Tips Menulis Blog Post yang Viral

Tips Menulis Blog Post yang Viral

Menulis itu mudah, yang sukar adalah membuatnya dibaca. Dan yang lebih sukar lagi adalah membuatnya viral. Setiap hari kita digelontor oleh ribuan tulisan, setiap ide keren seakan telah dituliskan. Walau begitu, tetap Ada celah bagi Anda untuk membuat blog yang viral. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membuat tulisan Anda stand out dan menjadi buruan setiap netizen. Zaman sekarang cara membuat blog mudah sekali banyak situs-situs yang membahas tentang masalah ini. Langsung saja berikut tips nya.

1. Lihat Apa yang Ditulis Kompetitor

Anda mungkin mendapat ide tulisan yang keren. Mau menuliskannya? Cek dulu tulisan yang seide dengan Anda secara Online. Kalau Ada, Anda bisa membuat riset lebih lanjut terkait ide yang Anda miliki. Kalau tidak ada, Anda telah mendapat bahan tulisan yang hebat. Ada beberapa situs yang bisa Anda membantu Anda mengintip ide-ide telah berseliweran di Internet, seperti Google Trends atau Buzzsumo.

2. Main secara Detil

Jika Anda ingin postingan blog yang stand out, tulis secara detil. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu menambahkan gambar-gambar (Anda akan mendapat tanggapan 39% lebih besar daripada tulisan saja. Tulisan Anda juga 94% akan lebih mungkin dilihat), sumber-sumber tulisan yang valid, atau Anda juga bisa menambahkan statistik yang bisa menambah kredibilitas tulisan Anda. Oleh karena itu, tulis postingan Anda secara detil, lengkap dengan gambar dan data penunjang lainnya. Untuk gambar berkualitas dan gratis, situs-situs Pixabay, Compfight, and AllTheFreeStock bisa Anda pertimbangkan.

3. So, Apa yang ingin Anda cari solusinya?

Artikel yang viral umumnya berasal dari pertanyaan sendiri (dan diam-diam ditanyakan orang lain) yang tidak terjawab –walau Anda telah browsing sekian lama. Jika Anda mendapatkan solusi jawabannya, maka Anda telah mendapatkan sebuah calon tulisan yang viral. Sumber dari ide pertanyaan itu bisa dari diri Anda sendiri, atau bisa pula dari berbagai sumber, misalkan Quora, Kaskus, atau juga forum-forum diskusi lainnya yang mengajak para penggunanya mengajukan pertanyaan dan berdiskusi.

4. Berbagi Pengalaman

Misalkan Anda seorang blogger lokal pendulang dollar, taka da yang lebih ditunggu para penikmat blog Anda selain saat Anda berbagi pengalaman menggapai pundi-pundi dollar tersebut. Pengalaman merupakan sangat powerful sebagai sumber tulisan viral Anda. Orisinalitasnya pun tak akan bisa dipertanyakan lagi. Pengalaman sukses yang dituliskan selalu mengundang pembaca, dan Anda pun bisa mendapat kepuasan psikologis berlipat karenanya.

5. Cari Ide yang Spesifik

Anda mungkin mendapat ide menulis tentang “Penemuan-penemuan Misterius Masa Lampau.” Mungkin cukup mengundang penasaran, namun tidak cukup menumbuhkan rasa penasaran. Oleh karena itu, be spesific. Anda bisa menggali ide tersebut hingga menjadi ide yang benar-benar orisinal. So, mungkin kemudian Anda akan menemukan judul-judul seperti “7 Penemuan Modern dari Jaman Purba,” “10 Teknologi Modern dari Masa Purba,” dan lain sebagainya. Semakin spesifik ide, Anda, maka kemungkinan viralnya pun akan semakin besar.

Tambahan: Joke

Tak ada asyiknya menulis blog dengan gaya sama saat menulis skripsi. Anda mungkin akan mendapatkan tulisan yang runtut, namun kering dan boring. Menulis blog yanga syik adalah seperti mengajak para penikmat seperti sedang mengobrol dengan Anda. Mereka akan asyik mengudap tulisan Anda, tanpa merasa digurui atau pun merasa terpaksa harus mengunyahnya sampai habis. Selain tulisan yang mengalir akrab, Anda bisa menambahinya dengan joke-joke keseharian, agar tulisan menjadi witty.

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat tulisan Anda selalu viral. Namun begitu, lima tips di atas (plus satu tips tambahan) adalah faktor-faktor mendasar yang mesti Anda pegang dan kuasai. Setelahnya Anda bisa siap bersaing dengan blogger lain dalam menampilkan post-post keren dan, tentu saja, viral.

Cari Hosting Murah Berkualitas? Niaga Hoster Aja!

Cari Hosting Murah Berkualitas? Niaga Hoster Aja!

Niagahoster termasuk pemain baru dalam ranah web hosting, berdiri pada 2013 silam. Walau begitu, kehadirannya telah menyita perhatian banyak IT engineers, web developers, serta para pemilik situs tanah air. Kalau diringkas, alasan dasarnya ada tiga: kinerja, harga, serta layanan pelanggan yang menawan. Sebagai web hoster, Niagahoster paham bahwa para pelanggan sangat ingin server yang cepat, reliabel, serta memiliki fitur hosting yang komplit dan mudah penanganannya. Lebih dari itu, web hoster juga diharapkan memiliki jalur feedback atau layanan pelanggan yang bagus. Untuk semua itu, Niagahoster sepertinya bisa memenuhi kriteria para pelanggan.

Keunggulan Niagahoster

Ada beberapa faktor yang membuat Niagahoster unggul dari para kompetitor tanah air atau asing. Untuk menjaga kepuasan pelanggan, Niagahoster menggunakan server terkini, berafiliasi dengan layanan hosting terkemuka dunia, serta menggunakan teknologi hosting tercanggih. Selain itu, Niagahoster memiliki server lokal yang sangat menguntungkan untuk situs-situs anak negeri –artinya, akses menjadi cepat dan layanan berbahasa Indonesia yang paripurna. Semua itu masih ditambah dengan domain gratis support pelanggan yang responsif, keamanan web terjamin, serta harga yang murah.

Spesifikasi Paket

Paket layanan Niagahoster fleksibel. Ada beberapa pilihan yang bisa dicoba: Paket Bayi, Paket Pelajar, Paket Personal, serta Paket Bisnis –tergantung pada kebutuhan. Misalkan Anda sedang membangun brand personal, Paket Personal bisa menjadi pilihan. Untuk pemula, bisa menggunakan Paket Bayi. Untuk pembayarannya juga fleksibel dan murah. Anda bisa membayar per 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, atau per 3 tahun dengan biaya rata-rata antara Rp 61.000 hingga Rp 114.000 per bulan (tergantung paket pembayaran).

Data Center

Niagahoster menggunakan spesifikasi server terkini (Prosesor 2x Quad-Core Intel(R) Xeon(R) E5-2609 @ 2.40GHz; Memory RAM 32GB;Kecepatan Jaringan 1Gbps; Disk Drive Setup RAID-10; Sistem Operasi CloudLinux terkini), dengan data center Green Data Center Tier-4 DCI Indonesia (tipe paling canggih dalam dekade ini), dan kerjasama dengan penyedia server kelas dunia, Equinix. Semua itu akan membuat situs para pelanggannya bisa dibuka secara cepat dan tangguh.

Jaminan Niagahoster

Selain memberi layanan server yang bagus dan hosting murah, layanan pelanggan serta support teknis yang handal, Niagahoster juga masih menambah jaminan kepuasan pada para pelanggannya: jaminan uang kembali. Pelanggan akan mendapat garansi 30 hari uang kembali. Jika dalam kurun waktu tersebut pelanggan merasa tidak puas dengan kinerja server Niagahoster, mereka bisa mendapatkan uang mereka kembali. Tentu saja fitur layanan ini sangat melegakan bagi para konsumen atau mereka yang berbisnis dan memerlukan kepastian kinerja layanan lengkap dengan jaminannya.

Support dari Niagahoster

Sejauh ini, Niagahoster memiliki server yang memiliki up-time (waktu online aktif tanpa down) hingga lebih dari 90%. Server Niagahooster membuat page loading time (waktu membuka situs) sangat cepat. Tentu saja ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi konsumen. Di samping itu, tim layanan pelanggan dan technical support selalu siap. Pelayanan mereka pun sangat cepat. Untuk pelanggan pemula, situs bisa langsung aktif tidak lebih setengah jam setelah order. Untuk pelanggan tetap, support teknis dan layanan pelanggan disediakan dalam 24 selama tujuh hari penuh.

Kesimpulan

Untuk Anda yang ingin membuat website secara mudah, Niagahoster bisa menjadi pilihan yang bagus. Kekuatan Niagaboster, seperti kualitas server yang bagus, Disk Space & Bandwidth Unlimited, uptime yang sangat tinggi, layanan konsumen dan dukungan teknis yang responsif, serta jaminan keamanan web tinggi, membuat perusahaan lokal ini menjadi penyedia layanan hosting yang semakin para praktisi dan pelaku bisnis Online umumnya. Bagi konsumen awal yang ingin beraktifitas di dunia maya pun, Niagahoster menyediakan layanan pembuatan web yang bisa Online secara instan dan sangat mudah setting-nya –bahkan oleh seorang pemula.

4 Tips Belanja Kosmetik Berkualitas Selama Harbolnas 2017 Bukalapak

4 Tips Belanja Kosmetik Berkualitas Selama Harbolnas 2017 Bukalapak

TES – Akan ada ribuan produk menarik untuk dibeli ketika promo harbolnas 2017 Bukalapak digelar maka cari tahu mana yang Anda butuhkan. Penting sekali bagi penikmat promo harbolnas untuk menyusun persiapan supaya tidak gagap dalam menentukan belanjaan. Supaya waktu belanja lebih efisien dan memperbesar peluang mendapatkan semuanya tanpa ada kemungkinan kehabisan. Akan lebih maksimal jika memilih produk populer dan terlaris, supaya bisa mendapatkan kepuasan maksimal.

Selama ini ada banyak produk populer yang menjadi incaran utama para penikmat belanja online harbolnas. Salah satunya adalah produk kosmetik, yang tentunya disukai oleh penikmat belanja dari kalangan perempuan. Bagi para pria pun bisa memanfaatkan harbolnas memberikan hadiah pada pasangan atau mungkin ibu dan saudara perempuan berupa kosmetik tersebut. Berhubung belanja dilakukan secara online melalui situs jual beli online terkemuka ini maka Anda tidak perlu malu belanja produk wanita.

Tips belanja kosmetik selama harbolnas di Bukalapak

harbolnas bukalapak

Karena harbolnas hanya diramaikan oleh pelaku bisnis niaga online, baik ecommerce maupun toko online mandiri. Maka Anda tidak bisa mendapatkan diskon harbolnas ketika belanja dengan sistem konvensional, maka harus belanja online pula. Memilih kosmetik saat belanja secara online tentu membutuhkan trik dan perhatian khusus agar tidak keliru memilih sekaligus mendapatkan yang kualitasnya maksimal. Jangan sampai ketika berencana menikmati harbolnas yang ada malah belanja kosmetik kadaluarsa.

Mengecek fisik kosmetik selama memanfaatkan promo harbolnas 2017 yang ada di Bukalapak tentu sulit karena belanja dilakukan secara online. Supaya pilihan yang diambil sudah benar maka perhatikan tips di bawah ini:

1. Memilih penjual kosmetik online terpercaya,

Harbolnas bisa memberikan Anda kemudahan belanja kosmetik dengan harga lebih miring, namun jangan sampai asal belanja. Salah-salah malah mendapatkan kosmetik yang kualitasnya jelek, maka kunjungi penjual online terpercaya. Bukalapak menyediakan penjual kosmetik yang cukup banyak dan sebagian besar diantaranya adalah penjual terpercaya, cukup cari yang reputasinya meyakinkan.

2. Meminta foto asli produk kosmetik yang diinginkan,

Kalau memang memungkinkan maka ada baiknya meminta foto asli atas produk kosmetik yang dijual oleh salah satu pelapak di situs Bukalapak. Sehingga bisa mengetahui tanggal kadaluarsa dan kondisi aslinya seperti apa, karena kalau foto sudah diedit dengan aplikasi di hp sekalipun cenderung mengalami perubahan. Maka mintalah foto asli, dan kalau sulit maka bisa mencari penjual kosmetik yang sesuai keinginan dimana menyediakan foto secara detail.

3. Utamakan kosmetik merek terkemuka,

Berhubung belanja online tidak membuat Anda bisa mengecek fisik kosmetik yang di order, maka jangan ambil resiko memilih merek abal-abal. Cari produk dari merek terkemuka karena memang kualitasnya lebih memuaskan. Kalau takut penjual hanya memajang foto asli namun produk yang dikirimkan adalah versi palsu, maka bisa kroscek testimoni yang didapatkan penjual tersebut. Belanja di Bukalapak memang memberi keamanan ekstra sebab bisa dengan mudah menemukan penjual best seller dan menerima banyak pujian dari pembeli.

4. Baiknya mencari harga yang wajar,

Kalau Anda tidak ingin tertipu belanja kosmetik yang mengecewakan selama harbolnas, maka usahakan cermat memperhatikan harga. Memang akan menarik kalau mendapatkan harga termurah namun kalau murahnya keterlaluan tentu patut dicurigai. Jangan terlalu murah juga jangan terlalu mahal, yang wajar saja supaya kualitas produk tidak mengecewakan. Maka cek harga kosmetik tersebut di toko dekat rumah supaya tidak tertipu harga berkedok promo harbolnas 2017 Bukalapak yang ternyata merupakan kosmetik kadaluarsa.

Mudahnya Membuat Schedule Post Menggunakan Viraltag

Mudahnya Membuat Schedule Post Menggunakan Viraltag

Untuk kamu yang berkecimpung di dunia social media marketing seperti facebook, instagram, twitter, pinterest, dan lainnya penting sekali untuk selalu membuat postingan baru supaya visibilitas akun sosial media kita selalu aktif untuk menambah follower. Untuk mengatasi itu semua kamu bisa mencoba dengan memakai tool viraltag.

Apa Itu Viraltag?

Viraltag adalah salah satu tool yang bisa dibilang lumayan bagus untuk mengelola akun sosial media, penjadwalan post tak terbatas, berkolaborasi dengan team, dan menganalisa performa dalam satu dashborad. Kamu juga bisa memanfaatkan tool ini untuk mendatangkan traffic dengan cepat ke websitemu, apalagi jika websitemu masih baru. Soalnya untuk bisa mendatangkan traffic setidaknya umur website kurang lebih 3-6 bulan. Oleh karena itu, kamu bisa memakai viraltag diawal pembuatan website agar bisa mendapatkan pengunjung dengan cepat.

Kelebihan Viraltag

Berikut ini beberapa keunggulan dengan menggunakan viraltag untuk keperluan sosial media punya kamu.

Menjadwal Konten

Dengan viraltag kamu bisa menjadwal konten atau pin yang akan kamu buat di waktu-waktu yang optimal untuk menerbitkannya.

Upload, Edit, dan Schedule Post dengan jumlah besar

Dengan menggunakan viraltag kamu bisa dengan mudah mengunggah dan menjadwalkan beberapa posting sekaligus, merencanakan selama satu minggu penuh atau bahkan sebulan penuh hanya dalam beberapa menit saja. Viraltag juga terhubung langsung ke akun Google Drive & Dropbox kamu untuk menarik konten secara massal.

Konten unik di setiap sosial media

Setiap paltform social media unik. Tidak ada lagi upload gambar dan caption yang sama ke semua jaringan sosial kamu. Mudah menyesuaikan pesan, dimensi gambar dan waktu posting untuk setiap platform sosial.

Berkolaborasi dengan tim

Tidak ada lagi perencanaan di excel sheet. Kolaborasi dan rencanakan marketing social media kamu bersama seluruh tim dalam kalender pemasaran secara bersamaan

Mengkur Performa Akun Sosial Media

Kamu bisa melihat performa setiap akun sosial media untuk meningkatkan efektifitas dan performa setiap akun sosial media yang kamu kelola.

Cara Mendaftar dan Menu-menu di Viraltag

Untuk daftar viraltag sangatlah mudah kamu langsung saja masuk ke situ viraltag.com. Kemudian isi alamat email kamu dan buat password. Selesai

daftar viraltag

Setelah berhasil daftar, nanti kamu ikutin saja langkah-langkahnya. Mulai dari setting timezone sampai mengaitkan akun sosial mediamu dengan viraltag.

Berikut ini menu-menu yang ada di viraltag:

Home

penjadwalan viraltag

Di menu home terdapat menu-menu lagi seperti:

Schedule Post: Untuk melihat daftar postingan yang telah kita jadwal.

Draft: Melihat draft yang pernah kita baut.

Recent Post: Melihat postingan yang pernah kita publikasi.

Evergreen Content: Melihat daftar postingan yang kita buat evergreen.

Explore

pencarian populer viraltag

Menu explore merupakan menu yang bisa kita manfaatkan untuk mencari gambar-gambar populer yang ada di pintereset. Jadi kamu tidak usah repot-repot lagi mencari gambar unutk konten akun sosial media yang kamu punya.

Circles

circles viraltag

Viraltag circles adalah salah satu fitur yang ada di viraltag yang berguna untuk kamu berkolaborasi dengan teman dan tim kamu. Kamu bisa saling berbagi konten untuk meningkatkan pengikut di akun sosial media. Pada intinya fitur circles ini berguna untuk membantu kamu berkolaborasi dengan teman agar sosial media yang kamu miliki terus bertumbuh.

Reports

reports viraltag

Menu report atau laporan adalah menu yang berguna untuk melihat analisis performa akun sosial media. Kamu bisa menautkan dengan google analytics. Di sana juga ada laporan performa akun pinterest. Dan yang paling menarik kamu bisa menganalisa waktu yang bagus untuk menerbitkan postingan ke akun sosial media milikmu.

Itulah beberapa hal tentang viraltag. Semoga bermanfaat.

Mengenal Bahasa Palembang, Bahasanya Wong Kito Galo

Mengenal Bahasa Palembang, Bahasanya Wong Kito Galo

Bahasa merupakan sebuah cara untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Bahasa sendiri memang terbentuk berdasarkan wilayah dan nenek moyang yang menurunkannya, uniknya di Indonesia tidak hanya terdapat satu atau dua bahasa daerah melainkan ribuan bahasa daerah.

Untuk itulah, masyarakat harus tahu tentang bahasa Indonesia yang menjadi bahasa ibu untuk berkomunikasi dengan sesama masyarakat yang masih berwarga Negara Indonesia meskipun tinggal di luar daerah mereka.
Salah satunya adalah bahasa Palembang, bahasa ini sesuai namanya yang berasal dari kota Palembang provinsi Sumatera Selatan. Dimana bahasa Palembang mungkin terdengar mirip dengan bahasa daerah lain seperti melayu di Padang, atau di Lampung atau mungkin di Riau. Infomasi apa yang bisa kita gali dari bahasa Palembang ?

Bahasa Palembang Asli

Bahasa Palembang

Bahasa Palembang merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat di Palembang dengan jumlah penutur asli yang diperkirakan sekitar 500ribu orang. Hampir sebagian besar masyarakat di Palembang masih menggunakan bahasa Palembang asli terutama yang tinggal di pedesaan dan jauh dari kegiatan yang mengharuskan menggunakan bahasa universal seperti layaknya di perkotaan.

Bahasa Palembang terbagi menjadi dua tingkatan yakni bahasa Palembang Alus atau biasa disebut Bebaso atau bahasa Palembang Sari-Sari. Bahasa Palembang Alus biasa digunakan untuk berbicara dengan orang tua, orang yang dihormati dan pemuka agama setempat. Bahasa ini memiliki kemiripan dengan bahasa Jawa, karena adanya hubungan Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam dengan Kerajaan di Pulau Jawa.

Sedangkan bahasa Palembang Sari-Sari atau bahasa sehari-hari merupakan bahasa yang dalam praktiknya dicampur, antara bahasa Indonesia dengan bahasa Melayu Palembang. Sehingga penggunaan bahasa Palembang menjadi suatu seni tersendiri dan menambah keanekaragaman Indonesia.

Kemiripan Bahasa

Pada dasarnya bahasa Palembang memiliki kemiripan dengan bahasa yang berasal dari daerah lain. Baik daerah yang jauh, maupun daerah sekitarnya. Selain mirip dengan bahasa Jawa, seringkali bahasa Palembang merupakan akhiran kata “a” menjadi kata “o”. Hal ini dilakukan juga oleh bahasa daerah Provinsi Jambi maupun Bengkulu. Meskipun mirip, namun tidak berlaku hukum sebaliknya. Baik Jambi maupun Bengkulu, kedua daerah tersebut tidak menggunakan bahasa Palembang Asli untuk kesehariannya.

Bahasa yang Diperkaya

Setelah kedatangan Kerajaan dari Jawa, Palembang memang terus melakukan perdagangan dengan pedagang dari daerah lain. Termasuk salah satunya dari China yang membuat banyaknya masyarakat Tionghoa baik muslim ataupun tidak berada di Palembang. Bahasa Palembang sendiri semakin diperkaya dengan adanya tambahan bahasa Cina, Inggris dan belanda, bahasa Arab, Urdhu. Sampai sekarang yang masih sering bertahan adalah bahasa Arab-Melayu, bahasa Arab Gundul atau biasa disebut Arab Pegon.

Dengan adanya lintas budaya yang terjadi akibat perdagangan ataupun kunjungan, daerah di Indonesia banyak mengalami perubahan. Meskipun selintas sama ataupun mirip atau justru beberapa kosakata berasal dari bahasa daerah lain layaknya sejarah Bahasa Palembang, hal ini menambah keanekaragaman Indonesia seperti halnya yang dijelaskan dalam ideologi Negara yakni Pancasila.

Contoh Bahasa Palembang

Dalam Bahasa Palembang, awalan me- seringkali tidak diucapkan misalnya :
Jingok (lihat) bila diberi awalan me- akan menjadi “Nyingok” bukan menjingok.
Selain itu ada beberapa kata dalam bahasa Palembang yang menyerap bahasa Indonesia yaitu :
Aman berubah jadi kata Amon yang artinya kalau
Contoh : Aman kau ke sano gek jangan lupo bawa pempek yang memiliki arti Kalau kamu kesana nanti jangan lupa bawa pempek.

Urutan Pangkat Polisi dan Gajinya Dari Terendah Sampai Tertinggi

Urutan Pangkat Polisi dan Gajinya Dari Terendah Sampai Tertinggi

Pangkat Polisi – Untuk kamu yang saat ini memiliki cita-cita untuk menjadi anggota Polisi atau sedang memiliki urusan dengan salah satu lembaga penegak hukum Indonesia ini. Terlebih dahulu kita pelajari pangkat polisi Indonesia itu apa saja sih? Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang urutan atau tingkatan pangkat polisi dari terendah sampai tertinggi. Dalam artikel ini juga dilengkapi dengan gaji polisi di setiap golongannya.

Pengertian Pangkat Polisi

pengertian pangkat polisi
polri.go.id

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pangkat adalah tingkatan di dalam jabatan kepegawaian baik itu polisi dan lainnya, secara umum pangkat dipakai untuk menandai sebuah jenjang pada jabatan tertentu baik itu polisi atau tentara.

Sesudah berlakunya keputusan presiden nomor 89 pada tahun 2000 mengenai kedudukan Kepolisian Negara Republik Indonesia pada tanggal 1 Juli 2000, Polisi Republik Indonesia dengan resmi terpisah dari TNI. Mulai dari itu tanda pangkat yang digunakan POLRI beda dengan tanda pangkat TNI. Ada 22 tingkat kepangkatan di dalam lembaga POLRI yang setelah itu di golongan jadi 6 golongan pangkat. Urutan paling rendah yaitu Tamtama dan paling tinggi adalah Perwira Tinggi.

Sejarah Pangkat Polisi Indonesia

sejarah pangkat polisi indonesia
kebumen2013.com

Aturan tentang kepangkatan di Indonesia berawal dari angkatan militer TKR (Tentara Keamanan Rakyat). Ini didasari SP Kepala Markas Tertinggi TKR pada tanggal 5 November tahun 1945 yang di tandatangani Letnan Jenderal Oerip Soemohardjo selaku Kepala Stak Markas Besar Umum, dimana mengeluarkan perintah tentang pengaturan seragam dan tanda pangkat TKR.

Dikarenakan baru merdeka dan keadaan ekonomi tidak stabil MTTKR memerintahkan komandan-komandan untuk melengkapi seragamnya sendiri. Di dalam surat tersebut seraga tidak harus sama, akan tetapi tanta pangkat militer termasuk dari pangkat POLRI wajib sama di semua barisan TKR.

Semenjak dikeluarkannya PP (Peraturan Pemerintah) tahun 1973, tanda pangkat untuk keempat angkatan yaitu TNI AD, AU, AL, dan POLRI disamakan. Tapi semenjak tanggal 1 Janurai 2001, Kepolisian Republik Indonesia terpisah dari TNI, dan memakai tanta kepangkatan POLRI tersendiri. Tanda pangkat polisi didasarkan dari surat keputusan Kapolri No. Pol: Skep/1259/X/2000. pada tanggal 3 Oktober 2000.

Sebelum kita lanjutkan ke pangkat kita tonton dulu yuk video polisi berikut:

Pangkat Polisi Tamtama

Tamtama POLRI (Polisi Republik Indonesia) merupakan pangkat yang paling rendah di kepolisian Indonesia, berdasarkan pengertian dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Tamtama POLRI adalah tingkat kelompok terendah dalam tentara dan polisi, satu tingkat di bawah bintara. Golongan-golongan yang termasuk Tamtama POLRI ialah Bhayangkara Dua atau Bharada, Bhayangkara Satur atau Baratu, Bhayangkara Kepala atau Baraka, Ajun Brigadir Polisi Dua atau Abripada, Ajun Brigadir Polisi Satu atau Brigpol, dan Ajun Brigadir Polisi atau Abrip. Berikut ini gambar dari lambang pangkat polisi golongan Tamtama:

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Bhayangkara Dua (Bharada)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Bhayangkara Dua (Bharada)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Bhayangkara Satur (Bharatu)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Bhayangkara Satur (Bharatu)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Bhayangkara Kepala (Baraka)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Bhayangkara Kepala (Baraka)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Ajun Brigadir Polisi Satu (Brigpol)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Ajun Brigadir Polisi Satu (Brigpol)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Ajun Brigadir Polisi (Abrip)

Gambar Pangkat Polisi Tamtama Ajun Brigadir Polisi (Abrip)

Pangkat Polisi Bintara

Bintara POLRI (Polisi Republik Indonesia) merupakan salah satu golongan pangkat yang ada di kepolisian di bawah dari Bintara Tinggi, dan pangkatnya lebih tinggi dari Ahun Brigadir Polisi atau Abrip. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Bintara POLRI adalah kelompok yang ada pada pangkat di dalam kepolisian, di mana satu tingkat di bawah dari bintara tinggi dan satu tingkat di atas kelompok pangkat tamtama, yang meliputi sersan mayor polisi, sersan kepala polisi, sersan satu polisi, dan sersan dua polisi. Yang termasuk dari golongan pangkat Bintara POLRI ialah Brgadir Polisi Dua atau Bripda, Brigadir Polisi Satu atau Briptu, Brigadir Polisi atau Brigpol, dan Brigadir Polisi Kepala atau Bripka. Di bawah ini adalah gambar lambang pangkat polisi golongan bintara:

Gambar Pangkat Polisi Bintara Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Gambar Pangkat Polisi Bintara Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Gambar Pangkat Polisi Bintara Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Gambar Pangkat Polisi Bintara Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Gambar Pangkat Polisi Bintara Brigadir Polisi (Brigpol)

Gambar Pangkat Polisi Bintara Brigadir Polisi (Brigpol)

Gambar Pangkat Polisi Bintara Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Gambar Pangkat Polisi Bintara Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Pangkat Polisi Bintara Tinggi

Bintara Tinggi POLRI (Polisi Republik Indonesia) merupakan golongan yang pangkat kepolisiannya di bawah Perwira Pertama atau Pama dan di atas pangkat Bintara, sesuai dengan pengertian dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Bintara Tinggi POLRI ialah kelompok dari pangkat di dalam lembaga kepolisian, satu tingkat pangkatnya di bawah dari kelompok perwira pertama dan satu tingkat di atas kelompok bintara, yang meliputi ajun inspektur polisi satu dan ajun inspektur polisi dua. Termasuk dari golongan pangkat Bintara ialah Ajun Inspektur Polisi Dua atau Aipda, dan Ajun Inspektur Polisi Satu atau Aiptu. Di bawah adalah gambar pangkat polisi golongan Bintara Tinggi:

Gambar Pangkat Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

Gambar Pangkat Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

Gambar Pangkat Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

Gambar Pangkat Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

Pangkat Polisi Perwira Pertama

Perwira pertama POLRI (Polisi Republik Indonesia) adalah anggota yang memiliki pangkat di atas bintara tinggi dan di bawahnya Perwira menengah atau Pamen, berdasarkan pengertian dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Perwira Pertama Polri merupakan salah satu kelompok yang ada di dalam kepolisian, satu tingkat di bawah dari kelompok perwira menengah dan satu tingkat di atasnya kelompok pangkat bintara tinggi, yang meliputi senior inspektur polisi, inspektur polisi satu, dan juga inspektur polisi dua. Termasuk dari golongan pangkat Perwira Pertama POLRI ialah Inspektur Polisi Dua atau Ipda, Inspektur Polisi Satu atau Iptu, dan Ajun Komisaris Polisi atau AKP. Di bawah adalah gambar pangkat polisi golongan Perwira Pertama:

Gambar Pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Gambar Pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Gambar Pangkat Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Gambar Pangkat Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Gambar Pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Gambar Pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Pangkat Polisi Perwira Menengah

Perwira Menengah POLRI (Polisi Republik Indonesia) merupakan anggota dari POLRI yang pangkatnya di atas Perwira Pertama dan di bawah dari Perwira Tinggi, berdasarkan pengertian KBBI Perwira Menengah POLRI ialah kelompok pangkat yang ada di dalam kepolisian, satu tingkat di bawah kelompok perwira tinggi dan satu tingkat di atas kelompok perwira pertama, yang meliputi senior superintenden, superintenden, dan asisten superitenden. Yang termasuk dari golongan pangkat Perwira Menengah POLRI ialah Komisaris Polisi atau Kompol, Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP dan Komisaris Besar Polisi atau Kombes Pol. Berikut gambar pangkat polisi perwira menengah:

Gambar Pangkat Komisaris Polisi (Kompol)

Gambar Pangkat Komisaris Polisi (Kompol)

Gambar Pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Gambar Pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Gambar Pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

Gambar Pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

Pangkat Polisi Perwira Tinggi

Perwira Tinggi POLRI (Polisi Republik Indonesia) merupakan tingkatan pangkat yang paling tinggi di tubuh Kepolisian Republik Indonesia, berdasar pengertian KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Perwira Tinggi POLRI merupakan kelompok pangkat paling tinggi dalam lembaga kepolisian, satu tingkat di atas kelompok dengan pangkat perwira menengah, yang meliputi jenderal polisi, komisaris jenderal polisi, inspektur jenderal polisi, dan brigadir jenderal polisi. Golongan yang termasuk pangkat Perwira Tinggi POLRI ialah Brigadir Jenderal Polisi atau Brigjen Pol, Inspektur Jenderal Polisi atau Irjen Pol, Komisaris Jenderal Polisi atau Komjen Pol, dan Jenderal Polisi atau Jenderal Pol. Di bawah adalah gambar pangkat polisi perwira tinggi:

Gambar Pangkat Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol)

Gambar Pangkat Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol)

 

Gambar Pangkat Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol)

Gambar Pangkat Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol)

Gambar Pangkat Komisaris Jendral Polisi (Komjen Pol)

Gambar Pangkat Komisaris Jendral Polisi (Komjen Pol)

Gambar Pangkat Jendral Polisi (Jendral Pol)

Gambar Pangkat Jendral Polisi (Jendral Pol)

Tabel Pangkat Polisi

POLRI SEKARANGPOLRI (1 Juni 2000-31 Desember 2000)POLRI DULU
Perwira Tinggi
Jenderal Polisi (Jenderal Pol)Jenderal PolisiJenderal Polisi
Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)Komisaris Jenderal PolisiLetnan Jenderal Polisi
Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)Inspektur Jenderal PolisiMayor Jenderal Polisi
Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)Brigadir Jenderal PolisiBrigadir Jenderal Polisi
Perwira Menengah (Pamen)
Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)Senior SuperintendentKolonel
Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)SuperintendentLetnan Kolonel
Komisaris Polisi (Kompol)Asisten SuperintendentMayor
Perwira Pertama (Pama)
Ajun Komisaris Polisi (AKP)Senior Inspektur PolisiKapten
Inspektur Polisi Satu (Iptu)Inspektur Polisi ILetnan Satu
Inspektur Polisi Dua (Ipda)Inspektur Polisi IILetnan Dua
Bintara Tinggi
Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)Ajun Inspektur Polisi IPembantu Letnan Satu
Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)Ajun Inspektur Polisi IIPembantu Letnan Dua
Bintara
Brigadir Polisi Kepala (Bripka)Sersan Mayor PolisiSersan Mayor
Brigadir Polisi (Brigpol)Sersan Kepala PolisiSersan Kepala
Brigadir Polisi Satu (Briptu)Sersan Satu PolisiSersan Satu
Brigadir Polisi Dua (Bripda)Sersan Dua PolisiSersan Dua
Tamtama
Ajun Brigadir Polisi (Abrip)Bhayangkara Utama IKopral Kepala
Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)Bhayangkara Utama IIKopral Satu
Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)Bhayangkara Utama MudaKopral Dua
Bhayangkara Kepala (Baraka)Bhayangkara KepalaPrajurit Kepala
Bhayangkara Satu (Bharatu)Bhayangkara IPrajurit Satu
Bhayangkara Dua (Bharada)Bhayangkara IIPrajurit Dua

Daftar Tabel Gaji Pokok Polisi

Daftar gaji pokok polisi untuk tahun 2016  tidak mengalami perubahan dari gaji pokok pada tahun 2015. Sehingga pada tahun 2016, besarnya gaji pokok polisi masih memakai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2015 mengenai Perubahan Kesebelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 4 Juni 2015, diundangkan pada tanggal 5 Juni 2015, dan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2015, sebagai berikut:

Tabel Gaji Pokok Polisi Tamtama

MKG

Golongan I

Tamtama

a

b

c

Bhayangkara Dua

Bhayangkara Satu

Bhayangkara Kepala

0

1,565,200

1,614,100

1,664,600

2

1,614,500

1,665,000

1,717,100

4

1,665,500

1,717,500

1,771,200

6

1,718,000

1,771,700

1,827,100

8

1,772,100

1,827,500

1,884,700

10

1,828,000

1,885,200

1,944,100

12

1,885,700

1,994,600

2,005,400

14

1,945,100

2,005,900

2,068,600

16

2,006,500

2,069,200

2,133,900

18

2,069,700

2,134,400

2,201,100

20

2,135,000

2,201,700

2,270,600

22

2,202,300

2,271,200

2,342,100

24

2,271,800

2,342,800

2,416,000

26

2,343,400

2,416,600

2,492,200

28

2,417,300

2,492,800

2,570,800

 

MKG

Golongan I

Tamtama

d

e

f

Ajun Brigadir Polisi Dua

Ajun Brigadir Polisi Satu

Ajun Brigadir Polisi

0

1,716,600

1,770,300

1,825,600

2

1,770,700

1,826,100

1,883,200

4

1,826,600

1,883,700

1,942,600

6

1,884,200

1,943,100

2,003,800

8

1,943,600

2,004,300

2,067,000

10

2,004,900

2,067,500

2,132,200

12

2,068,100

2,132,700

2,199,400

14

2,133,300

2,200,000

2,268,800

16

2,200,600

2,269,400

2,340,300

18

2,270,000

2,340,900

2,414,100

20

2,341,500

2,414,700

2,490,200

22

2,415,400

2,490,900

2,568,700

24

2,491,500

2,569,400

2,649,700

26

2,570,100

2,650,400

2,733,300

28

2,651,100

2,734,000

2,819,500

Tabel Gaji Pokok Polisi Bintara

MKG

Golongan II

Bintara

a

b

c

Brigadir Polisi Dua

Brigadir Polisi Satu

Brigadir Polisi

0

2,003,300

2,065,900

2,130,500

2

2,066,500

2,131,000

2,197,700

4

2,131,600

2,198,200

2,267,000

6

2,198,800

2,267,600

2,338,400

8

2,268,200

2,339,100

2,412,200

10

2,339,700

2,412,800

2,488,200

12

2,413,500

2,488,900

2,566,700

14

2,489,600

2,567,400

2,647,600

16

2,568,100

2,648,300

2,731,100

18

2,649,000

2,731,800

2,817,200

20

2,732,600

2,818,000

2,906,100

22

2,818,700

2,906,800

2,997,700

24

2,907,600

2,998,500

3,092,200

26

2,999,300

3,093,000

3,189,700

28

3,093,900

3,190,600

3,290,300

30

3,191,400

3,291,200

3,394,100

32

3,292,000

3,395,000

3,501,100

 

MKG

Golongan II

Bintara

d

e

f

Brigadir Polisi Kepala

Ajun Inspektur Polisi Dua

Ajun Inspektur Polisi Satu

0

2,197,100

2,265,800

2,336,600

2

2,266,400

2,337,200

2,410,300

4

2,337,800

2,410,900

2,486,300

6

2,411,500

2,486,900

2,564,700

8

2,487,600

2,565,300

2,645,500

10

2,566,000

2,646,200

2,729,000

12

2,646,900

2,729,700

2,815,000

14

2,730,400

2,815,700

2,903,800

16

2,816,500

2,904,500

2,995,300

18

2,905,300

2,996,100

3,089,800

20

2,996,900

3,090,600

3,187,200

22

3,091,400

3,188,000

3,287,700

24

3,188,900

3,288,600

3,391,400

26

3,289,400

3,392,300

3,498,300

28

3,393,200

3,499,200

3,608,600

30

3,500,200

3,609,600

3,722,400

32

3,610,500

3,723,400

3,839,800

Tabel Gaji Pokok Polisi Perwira Pertama

MKG

Golongan III

Perwira Pertama

a

b

c

Inspektur Polisi Dua

Inspektur Polisi Satu

Ajun Komisaris Polisi

0

2,604,400

2,685,800

2,769,800

1

2,644,800

2

2,770,500

2,857,100

3

2,728,200

4

2,857,900

2,947,200

5

2,814,300

6

2,948,000

3,040,100

7

2,903,000

8

3,040,900

3,136,000

9

2,994,500

10

3,136,800

3,234,900

11

3,089,000

12

3,235,700

3,336,900

13

3,186,400

14

3,337,800

3,442,100

15

3,286,800

16

3,443,000

3,550,600

17

3,390,500

18

3,551,600

3,662,600

19

3,497,400

20

3,663,600

3,778,100

21

3,607,700

22

3,779,100

3,897,200

23

3,721,400

24

3,898,300

4,020,100

25

3,838,800

26

4,021,200

4,146,900

27

3,959,800

28

4,148,000

4,277,600

29

4,084,700

30

4,278,800

4,412,500

31

4,213,500

32

4,413,700

4,551,700

Tabel Gaji Pokok Polisi Perwira Menengah

MKG

Golongan IV

Perwira Menengah

a

b

c

Komisaris Polisi

Ajun Komisaris Besar Polisi

Komisaris Besar Polisi

0

2,856,400

2,945,700

3,037,700

2

2,946,400

3,038,500

3,133,500

4

3,039,300

3,134,300

3,232,300

6

3,135,200

3,233,200

3,334,200

8

3,234,000

3,335,100

3,439,400

10

3,336,000

3,440,300

3,547,800

12

3,441,200

3,548,800

3,659,700

14

3,549,700

3,660,700

3,775,100

16

3,661,600

3,776,100

3,894,100

18

3,777,100

3,895,200

4,016,900

20

3,896,200

4,018,000

4,143,600

22

4,019,100

4,144,700

4,274,200

24

4,145,800

4,275,400

4,409,000

26

4,276,500

4,410,200

4,548,000

28

4,411,400

4,549,300

4,691,500

30

4,550,500

4,692,700

4,839,400

32

4,693,900

4,840,700

4,992,000

Tabel Gaji Pokok Polisi Perwira Tinggi

MKG

Golongan IV

Perwira Tinggi

d

e

f

g

Brigadir Jenderal Polisi

Inspektur Jenderal Polisi

Komisaris Jenderal Polisi

Jenderal Polisi

0

3,132,700

3,230,600

2

3,231,500

3,332,500

4

3,333,400

3,437,600

6

3,438,500

3,546,000

8

3,546,900

3,657,800

10

3,658,700

3,773,100

12

3,774,100

3,892,100

14

3,893,100

4,014,800

16

4,015,900

4,141,400

18

4,142,500

4,272,000

20

4,273,100

4,406,700

22

4,407,900

4,545,600

24

4,546,800

4,689,000

4,835,600

4,986,700

26

4,690,200

4,836,800

4,988,000

5,144,000

28

4,838,100

4,989,400

5,145,300

5,306,200

30

4,990,700

5,146,700

5,307,600

5,473,500

32

5,148,000

5,309,000

5,474,900

5,646,100

Demikian pembahasan tentang urutan pangkat polisi dilengkapi dengan gambar mulai dari paling rendah sampai paling tinggi beserta gajinya, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang kepangkatan polisi di Indonesia.