Macam Jenis Burung Lovebird Bulu Indah Beserta Gambarnya

Macam Jenis Burung Lovebird Bulu Indah Beserta Gambarnya

Burung Lovebird – Burung lovebird atau dalam bahasa Indonesianya adalah burung cinta sudah bukan jenis burung yang asing lagi bagi para kicau mania lovebird. Tidak hanya memikat dari para pecinta burung gacor, burung jenis lovebird juga diminati oleh masyarakat yang masih awam dalam dunia perburungan. Hal ini disebabkan bukan karena suara love birdnya, akan tetapi karena burung lovebird memiliki warna bulu yang indah dan beranekaragam.

Ciri-ciri Lovebird Betina

  • Tulang pubisnya cenderung lebih lembek dan apabila diraba jaraknya renggang
  • Ujung ekornya merata
  • Wara bulunya kusam
  • Tubuhnya lebih berat
  • Ketika akan membangun sarang burung betina lebih aktif dibanding jantan
  • Saat bertengger, kakinya akan melebar

Ciri-ciri Lovebird Jantan

  • Ketika musim kawin, tulang pubis pada jantan akan mengeras dan jaraknya rapat saat diraba
  • Ujung ekornya runcing
  • Warna bulunya lebih terang dibandingkan dengan burung betina
  • Bobotnya lebih ringan dan bentuk tubuh jantan tidak terlalu tegas dibanding betina
  • Pasif dalam mencari bahan untuk membuat sarang dan kadang menyuapi betinaa
  • Ketika bertengger jarak kakinya lebih rapat

Jenis Lovebird

Burung Lovebird

Burung lovebird jenisnya banyak seklai. Ada yang berwarna biru, putih, campuran, dan lain-lain. Berikut ini beberapa jenis lovebird dan gambarnya yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam mencari informasi tentang lovebird mulai dari lovebird pastel sampai lovebird blorok.

Lovebird Parblue Alias Yellow Face

Lovebird Parblue
bliblinews.com

Ciri-ciri lovebird parblue yang paling menonjol adalah warna buru di kepalanya yang kuning. Banyak juga pecinta burung yang memburu jenis burung lovebird ini untuk koleksi mereka baik untuk koleksi untuk diternak atau untuk menjadi burung hias.

Lovebird parblue ditemukan pertama kali oleh seorang breeder yaitu Felix del Valle. Dia mukim di Tampa, Florida, Amerika Serikat, pada tahun 2001. Dari tahun itu Mr. Felix terus aktif mempopulerkan dan mengembangkan lovebird parblue hingga saati ini terkenal di dunia.

Lovebird Parblue memiliki nama lain yakni burung yellow face, yang merupakan salah satu dari mutasi yang baru dan akhir-akhir ini mengeluarkan variasi-variasi baru. Seperti namanya, Lovebird Parblue mempunyai muka warnanya kuning keputihan.

Kata parblue adalah akronim dari kata partial blue atau sebagian bulunya biru, hal ini sesuai dengan adanya warna biru di sebagian tubuh selain di muka, meskipun tak dominan.

Paruh dari burung parblue ini berwarna oranye, tidak berwarna merah layaknya lovebird green series, atau putih di blue series. Bagi love bird  blue series yang masih anakan terkadang warna paruhnya bisa juga putih dan ketika dewasa akan berwarna oranye.

Lovebird Batman Bukan Superhero

Lovebird Batman
oomkicau.blogspot.com

Untuk Anda yang masih awam di dunia perburungan mungkin merasa asing atau aneh mengenai nama lovebird yang satu ini. Namanya seperti salah satu super hero yaitu Batman. Alasan lovebird ini dinamai lovebird Batman karena warna dan corak burung ini seperti Batman. Lovebird batman ngekeknya panjang.

Lovebird Batman memiliki beberapa jenis lagi diantaranya lovebird batman personata, lovebird batman blorok, dan lovebird batman fichery.

Lovebird Blorok Warna Bulunya Campuran

Lovebird Blorok
www.binatangpeliharaan.org

Jenis lovebird ini bisa dibilang unik. Hal ini karena warna bulunya tidak ada yang dominan warna tententu. Warna bulu burung lovebird blorok umumnya campur-campur antara warna putih dengan warna yang lainnya. Burung ini juga memilik jenis-jenis lagi yaitu Lovebird Merah Blorok dan Lovebird Parblue Blorok. Untuk mengenali lovebird jenis ini sangatlah mudah karena warna bulunya seperti gradasi dari warna-warna.

Anda bisa menghasilkan lovebird blorok dengan menyilangkan lovebird yang berbeda. Seperti Lovebird Dakori dan Lutina. Nanti anaknya kemungkinan akan menjadi love bird blorok hijau.

Lovebird Lutino, Kuning dan Merah Dominan

Lovebird Lutino
budidayaperawatan.blogspot.com

Warna dari Love Bird Lutino terkenal dengan warna kuning dan merah yang dominan. Umumnya, di bagaian tubuh warnanya kuning dan di kepala warnanya orange atau merah. Burung ini nilai jualnya lumayan tinggi disebabkan karena warnanya yang cerah. Biasanya jenis lovebird ini diikutkan lomba, utamanya lomba kicau dan kecantikan burung.

Jenis-jenis dari Lovebird Lutino lumayan banyak, diantaranya Lovebird Lutino Albino, Lovebird Lutino Golden Cherry, Lovebird Cinnamon, dan Lovebird Pied.

Untuk Anda yang ingin menghasilkan Lovebird Lutino, gampangnya mengawinkan antara lovebird pejantan hijau yang normal dan lovebird lutino betina. Kombinasi antara lovebird ini tingkat akurasi untuk menghasilkan Lovebird Lutino sekitar 60% di generasi pertamanya.

Lovebird Violet

Lovebird Violet
pinterest.com

Lovebird Violet meruakan salah satu jenis burung lovebird yang merubah biru normal di bagian sponge jadi berwarna violet. Lovebird Violet memiliki penurunan sifat double dan single. Untuk bisa menghasilkan warna lovebird violet, indukan salah satunya wajib berjenis lovebird violet, entah itu betina atau jantannya.

Ciri-ciri dari Lovebird violet memiliki warna biru keunguan atau violet di bulunya. Warna violetnya terlihat pada bagaian sayap dimana ujungnya berwarna hitam. Sementara dibagian perut warnanya putih, paruhnya orange tua, dan kepalanya didominasi dengan warna hitam.

Tidak hanya itu saja, Lovebird violet memiliki variasi warna yang lain yaiut Lovebird Pastel Violet. Warna bulu jenis Lovebird ini didominasi oleh putih dan ada warna pastel violet pada punggung dan juga sayapnya.

Lovebird Olive

Lovebird Olive
burunglovers.blogspot.com

Lovebird Olive adalah jenis lovebird yang warna bulunya hijau. Ada tiga jenis lovebird yang warnanya hijau, yaitu: hijau tua atau dark green , hijau standar atau wild colour , dan olive atau double dark green (DD Green). Apabila ketemu sama lovebird yang warna bulunya hijau tua banget, sudah dipastikan itu lovebitd olive. Warna hijaunya hanya menyelimuti di bagian dada, punggung, dada, sampai ekor saja. Pada bagian kepalanya umumnya berwarna pink, orange, atau kuning.

Lovebird Euwing

Lovebird Euwing
petanisukses.com

Lovebird jenis Euwing awalnya ditemukan pada tahun 2004 oleh Piet Verhijde, dia adalah seorang penangkar lovebird dari Belanda. Piet berhasil menghasilkan lovebird euwing dengan mengawinkan antara indukan lovebird hijau dan lovebird lutino fischeri.

Nama Euwing sendiri merupakan sebuah singkatan dari Eumelamin dan Wing yang artinya sayap. Keunikan dari lovebird euwing ini terletak pada warna sayapnya yang memiliki corak kuning dan hitam.

Ciri-ciri dari lovebird ewing mempunyai campuran warna kuning dan hitam yang dominan. Disamping itu, pada bagian bulu dadanya tereduksi jadi lebih terang (putih atau kuning) dibanding warna galur murninya dan ada peningkatan warna gelap di kedua sayap sampai berbetuk huruf V di bulu punggung di antara sayapnya.

Lovebird Pastel Biru

Lovebird Pastel Biru
tubanberkicau.com

Love bird pasatel biru adalah salah satu jenis lovebird yang lagi banyak dicari orang. Ciri khas dari lovebird ini adalah warna biru mudanya yang indah dan juga sangat mencolok. Seperti namanya, burung ini mempunyai warna bulu pastel biru. Warna birunya memiliki arti lembut dan kalem.

Sebagian orang berkata jika burung ini persis  seperti lovebird pastel putih. Apabila dilihat dari jauh, memang burung yang satu ini warna bulunya seperti putih.

Lovebird Josan

Lovebird Josan
kaskus.com

Lovebird Josan atau terkadang disebut dengan lovebird ijo standar adalah salah satu jenis lovebird yang disukai banyak orang yang masih pemula. Untuk menemuka burung ini sangatlah mudah, sebab tersedia banyak di pasaran dan harganya tergolong murah. Alasan burung lovebird josan ini memiliki banyak peminat karena memang harganya yang murah dan untuk proses penjodohannya pun sangat mudah. Burung ini tidak terlalu pilih-pilih dalam mencari pasangan dan burung lovebird josan ini lihai dalam merawat anak-anaknya.

Lovebird Biru Cobalt

Lovebird Biru Cobalt
kaskus.co.id

Lovebird biru cobalt adalah salah satu jenis lovebird yang banyak diminati oleh banyak orang. Seperti namanya warna bulu burung ini berwarna biru. Jenis lovebid ini termasuk dalam varian lovebird blue series, yakni jenis lovebird yang mempunyai warna biru. Jenis lovebird lainnya yang masuk dalam lovebird series ialah osin dan violet.

Lovebird Pasjo (Pastel Ijo)

Lovebird Pasjo
youtube.com

Warna bulu dari lovebird ini adalah pastel ijo makannya dinamai Pasjo. Warna hijau kekuningan yang lembut dan kalem menjadikan burung ini indah dipandang oleh mata. Lovebird Pasjo terdapat 2 jenis yaitu Pasjo bersih dan Pasjo kotor. Bagi Anda yang suka dengan bulu yang indah, disarankan untuk memilih Pasjo bersih. Karena bulunya rapih dengan warnanya yang hijau kekuningan

Lovebird Albino

Lovebird Albino
pictastar.com

Lovebird Albino memiliki bulu berwarna putih polos. Burung ini sangatlah unik karena tidak mempunyai variasi warna lain. Beberapa orang suka dengan lovebird yang satu ini karena warna bulunya yang bersih. Lovebird ini di Indonesia lumayan langka. Tapi, untuk masalah harga, lovebird jenis albino ini tidak lebih mahal dari lovebird merah.

Lovebird Dakori (Dakocan Original)

Lovebird Dakori
lovebirdjuarakicau.blogspot.com

Lovebird dakori merupakan singkatan dari dakocan original. Dakocan ialah salah satu jenis lovebird yang mempunyai topeng hitam. Lovebird dakori yang baik mempunyai topeng hitam tau kuning berkerah, tubuhnya kecil dan gempal layaknya burung beo. Burung ini awalnya dari dataran tinggi di Utara & Tengah Tanzania.

PECINTA SUARA BURUNG? Baca Juga: Suara Burung Kacer

Pertama kali lovebird dakori ditemukan pada akhir tahun 1800, tapi tidak di impor hingga tahun 1920an. Burung ini juga memiliki variasi warna, ada yang bertopeng hijau, biru, ungu, dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis burung lovebird yang bisa Anda pelihara. Semoga artikel ini bermanfaat.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan, Hewan, dan Lingkungan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan, Hewan, dan Lingkungan

Dalam artikel ini  akan membahas contoh teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi merupakan tulisan yang berbentuk hasil laporan mengenai observasi (pengamatan) yang telah dilakukan. Teks laporan hasil observasi ini sangat penting untuk mengumpulkan informasi-informasi yang berhasil dikumpulkan selama dilakukannya pengamatan. Penulisan dari teks laporan hasil observasi ini memiliki aturan khusus yang harus diikuti.

Struktur Laporan Hasil Observasi

Struktur Laporan Hasil Observasi

Berikut ini aturan penulisan teks laporan hasil observasi berdasarkan strukturnya.
Struktur dari teks laporan hasil observasi paling tidak harus memuat tiga bagian, sebagai berikut:

  • Bagian Definisi Umum
  • Bagian Deskripsi Isi
  • Bagian Deskripsi Manfaat

Aturan Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Aturan Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Selanjutnya, penulisan teks laporan hasil observasi ini pun memiliki aturan lainnya seperti aturan kebahasaan. Aturan-aturan kebahasaan tersebut antara lain mencakup daftar berikut ini:

  1. Ditulis sebagai hasil dari pengamatan (observasi) atau studi penelitian yang baru dan terkini
  2. Ditulis karena bersifat universal
  3. Ditulis untuk membahas objek tunggal
  4. Ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti yang diatur dalam KBBI.
  5. Ditulis tanpa adanya bagian penutup dari sisi penulis.

Setelah mengetahui beberapa aturan dalam penulisan teks laporan hasil observas, berikut ini beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang dibuat dengan tema tumbuhan, hewan, dan juga lingkungan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Mawar

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan mawar:

[su_note]

Mawar dalam Ilmu biologi adalah bunga yang termasuk dalam anggota keluarga Rose. Nama botani dari bunga mawar adalah Rosa. Bunga Mawar adalah spesies bunga abadi yang sangat populer untuk tumbuh di kebun rumah. Sudah terdapat banyak macam dari bunga Mawar yang diperbanyak dan dikembangbiakan untuk mendapatkan warna dan harumnya bunga-bunga Mawar ini.

Bunga Mawar yang indah ini memang memiliki kecenderung mudah untuk dihibridisasi. Pertumbuhan bunga mawar berbentuk seperti semak-semak bunga yang tumbuh tegak, yang jika tumbuh dalam jumlah banyak memberikan kesan yang manis, indah, juga klasik bagi penikmatnya.

Keberadaan bunga Mawar adalah bunga yang paling dikenal. Apa yang melatarbelakangi kepopuleran bunga Mawar ini? Latar belakangnya adalah karena bunga Mawar umumnya ditanam sebagai tanaman hias murni. Bunga Mawar sebagai tanaman hias ini sangat menarik pecinta tumbuhan.

Walaupun begitu, bunga Mawar juga sering ditanam untuk keperluan komersial. Salah satu penanaman bunga Mawar yang ditanam untuk keperluan komersial adalah bunga Mawar yang ditanam untuk menjadi bibit parfum. Kebanyakan bunga Mawar mekar dengan tampilan bunga berwarna-warna indah, misalnya berwarna merah tua, pink, ataupun putih.

Tidak jarang juga saat ini bunga Mawar banyak dikembangkan menjadi warna-warna lain.
Bunga Mawar juga populer dengan keunikan pertumbuhannya yang dapat menyusut dari tinggi sebelumnya yaitu sekitar 2,00 meter (6,50 kaki). Tanaman ini adalah jenis bunga yang banyak menjadi penarik yang hebat untuk kupu-kupu, lebah dan burung.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin memiliki kebun dengan banyak kupu-kupu, lebah, dan burung maka tanamlah bunga Mawar di pekarangan anda.

Varietas bunga Mawar yang populer dikalangan pecinta bunga-bungaan adalah bunga Mawar jenis Knock Out, Kordana Series, Iceberg, Mister Lincoln dan Double Knock Out.

Bunga Mawar tersebut cenderung membutuhkan perawatan dalam tingkat yang normal atau sedang, sehingga Anda pun perlu memastikan bahwa Anda memiliki kebutuhan tanah, matahari, pH, dan air yang cukup untuk tanaman ini. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan Anda memiliki tanaman yang sehat dan juga kuat.

[/su_note]

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan Gajah

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan gajah :

Lihat dulu yuk tingkah lucu anak gajah berikut bikin gemess!

[su_note]

Singa yang memiliki jantung dan paru-paru yang cukup kecil merupakan hewan yang tergolong sebagai hewan yang bukanlah pelari cepat. Kecepatan maksimum seekor singa berlari adalah 60 kilometer per jam. Singa juga diketahui tidak memiliki stamina untuk mempertahankan kecepatan ini lebih dari 100 – 200m.

Itulah sebabnya mengapa singa mengandalkan penguntitan mangsanya dan jarang menerkam mangsa sampai mereka berada dalam jarak 30m. Terkecuali jika mangsa sedang menghadap ke depan dan tidak dapat melihat pemangsanya.

Singa menguntit mangsanya, meski perilaku penyergapan telah mulai direncanakan. Hal ini terjadi terutama pada siang hari saat mengintai mangsa dirasakan lebih sulit. Dari 1.300 perburuan yang diamati di Serengeti, 48% hanya melibatkan satu singa, 20% melibatkan dua singa, dan sisanya melibatkan singa dalam kelompok mulai dari tiga ekor hingga delapan ekor.

Singa betina merupakan aktor yang melakukan sebagian besar perburuan, dan Singa jantan yang ikut serta berburu biasanya tetap tinggal bersembunyi sampai pembunuhan dilakukan. Singa yang berburu berpasangan dan kelompok memiliki tingkat keberhasilan sampai 30%. Sedangkan Singa yang berburu sendiri di siang hari memiliki tingkat keberhasilan 17 – 19%, namun Singa yang berburu dalam kelompok pada malam hari dianggap sebagai kucing yang ramah.

Sebagian besar perburuan yang sukses di malam hari adalah perburuan yang melawan binatang buruan tunggal. Salah satu alasan tingkat keberhasilan perburuan singa yang relatif rendah adalah karena singa tidak mempertimbangkan arah angin saat berburu; Mereka sering mendekati mangsa dari arah angin yang kencang, sehingga menyadarkan mangsa akan keberadaannya dan pergi kabur.

Kedua, singa umumnya jarang mengubah jalur serangan malah memilih meninggalkan jalur. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan dimana seekor singa yang meleset dari sasarannya pada putaran pertama, biasanya akan meninggalkan pengejaran.

Perburuan impala dan mangsa berukuran sedang secara signifikan lebih mungkin berhasil bila singa tidak menguntit mangsanya melainkan mengejar mereka segera setelah deteksi. Kebalikannya berlaku untuk spesies mangsa berukuran kecil. Namun, singa lebih cenderung menguntit impala dan spesies berukuran sedang dan menguntit mangsa berukuran kecil.

Studi tentang taktik berburu kelompok oleh singa menjelaskan mengenai rencana dasar yang serupa dalam proses perburuan. Ketika kelompok singa tersebut melihat mangsa, sebuah perburuan sering diprakarsai oleh singa tunggal yang melihatnya, yang kemudian oleh singa lainnya direspons dengan melihat ke arah yang sama (satu-satunya bentuk “komunikasi” singa) yang jelas dan telah dibuktikan kesuksesannya dalam proses perburuan. Singa kemudian mengepung dan meluncurkan serangan pada mangsa tersebut, hingga mendorong mangsa ke arah yang lain yang menyergap dari posisi penutup mereka.

Menurut pengamatan, singa sering tapi tidak secara eksklusif mengikuti pola berburu yang sama dan membagi singa menjadi beberapa peran seperti pengintai kiri, tengah & posisi sayap kanan. Singa yang berburu dalam peran pilihan mereka memiliki tingkat keberhasilan kelompok sebesar 9%.

Begitu berada dalam jangkauan mangsa yang lebih kecil, singa menggunakan kaki mereka untuk menampar bagian belakang hewan di kakinya atau menjatuhkannya dari keseimbangan kemudian menyeretnya ke bawah. Gigitan pada leher mangsa tersebut dapat dengan cepat membunuh hewan itu.

Pada mangsa yang lebih besar, singa akan mendekati hewan pada suatu sudut, melompat ke atasnya dan menggunakan beratnya sendiri untuk menggiring hewan ke tanah. Singa kemudian akan menggigit tulang belakang dalam upaya untuk memutuskan sumsum tulang belakang saat mereka melakukannya.

Setelah jatuh, mereka menggigit tenggorokan atau bagian atas hidung dan mulut mangsanya untuk mencekiknya, posisi ini pun dilakukan untuk menghalangi mereka keluar dari tanduk yang bisa melukai singa itu.

Ketika banyak persediaan makanan, singa menjorok ke dalam gerak perpindahan yang radiusnya dekat. Pada saat ini, rata-rata singa jantan menelan sekitar 15% dari berat badan mangsa. Makanan dibagikan dengan cukup serakah. Singa terkecil dan paling lemah sering kalah dari orangtuanya yang kelaparan bahkan tidak akan berbagi dengan keturunan mereka sendiri.

Singa biasanya mulai makan dengan membuka perut dan memakan isi perut dari mangsanya. Kebanyakan singa akan memakan jantung, hati dan ginjal mangsa, tapi tidak banyak singa yang membuka tengkorak untuk mengonsumsi kepalanya.

Singa pun telah tercatat pernah memakan manusia. Di mana pun singa ditemukan, pasti pernah tercatat kasus dimana singa memangsa manusia sebagai makanan. Kasus singa memakan manusia yang terkenal adalah dua ekor singa jantan yang membunuh 28 orang Indian dan “puluhan” orang Afrika di Tsavo, Kenya, pada akhir abad ke-19 dan satu singa jantan yang membunuh 48 manusia di Ankole, Uganda, pada 1920-an. Korban terbesar yang pernah terjadi adalah dari sekelompok singa yang memangsa 2.000 orang di distrik Njombe, Tanzania, antara tahun 1932 dan 1947.

[/su_note]

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan sekolah:

[su_note]

Kami mengunjungi tiga sekolah disbilitas swasta Sekolah untuk anak-anak dengan ketidakmampuan mendengar ini tergolong luar biasa dari sisi rasio guru per siswa yang tinggi dan keterampilan guru yang kami amati. Salah satu anak yang kami amati bernama “Tomas”, dia menunjukkan perkembangan yang lambat sejak masa kanak-kanak dan masih selalu berjuang di sekolah. Di sekolah terakhirnya, dia sangat tidak bahagia. Di sekolah baru ini, kepuasannya baru mulai terlihat dengan baik.

Ruang kelas Tomas berisi 8 anak, meskipun hanya 4 yang hadir saat kami sedang mengamati pembelajaran. Ternyata keempat siswa yang lain desang berada di ruangan yang berdekatan namun dengan pengajaran dari guru lain. Guru di ruang Tomas mengajarkan setiap siswa secara individual dengan waktu selama sekitar 10 menit, lalu berpindah dan mulai mengajar ke siswa lain.

Selama sang guru menghampiri setiap siswa, guru secara berkala memeriksa apakah siswa yang lain masih belajar dan tidak melakukan aktifitas lain yang menyimpang dari pembelajaran. Guru kelas ini memiliki kesabaran dan toleransi yang besar terhadap tingkah laku Tomas yang sering meninggalkan tempat duduknya dan membuat gerakan menari atau melompat sedikit dan mengganggu pembelajaran. Akan tetapi guru sesekali memberikan Thomas peringatan untuk mendengarkan pembelajaran dan menunggu guru menjelaskan pada teman-temannya dahulu.

Fokus penting dari pengamatan yang saya lakukan di sekolah adalah keberadaan taman bermain. Di sekolah Tomas ini, kedua guru hadir untuk keseluruhan aktivitas bermain pada jam istirahat siswa. Pengamatan ini tentu tergolong tidak biasa. Alasan guru ikut bermain di taman bermain adalah karena banyak yang dapat dipelajari di tempat bermain.

Guru juga berpendapat kesempatan pembelaran banyak terjadi jika dilakukan dalam bermain dan sangat sayang untuk dilewatkan. Suasana di taman bermain pun terasa santai dan menyenangkan. Tomas perlu dialihkan sekali saat dia menyimpang dari wilayah yang aman.

Tapi jika tidak, guru pun mengalihkan perhatiannya dengan mengawasi beberapa anak laki-laki yang lebih tua yang sedang bermain dengan teman sekelasnya. Meskipun kesulitan Tomas mengikuti sebuah agenda tampak jelas dalam permainan di taman bermain dan juga di kelas, kemudahan dalam membuat hubungan sosial dan sikap ramahnya tampaknya berkembang dengan pesat di sekolah ini.

[/su_note]

Itulah tadi tiga contoh teks laporan hasil observasi yang mencakup observasi tumbuhan, hewan, dan lingkungan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk membantu anda dalam penulisan laporan hasil observasi.

Laporan Hasil Observasi

Suara Burung Kacer dan Informasi Perawatan Burung Kacer

Suara Burung Kacer dan Informasi Perawatan Burung Kacer

Untuk kamu pecinta burung pasti tidak asing lagi dengan suara burung kacer atau kucica kampung. Dengan nama lain Magpie Robin, burung kacer adalah salah satu burung peliharaan favorit bagi pecinta burung di Indonesia. Mungkin untuk sebagian laki-laki pernah memelihara burung kacer ini.

Free Download Suara Burung Kacer Untuk Pancingan

Berikut ini Mp3 suara kacer yang bisa

[su_button url=”http://www.mediafire.com/file/gqdkskh2n83bsmo/Download_Suara_Kacer_1.mp3″ target=”blank” style=”3d” size=”5″ radius=”0″ icon=”icon: arrow-circle-down”]Download Burung Kacer Mp3 Versi 1[/su_button]

[su_button url=”http://www.mediafire.com/file/36bnzux0pbca1bw/Download_Suara_Kacer_2.mp3″ target=”blank” style=”3d” size=”5″ radius=”0″ icon=”icon: arrow-circle-down”]Download Burung Kacer Mp3 Versi 2[/su_button]

[su_button url=”http://www.mediafire.com/file/dusi2m0g60ze72d/Download_Suara_Kacer_3.mp3″ target=”blank” style=”3d” size=”5″ radius=”0″ icon=”icon: arrow-circle-down”]Download Burung Kacer Mp3 Versi 3[/su_button]

[su_button url=”http://www.mediafire.com/file/n9h765itr6m50wn/Download_Suara_Kacer_4.mp3″ target=”blank” style=”3d” size=”5″ radius=”0″ icon=”icon: arrow-circle-down”]Download Burung Kacer Mp3 Versi 4[/su_button]

Jenis-jenis Burung Kacer

Berikut ini 5 jenis burung kacer yang populer ada di masyarkat di Indonesia.

Burung Kacer Poci atau Kacer Sumatera

Burung Kacer Poci
tbparis.com

Ciri dari burung kacer Sumatera memiliki warna hitam di bagian kepala, punggung, leher, dan ekornya. Tapi, di bagian tubuh yang lainnya tak semuanya berwarna hitam. Dikarenakan pada bagian perut, dadam dan tenga sayang berwarna putih.

Jenis burung kacer sumatera atau kacer poci lebih dikenal dengan burung kicau yang bisa menirukan kicauan burung lain.

Burung Kacer Blorok

Burung Kacer Blorok
nagpurbirds.org

Jenis burung kacer blorok adalah hasil dari persilangan antara burung kacer Sumatera dan kacer Jawa. Tubuhnya mempunyai motif semburat warna hitam dan juga putih yang tak beraturan. Motif yang belang-belang ini menjadikan dipanggil burung blorok.

Untuk masalah suaranya, burung blorok menurun dari suara burung kacer Sumatera yang bisa menirukan suara burung lainnya. Burung kacer blorok juga tidak gampang takut ketika didektai manusia.

Burung Kacer Kalimantan

Burung Kacer Kalimantan
barraimaging.com.au

Burung kacerl kalimantan mempunyai kemiripan dengan burung kacer Sumatera. Perbedaannya ada pada bagian dada burung kacer Kalimantan yang berwarna hitam, sementara itu, kacer Sumatera diselimuti dengan warna putih di bagian perut, ekor, dan pantat bagian bawah. Sisanya tubuh burung ini didominasi dengan warna hitam pekat.

Burung Kacer Madagaskar

Burung Kacer Madagaskar
wantexpeditions.com

Burung kacer jenis madagaskar secara sekilas tidak ada perbedaan dengan burung kacer Sumatera. Soalnya, semua warnanya sangat mirip. Perbedaannya burung kacer madagaskar bentuknya lebih bulat dan mempunyai suara yang kristal dengan ekspresi mbagongnya yang khas. Asal burung ini bukan dari Indonesia melainkan dari Afrika.

Burung Kacer Jawa atau Burung Kacer Lokal

Burung Kacer Jawa atau Burung Kacer Lokal
futura-sciences.com

Burung kacer ini asli dari Jawa Timur. Tapi, orang ada yang berpendapat juga bahwa burung ini berasal dari Bali. Mungkin dikarenakan Jawa Timur dekat Bali, sehingga burung ini terkadang migrasi ke Bali.

Bentuk dan warnanya mirip dengan burung Kacer Sumatera. Perbedaannya burung kacer Jawa warna hitamnya lebih mendominasi. Burung kacer Jawa hanya mempunyai warna putih di sayap badian tengah saja.

Ciri-ciri Burung Kacer Berkualitas Bagus

Ciri-ciri burung kacer bagus

Berikut ini beberapa yang perlu diketahui dalam menentukan apakah burung kacer itu bagus atau tidak.

Perhatikan Jenis Kelaminnya

Apabila kamu tertarik kicauan kacer, pilihlah jenis kelamin jantan. Kacer jantan mempunyai suara yang bagus dan bulu yang hitam mengkilap. Pilih dengan leher yang panjang dan berisi.

Lihat Bentuk Paruh Kacernya

Bentuk paruh burung kacer yang bagus ialah yang mempunyai paruh dengan pangkalnya yang besarm lebar, dan panjang. Disarankan agar memilih kacer yang mempunyai lubang hidung dekat dengan matanya. Jangan memilih kacer dengan paruh bengkok.

Perhatikan Bentuk Kepala Kacer

Apabila ingin kacer dengan suara burung kacer yang bagus, maka harus perhatikan sisi mata dan kepala burung kacernya. Kacaer yang bagus biasanya bentuk kepalanya kotak, memiliki mata bundar, melototm dan besar.

Perhatikan Bentuk Tubuh Burung Kacer

Apabila sedang mencari bakalan burung kacer, pilih bentuk tubuh burung kacer yang tak begitu besar dan tidak pula kecil. Di bagian ekor, kaki dan leher wajib mempunyai bentuk yang proposional sampai kelihatan serasi. Tidak disarankan memilih kacer dengan tubuhh serta leher yang pendek.

Perhatikan Kaki dan Sayap Kacer

Pilihlah kacer dengan sayar yang mengepit rapat. Perhatikan juga kainya harus yang kokoh dan cengkramannya kuat. Warna kaki jangan dijadikan sebagai patokan ketika memilih burung kacer yang bagus.

 

Ciri-ciri Burung Kacer Betina dan Burung Kacer Jantan

Kacer BetinaKacer Jantan
Pada bagian dadanya lebih menonjol kedepanDadanya terlihat rata atau datar
Bentuk tubuhnya membundar atau bulatBentuk tubuh lebih ramping
Bentuk kepalanya lonjongUmumnya ada 1 sampai 2 bintik hitam di lidah
Cara berdiri burung betina tidak setegap burung jantanKetika berdiri lebih tegap
Parunya lebih panjangParuhnya lebih pendek berwarna hitam pada atas dan bawahnya
Bulu hitam di bagian punggung dan sayap terlihat abu-abu.Kepala bentuknya persegi dan sisi bagian atasnya merata
Bulu hitam di bagian sayap dan juga punggungnya lebih legam

Cara Merawat Burung Kacer Mabung

burung kacer mabung

Sebelum membahas tentang cara merawat burung kacer yang sedang mabung, sebenarnya mabung itu sendiri apa? Burung mabung adalah burung yang sedang melewati proses ganti bulu, oleh karena itu burung yang lagi mabung membutuhkan vitamin dan tenaga tambahan yang baik supaya kondisi si burung tidak jatuh atau drop ketika proses mabung telah usai.

Burung ketika dalam proses molting (mabung atau mengalami rontok bulu) memakai total kalori dan juga nutrisi yanag berada di tubuhnya dengan tujuan untuk mengeluarkan bulu yang lama yang rusak dan menumbuhkan kembali bulu yang baru. Oleh karena itu, jangan paksakan burung untuk banyak bergerak dan berbunyi yang dimana hal itu bisa mengeluarkan energi si burung yang harusnya dipakai untuk menumbuhkan bulu baru.

Tanda-tanda Burung Kacer Mau Mabung

  • Bulu terlihat kusam dan tidak mengkilap
  • Terdapat bulu-bulu kecil yang jatuh yang semakin hari semakin banyak
  • Matanya sayu dan tatapan matanya kosong
  • Burung kacer malas untuk berbunyi

Usia dan Berapa Lama Burung Kacer Masa Mabung

  1. Jenis burung kacer atau magpie robin, proses mabungnya saat piyik sampai usia 3 bulan. Itu proses pergantian bulu dari bulu piyik ke bulu trotol (anakan). Proses ini berjalan secara alami.
  2. 3 bulan setelahnya di usia 6 bulan, burung kacer akan masuk proses mabung lagi dari bulu anakan ke bulu dewasa. Hal ini bertujuan untuk menguatkan bulunya supaya bisa dipakai terbang dan mencari makanannya sendiri.
  3. Sesudah itu burung akan masuk dalam proses yang normal ditandai dengan bulu yang mengering. Hal ini berkisar 6 sampai 8 bulan. Pada usia ini biasanya burung diikutkan ke perlombaan burung.
  4. Pada usia 12 sampai 15 bulan, burung akan masuk mabung lagi. Bulu-bulunya akan dilepas yang sudah kering atau rusak dan digantikan dengan bulu baru.
  5. Setelah mabung selesai, burung sudah menjadi mapan. Pada usia inilah burung yang bagus-bagus dilombakan. Mabung berikutnya biasanya terjadi 2 sampai 3 tahun yang akan datang.

Perlu diketahui bahwasannya proses mabung di atas terjadi pada burung kacer denga kondisi perawatan yang bagus, khususnya perawatan ketika mabung. Jadi, kamu perlu mengetahui nutrisi apa saja yang diperlukan burung kacer saat mabung.

Ilustrasi Proses Mabung

proses burung kacer mabung
luthfan.com

Pada umumnya, burung dewasa melewati proses mabung setahun satu kali. Berikut porsesnya:

  • Anggaplah pada bulan pertama adalah masa burung sudah selesai mabung, seluruh buluny sudah kuat dan fit. Berikutnya burung akan masuk dalam proses mabung lagi ditandai dengan bulu kecil yang mulai berjatihan di bulan ke tujuh atau bulan ke delapan.
  • Pada bulan ke delapan atau bulan ke sembilan, bulu yang lama telah rontok semua sementara itu bulu yang baru sudah muncul kurang lebih 50%.
  • Di bulan ke sepuluh atau bulan ke sebelas, bulu yang baru telah tumbuh sempurna.
  • Pada bulan ke dua belas, masuk dalam proses pengencangan pada bulu, dan burung akan dalam kondisi fisik yang terbaiknya.
  • Di bulan ke tiga belas atau bulan ke satu tahun berikutnya, burung sudah ada dalam bentuk yang sempurna secara keseluruhan dan sudah bisa untuk dilombakan.

Cara Merawat Harian Burung Kacer

cara merawat burung kacer

  1. Saat jam 07.00 hingga 07.30 angin-anginkan kacer kamu. Kemudian mandikan dengan penyemprot di keramba sesuai dengan kebiasaan burung jadi disesuaikan saja.
  2. Bersihkan kandang setiap hari, sebab dengan kandang yang bersih akan menjaga kondisi burung tetap sehat.
  3. Untuk EF beri 3 ekor jangkrik ketika pagi. Jangan memberikan jangkriknya secara langsung.
  4. Jemur burung pada 08.00 sampai 11..00. Ketika dijemur, usahakan burung tidak meilhat burung yang sama jenisnya.
  5. Sesudah dijemur burung kembali di angin-anginkan selama 10 menit, lalu sangkar di kerondong.
  6. Ketika dikrodong, baiknya burung dimaster, tujuannya untuk mengisi variasi dari suara burung.
  7. Jam 15.30 burung dikeluarkan dan kembali dianginkan, apabila perlu burung bisa dimandikan.
  8. Beri jangkrik dua ekor.
  9. Pada jam 18.00 burung kembali dikerodong dan pendengarkan suara master sampai masa istirahat hingga pagi hari.

[su_note]

Catatan

  • 1 sendok makan kroto max satu minggu 4x
  • 1 ekor cacing satu minggu 2x
  • Umbar burung sekitar 4 jam setiap harinya
  • Beri vitamin dan mineral satu minggu sekali

[/su_note]

Mengatasi Burung Kacer Over Birahi

  • Batasi atau kurangi memberi makan jangkrik. Berikan 2 pada pagi hari dan 2 di sore hari.
  • Embunkan burung jam 05.30 sampai 06.00
  • Beri cacing 2 ekor 2 kali satu minggunya
  • Burung kacer dimandikan di pagi dan sore hari
  • Kurangi waktu penjemuran menjadi maksimal 30 menit setiap harinya
  • Pengembunan dibuat lebih lama.

Cara Mengatasi Burung Kacer Drop

  • Porsi pemberian jangkrik ditingkatkan menjadi 5 pada pagi dan 5 di sore hari
  • Porsi pemberian kroto ditingkatkan menjadi setiap hari
  • Beri makan kelabang 2 ekor satu minggu sekali
  • Untuk memandikannya jadi 2 hari sekali saja
  • Isolasi burung jangan sampai burung mendengar suara burung kacer lain
  • Jemur burung kacer menjadi 2 sampai 3 jam sehari
  • Beri vitamin dan juga mineral.

Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong

  • Rutinitas mandinya disamakan dengan ketika over birahi, yakni 2x sehari
  • Mandikan pada malam hari satu minggu sekali
  • Mandikan dengan pasir dengan cara menyediakan bak yang khusus diisi dengan pasir
  • Atur kembali pemberian EF seperti semula
  • Beri ulat hongkong 2 ekor setiap minggunya.

Cara Merawat/ Penanganan Mabung Pada Burung Kacer

  1. Beri tambahan makanan sebanyak mungkin seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong selama 1 minggu sebelum pengkrodongan (menutup dengan kain).
  2. Sesudah 1 minggu stop memberi makanan tambahan ulat hongkong, jangkrik, kroto kemudian bersihkan menggunakan sampo anti jajar supaya jamur dan kutu di dalam kandang mati.
  3. Tutup atau krodong selama mabung dan tidak dimandikan hingga bulunya tumbuh dengan sempurna.
  4. Ketika masa mabung jangan meberi makanan tambahan, sebab hal itu bisa meningkatkan birahi burung yang nantinya burung akan tertekan dan berakibat buruk pada burung setelah mabung.
  5. Beri voer dengan kualitas tinggi supaya gizinya terpenuhi.
  6. Bersihkan kandang 3x sehari dengan menyemprotkan ke bagian sela kandang.
  7. Ketika membersihkan kandang jangan lupa untuk ganti air, beri Ebod Vitamin dengan kandungan Folic Acid, Nicotinic Acid, V d3, V c, V b12, V b6, V b2, V b1 Va yang berfungsi untuk mengatasi stres, terpenuhinya kebutuhan vitamin, dan meningkatkan nafsu makan.
  8. Sesudah dimandikan jangan langsung dijemur, baiknya di kerodong lagi.
  9. Besoknya jemur di bawah terik matahari sekitar 3 sampai 4 jam. Kemudian mandikan supaya birahi kacer semakin naik. Hal ini dikerjakan setiap hari hingga burung terlihat aktif berbunyi atau gacor.

Itulah beberapa informasi tentang burung kacer dan gratis download suara burung kacer. Apabila ingin mendapatkan info tambahan bisa komen di bawah ya..

Cara Budidaya Bunga Mawar yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Cara Budidaya Bunga Mawar yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Budidaya Bunga Mawar – Mawar atau nama latinnya Rosa canina adalah salah satu jenis dari bunga yang banyak seklai dipakai untuk tanaman hias. Tidak jarang juga, bunga mawar biasa digunakan sebagai pengungkap rasa cinta dan kasih sayang kepada sang pujaan hati. Bunga mawar berasal dari famili Rosaceae mempunyai tampilan yang menawan dan baunya harum. Sehingga menjadikan bunga mawar merah khususnya adalah lambang dari sebuah keindahan.

Mawar sendiri adalah jenis dari tanaman semak dari Genus: Rosa. Tanaman ini termasuk dari tanaman berduri, semak, dan merambat. Tinggi dari tanaman mawar antara 2 meter sampai 5 meter. Ada juga spesies yang tingginya bisa mencapai 20 meter. Bunga mawar kebanyakan dari spesiesnya mempunyai karakteristik daun yang panjangnya 5 sampai 15 cm.

Pada setiap tangkainya ada 3 sampai 13 anak daun dan daun stipula atau penumpa yang lonjong. Pada bagian batangnya ada duri. Duri dari tanaman bunga mawar bentuknya seperti pengait yang nantinya berfungsi untuk mengankat bunga mawar ketika tumbuh memanjat atau pun merambat pada pohon lain. Selain itu fungsi duri dari bunga mawar juga sebagai pertahanan dari hewan.

Bunga mawar
Kau bunga yang indah

Seperti puteri jelita nan menawan
elok dipandang mataWahai bunga mawar

Warnamu merah merekah
Laksana pancaran sang surya
memancarkan pesonaBunga mawar

Kau begitu harum
aroma merebak mewangi
merasuk dalam kalbuku
ingin aku memetikmu
tuk kujadikan hiasan
di ruang tamu

Jenis-jenis Bunga Mawar

budidaya bunga mawar
pexels.com

Tanaman bunga mawar dikelompokan kedalam tiga kelomok besar, yaitu:

  1. Mawar Liar
  2. Old Garden Rose
  3. Climbing Roses
  4. Shrub Roses
  5. Modern Gorden Roses
  6. Buck Roses
  7. English Roses
  8. Miniature Roses

Cara Budidaya Bunga Mawar

cara budidaya bunga mawar
www.hotelroomsearch.net

Untuk kamu yang ingin membudidayakan bunga mawar, kamu terlebih dahulu harus mengetahu langkah-langkah yang benar untuk membudidayakan bunga ini supaya menghasilkman bunga yang sehat dan bagus. Berikut langkah atau tahapan dalam budidaya bunga mawar:

[su_note note_color=”#A3B808″ text_color=”#ffffff”]Waktu yang bagus untuk menanam bunga mawar adalah ketika masuk awal musin penghujan. Apabila mempunyai tanah subur dengan ari yang memadat, penanaman bisa kapan sajat.Siapkan bibit bunga mawar yang bagus dan sehat. Selain dengan cara menanam bibit, bisa juga dengan cara stek batang , cangkok, dan okulasi. Kemudian persiapkan lahan untuk menanamnya. Di lahan yang sudha disiapkan , buat lubang tanam yang jaraknya 60 cm2 sampai 70 cm2, tergantung dari jenis mawar dan kesburan tanah.[/su_note]

[su_note note_color=”#A3B808″ text_color=”#ffffff”]Buatlah lubang dengan keliling 45 cm usahakan bentuknya silindris. Kedalaman tanahnya sekitar 45 cm, sebab akar mawar tidak akan tumbuh terlalu dalam. Untuk peletakannya sebisa mungkin kedudukan di percabangan utamanya mempunyai letak yang sejajar dengan permukaan tanah.[/su_note]

[su_note note_color=”#A3B808″ text_color=”#ffffff”]Kemudian, sesudah bibit dimasukkan ke lubang, timbun dengan memakai tanah permukaan yang dicampur dengan bahan organik seperti kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, dan lainnya. Dengan perbandingan 4 tanah permukaan dan 1 bahan-bahan organik.[/su_note]

Cara di atas adalah cara penanaman untuk bibit mawar cabutan. Sedangkan untuk biit mawar di polybag mempunyai cara yang beda. Bibit dipindahkan ke lubang tanam bersamaan dengan polybagnya. Berikut ini tahapannya:

[su_note note_color=”#B9D7A1″ text_color=”#ffffff”]Siram polybag bibit bunga mawar sampai basah. Balikan polybag sembari ditekuk-tekuk di dasarnya sampai bibit mawar  bersamaan tanah dan akarnya keluar dari polybag. Bisa juga dengan cara merobek polybagnya jika polybagnya ukurannya besar. Selanjutnya tanam bibitnya ke lubang tanam yang sudah dipersiapkan. Lalu timbun dengan tanah sampai penuh dan dipadatkan dengan perlahan. Kemudian, siram tanah di sekeliling bibit yang sampai cukup basah.[/su_note]

Gambar Bunga Mawar Lengkap Dengan Jenis-jenisnya

Gambar Bunga Mawar Lengkap Dengan Jenis-jenisnya

Bunga mawar adalah salah satu jenis bunga yang biasa dipakai untuk lambang romantisme, atau melambangkan ungkapan rasa kasih sayang kepada seseorang. Banyak sekali beragam bunga mawar yang ada di dunia. Warna-warna indah dari bunga mawar menjadikan bunga ini banyak digemari oleh orang-orang di dunia.

Ciri-ciri bunga mawar umumnya bisa dilihat dari bentuk bunga yang punya mahkota dengan jumlah 5 helai dengan ragam warna. Bunga mawar memiliki batang yang berduri dan permukaan batangnya licin.

Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya

Banyak sekali jenis-jenis mawar yang ada di dunia. Warna-warna dari bunga mawar juga sangat beragam. Setiap warna dari bunga mawar ternyata mempunyai artinya tersendiri. Berikut ini arti bunga mawar berdasarkan warana bunganya.

Bunga Mawar Merah

Bunga Mawar Merah
www.publicdomainpictures.net

Arti bunga mawar merah menunjukkan ungkapan rasa cinta sejati, kesucian, kemurnian hati, dan keanggunan. Apabila bunga di dikasih kepada seseorang yang kita cintai, maka dia akan yakin bahwasannya dia memang mecintai dirinya. Tapi apabila arti dari warna bunganya saja, warna ini menunjukkan rasa cinta yang  besar kepada seseorang.

Bunga Mawar Kuning

Bunga Mawar Kuning
yesofcorsa.com

Bunga dengan warna kuning menunjukkan rasa solidaritas yang tinggi, kekeluargaan, ceria, dan gembira. Bunga mawar dengan warna kuning cocok untuk dijadikan hadiah kejutan unutk teman, sahabat, atau keluarga yang sangat kita cintai.

Bunga Mawar Merah Mudah

Bunga Mawar Merah Mudah
www.mzephotos.com

Bunga mawar merah muda menunjukkan kebahagiaan, rasa hormat, lembut, dan pujian kepada orang yang diberikan bunga ini. Aoabila warna pink atau merah mudai ini bisa diartikan dengan uangkapan kekaguman, disamping itu warna pink atau merah muda yang lebih tua diartikan dengan rasa berterima kasih kepada seseorang.

Bunga Mawar Putih

Bunga Mawar Putih
www.virginfarms.com/

Warna putih pada bunga mawar menunjukkan rasa cinta sejati, suci, kemurnian hati, dan anggun. Bunga mawar putih ini cocok diberi kepada sahabat karena warna putih ini melambangkan persahabatan sejati.

Bunga Mawar Orange

Bunga Mawar Orange
pinterest.com

Bunga mawar orange mempunyai arti semangat. Hal ini bisa memiliki arti bahwasannya seseorang yang memberikan bunga ini sanagt mengetahu karaktersitik dari orang yang diberi bunga.

Bunga Mawar Hitam

Bunga Mawar Hitam
deviantart.net

Warna hitam memiliki arti berkabung dan kematian. Ini menjadi alasan kenapa ini ada dalam proses pemakaman untuk menunjukan kehilangan orang yang dicintai. Di dalam hal ini, mawar hitam merupakan sebuah simbol perpisahan dan kesedihan. Tapi, ini tidak hanya satu-satunya arti dari bunga mawar hitam ini. Mawar ini memiliki makna lain dimana makna dari mawar hitam ini adalah kecanggihan, keanggunan, awal baru. Kesimpulannya mawar hitam memiliki arti berbeda, tergantung dari persepsi setiap orang.

Bunga Mawar Biru

Bunga Mawar Biru
wallpapersdsc.net

Mawar biru adalah mawar yang unik. Disamping itu, warna biru mempunyai arti sempurna dari satu pesona yang bisa diartikan kekaguman. Bunga mawar warna biru bisa diperoleh untuk alat mengekspresikan rasa cinta pada pandangan pertama.

 Bunga Mawar Hijau

Bunga Mawar Hijau
www.hdwallpaper.nu

Bunga mawar hijau mempunyai arti kesuburan, harmonis, dan sejahtera. Warna hijau adalah sebuah tanda perdamaian dan ketenangan. Bunga mawar dengan warna hijau juga diartikan harapan unutk menjadikan kehidupan baru lebih baik lagi.

Mawar bisa tumbuh dengan baik di iklim sedang. Meskipun begitu, ada beberapa hasil silang yang bisa bertumbuh di daerah dengan iklim sub tropis. Berikut ini jenis-jenis dari bunga mawar:

Bunga Mawar Jenis Wild Roses

Bunga Mawar Wild Roses
www.proflowers.com

Seperti namanya dalam bahasa Inggris yaitu wild, maka bunga mawar jenis Wild Rose adalah mawar dengan cara pertumbuhannya secara liar. Bentuknya yang simpel sudah banyak diketahui sejak lama oleh manusia di dunia.

Bunga Mawar Old Garden Roses

Bunga Mawar Old Garden Roses
www.heirloomroses.com

Bunga mawar Old Garden Roses adalah mawar yang bisa dibilang unik dan baunya harum. Mawar ini adalah hasil persilangan yang sebelum dikenalkannya Hybird Tea di tahun 1867. Mawar Old Gaden Roses memiliki beberapa jenis sesuai dengan urutan umurnya.

Mawar Alba

Bunga Mawar Alba
hedgerowrose.com

Alba merupakan jenis mawar Old Gardenertua yang berwarna putih. Mawar jenis ini merupakan mawar persilangan dari hasil persilangan antara mawar jenis Rosa Arvensis dan Rosa alba. Bunga mawar Alba dimana bunga ini hanya berbunga satu tahun hanya sekali ini pertamanya dibawa ke Inggris oleh bangsa Romawi kuno.

Mawar Galica

Mawar Galica
davidaustinroses.co.uk

Galica merupakan hasil persilangan dari mawar Rosa Gallica yang permulaannya dari Eropa dibagian selatan dan tengah. Seperti layaknya alba, galica ini hanya berbunga satu tahun satu kali, biasanya berbunga ketika waktu musim panas.

Mawar Damask

Mawar Damask
iandebeauty.com

Damask adalah jenis mawar dari Persia dibawa oleh Robert de Brie ke Eropa sekitar tahun 1254 dan pada tahun 1276. Ada beberapa perkembangan dari bunga Damask diantaranya adalah Summer Damask, yakni hasil persalingan antara bunga mawar Rosa phoenicea dengan mawar Gallica, dan mawar Autumn Damasks, yakni hasil persilangan antara mawar Rosa moschata dan mawar Galica.

Mawar Centifolia atau Provence

Mawar Centifolia atau Provence
leesscience.wordpress.com

Mawar Centifolia ini lebih dikenal dengan nama Provence. Mawar Provence adalah mawar yang mempunyai pengertian “seribu daun mahkota”. Mawar ini hanya berbunga satu kali dalam setahunnya yang umumnya sebagai hasil dari pemuliaan di abad ke 17 di Belanda.

Mawar Moss

Mawar Moss
worldofsucculents.com

Mawar moss adalah mawar yang berkerabat dekat dengan Centifolia. Penampilan mawar Moss ini pada daun kelopak dan batangnya seperti ditumbuhi dengan lumut hijau.  Mawar Moss berbunga seperti Centifolia yaitu hanya berbunga satu tahun sekali saja.

Mawar China

Mawar China
keywordsuggests.com

Mawar China ada perbedaan dari mawar pada umumnya, mawar China adalah mawar yang bisa berbunga beberapa kali di sepanjang pada musim panas sampai akhir di musim gugur. Mawar China mempunyai empat jenis yaitu PErson Pink China 1793, Slater’s Crimson China 1792, Parks Yellow Tea Scented China 1824, dan Hume’s Blus China 1809. Mawar ini pertama kalinya dibawa ke Eropa di akhir abada 18 dan 19. Dikarenakan mempunyai kelebihan bisa berbunga berkali-kali, maka jenis dari bunga ini dimuliakan menjadi mawar Old Garden.

The Portland Rose

Bunga Mawar The Portland Rose
dennis7deesblog.wordpress.com

Nama dari mawar ini disematkan kepada Duke of Portland sebagai tanda mengenang karena dialah orang yang pertama kali menerima mawar jenis ini dari Negara Italia pada tahun 1800. Sampai-sampai dikategorikan menjadi nenek moyangnya mawar Portland.

Mawar Bourbon

Mawar Bourbon
wikimedia.org

Mawar jenis bourbon merupakan jenis mawar yang pada awalnya diketahui di Pranci tahun 1823 di daerah Ile de Bourbon. Ile de Bourbon ini adalah daerah koloni Prancis di sekitar Laut Hindia yang saat ini disebut dengan Reunion. Mawar ini persilangan antara mawar Old Blush China dan Autumn Damask.

Mawar Hybrid Perpetual

Mawar Hybrid Perpetual
flicker.com

Mawar jenis Hybird Perpetul adalah bunga mawar dari keturunan Bourbon yang bisa dijumpai dengan mudah di Inggris  di zaman Victoria. Bunga jenis ini bisa berbunga berkali-kali setiap tahunnya.

Gambar Bunga Mawar Tea

Gambar Bunga Mawar Tea
jacksonandperkin.com

Mawar Tea merupakan persilangan dari Parks Yellow Tea Scented China atau Hume’s Blush China dengan jenis dari Noisette dan Bourbon. Dalam bunga ini sepertinya ada gen Bourbon, sebab bisa berbunga berkali-kali meskipun baunya tidak harum layaknya teh.

Mawar Bermuda Mysterious Roses

Mawar Bermuda Mysterious Roses
www.dailyherald.com

Mawar Bermuda Mysterious Roses merupakan dari kelompok mawal yang berasal dari Bermuda dan dibudidayakan di sana, bahakan lebih dari 1 abad pembudidayaannya. Mawar jenis ini mempunyai nilai ekonomi yang lumayan tinggi sebab mawar Bermuda bisa ditanam di daerah yang semi tropis dan tropis yang menjadikan bunga ini bisa berbunga dan bertahan dalam cuaca yang panas atau lembab. Bunga mawar ini dinamai dengan mawar misterius disebabkan karena aslinya tidak diketahui dan hanya diberi nama dari nama yang punya taman.

Climbing Roses

Bunga Mawar Climbing Roses
pinterest.com

Climbing yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia memanjat. Maka mawar ini merupakan jenis kelompok mawar yang tumbuhnya merambat di bangunan atau pagar. Jenis dari climbing rose dianratanya: Ayrshire, Climbing China, Sempervirens, Boursault, Laevigate, Climbing Bourbon, dan Climbing Tea.

Shrub Roses

Gambar Bunga Mawar Shrub Roses
deborahsilver.com

Seperti mawar climibng rose, Mawar jenis Shrub Rose masuk dalam jenis semak yang pertumbuhannya semi memanjat.

Modern Garden Rose

Gambarr mawar modern garden rose
passionfruitgarden.com

Mawar Garden Roses merupakan mawar yang termasuk dalam jenis semak tapi modern, mawar ini masih keturunan dari Old Garden yang bentuknya beragam. Bunganya beragam, ada yang kecil dan ada juga yang besar. Dari banyak varian mawar Modern Garden Rose berdasarkan ukuran dan ciri khas bunganya, maka mawar ini yang bisa berbunga berkali-kali ini digolongkan dalan dua kelompok lagi:

Mawar Hybrid Tea

Mawar Hybrid Tea
jacksonandperkins.com

Mawar ini merupakan jenis mawar yang sangat produktif dan bagus untuk dijadikan bunga potong. Sebab dalam satu batang bisa memproduksi 5 hingga 6 bunga dengan ukuran yang besar. Mawar Hybird Tea biasanya disematkan di jas ketika acara pernikahan.

Mawar Floribunda

Mawar Floribunda
jacksonandperkins.com

Mawar jenis ini merupakan mawar dengan bunga yang kecil, tapi di dalam satu batang bisa menumbuhkan sampai 10 bunga dan bahkan bisa lebih. Mawar ini bagus untuk dibudidayakan untuk taman di ruangan yang terbuka sebab tanamannya yang rimbun dab bunganya juga mencolok dari jauh.

Buck Roses

Buck Roses
kansasgardenmusing.blogspot.com

Nama dari mawar ini berasal dari seorang Professor yang bernama Griffith Buck dari Iowa University. Professor ini sangat ahli dalam bidang hortikulturra, dan sukses memuliakan lebih 90 varietas bunga mawar. Bunga mawar ini bisa bertahan terhadap penyakit dan musim dingin.

English Roses

English Roses
usao.edu

English Roses adalah mawar dengan baunya yang harum dan bisa berbunga berkali-kali dalam satu tahun. Bunga ini hasil dari hibrida antara mawar modern dan Old Garden.

Miniature Roses

Miniature Roses
wikimedia.org

Miniature Roses merupakan mawar yang mempunyai ukuran yang kecil dengan diameter hanya 2 sampai 5 cm saja, tapi bungan ini bisa berbunga berkali-kali.

Itulah beberpa gambar bunga mawar bersaerta jenis-jenisnya. Masih banyak sebenarnya varian dari  bunga mawar yang lainnya. Semoga kita bisa paham mana bunga mawar yang bagus untuk di taman, mana yang untuk dijadikan hadiah, dan yang bisa dipakai untuk dekorasi di ruangan.

Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula Terlengkap

Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula Terlengkap

Ternak Kelinci – Masyarakat yang berada disekitar kita belum banyak yang dapat membudidayakan kelinci dengan baik. Hal ini disebabkan oleh karena pengalaman dan pengetahuan tentang budidaya kelinci belum dimiliki oleh sebagian masyarakat. Sehingga usaha dalam budidaya kelinci yang baik masih kurang di masyarakat kita.

Budidaya yang sering kita jumpai, biasanya pada masyarakat pinggir pantai, pedesaan, pinggir danau dan lain sebagainya. Budidaya yang sering dikembangkan seperti budidaya udang windu, budidaya ikan bandeng, maupun budidaya ikan-ikan yang lainnya.

Contohnya pada masyarakat di pinggir danau, dimana masyarakat pinggir danau dapat mengembangkan budidaya ikan air tawar. Seperti contohnya budidaya ikan lele, budidaya ikan mujahir, budidaya ikan emas dan lain sebagainya.

Budidaya kelinci ini merupakan pilihan yang lain untuk menambah penghasilan maupun dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Budidaya kelinci pada dasarnya tidak terlalu sulit, namun pembudidaya sebaiknya dapat mengetahui jenis-jenis kelinci yang cocok dan dapat dibudidayakan serta dapat hidup di wilayah lndonesia ini.

Kelinci sebenarnya merupakan hewan yang dapat hidup dengan mudah di wilayah kita. Hewan ini mempunyai tingkat hidup yang sanggat tinggi dan dapat berkembang biak dengan baik dan cepat. Kelinci dapat digunakan sebagai binatang peliharaan, karena hewan ini mempunyai tingkah laku yang lucu, serta manusia menyukai binatang ini akan rambut-rambutnya yang lembut.

Mengingat kegemaran kita akan kelinci, alangkah baiknya jika kita lapat membudidayakan dan mengembang biakan, sehingga binatang ini lapat berkembang biak dengan baik dan menjadi hiburan tersendiri serta kan menambah penghasilan sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Membudidayakan kelinci mempunyai beberapa manfaat, yaitu:

  1. Mendapatkan hasil dari budidaya.
  2. Mendapatkan daging, karena dagingnya dapat dikonsumsi serta rasanya yang lezat.
  3. Melestarikan binatang itu agar tidak punah.

Budidaya

ternak kelinci
ayselaver.blogspot.com

Budidaya adalah suatu perlakuan kita untuk mendapatkan manfaat dari hasil tindakan itu. Tindakan ini kita lakukan dalam pemeliharaan, dan kita dapat mengembangkan sehingga dapat memperoleh hasil yang baik.
Tindakan budidaya dapat kita lakukan dengan cara memelihara kelinci atau dengan kata lain membudidayakan.

Kelinci dapat berkembangbiak secara alami, artinya tidak adanya campur tangan manusia. Hasil perkembang biakan secara alami ini kemungkinan sebagian besar anakanaknya tidak bisa hidup sampai dewasa. Dengan alasan anak-anaknya bisa dimakan binatang lain maupun diburu oleh manusia.

Binatang pemangsa yang suka binatang kecil seperti kelinci adalah binatang pemakan daging contohnya ular, elang, harimau, singa dan lain sebagainya sangat suka sekali dengan kelinci. Sehingga anak-anak kelinci sebagian besar tidak bisa hidup sampai dewasa.

Apabila perkembangan secara alami ini tidak diperhatikan oleh manusia, atau tidak adanya campur tangan manusia, maka populasi kelinci semakin berkurang. Bila populasi tiap tahunnya berkurang ini dimungkinkan perkembangan populasi kelinci beberapa tahun mendatang akan punah.

Budidaya kelinci di sini, ditekankan pada pemeliharaan dengan memberikan kandang yang cukup nyaman, sehingga binatang itu tidak bisa keluar dari kandang dan tidak dapat dimangsa oleh binatang lain maupun diburu oleh manusia. Hal ini akan menekan tingkat kepunahan populasi kelinci, sehingga binatang ini akan berkembang biak dengan baik.

Pembudidaya kelinci tentunya tahu tentang kelinci yang dapat dikembang biakan dengan baik dan aman sehingga, kelinci itu dapat bertambah banyak jumlahnya. Dan perkembang biakan itu dapat dimanfaatkan oleh pembudidaya khususnya untuk memenuhi keperluhan hidupnya, dan memenuhi konsumen akan kebutuhan daging pada umumnya.

Kelinci

budidaya kelinci
www.newyorker.com

Kelinci (Lepus cuniculus) binatang ini asalnya dari Spanyol. Di Indonesia merupakan binatang piaraan. Kelinci mampu berkembang biak dengan cepat dan dalam jumlah besar. Di Australia hewan ini merupakan binatang hama (pengganggu), di samping itu juga binatang ini pandai memanjat serta merusak pohon-pohon.

Kelinci di Indonesia kita jumpai di Hutan Jawa atau yang disebut kelinci hutan Jawa (Lepus nigricollis). Jenis ini berasal dari India, panjang badannya termasuk kepala kurang lebih 50 cm, ekor 5-8 cm, telinga 10-12 cm berat kurang lebih 4 kg. Sedangkan bagian atas tubuhnya berwama coklat perunggu.

Kelinci juga sering dijumpai di wilayah Sumatra disebut kelinci Sumatra (Nesolagus netcheri). Jenis kelinci ini yang hanya terdapat di hutan-hutan sepanjang Bukit Barisan, Sumatra. Ukurannya lebih kecil daripada kelinci biasa. Makanannya berupa daun-daun besar. Kelinci ini hidup  600 – 1500 m dari permukaan laut.

Kelinci adalah jenis binatang pemakan tumbuhan (Herbivora), dan mempunyai sepasang kaki belakang yang lebih panjang daripada kaki depan. Telinganya tegak dan panjang serta besar tubuhnya kurang lebih hampir sama dengan binatang kucing.

Kelinci ini sering kita jumpai di daerah-daerah. Rambutnya yang lembut dapat menjadikan daya tarik tersendiri, serta warna rambutnya yang bervariasi seperti warna putih, hitam, coklat dan sebagainya.

Kelinci adalah binatang darat yang senang berada di semak-semak dalam mencari makanan. Jalannya meloncat-loncat akan tetapi bila binatang ini lari, larinya kencang sekali. Bila ada binatang yang mengejarnya kelinci ini akan lari dengan kencangnya, dan dapat menyelinap di semaksemak Kegesitan kelinci ini pasti dapat dikejar oleh binatang pemangsa.

Warna rambut kelinci yang sering kita jumpai di wilayah kita ada yang berwarna putih, hitam, coklat dan sebagainya. Warna rambut-rambut tergantung dari jenis kelinci. Beragam warna rambutnya itu menandakan banyak ragam jenis kelinci yang dapat hidup di wilayah kita. Jenis-jenis kelinci itu dapat kita bedakan dari bentuk tubuh serta besar kecil dari kelinci itu.

Kelinci mempunyai tingkah laku yang khas. Kelinci bisa bersahabat dengan manusia, asalkan manusia dapat memperhatikan dan memberikan kenyamanan bagi binatang itu.

Populasi kelinci pada saat ini sangat menurun. lndikatornya adalah pada daerah-daerah tidak banyak yang membudidayakan atau jarang sekali kita jumpai kelinci. Hal ini dapat dibuktikan dengan:

1. Hampir pada masing-masing rumah belum pernah membudidayakan.

2. Hanya pada masyarakat tertentu yang telah membudidayakan kelinci itu.

3. Jarang kita lihat yang membudidayakan binatang ini.

Jenis-jenis Kelinci di Indonesia

jenis kelinci
tamuk.edu

Jenis-jenis kelinci di sini adalah merupakan keanekaragaman kelinci yang ada, dan yang dapat hidup di wilayah kita. Jenis kelinci yang dapat hidup dan dapat dibudidayakan adalah jenis kelinci yang baik. Dalam kesempatan ini dibicarakan tentang macam-macam jenis binatang kelinci. Jika kita mengetahui tentang jenis kelinci dengan baik, maka kita tidak akan salah memilih jenis kelinci yang baik, bila nanti akan membudidayakan kelinci ini.

Kelinci yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Memiliki badan yang lebar besar.
2. Tahan dari berbagai penyakit.
3. Cepat berkembang biak.

Untuk dapat mengetahui jenis kelinci yang baik., kita perlu memperhatikan kelinci itu secara seksama, agar nantinya tidak keliru memilih macam jenis hewan itu dan nantinya akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebaliknya bila kita memilih kurang pas nantinya akan mengalami kerugian. Sebelum kita membudidayakan kelinci tentunya kita berharap untuk mendapatkan hasil yang baik. Harapan kerugian tentunya tidak ada di dalam benak pembudidaya.

Berikut  macam-macam atau jenis kelinci yang ada di Indonesia:

Kelinci American

kelinci american
www.adoptarabbit.com

Ciri-ciri dari jenis kelinci ini adalah sebagai berikut:

Rambutnya : Lembut dan halus

Warna rambut : Biru setangah keputih-putihan dan sebagian ada yang abu-abu.

Mata : Lebar

Mulut : Moncong setengah bunder

Berat : Kurang lebih beratnya 4 Kg hingga 5 Kg

Kelinci American Silver Fox

Kelinci American Silver Fox
emancipationacres.com

Jenis kelinci ini bisa juga hidupa di Indonesia. Berikut ciri-ciri kelinci American Silver Fox :

Rambutnya : Lembut dan halus

Warna rambut : Biru setangah putih

Mata :  Lebar

Telinga : Panjang tegak ke atas

Mulut : Lebar

Berat : Kurang lebih 5 Kg hingga 8 Kg

Kelinci Anggora

Kelinci jenis Anggora sering kita jumpai di Indonesia. Jenis kelinci ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Rambutnya : Indah lembut dan lebat

Warna rambut : Bermacam-macam ada yang putih, hitam, abu-abu dan lainnya.

Mata : Lebar

Mulut : Besar

Berat : Sekitar 6 Kg hingga 8 Kg

Kelinci  Blauw Winder

Kelinci Blauw Winder
www.bluecross.org.uk

Jenis kelinci Blauw Winder bisa hidup di Indonesia, dan kelinci ini memiliki ciri sebagai berikut:

Rambutnya : Indah dan lebat

Warna rambut : Putih kebiru-biruan

Mata : Lebar dan besar

Berat : Kurang lebih 6 Kg

Kelinci Vlaanse Reus

Kelinci jenis Vlaanse Reus mudah kita jumpai di Indonesia, sebab kelinci ini bisa hidup dengan mudah. Ciri-cirinya sebagai berikut:

Rambutnya : Lembut dan indah

Warna rambut : Beranekaragam, ada yang putih, abu-abu, hitam dan warna lainnya

Mata : Lebar besar kemerah-merahan

Berat : Kurang lebih 6 Kg hingga 8 Kg

Kelinci New Zealand

Kelinci New Zealand
pinterest.com

Jenis kelinci New Zealand bisa hidup di wilayah kita. Jenis kelinci ini relatif kecil dibandingkan dengan kelinci yang lainnya. Ciri-cirinya sebagai berikut:

Rambutnya : Lembut dan indah

Warna rambut : Bervariasi

Sifat : Mudah berkembang biak

Berat : Sekitar 2 Kg sampai 3 Kg saja

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis kelinci yang ada di dunia selain dari jenis kelinci yang ada di atas, tapi jenis itu belum ada di daerah Indonesia. Hal ini disebabkan populasi jenis yang lain sudah pundah atau belum mengalami migrasi ke tempat kita. Sehingga keturunannya belum ada di wilayah Indonesia, atau belum ada orang yang membawanya masuk ke wilayah kita.

Berbagai macam jenis kelinci ini ada yang hidup bebas dan ada juga yang hidup sebagai binatang peliharaan. Yang hidup bebas biasanya hidup di hutan atau daerah semak-semak yang banyak rumput pada dataran tinggi. Perkembang biakan secara alami perkembangannya selalu menurun sebab akibat dari ulah manusia atau diburu oleh binatang pemakan daging (karnovora).

Manusia memburu binatang ini untuk dijadikan bahan makanan, sebab akam dagingnya yang enak. Daging kelinci bisa dibuat menjadi sate, gule, dan lainnya sesuai dengan selera kita. Usaha dalam melestarikan kelinci akan dapat meningkatkan kebutuhan akan daging, kita bisa membudidayakan dengan tepat dan cepat untuk meningkatkan produktivitas binatang tersebut.