural melakukan sesuatu hal dengan bentuk tahapan, langkah-langkah, dan tindakan.

Informasi dalam teks prosedur disajikan secara sistematis nan runtut, tidak boleh acak. Ini dalam rangka mendapatkan tujuan yang diharapkan. Bila teks proseduran dibuat dengan acak-acakan akan berdampak pada tidak tercapainya tujuan yang diharapkan.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Cotoh teks prosedur memiliki struktur tersendiri seperti teks pada umumnya yang juga mimiliki strukturnya. Struktur yang ada dimaksudkan untuk mempermudah kita dalam menjabarkan teks ini. Melalui poin-poin struktur yang ada, maka mempermudah kita karena sudah terdapat rangkaian sistematikanya. Inilah struktur pada teks prosedur yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

1. Bagian Tujuan

Bagian tujuan berisikan tujuan yang dimaksud dari pembuatan teks prosedur tersebut, hasil yang dapat dicapai bila melakukannya. Pada bagian ini bisa berupa judul contohnya; Cara Membuat Facebook yang Tepat. Selain itu, juga dapat dipaparkan dalam paragraph awal untuk membuka teks ini dengan memberitahukan mengenai teme tersebut.

2. Bagian Material

Bagian ini berisikan informasi mendetail tentang alat, bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan suatu hal, perlu dipertsiapkan dalam pembuatannya. Tetapi tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini. Biasanya hanya terdapat dalam resep masakan.

3. Bagian Langkah-Langkah

Bagian langkah-langkah ini berisikan tahapan atau pun cara-cara yang dapat dilakukan untuk melakukan suatu hal tujuannya. Bagian ini harus sistematis, tidak boleh acak. Hal ini dimaksud supaya tujuannya tercapai. Bila acak maka tujuannya tidak tercapai.

Kaidah-Kaidah Teks Prosedur

Setiap karangan suatu teks pasti memiiki kaidah bahasa yang perlu diperhatikan. Begitupun dengan contoh teks prosedur mempunyai kaidah bahasa pula. Kaidah bahasa dalam teks procedural ini ada ciri khususnya dan sebagian secara umum ada di teks lainnya. Berikut beberapa kaidah bahasa khas teks prosedur yang perlu diperhatikan:

1. Konjungsi

Pada teks prosedur terdapat konjungsi. Konjungsi menyatakan suatau kata penghubung beberapa hal diantaranya seperti; kemudian, setelah itu, lalu, selanjutnya, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Kalimat Pemerintah

Penggunaan kalimat perintah yaitu kalimat yang bertujuan untuk memberikan suatu perintah terhadap seseorang. Contohnya: Bukalah laman google terlebih dahulu !

3. Verba Material dan Tingkah Laku

Verba material mengacu pada tindakan fisik. Verba tingkah laku merupakan tindakan yang berupa ungkapan.

Contoh Teks Prosedur

1. Tahapan Menghidupkan Komputer

Komputer adalah perangkat elektronik dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam hal data, table, angka, dan lain sebagainya. Melalui komputer orang dapat mengerjakan tugas-tugas kantornya, kuliah, bisnis, mengajar, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, melalui computer anda juga dapat melakukan design grafis dan sebagainya.

Saat anda ingin menggunakan komputer tentu harus dioperasikan terlebih dahulu. Pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur dengan sistematis dan cermat, sehingga mendapatkan hasil yang baik. Tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut:

1) Buka cover monitor, CPU, keyboard dan printer.
2) Pastikan saklar arus listrik terhubungan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU computer
3) Tekan tombol power di CPU dan tombol power monitor.
4) Komputer melakukan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
5) Setelah proses booting selesai, komputer siap untuk digunakan.

2. Metode Membuat Email di Gmail

Gmail merupakan layanan surel, dimiliki oleh Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk e-mail HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail diluncurkan dalam bentuk Beta pada tanggal 1 April 2004 dan tersedia untuk kalayak umum pada 7 Februari 2007, walau masih menyandang status Beta.

Menggunakan email memang sangat diperlukan khususnya untuk pengiriman data-data penting dan bersifat mendadak. Melalui email bisa dilakukan dengan cepat dan pragtis pengirimannya. Khususnya email gmail lebih terjamin fasilitas dan kemudahannya. Inilah tahap-tahap email di Gmail dengan tepat sebagai berikut:

1) Ketik email gmail di google
2) Klik Gmail – Google Accounts
3) Silahkan isi form pendaftaran sesuai data pribadi Anda
4) Setelah mengisi form pendaftaran Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi akun, isi dengan no. handphone Anda dan pilih Bagaimana seharusnya mengirimkan kode verifikasi
5) Klik lanjutkan
6) Anda akan diberi kode verifikasi oleh Google secara otomatis ke nomor handphone yang sudah Anda isikan, kemudian masukkan kode verifikasi ke dalam kotak yang sudah tersedia.
7) Ikuti permintaan pengaturan, maka email siap dipakai

3. Tata Cara Sholat

Sholat adalah salah satu ibadah orang muslim yang tujuannya untuk mendapatkan keridhaan-Nya dan beriman kepada Alloh. Melalui sholat, seorang hamba menyatakan untuk berserah diri kepada Alloh. Menyatakan bahwa tuhan itu esa. Malalui sholat pun kita mendekarasikan bahwa kita lemah tanpa Alloh. Maka kita perlu selalu dalam bimbingan-NYA lah.

Terdapat shalat wajib lima kali hingga shalat sunnah yang nama dan jumlahnya beragam. Tetapi secara garis besar, sholat memiliki gerakan dan tata cara yang sama. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1) Berdiri tegak lurus bagi yang mampu (bila tidak bisa dengan duduk atau berbaring di ranjang)
2) Takbiratul Ihram\
3) Membaca surat Al-Fatihah di setiap rakaat dan saat posisi berdiri
4) Ruku’
5) I’tidal usai ruku’
6) Bersujud dengan anggota tubuh sebanyak dua kali dan dengan tuma’ninah
7) Duduk di antara dua sujud
8) Tuma’ninah dalam semua amalan
9) Tertib mengerjakan setiap rukun-rukun sholat
10) Tasyahud akhir
11) Duduk tahiyyat akhir
12) Shalawat yang ditujukan Nabi Muhammad SAW
13) Salam sebanyak dua kali

Demikian artikel tentang “Contoh Teks Prosedur dan Cara Membuatnya” yang dapat Penulis sajikan. Pembahasan ini saya paparkan untuk membagikan secercik pengetahuan yang ada untuk dapat dijadikan salah satu sumber informasi. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan untuk seseorang yang sedang membutuhkan referensi mengenai tema ini. Penulis mengucapkan terimakasih.