Advertisements

Informasi Lengkap Diet Keto Untuk Pemulia [ GRATIS ] Panduan Diet Keto

Untuk Anda yang mencari metode diet supaya berat badan ideal bisa mencoba metode diet keto. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu diet ketogenik, apa itu ketofastosis atau KF, cara memulai diet keto untuk pemula, dan istilah-istilah dalam dunia per-ketoan lainnya. Cara memulai diet keto atau KF sangatlah mudah tapi Anda perlu persiapan mental dan bahan-bahan yang diperlukan untuk menunjang ketika melakukan diet keto.

Masih banyak orang di Indonesia yang masih asing dalam menjalani diet ketofastosis ini, bahkan ada sebagian orang yang berpikir aneh dan meragukan diet keto ini karena diet ini bertentangan dengan pola makan yang biasa dijalani orang pada umumnya. Oleh sebab itu tadi ditulis kenapa Anda harus mempersiapkan mental ketika menjalani diet ketogenic ini. Coba untuk bergabung di group-group di Facebook atau berkumpul dengan orang-orang yang sudah menjalani diet ini dan merasakan manfaatnya supaya Anda mendapatkan dorongan dari mereka.

Apa Itu Diet Ketogenik ?

diet keto
antranik.org

Diet keto adalah salah satu pola diet yang berprinsip mengkonsumsi makanan yang low crabs atau rendah karbohidrat, tinggi lemak dan rendah protein, dimana memakai lemak baik dari hewan atau tumbuhan untuk sumber energi tubuh kita. Ketika dalam keadaan yang normal, karbohidrat yang ada di dalam makanan seluruhnya akan dijadikan glukosa, lalu dibawa ke seluruh bagian tubuh dan jadi sumber energi yang sangat penting untuk fungsi otak.

Membatasi asupan karbohidrat menjadi prinsip dasar dari diet ketogenik, yang menjadikan tingkat gula di dalam tubuh menjadi rendah dan cenderung turun. Dengan turunnya gula yang ada di dalam tubuh, trigliserida akan dipecah jadi FFA (Free Fatty Acid) dan gliserol dengan dibantu hormon. FFA lalu dimasuki aliran darah dimana itu bisa dipakai oleh jaringan tubuh untuk dijadikan sumber energi, dan diproses oleh organ hati untuk membuat keton. Nah, proses inilah yang dinamakan ketogenesis. Lalu keton masuk ke dalam otak dan menjadi sumber energi untuk mengganti glukosa. Ketosis adalah peningkatan kadar keton di darah.

Sejarah Diet Ketogenik

sejarah diet ketogenik
nanjing-school.com

Sebenarnya pola makan dengan ketogenik sudah ada sejak zaman Hippocrates, dimana ketika itu sebagai terapi untuk mengobati penderita Eplielsi dengan cara membatasi kalori. Nama ketogenik sendiri ada sekitar tahun 1920 yang diberinama oleh 2 orang dokter dari Prancis.

Namanya memang ketogenik, akan tetapi rasio makannya tinggi akan lemak, tinggi akan protein dan karbohidrat dibatasi. Lalu dijadikan sebagai petunjuk diet untuk para pendderita penyakit diabetes sebelum adanya suntik insulin. Sesudah adanya suntik insulin, petunjuk atau panduan makan itu pun lenyap. Pola makan pembatasan kalori kemudian dilanjutkan Dr. Atkins sebagai cara menurunkan berat badan, muncul lah diet mayo.

Pola makan ini pernah hilang karena fitnah karena pola makan ini mengakibatkan penyakit jantung. Tapi, berjalannya waktu, hal itu hanya berita bohong belaka. Ketogenik pun mencuat kembali sesudah NBC di tahun 90-an mengisahkan tentang sembuhnya Charlie yang seorang anak yang menderita penyakit epilepsi yang selalu kejang-kejang setiap harinya.

Charlie dibawa ke John Hopkins Hospital yang memang di rumah sakit ini sedang melakukan penelitian untuk menyembuhkan epilepsi dengan diet ketogenik dan akhirnya dinyataka sembuh setelah berobat ke sana. Hal itu yang menjadikan ayah Charlie sangat marah, kenpaa dia baru mengetahui diet keto. Dia pun kemudian mendirikan The Charlie Foundation untuk anak-anak yang penderita penyakit epilepsi.

Kenapa Karbohidrat Dibatasi Dalam Diet Ketogenik?

kenapa dalam diet keto karbohidrat dibatasi
healthambition.com

Saat makanan yang terdapat kandungan karbohidrat seperti pati dan semua bentuk gula dicerna, mereka semua akan dijadikan gula darah dalam tubuh kita. Semakin banyak kita mengkonsumsi karbohidrat, semakin besar pula gula darah dalam tubuh kita. Gula darah yang tinggi di dalam tubuh merupakan racun bagi tubuh kita. Memang gula darag yang sudah diproses di dalam liver dipecah atau dipakai untuk energi oleh kebanyakan orang saat ini.

Kurangnya karbohidrat akan memangkas level gula darah yang menjadikan pindahnya jalur biokimia dari tubuh memakai gula darah (glucose) menjadi memakai metabolisme lemak. Ketika itu tubuh akan menjadi ketosis. Ketika tubuh kita telah berhasil memakai lemak untuk sumber energi, kita akan mendapatkan banyak efek positif yang diperoleh. Beberapa efek postif yang akan diperoleh adalah sebagai berikut:

  • Metabolisme tubuh akan meningkat
  • Penurunan berat badan
  • Efesien energi dalam tubuh
  • Mengatasi sendi pegal
  • Mencegah diabetes
  • Mencegah kanker
  • Mencegah epilepsi
  • Mengurangi asam lambung naik

Karbohidrat vs Cadangan Lemak

KarbohidratLemak

Storage / tangki penyimpanan yang ada di dalam tubuh terbatas yang mengakibatkan saat mencerna karbohidrat dan menyerap gula, tubuh dipaksa untuk membakar gula yang juga merusak akses kepada yang mengkonsumsi lemak.
Kalori yang ada dari lemak bisa disimpan lebih besar dari tangki karbohidrat, kapasitas tangkinya lebih besar atau berlipat-lipat lebih besar (untuk yang kelebihan berat badan)

Mengunci orang ke storage mode. Hal ini yang mengakibatkan kita menjadi mengantuk, malas untuk bergerak, dan lainnya.
Mengunci orang ke dalam safe mode. Efeknya energi yang disimpan lebih banyak yang menjadikan tubuh lebih bertenaga dan segar bugar.

Asal Usul Keton

keton dalam diet keto
fblt.cz

Asal keton dari lemak jenuh yang teroksidarsi di dalam hati dalam bentuk fatty acid atau asam lemak, lemak yang tidak teroksidasi dirubah menjadi keton, dalam bentuk asetoasetat (AcAC) dan hidroksibutriat, dimana keton merupakan sumber energi untuk mengganti glukosa. Di dalam otak manusia yang sudah dibatasi karbohidrat, maka keton akan merubah glukosa menjadi sumber energi. Keton lah yang bisa membuat manusia bisa bertahan hidup dari kepunahan.

Saat dahulu kala apabila manusia ada masalah seperti kelaparan, sulit mendapat hewan buruan atau makanan, otaknya akan selalu aktif dengan memanfaatkan keton yang asalnya dari lemak, meski tidak ada makanan atau pun karbohidart atau gula.

Manfaat Diet Keto

manfaat diet keto
infoginx.com
  1. Banyak penelitian yang membuktikan diet ketogenik bisa membuat penderita penyakit diabetes kembali normal gula darahnya tanpa harus mengkonsumsi obat.
  2. Diet ketogenik menurunkan trigliserida atau lemak darah.
  3. Diet keto baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  4. Otak lebih fokus.
  5. Sistem pencernaan menjadi lebih sehat.
  6. Memberikan energi yang tahan lama dengan otot yang lebih kuat.
  7. Mempercepat peluruhan lemak sehingga bisa menurunkan berat badan.
  8. Membuat awet muda.

Download Panduan Diet Keto/ Ketogenik PDF

Itulah beberapa penjelasan tentang diet keto. Untuk menambah wawasan Anda bisa bergabung dengan komunitas ketofastosis warior di grup facebook. Di sana banyak sekali orang yang sudah menjalani diet keto.

Advertisements