Ayo Kunjungi Destinasi Wisata Top Maluku Ini!

wisata maluku

flickr.com

Maluku merupakan sebuah provinsi yang terletak di Indonesia bagian Timur. Provinsi ini ber-ibu kota-kan  Ambon, kota yang juga terkenal dengan sebutan Ambon manise. Maluku sendiri merupakan daerah yang menghasilkan banyak rempah-rempah. Beberapa rempah-rempah yang dihasilkan di Maluku  ialah Pala dan Cengkeh. Maluku juga terkenal sebagai penghasil mutiara di Indonesia. Selain itu Maluku juga mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata pantai serta wisata sejarah.

Untuk bisa pergi kesana, terdapat banyak alternatif transportasi yang bisa digunakan. Baik itu jalur laut maupun jalur udara. Namun belakangan ini masyarakat lebih memilih jalur udara untuk bepergian ke luar provinsi atupun ke luar pulau. Dikarenakan semakin mudah dan murahnya tiket yang bisa didapatkan untuk melakukan perjalanan udara. Untuk pergi ke Maluku sendiri terdapat berbagai maskapai penerbangan yang menyediakan rute sampai ke kota Ambon, salah satu nya ialah Sriwijaya Air. Pembelian tiket nya pun bisa didapatkan dengan mudah, anda bisa membuka situs booking tiket online seperti Traveloka.com untuk membelinya. Bagi anda yang ingin mengecek tiket Sriwijaya Air di Traveloka bisa langsung cek laman ini.

Berikut destinasi wisata di Maluku yang bisa anda kunjungi ketika menyambangi Maluku.

1. Pantai Ora Maluku

pantai ora maluku

getlostmagz.com

Merupakan sebuah surga tersembunyi yang berada di Indonesia bagian Timur. Terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah, tempat ini bisa diakses melalui jalur laut dengan transit di beberapa pulau. Tak perlu diragukan lagi, pantai ini bisa disejajarkan dengan pantai-pantai terkenal di luar negeri. Keunggulan dari pantai ini ialah masih terjaga kebersihannya, air laut yang bersih dan jernih ditambah lagi dengan pasir pantai yang terang benderang berwarna putih.

2. Pulau Bair

pulau bair

lihat.co.id

Pulau ini sering disebut sebagai Raja Ampat dari Maluku. Pulau ini terletak di Kota Tual,  Maluku Tenggara. Ketika sampai di pulau ini, anda akan melihat pemandangan tebing-tebing tinggi yang mengelilingi pulau ini. Aktifitas yang bisa dilakukan disini ialah snorkeling, memancing dan juga camping. Jika anda beruntung anda akan melihat ikan hiu jenis blackpit yang berenang di sekitar pulau ini.

3. Pantai Liang

pantai liang

lihat.co.id

Pantai ini terletak di Desa Liang Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia oleh UNDP-PBB pada tahun 1990. Pantai Liang memiliki hamparan pasir putih dan juga air laut yang biru. Dipinggiran pantai terdapat pohon-pohon rindang untuk dipakai bersantai. Panjang pantai ini sekitar 1 km. Biasanya para pengunjung melakukan aktifitas berenang dan snorkeling karena ketenangan laut nya.

4. Nusa Pombo

nusa pombo

nationalgeographic.co.id

Nusa Pombo terletak di Kota Ambon, nama Pombo sendiri diambil dari bahasa Portugis yang berarti merpati. Untuk bisa sampai ke sana, anda bisa menggunakan kapal boot dari pelabuhan Ambon. Aktifitas yang bisa anda lakukan di sana diantaranya ialah berenang, snorkeling dan menyelam. Anda pun bisa mendirikan tenda di sini jika ingin merasakan suasana camping di tepi pantai.

5. Pantai Pintu Kota

pantai pintu kota

regional.liputan6.com

Pantai ini berada di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon. Untuk sampai ke sana anda bisa menggunakan mobil dari kota Ambon dengan lama perjalanan sekitar 45 menit. Pantai Pintu Kota merupakan jenis pantai yang berkarang dan berbatu. Salah satu daya tarik dari pantai ini ialah sebuah tebing yang menjorok ke laut dan berlubang di tengahnya. Lubang tersebut menyerupai pintu gerbang. Aktifitas yang biasa dilakukan wisatawan ialah snorkeling, menyelam dan juga biasa digunakan untuk pemotretan.

6. Pantai Lelisa

pantai lelisa

batampos.co.id

Pantai ini terletak di Kota Ambon, tepatnya di seberang Pantai Santai dan Pantai Namalatu. Keunikan pantai ini adalah adanya jajaran batu karang yang berderet dari lautan hingga pinggir pantai. Batuan karang bahkan akan tampak jelas terlihat saat laut tengah surut. Seperti kebanyakan pantai lainnya, anda bisa melakukan aktifitas berenang, menyelam dan berjemur di pantai ini.

Baca Juga : 6 Pantai indah di Gunung Kidul

7. Pantai Desa Hukurila

pantai desa hukurila

klikhotel.com

Sesuai namanya, pantai ini terletak di Desa Hukurila Kecamatan Leitimur Selatan yang berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Ambon. Salah satu keunikan dari pantai ini ialah terdapat beberaoa gua dibawah laut. Bagi anda pencinta diving, gua Hurukila harus anda selami.