Gambaran Surga Menurut Agama Islam

Gambaran Surga Menurut Agama Islam

Gambaran Surga Neraka- Kehidupan dunia hanyalah sementara, dan kematian adalah suatu keniscayaan. Segala nikmat yang ada di dunia dan sedang ada dalam genggaman kita sekarang, baik kesehatan, materi, orang-orang tersayang, maupun kecerdasan, hanyalah titipan dari Zat Yang Maha Besar.

Suatu saat, di waktu yang tak pernah kita duga, semua hal tersebut akan diminta kembali oleh Sang Pemilik karena batas waktu ‘peminjaman’ telah tiba dan kita harus mempertanggungjawabkan apa-apa yang telah kita lakukan selama di dunia dalam memanfaatkan pinjaman-pinjaman tersebut. Dan saat waktu itu tiba, dua tempat abadi telah menunggu untuk segera kita tempati; surga dan neraka.

Neraka tentunya diperuntukkan bagi orang-orang yang tak pernah menjalankan perintah-Nya dan senantiasa mengingkari keberadaan-Nya, atau yang umumnya disebut sebagai orang kafir.

Sebagaimana firman Allah dalam Surat An-Nisa ayat 56: “Sungguh, orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka akan hangus, Kami ganti dengan kulit yang lain, agar mereka merasakan azab. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana”.

Sedangkan surga, sudah pasti Allah sediakan bagi orang-orang yang tak pernah lelah untuk terus menggapai rahmat dan ridho-Nya, menjauhkan diri dari kelalaian, serta menjadikan dunia ini sebagai tempat singgah untuk berjuang dalam menggapai kehidupan abadi yang indah.

Surga menjadi dambaan bagi setiap orang beriman. Betapapun banyaknya dosa seseorang, ia tak pernah takut untuk berharap melalui doa-doanya agar Allah menjadikan ia sebagai salah satu hamba yang berhak menempati surga-Nya.

Surga adalah suatu tempat penuh kenikmatan yang tiada habisnya dan indah tiada tara, sehingga siapa pula yang tidak mau menghuninya? Dalam beberapa ayat-Nya, Allah menggambarkan surga sebagai suatu tempat yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan orang-orang beriman kekal di dalamnya.

“Balasan bagi mereka adalah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (itulah) sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal” (Q.S. Ali ‘Imran: 136).

Oleh karena kenikmatannya yang tiada pernah habis untuk digambarkan dan diceritakan, untuk menjadi salah satu penghuninya pun membutuhkan upaya yang tak main-main.

Manusia yang beruntung menempati surga, akan dimasukkan ke dalam tingkatan yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat ketakwaan mereka. Mengenai tingkatan surga, ada beberapa pendapat berbeda yang mengemukakan bahwa surga terdiri dari 7 tingkatan, 8 tingkatan, atau bahkan 10 tingkatan. Wallahu a’lam bish-shawab. Adapun tulisan ini akan sedikit mengulas mengenai 8 tingkatan surga, yang terdiri dari:

__________________________________________________________________

Gambaran Surga Firdaus

Gambaran Surga

Surga Firdaus adalah surga yang Allah siapkan bagi orang-orang yang senantiasa menjaga shalatnya, menjaga lisannya, selalu membayar zakat, senantiasa menjaga kemaluannya, dan orang yang mampu menjaga amanat. Surga ini terbuat dari emas.

Dalam Surat Al-Kahfi ayat 107, Allah menjelaskan, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah Surga Firdaus menjadi tempat tinggal”.

Di dalam Surga Firdaus, ada empat mata air yang memancar, yaitu Salsabil, Zanjabil, Rohiiq, dan Tasniim. Ada pula dua mata air lain yang memancar dan mengalir, yaitu Al-kaafuur dan Al-kautsar.

Gambaran Surga ‘Adn

Gambaran Surga ‘Adn

Surga ‘Adn diciptakan dari intan putih. Orang-orang yang akan menghuni surga ini adalah mereka yang bertakwa kepada Allah swt., beriman dan beramal saleh, sabar, menginfakkan hartanya, membalas kejahatan dengan kebaikan, dan gemar berbuat baik.

“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhoan Tuhannya, mendirikan shalat, dan juga menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan untuk mereka, secara sembunyi atau pun dengan terang-terangan dan menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang memperoleh tempat kesudahan (yang baik, (yaitu) surga ‘Adn, mereka masuk ke dalamnya bersama dengan orang yang saleh dari nenek moyangnya, pasangan-pasangannya dan anak cucunya, sedang para malaikat Allah masuk ke dalam tempat-tempat mereka dari semua pintu; (sambil mengucapkan), “Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu.” Maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu” (Q.S. Ar-Ra’d: 22-24).

At-Thabari menyebutkan beberapa pendapat mengenai surga ‘Adn. ‘Adn karena tampat itu berupa kebun-kebun yang abadi dan menjadi tempat tinggal. Tak ada seorang pun yang pergi meninggalkannya. Adapun yang mengatakan bahwa disebut ‘Adn karena surga adalah negeri Allah yang dia istimewakan untuk-Nya dan untuk makhluk-Nya yang dia kehendaki.

Gambaran Surga Na’im

Gambaran Surga Na’im

Surga Na’im terbuat dari perak putih. Surga ini akan dihuni oleh orang-orang yang bertakwa dan beramal saleh. Hal ini Allah jelaskan dalam Q.S. Luqman ayat 8; “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh kenikmatan”.

Gambaran Surga Ma’wa

Gambaran Surga Ma’wa

Surga Ma’wa diciptakan dari zamrud hijau, para calon penghuninya adalah orang-orang yang bertakwa kepada Allah swt., beriman dan beramal saleh, takut dengan kebesaran Allah swt., dan pandai menjaga hawa nafsu.

Allah menjelaskan hal ini dalam Q.S. An-Nazi’at ayat 40-41, “Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan senantiasa menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya, maka sungguh; surgalah tempat tinggal(nya)”.

Al-Ma’wa sendiri artinya ialah tempat menetap, karena surga merupakan tempat menetapnya orang-orang mukmin.

Gambaran Surga Darussalam

Gambaran Surga Darussalam

Surga Darussalam adalah surga yang diciptakan dari yakut merah. Orang-orang yang akan menghuni surga ini adalah orang-orang yang kuat iman dan islamnya, memperhatikan ayat-ayat suci Al-Qur’an, dan juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari karena Allah swt.

Allah berfirman dalam salah satu ayat-Nya, “Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah pelindung bagi mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan” (Q.S. Al- An’am: 127).

Sebagian ulama berpendapat bahwa disebut Darussalam karena surga adalah tempat yang terbebas dari hal yang kotor, hal yang bisa membahayakan, dan hal yang tidak disukai. Sedangkan pendapat lain menyebutkan bahwa artinya Darullah, karena As-Salam adalah salah satu nama Allah.

Gambaran Surga Darul Muqamah

Gambaran Surga Darul Muqamah

Surga ini diciptakan dari permata putih dan diperuntukkan bagi orang-orang yang banyak melakukan perbuatan baik dan jarang sekali melakukan keburukan.

“Dan mereka berkata, “Segala puji untuk Allah yang sudah menghilangkan kesedihan dari kami. Sungguh, Rabb kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga); di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu” (Q.S. Fatir: 34-35).

Gambaran Surga Al Muqaamul Amiin

Gambaran Surga Al Muqaamul Amiin

Surga Al Maqaamul Amiin adalah surga yang terbuat dari emas. Orang-orang yang akan menghuni surga ini adalah mereka yang ketakwaannya telah mencapai muttaqin atau orang-orang yang benar-benar bertakwa. Allah menjelaskan hal ini dalam Q.S. Ad-Dukhan ayat 51. “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam tempat yang aman”.

Gambaran Surga Khuldi

Gambaran Surga Khuldi

Surga Khuldi terbuat dari maran merah dan kuning. Surga ini Allah sediakan bagi orang-orang yang taat menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

“Katakanlah (Muhammad), “Apa (azab) seperti itu yang baik, atau surga yang abadi yang dijanjikan untuk orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?” (Q.S. Al-Furqan: 15).

Disebut dengan surga Khuldi karena penduduk surga akan kekal berada di dalam surga, tidak berpindah posisi ke tempat yang lain, dan tidak mencari tempat-tempat lain selain surga.

Setelah mengetahui tingkatan-tingkatan surga dan gambaran para calon penghuninya, apakah rasa semangat kita untuk meraihnya semakin meningkat?

Surga, apapun tingkatannya, ternyata memang hanya layak dihuni oleh orang-orang terpilih yang senantiasa melakukan amalan-amalan yang diperintahkan oleh Allah, memiliki akhlak yang terpuji, dan tidak mendurhakai-Nya.

Untuk semakin meningkatkan motivasi kita dalam meraih surga Allah dan membuat semangat kita semakin menggebu-gebu, mungkin ada baiknya kita mengetahui lebih lanjut mengenai gambaran surga secara umum dan kenikmatan yang akan didapatkan oleh para penghuninya, sebagaimana yang difirmankan oleh Allah dalam ayat-ayat-Nya dan pernah Rasulullah katakan semasa hidupnya.

Gambaran Surga Secara Umum

Dipenuhi Penjagaan Kuat dan Panah-Panah Api

Dipenuhi Penjagaan Kuat dan Panah-Panah Api

Allah melindungi surga dengan memberikan penjagaan yang kuat dan perlindungan berupa panah-panah yang terbuat dari api. Hal ini salah satunya bertujuan agar jin tidak dapat mencuri dengar dan mengetahui rahasia langit. Jika jin mengetahui, maka rahasia tersebut akan mereka sampaikan kepada manusia dan muncullah sifat syirik di hati manusia. Tentu inilah yang sangat diharapkan oleh jin.

Hal ini Allah firmankan dalam Q.S. Al-Jinn: 8-9, “Dan sesungguhnya kami (jin) telah mencoba mengetahui rahasia (dari) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api, dan sesungguhnya kami (jin) dulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mencuri dengar (berita-beritanya). Tetapi sekarang siapa (mencoba) mencuri dengar (seperti itu) pasti akan menjumpai panah-panah api yang mengintai (untuk membakarnya).”

Pemuda yang Akan Tetap Muda

Pemuda yang Akan Tetap Muda

Di surga, manusia tidak akan pernah menua dan mengalami keuzuran. Bahkan mereka yang mati dalam keadaan yang tua renta pun akan kembali muda dan seperti terlahir kembali. Wajah mereka begitu memikat dan menarik hati, serta memancarkan sinar berkilauan bagaikan mutiara. “Dan mereka dikelilingi oleh para pemuda-pemuda yang selalu muda. Jika kamu melihatnya, akan kamu kira mereka, mutiara yang bertaburan” (Q.S. Al-Insan: 19).

Bidadari-Bidadari Surga

Bidadari-Bidadari Surga

Mungkin salah satu hal yang paling sering kita dengar berkaitan dengan surga adalah mengenai keberadaan bidadari-bidadari yang kecantikannya tidak dapat tergambarkan dengan kata-kata. Mereka adalah bidadari-bidadari suci yang tidak pernah disentuh oleh manusia ataupun jin sebelumnya.

Mereka memiliki mata yang begitu indah seprti mutiara-mutiara yang tersimpan baik, dijadikan penuh cinta oleh Allah, dan dipelihara di dalam kemah-kemah. Mereka ditugaskan untuk melayani serta memenuhi kebutuhan orang-orang beriman di dalam surga.

Adanya bidadari-bidadari surga ini memang secara jelas Allah sebutkan dalam ayat-ayat-Nya, salah satunya yaitu dalam Q.S. Ar-Rahman ayat 56; “Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang membatasi pandangan, yang tidak pernah disentuh oleh manusia maupun jin sebelumnya”.

Makanan dan Minuman Surga

Makanan dan Minuman Surga

Manusia yang berada di dalam surga tidak akan pernah mengalami kelaparan karena mereka dikelilingi oleh pepohonan dan buah-buahan yang beraneka ragam. Mereka berada di antara pohon-pohon bidara yang tidak memiliki duri dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya.

Buah-buahan yang ada di surga tidak akan pernah habis meski terus-menerus dipetik, dapat dipetik dari dekat, tidak ada yang terlarang untuk diambil, dan berpasang-pasangan.

Selain itu, mereka juga tidak akan pernah mengalami kehausan karena di dalam surga terdapat dua buah mata air yang memancar tiada henti. Para anak-anak muda yang akan tetap muda mengelilingi mereka dengan membawakan gelas, cerek, dan sloki (piala) berisi dengan minuman yang diambil dari air yang mengalir tersebut.

Dengan minuman itu, mereka tidak akan pernah pening dan mabuk. Salah satu ayat Allah yang menjelaskan mengenai hal ini yaitu Q.S. Ar-Rahman ayat 54, “Mereka bersandar di atas permadani tebal yang bagian dalamnya dari sutra tebal. Dan buah-buahan di kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat.” Meski makan dan minum, para penghuni surga tidak buang air besar, mengeluarkan ingus, maupun kencing karena makanan mereka sangat lembut dan berkualitas tinggi, sehingga hanya menghasilkan bau yang sangat harum laksana kesturi.

Kehidupan Surga yang Mewah

Kehidupan Surga yang Mewah

Di dalam surga, manusia akan senantiasa diliputi oleh kemewahan yang sungguh pantas untuk mereka dapatkan, seperti perhiasan gelang emas, pakaian hijau yang indah terbuat dari bahan sutera halus nan tebal, sisir yang terbuat dari emas, piring-piring emas yang diedarkan oleh para pelayan, serta permadani indah yang bagian dalamnya terbuat dari sutra tebal.

Mereka tidak akan pernah dibatasi untuk menikmati kemewahan-kemewahan tersebut. Firman Allah yang berkaitan dengan hal ini yaitu Q.S. Ad-Dukhan ayat 51-53; “Sungguh, orang-orang yang selalu bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yakni) di dalam taman-taman dan juga mata air-mata air, mereka semua memakai sutra yang halus dan sutra yang tebal, duduk berhadap-hadapan”.

Keabadian yang Sesungguhnya

Keabadian yang Sesungguhnya

Karena surga adalah tempat yang abadi, segala hal yang terdapat di dalamnya pun tidak akan pernah hilang ataupun berubah, termasuk manusia yang menghuninya.

Manusia penghuni surga tidak akan pernah tua, miskin, sakit, atau mati. Mereka benar-benar menikmati suatu anugerah yang tidak akan pernah habis dan menghilang. Hal ini berdasarkan salah satu sabda Rasulullah, “Abu Sa’id ra. dan Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Ketika seluruh penghuni surga telah masuk surga, terdengar suara yang berkata, ‘Sesungguhnya, kalian akan hidup dan tidak akan pernah mati selama-lamanya.

Sesungguhnya, kalian akan sehat dan tidak akan sakit selama-lamanya. Sesungguhnya kalian akan menjadi muda kembali dan tidak akan menjadi tua selama-lamanya. Dan, sesungguhnya kalian akan merasakan kenikmatan dan tidak akan merasakan kesengsaraan selama-lamanya.’’’ (h.r. Muslim)

Kenikmatan Terbesar dan Tak Terkira

Kenikmatan Terbesar dan Tak Terkira

Kenikmatan pamungkas yang akan dirasakan oleh para penghuni surga adalah bertemu dan melihat secara langsung Sang Rabb yang selalu mereka agung-agungkan ketika hidup di dunia.

Jarir bin Abdullah ra. berkata, ”Saat itu, kami sedang bersama Rasulullah saw. Beliau menatap bulan yang saat itu tepat bulan purnama, lalu bersabda, ‘Sesungguhnya, kalian akan melihat Tuhan kalian secara langsung seperti melihat bulan ini. Pandangan kalian tidak akan bermasalah sedikit pun saat melihat-Nya.’’’ (Muttafaq ‘Alaih).

Orang-orang beriman akan melihat Allah secara langsung di surga. Hanya saja, kita tidak dapat membayangkan caranya, tidak boleh membatasinya, dan tidak boleh menganggapnya serupa ketika memandang makhluk. Allah swt berfirman, “Wajah-wajah (orang-orang mukminin) pada hari itu terlihat berseri-seri. Mereka melihat kepada Tuhannya.” (Al-Qiyamah: 22-23).

Imam Malik rahimahullah berkata, “Allah tidak dapat dilihat di dunia, karena sifat Allah adalah kekal. Dzat yang kekal tidak dapat dilihat oleh manusia yang fana (akan musnah). Sedangkan ketika di akhirat, manusia diberi pandangan yang bersifat kekal, sehingga mereka dapat melihat Dzat yang kekal dengan sarana yang kekal pula.

Di riwayat lain, Shuhaib ra. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, ”Ketika seluruh penghuni surga telah masuk surga., Allah swt berfirman, ’Apakah kalian ingin kutambahkan nikmat lagi?’ Mereka menjawab, ‘Bukankah Engkau telah membuat wajah kami bercahaya? Bukankah Engkau telah memasukkan kami ke surga dan menjauhkan kami dari neraka?’ Tiba-tiba hijab (tirai penutup terbuka). Mereka tidak mendapatkan nikmat yang lebih mereka dambakan dari melihat langsung kepada Tuhan mereka (h.r. Muslim).

Ketetapan bahwa orang beriman akan melihat Allah di surga, sedangkan orang kafir tidak dapat melihatnya, dinyatakan secara langsung oleh Allah dalam Al-Qur’an, “Sekali-kali tidak, sesungguhnya mereka pada hari itu benar-benar terhalang dari melihat Tuhan mereka (Al-Muthaffifin:15).

Itulah sepintas mengenai beberapa tingkatan surga beserta calon penghuninya dan gambaran mengenai kenikmatan-kenikmatan surga dari beberapa aspek.

Sebenarnya masih begitu banyak hal yang belum dibahas dalam tulisan ini, khususnya berkaitan dengan kenikmatan yang ada di surga, karena nikmat-nikmat tersebut sejatinya sangat luas dan akan membutuhkan begitu banyak ruang jika harus dibahas secara rinci.

Meskipun begitu, hal terpenting dari membaca tulisan ini adalah dapat menambah keimanan kita bahwa surga dan keindahannya benar-benar ada, terus berlomba-lomba dalam kebaikan, dan senantiasa berusaha untuk memperbaiki diri agar pantas menjadi salah satu calon penghuni surga-Nya.

Saat mulai lalai dikarenakan oleh urusan dunia, tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa kehidupan di dunia hanyalah sekejap dan pikirkan bekal apa yang telah kita siapkan untuk kita bawa jika suatu saat Sang Pencipta mencukupkan umur kita di dunia.

Selain itu, jangan pernah takut untuk memohon tingkatan surga paling tinggi kepada Allah betapapun seringnya kita melakukan dosa, karena Allah akan senantiasa membukakan pintu ampunan bagi hamba-hambanya yang sungguh-sungguh dalam bertaubat. Jadi, tempat tinggal mana yang akan kita pilih? Surga atau neraka?

Doa Supaya Hati Tenang dan Sabar Dalam Menghadapi Masalah

Doa Supaya Hati Tenang dan Sabar Dalam Menghadapi Masalah

Doa Supaya Hati Tenang dan Sabar – Semua orang pasti merasakan hati yang gelisah dan galau ketika menghadapi sebuah ujian atau masalah. Bagaimanakah sikap kita ketika hal itu datang. Berikut ini pembahasan tentang Doa supaya hati tenang dan sabar dalam menghadapi masalah di dunia. TESS

Supaya Hati Tenang dan Hilangnya Kesusahan

doa supaya hati tenang dan sabar

Orang yang beriman kepada Allah ta’ala yakin bahwa sumber dari ketenangan pada jiwa dan tentramnya hati ialahd dengan berdizkir kepada Allah ta’ala, berdoa kepada Allah dengan menyebut nama-nama Allah , membaca Al Qur’an, dan dengan mengamalkan perintah-perintah-Nya.

 

doa supaya hati tenang

 

Maksudnya dengan kita berdzikir kepada Allah semua kegundahan dan galaunya hati kita akan hilang dang berubah menjadi kesenangan dan kegembiraan.

Tidak ada yang lebih besar untuk mendatangkan kebahagianan dan ketenangan untuk hati manusia melebihi dengan berdzikir pada Allah ta’ala.

Ualam salaf berkata, “Sungguh sangat kasihan orang yang cinta dengan dunia, pada akhirnya mereka akan meninggalkan dunia ini, padahal mereka tidak merasakan nikmat yang paling besar di dunia ini” Kemudianada yang bertanya, “Apa kenikmatan yang paling besar itu?” Ulama menjawab, “Cinta pada Allah, hati merasa tenang ketika dekat denga-Nya, merasa rindu untuk bertemu dengan-Nya, dan hatinya merasa bahagia ketika mengamalkan dan berdzikir kepada-Nya”

Ini sesuai dengan ucapan yang terkenal dari Syaikh Ibnu Taimiyah, “Sungguh pada dunia terdapat surga, barang siapa orang yang belum pernah masuk ke dalam surga ini maka dia tak akan masuk ke dalam surga ketika di akhirat nanti”

Makna dari surga di dunia adalah cintah yang utuh dan pengetahuannya sempurna pada Allah ta’ala dengan paham atas nama dan sifat-Nya denga cara yang benar dan juga baik. Selalu berdzikir kepada Allah dengan rasa yang damai dan tenang ketika mendekatkan diri kepada Allah. Dan senantiasa mentauhidkan-Nya dalam rasa takut, berharap, cinta, berserah diri, dan bermuamalah, dengan menjadikan cinta dan ridho Allah ta’ala menjadi satu-satunya yang ada di dalam pikiran, kehedak, dan tekad seorang hamba. Inilah nikmat di dunia yang tidak ada bandingannya yang sekaligus sebagai penyejuk dan penyenang hati untuk orang yang selalu mencintai dan juga mengenal Allah ta’ala.

Doa Supaya Hati Tenang

Berikut doa supaya hati kita tenang. Doa ketika mengalami kesusahan, kesedihan, dan penawar hati yang dirundung duka.

doa ketika mengalami kesusahan, kesedihan, dan penawar hati yang dirundungi duka

Artinya: “Tiada ilah ayng berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah, Yang Maha Agung lagi Maha Penyantun. Tiada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb pemilik Arsy yang agung. Tiada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit, Rabb bumi, serta Rabb pemilik, Arsy yang mulia”

Kisah Abu Bakar Ketika Hatinya Tidak Tenang

Doa Supaya Hati Tenang dan Dalam Menghadapi Masalah

Abu Bakar pernah merasa khawatir ketika sedang bersembunyi di gua Tsur bersama Rasulullah. Kemudian dikejar-kerjar oleh musuhnya ingnin membunuh mereka, ingin menangkap mereka. Bahkan bisa saja ketika saat itu juga ketika musuhnya melihat ke bawah bisa saja mereka langsung menusuknya dengan tombak akan di bunuh di situ atau akan di bakar hidup-hidup. Kekejaman Abu Jahal itu sudah dikenal di Kota Mekkah.

Dalam keadaan yang sangat khawatir Abu Bakar berkata kepada Rasulullah “Ya Rasulullah kalau mereka melihat ke bawah kaki mereka, kalau mereka melihat ke bawah betis mereka mereka akan menemukan kita ya Rasulullah, mereka akan menangkap kita ya Rasuulullah” Dalam keadaan Abu Bakar seih, khawatir dan galau dan ini adalah sifat manusia, orang mukmin mengalaminya. Orang beriman sekelas Abu Bakar khawatir, sedih, galau, tapi obatnya tetap iman.

Bedanya orang mukmin dan tidak mukmin adalah orang mukmin ketika hatinya tidak tenang atau sedih, galau dan khawatir obatnya itu adalah dengan mengingat Allah. Mungkin dia galau, mungkin juga dia merasa lelah, mungkin merasa sedih dan juga khawatir tapi, ketika diingatkan dengan nama Allah tenang ada Allah tenang Allah pasti membantu. Bukankah semua itu ditangan Allah langsung dia menjadi tenang. Itulah mukmin.

Sedangkan orang yang tidak beriman walau pun ngaku mukmin walau pun KTP nya Islam tidak akan merasa tentang walau pun disebutkan nama Allah dan itu tidak ada pengaruhnya buat dia. Dia tenang ketenangan dia cari jauh-jauh dengan jalan-jalan, dia mencari ketenangan itu dengan belanja, dia mencari ketenangan itu dengan menonton, dia mencari ketenangan itu dengan mencari uang yang banyak, dia mencari ketenangan itu dengan bertemu teman-temannya, dia mencari ketenangan itu di semua tempat kecuali di langit. Dan dia tidak akan mendapatkan ketenangan sejati.

Pada akhirnya dia akan mengeluh tapi bagi orang mukmin Allah di hatinya. Sehingga ketika dia diingatkand dengan Allah maka hatinya akan tenang. Rasulullah berkata “Yaa Ababak kenapa engkau berpikir kita hanya berdua ya ababak bukanlah Allah yang ketiga. Jangan sedih jangan khawatir wahai Abababk (Abu Bakar) sesungguhnya Allah bersama kita” ketika Abu Bakar mendengar itu langsung tenang Abu Bakar Asshidiq. Kata Nabi orang yang paling beruntung mukmin.

Orang yang ketika diingatkan dengan Allah dia akan tenang. Kalau dikembalikan kepada Allah suatu masalah atau urusan beres. Kadang dia ada masalah namanya juga manusia. Coba perhatikan isi dari pembukaan surat Al Anfar. Isinya adalah keributan diantara para sahabat. Dan yang unik yang diributkan itu masalah uang, masalah harta/ ghanimah. Bayangkan sahabat senior, muhajirin, ahlu badar ikut perang badar bisa-bisanya juga ribut gara-gara karena masalah ghanimah.

Tapi itulah manusia dan itu bisa jadi bahan ribut semua orang baik itu orang yang soleh atau pun tidak. Masalah warisan, masalah pekerjaan, masalah dagang, masalah transaksi, masalah bisnis ribut itu wajar sebab kita manusia. Tapi hebatnya dari orang mukmin ketika diingatkan dengan nama Allah. Katakan ghanimah itu milik Allah dan Rasul beres semua urusan mereka. Jadi mukmin itu bukan tidak pernah khwatir, sedih, dan galau, karena semua sifat itu adalah sifat manusia. Tapi untuk menjadi manusia saja kita tidak bisa bahagia. Hanya bermodalkan manusiawi kita tidak bisa bahagia harus manusia + iman barulah bahagia.

Pada dasarnya manusia itu rugi, sengsara, ngeluh. Itulah sifat manusia. Apabila kita pake modal manusia. Manusiawi kan sedih iya manusiawi, manusiawi ngga sih ngeluh? iya manusiawi, manusiawi ngga sih marah? iyaa manusiawi, tapi tahukah kita manusia itu penuh dengan kerugian. Kalau cuma pake modal manusia kita akan lebih sering sengsaranya daripada bahagia. Apabila dikasih ujian dia ngeluh dan apabila dikasih nikmat dia merasa kurang itulah insan.

Makanya Allah berfirman yang artinya “Demi masa. Artinya sepanjang hidup demi umurnya manusia dari lahir sampai mati kalau dia cuma jadi insan pasti dalam keadaan sengsara/ rugi. Kecuali apabila dia beriman. Menakjubkan sekali urusan yang beriman. Semua urusannya adalah baik. Malamnya baik, siangnya baik, hujannya baik, panasnya baik, sakitnya baik, mudanya baik, tuanya baik, semua urusannya baik, miskinnya baik, kayanya baik, sendirinya baik, ramainya baik, semua urusan dia baik. Kalau orang mukmin diberikan nikamt dia akan bersyukur dan kalau Allah berikan dia ujian akan bersabar. Berbeda dengan yang sangat manusiawi.

Manusia dikasih ujian mengeluh dan ketika dikasih nikamt merasa kurang. Mukmin dikasih nikmat bersyukur dan ketika dikasih ujian bersabar. Semuanya baik. Makanya Nabi bilang mukmin itu bahagia karena dia percaya pada Allah Subhanahuwataala tidak ada sengsaranya. Ketika merasa hatinya tidak tenang mengobatinya akan mudah. Apabila kita mau beruntung dari hanya sekedar insan yang penuh dengan kerugian menjadi mukmin baru dia akan menjadi orang yang diberi petunjuk dan kemudian akan menjadi orang yang bahagia.

Contoh Ceramah Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu

Contoh Ceramah Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu

Contoh Ceramah – Untuk kamu yang sedang mencari contoh ceramah tentang menuntut ilmu, berikut ini sebuah contoh ceramah singkat atau kultum yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk kamu ceramah mengenai pentingnya dalam menuntut ilmu terutama ilmu agama.

Contoh Ceramah Menuntut Ilmu

contoh ceramah tentang menuntut ilmu
www.theastrologyonline.com

Dalam tema kali ini Allah ﷻ membedakan diantara orang yang memilki ilmu dan yang tidak mempunyai ilmu yakni dengan menegaskan dalam firman-Nya:

Surat Az Zumar Ayat 9 Tentang Menuntut Ilmu

“Apakah sama orang-orang yang menegtahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui? Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran.” (Az Zumar Ayat 9)

Kemudian Allah ﷻ menyebutkan juga keutamaan orang yang berilmu dalam firman-Nya yang lain:

Surat Al Mujadilah Ayat 11

“Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (Al-Mujadilah Ayat 11)

Maka dari itu, Allah memerintahkan Nabi-Nya untuk selalu berdoa supaya diberikan ilmu dalam firman-Nya:

Surat thaha ayat 114 tentang ilmu

“Dan katakanlah, ‘Ya Rabbku, tambahkanlah ilmu kepadaku’.” (Thaha Ayat 114)

Tidak sebatas pada ayat-ayat itu saja yang menyebutkan keutamaan ilmu, dari hadits Rasulullah pun banyak yang menjelaskan betapa mulianya berilmu, di antaranya hadits yang diriwayatkan oleh Mu’awiyah, yang merupakan seorang sahabat, ia berkata, “Rasulullah bersabda:

“Barang siapa yang Allah menghendaki kebaikan padanya, maka Dia akan memahamkannya tentang agama.” (Muttafaq Alaihi)

Lebih tegas lagi dari hadits di atas, Abu Darda juga meriwayatkan, ia berkata, “Aku mendengar Rasullullah bersabda:

“Barang siapa menempuh suatau jalan untuk mencari ilmu dengannya, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Para Malaikat akan membentangkan sayapnya untuk penuntut ilmu karena ridha dengan perbuatannya. Sungguh, orang yang berilmu akan dimintakan ampunan oleh segala sesuatu hingga ikan yang ada di dalam air. Keutamaan seorang yang berilmu atas seorang ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan purnama atas semua bintang. Para ulama ialah pewaris para Nabi. Sedangkan para Nabi tidak mewariskan dinar maupun dirham, namun mereka mewariskan ilmu. Maka barang siapa yang mengambilnya, maka ia telah mengambil bagian yang sangat besar.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Pahala ilmu tidak hanya didapat ketika dirinya masih hidup namun pemiliknya sudah meninggal pun akan tetap mendapatkan pahala dari ilmunya selama ilmu yang ia miliki diamalkan oleh orang lain. Sebagaimana Abu Hurairah meriwayatkan bahwasanya Rasulullah bersabda

“Jika seorang manusia meninggal dunia maka amalannya terputus kecuali dari tiga hal yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Dari beberapa dalil di atas dapat kita ketahui bahwa ilmu syar’i mempunyai kedudukan agung di dalam agama. Allah telah menganjurkan dan memotivasi untuk menuntut ilmu serta memberikan keutamaan bagi pemilik ilmu syar’i atas selainnya. Allah juga menkategorikan mencari ilmu termasuk amalan paling utama untuk mendekatkan diri kepada-Nya dam sebab paling agung untuk masuk ke dalam surga. Karena dengan ilmu dan belajar menjadikan seseorang mengenal Allah, mengetahui perintah-perintah dan larangan-larangan-Nya, serta sebagai upaya untuk tegaknya agama Islam.

Karena itulah, para ulama disebut sebagai pewaris para Nabi. Para Nabi mewariskan ilmu syar’i kepada manusia, sehingga siapa saja yang mengambilnya maka ia adalah pewaris para Nabi. Jika Allah menghendaki kebaikan ada pada diri seseorang, maka Dia akan memberikan kemudiahan baginya untuk mempelajari urusan-urusan agamanya.

Sebagai penutup, terlebih dahulu kami sampaikan beberapa poin pemaparan di atas, di antaranya:

  1. Keutamaan ilmu dan ulama karena mereka adalah pewaris para nabi.
  2. Pemahaman terhadap agama, merupakan bukti Allah menghendaki kebaikan ada pada seorang hamba.
  3. Menuntut ilmu termasuk salahs atu dari sebab-sebab masuk ke dalam surga.
  4. Sebaik-baik warisan seseorang adalah ilmu yang bermanfaat karena pahalanya terus mengalir kepada dirinya sesudah kematiannya.

Video Ceramah Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu

Contoh Ceramah

Doa Sholat Dhuha yang Benar dan Tata Cara Sholat Dhuha Rasulullah

Doa Sholat Dhuha yang Benar dan Tata Cara Sholat Dhuha Rasulullah

Doa Sholat Dhuha – Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shalalahu alaihi wasalam dengan banyak sekali keutamaannya. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu tentang keutaman dari sholat dhuha tersebut bahkan belum tahu cara melaksanakan sholat dhuha sesuai dengan ajaran Rasulullah. Berikut  tata cara sholat dhuha, dzikir setelah sholat dhuha, dan keutamaan atau fadhillah dan rahasia dibalik sholat dhuha.

Video Keutamaan 4 Rakaat Sholat Dhuha

Syarat Sah Sholat Dhuha

syarat sah sholat dhuha
www.riskology.co

Syarat agar sholat dhuha kita sah sama halnya seperti sholat yang lainnya. Sebelum melakukan sholat harus suci dari hadats besar maupun kecil. Bada dalam keadaan suci, tempat dan pakaian kita tidak ada najis. Harus menutup aurat. Kita harus tahu kapan waktu sholat dhuha dikerjakan. Terakhir menghadap ke arah kiblat.

Waktu Sholat Dhuha

waktu sholat dhuha
youtube.com

Waktu sholat dhuha dimulai ketika matahari naik sampai condong ke arah barat. Jika di Indonesia waktu shalat dhuhanya dari beberapa jam sejak 20 menit sesudah matahari terbit sampai 15 menit menjelang dhuhur.

Di dalam fikih minhaji Imam Assyafi’i menerangkan bahwasannya waktu yang paling baik tandanya padang pasir berasa panas dan anak-anak unta beranjak.

Menurut pendapat Syaikh Musthafa Al Bugha beserta 4 ulama lainnya di dalam Muzhatul Muttaqin menerangkan: “ Waktu sholat dhuha mulainya dari matahari mulai meninggi hingga matahari dekat pada posisi tengah. Lebih utamanya ialah ketika matahari meninggi dan terasa panasnya.”

Berdasarkan penjelasan di atas waktu paling baik untuk melaksanakan shola dhuha ialah kurang lebih jam 09.00 WIB untuk daerah DKI Jakarta, dan pukul 08.30 WIB untuk daerah Surabaya.

Niat Sholat Dhuha

niat sholat dhuha
leviyamani.wordpress.com

Seluruh ualam bersepakat bahwasannya tempat niatu uty ada di hati. Niat yang hanya dilafalkan saja tidak cukup. Lafal niat bukan sebuah sayart. Maksudnya, niat tidak harus dilafalkan. Akan tetapi, jumhur ulama selain dari madzhab Maliki, hukumnya adalah sunnah dengan tujuan untuk membantu hati supaya meneguhkan niat.

Dalam madzhab Maliki paling baik niat tidak dilafalkan sebab tidak ada contoh dari Nabi Shalalahu alaihi wasalam.

Di dalam madzhab Imam Syafi’i, lafal niat sholat dhuhanya sebagai berikut ini:

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

(Usolli sunnatadh dhuha rokataini mustaq bilal qiblati adaan lilahita’ala)

[su_note]Artinya: “Saya niat sholat sunnah dhuha 2 rakaat menghadap ke kiblat karena Allah“[/su_note]

Tata Cara Shola Dhuha

tata cara sholat dhuha
www.fimadani.com

Cara mengerjakan shalat dhuha ialah dengan 2 rakaat salam dua rakaat salam. Untuk jumlah rakaat minimal dikerjakan 2 rakaat. Terkadang Rasul mengerjakan 4 rakaat, terkadang pula 8 rakaat. Tapi, ada sebagian ulama juga yang tidak mebatasinya. Ada yang berkata 12 rakaat, dan ada juga yang bisa lebih banyak lagi sampai waktu dhuha selesai.

Tata cara sholat dhuha sama seperti sholat sunnah 2 rakaat pada biasanya, yakni:

  1. Berniat dalam hati
  2. Takbiratul ikhram, baiknya dilanjut doa iftitah
  3. Baca surat Al Fatihah
  4. Baca surat atau ayat Al Qur’an.
  5. Ruku’ secara tuma’ninah
  6. I’tidal secara tuma’ninah
  7. Sujud secara tuma’ninah
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Berdiri untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al Fatihah
  12. Membaca surat atau ayat Al Qur’an.
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah
  14. I’tidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  19. Salam

Bacaan Surat Sholat Dhuha

bacaan surat sholat dhuha
www.islamicity.org

Para ulama memilik pendapat bahwa tak ada hadist yang shaih yang menganjurkan untuk membaca surat tertentu dalam mengerjakan shalat dhuha. Beda dengan sholat subuh dan sholat jumat yang ada petunjuk yang disunnahkan dibaca saat rakaat ke satu dan kedua. Untuk sholat dhuha sendiri tidak ada ketentuannya.

Pendapat yang menganjurkan untuk membaca surat asy Syams di rakaat pertama dan membaca surat Ad Dhuha pada rakaat kedua berpijak pada riwayak berikut ini:

[su_note]“Shalatlah dua rakaat dhuha dengan membaca dua surat dhuha, yaitu surat Was syamsi wadhuhaa haa dan surat Adh dhuha.” (HR. Ad Dailami dari Uqbah bin Amr, dicantumkan dalam Jami’ul Ahadits)[/su_note]

Para ulama menyebutkan bahwa hadits itu dhaif. Bahkan menurut Syaikh Al Alabani dalam kitabnya Shaih wa Dha’if Jamius Shaghir, hadits itu maudhu atau hadits yang palsu.

Doa Sholat Dhuha

doa sholat dhuha
youtube.com

Sebenarnya tidak ada doa yang khusu yang Nabi ajarkan sesudah sholat dhuha. Hal ini yang menyebabkan para ulama tidak mencantunkan doa sesudah sholat dhuha pada kitab fikihnya. Seperti Fiqih Manhaji Imam Syafi’i, Fiqih Islam wa Adillatuhu, atau Fikih 4 Madzhab. Sehingga diperbolehkan untuk berdoa apa saja asal yang baik-baik.

Di kalangan masyarak Indonesia ada doa sholat dhuha yang populer, yakni:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

[su_note]“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih”.[/su_note]

Doa ini tidak berasal dari hadits Nabi Shalalahu alaihi wasalam. Doa ini dicantumkan oleh Asy Syarwani di dalam kitabnya Syarh Al Minhaj dan disebutkan pula oleh Ad Dimyathi dalam I’anatuth Thalibiin.

Sholat Dhuha Berjamaah

sholat dhuha berjamaah
radioalumm.com

Para ulama berpendapat bahwasannya shalat sunnah diperbolehkan dengan berjamaah atau sendiri sebab Nabi Shalalahu alaihi wasalam pernah mengerjakan keduanya, akan tetapi yang paling sering dilakukan oleh Nabi adalah dengan mengerjakan sholat sendirian atau munfarid. Pada intinya shalat sunnah utamanya dilakukan dengan sendirian dan lebih utamanya lagi dikerjakan di ruamh. Rasulullah Shalalahu alaihi wasalam bersabda:

فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِى بُيُوتِكُمْ ، فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ الْمَرْءِ فِى بَيْتِهِ إِلاَّ الْمَكْتُوبَةَ

“Hendaklah kalian manusia melaksanakan shalat (sunnah) di rumah kalian karena sebaik-baik shalat adalah shalat seseorang di rumahnya kecuali shalat wajib.” (HR. Bukhari no. 731)

7 Keutamaan atau Fadhilah Sholat Dhuha

Berikut ini 7 keutamaan bagi orang yang biasa mengerjakan sholat dhuha:

keutamaan fadhilah sholat dhuha
idntimes.com

1. Sholat dhuha merupakan salah satu wasiat Nabi Muhammad Shalalahu alaihi wasalam

Sahabat Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, berkata :

Nabi Shalalahu alaihi wasalam mewasiatkan kepada aku 3 hal yaitu: puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha 2 rakaat, dan sholat witir sebelum tidur.

2. Mengganti sedekah dengan seluruh persendian

Nabi Shalalahu alaihi wasalam bersabda yang artinya [su_highlight background=”#80BCA3″ color=”#ffffff”]“Pada pagi hari seluruh persendian kalian harus disedekahkan . Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu juga amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa diwakili dengan mengamalkan sholat Dhuha dua rakaat”[/su_highlight] HR. Muslim.

3. Sholat dhuha merupakan kebiasaan orang yang suka bertaubat

Rasulullah Shalalahu alaihi wasalam bersabda yang artinya [su_highlight background=”#80BCA3″ color=”#ffffff”]“sholatnya orang-orang yang suka bertaubat adalah sholat pada saat anak unta kepanasan karena terik matahari.”[/su_highlight] HR. Muslim.

4. Jaminan dipenuhinya kebutuhan di sore harinya

Rasulullah Shalalahu alaihi wasalam bersabda [su_highlight background=”#80BCA3″ color=”#ffffff”]“Allah Ta’ala berfirman yang artinya:: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan 4 rakaat sholat di awal siang (di waktu dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.”[/su_highlight] HR. Ahmad.

5. Mendapat pahala seperti orang yang haji dan umroh

Nabi Shalalahu alaihi wasalam bersabda yang artinya [su_highlight background=”#80BCA3″ color=”#ffffff”]“ Barangsiapa yang melaksanakan sholat shubuh secara berjamaah lalu duduk sambil berdzikir kemudian ia melaksanakan sholat 2 rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh. Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna, dan sempurna.”[/su_highlight] HR. Tirmidzi.

6. Sholatntya para Awwabin (Orang yang kembali taat)

Nabi Shalalahu alaihi wasalam bersabda yang artinya [su_highlight background=”#80BCA3″ color=”#ffffff”]“Tidaklah menjaga sholat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah sholat awwabin.” [/su_highlight]HR. Ibnu Khuzaimah.

7. Mendapat pahala seperti orang yang mendapatkan banyak harta rampasan perang

Rasulullah Shalalahu alaihi wasalam mengutus sekelompok pasukan perang, lalu utusan ini membawa banyak harta rampasan perang dan pulangnya cepat. Para sahabat berkomentar,[su_highlight background=”#80BCA3″ color=”#ffffff”] “Wahai Rasulullah, kami tidak pernah melihat pasukan yang lebih cepat membawa ghanimah melibihi utusan ini.” Kemudian Rasulullah menjawab: “Maukah aku sampaikan keadaan yang lebih cepat pulang membawa kemenangan dan lebih banyak membawa rampasan perang? Yaiut seseorang berwudhu dengan sempurna di rumahnya kemudian pergi ke masjid lalu (tetap di masjid) dan diakhiri dengan sholat Dhuha. Maka orang ini lebih cepat kembali pulang membawa kemenangan dan lebih banyak rampasan perangnya.”[/su_highlight] HR. Abu Ya’la.

Semoga saja Allah memudahkan kita untuk selalu istiqomah untuk menjalankan ibadah sholat dhuha

Doa Dhuha

Kumpulan Kata-Kata Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2017 / 1438 H

Kumpulan Kata-Kata Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 2017 / 1438 H

Ucapan selamat lebaran 2017/ 1438 H atau kata-kata lebaran atau Hari Raya Idul Fitri ketika menjelang hari raya lebaran atau hari Raya Idul Fitri banyak sekali orang yang mencarinya di internet. Biasanya ketika dulu orang membuat kartu ucapan lebaran sebagai media untuk mengungkapkan kegembiraan mereka kepada sanak saudara atas kegembiraan merayakan hari raya idul fitri.

Tapi sekarang-sekarng ini membuat kartu ucapan lebaran sudah tidak populer lagi dikarenakan zaman digital sudah merubah kebiasaan tersebut. Di zaman digital sekarang ini banyak sekali media yang bisa dijadikan sebagai alat untuk memberikan ucapan lebaran kepada keluarga atau kerabat kamu.

Sebelum kamu mudik bisa mengirim gambar ucapan lebaran atau kata-kata selamat hari Raya Idul Fitri via aplikasi pesan sosial media seperti Whatsapp, BBM, Telegram, dan Line. Kamu juga bisa memposting di wall facebook kamu atau instagram dengan cara tag kerabat dan juga teman.

Pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa kata-kata ucapan lebaran yang unik dan lucu serta menarik untuk kamu berikan ke sahabat atau keluarga. Berikut contoh ucapan lebaran hari Raya Idul Fitri di Tahun 2017/ 1438 H.

Yuk kita lihat video yang sangat inspiratif ini. Dijamin membuat kamu SEDIH:

Ucapan Selamat Lebaran 2017

ucapan selamat lebaran
pinterest.com

Tidak ada pemberian paling indiah dan perilaku yang mulia
Selain meminta maaf dan memaafkan di hari yang suci ini
Selamat Hari Raya Idul Fitri 2017/ 1438 H
Minaal Aidzin Wal Fa’izin
Kami mohon maaf lahir dan juga batin

Ketika Idul Fitri tiba
Saat itu pula bulan Ramadhan pergi
Sebelum semua operator telepon sibuk
Sebelum sms pending dan ga sampai
Saya ucapkan mohon maaf lahir & batin

Sambutlah hari kemenangan dengan bahan paling baik
Bahan kesabaran dengan benangnya kesucian
Dihiasi dengan keikhlasan yang dijahit sebulan
Selamat Lebaran mohon maaf atas segala kesalahan

Untuk lisan ini yang tidak bisa dijaga
Untuk janji yang pernah terabaikan
Untuk hati yang kadang berprasangka
Untuk perilaku yang pernah menyakiti kolbu
Di hari kemenangan ini dengan tulus
Saya ucapakan mohon maaf atas segala kesalahan
Semoga kita semua memperoleh ridho dan ampunannya

Dosa kecil kepadamu yang pernah terucap
Perlahan-lahan jika terus dikerjakan akan membesar
Kebaikan yang pernah diberikan
Apabila terus ditumpuk maka hutang budi semakin banyak
Sahabatuku, di hari yang bahagia ini aku memintamu
Maafkanlah semua dosa terushlah menjadi sahabatku selamanya

Kata-kata Selamat Hari Raya Idul Fitri

Kata-kata Selamat Hari Raya Idul Fitri

Mamat sedang makan ketupat
Makannya sembari lompat
Mengirim kartu ucapan lebaran tidak sempat
Kirim lewat SMS aja No What What
Mohon maaf lahir dan batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah

Di tempat kerja kita teman
Terkadang ada persaingan
Di rumah kita teman
Terkadang ada perselisihan
Di hari yang fitri ini kita kokohkan tali pertemanan
Dengan salim memaafkan

Sayup-sayup suara takbir yang terus berkumandang
Pertanda bulan puasa sudah kita lewati
Barokah diharap dan ampunan didapatkan
Taqabalallahu Minnaa Waa Minkum
Mohon Maaf Lahir & Batin

Jika Idul Fitri merupakan sebuah lentera
Biarkan saja dia membuka tabirnya
Cahaya untuk memaafkan tembus ke jiwa
Dari semua khilaf serta kesalahan
Mohon maaf lahir dan batin
Selamat Lebaran 2017/ 1438 Hijriah

Terkadang mata ini salah dalam melihat
Terkadang mulut ini salah dalam mengucap
Terkadang hati ini salah dalam menduga
Dengan niat tulus ikhlas
Mohon maaf atas semua kesalahan
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Semoga perjuangan satu bulan kita diterima

Ramadhan pun akan berlalu
Jiwa yang berish dibalut kalbu
Dengan kerendahan hati ini
Mohon maaf dengan setulus hati
Selamat Hari Idul Fitri
Minaal Aidzin Wal Faa Idzin

Beli es di warung Bu Rahma
Disimpan di piring untuk dimakan bersama
SMS sudah diterima
Teriring juga maksud yang sama
Mohon maaf lahir dan batin

Sebelum ajal datang
Sebelum takbir berkumandang
Sebelum kuota internet habis
Izinkan saya untuk mohon maaf lahir dan batin

Jika terdpat kata yang dusta
Ada perlilaku yang membuat lara dan luka
Semoga saja masih terdapat raung maaf yang tersisa
Selamat Lebaran Mohon Maaf Lahir Batin

Teruntuk lisan ini yang susah untuk dijaga
Teruntuk janji yang sekiranya belum yang tertepati
Hati ini yang suka berperasangka
Dengan hati yang ikhlas ini, mohon maaf lahir & batin
Semoga semua amalan kita di ridhoi oleh Allah ta’ala

Ucapan Selamat Lebaran Lucu

Ucapan Selamat Lebaran Lucu

Meskipun hati ini tidak sebening Xl dan juga secerah MENTARI.
Banyak seklai khilaf yang menjadikan FREN kecewa. Aku memnita SIMPATI-mu agar BEBAS kan ROAMING dosa ini. Kita hanya bisa mengangkat JEMPOL yang senantiasa membuat HOKI di dalam mencari kartu AS selama kita hidup sebab kita perlu FLEXIbel untuk menerima seluruh ketetapannya dalam menjalankan MATRIX dalam hidup. Semoga amalan kita tidak ESIA-ESIA

Ustadz bilang orang ganteng minta maaf tidak perlu disuruh
Pak Kyai orang yang jujur tidak perlu untuk malu meminta maaf
Karena merasa anak yang ganteng dan jujur
Saya ucapkan mohon maaf lahir dan batin

Masa aktif hiudp terus berkurang. Saldo dosa pun semakin meningkat. Di hari yang fitri ini kita raih kesempatan unutk meningkatkan saldo iman kita denga isi ulang dengan silaturahmi. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir & batin

Mbah Marijan beli ikan
Saeful Jamil beli lilin
Minal aidin walfa idin
Mohon maaf lahir juga batin

Pagi-pagi bacaannya koran
Sarapannya sama ikan
Sebentar lagi kita akan lebaran
Semua kesalahan mohon di maafkan

Prilaku buruk jangan ditiru
Sifat buruk segera tinggalkan
Cantiknya yang berbaju biru
Saya ucapkan selamat hari lebaran

Buah markisa buah jambu
Dimakan hingga kenyang
Maafkan semua kesalahanku
Mari kita sambut hari raya dengan hati yang senang

Ucapan Selamat Lebaran Bahasa Jawa

Ucapan Selamat Lebaran Bahasa Jawa

Ngaturaken wilujeng Idul Fitri 1438 Hijriah Nyuwun gunging pangapunten. Mugi kito kanugrahan jatining fitrah saking gusti ingkang Maha Pemurah. Aamiin.

Sucineng ati, tumatining laku, ngaturaken SUGENG RIYADI 1438 Hijriah bilih wonten kalepatan nyuwun agungi samudro pangaksami.

Nadyan netra tansasmita, lathi tanwicara, hamung aksara tinata minangka duta. Bebeging manah nyuwun gunging pangapurandika lan sugeng riyadi.

Srengenge Idul Fitri anggawa pangarep-arep, silaturahim kanggo lantaran rumakete ati. Kita sedaya caos pangapura kanthi mantep nglaleake kalepatan liyan gawe tentreme ati.

Juminten mbeber kloso, Dodol kupat ngarep gapuro. Wonten dinten riyoyo, menawi lepat kulo nyuwun ngapuro. Mugi-mugi Allah maringi pepadang kagem sedoyo”

Mlaku-mlaku ning Malioboro Menawi sayah numpak becak luwih sekeca Sugeng riyadi kagem panjenengan sedaya Sagung kalepatan nyuwun diparingi pangapura. Tempat makan di Bandung

Ucapan Selamat Lebaran Bahasa Inggris dan Artinya

Ucapan Selamat Lebaran Bahasa Inggris dan Artinya

Idul Fitri is the best ways for us to remember the past time. If the last idul fitri we can meet each others, but this time we can not. Although like that, our heart never separated, let me say Happy idul Fitri. Surat lamaran kerja

Idul Fitri merupakan jalan paling baik untuk kita untuk mengingat masa lalu. Apabila idul fitri tahun lalu kita bisa berjumpa satu sama lainnya, tapi kali ini tidak. Meskipun itu, hati kita tidak akan pernah terpisah, selamat hari raya idul fitri.

The desire of sorry that must every individual, whether intentionally as well as error that wasn‘t on purpose. If I’ve made you sad as well as to shed tears. I apologize, Happy Eid Mubarak.

Keinginan untukk meminta maaf yaitu keharusan setiap insan, baik itu kesalahan yang di sengaja atau yg tidak di sengaja. Jika saya telah membuat kamu sedih dan bahkan juga hingga mengeluarkan air mata. Maafkan saya, Selamat idul fitri.

Most precious treasures is the patient. Most loyal friend is charity. The most beautiful is the sincere worship. The identity of the most high is faith. The hardest job is to forgive. Sorry for all the momentarily led astray and wrong.

Harta paling berharga ialah sabar. Teman paling setia ialah amal. Ibadah paling indah ialah ikhlas. Identitas paling tinggi ialah iman. Pekerjaan paling berat ialah memaafkan. Mohon maaf atas semua khilaf dan salah.

Ucapan Selamat Lebaran Bahasa Sunda

Ucapan Selamat Lebaran Bahasa Sunda

Bilih aya luhur saur bahe carek, tutur nu teu kaukur, laku-lampah nu teu merenah dugi ka ngaraheutkeun manah, di bulan nu pinuh barokah ieu hayu urang silih lubarkeun silih hapunten lahir batin, hayu urang mapag hiji Syawal 1438 H ku kabungahan tur kaikhlasan.

Batin nu usik nyaliksik diri, bilih kasabit kaciwit ati, karumpak ungkara basa, kadudut kalindu qalbu, mugia rido galih jembar pangampura tina samudayaning kalepatan. Wilujeng boboran Siam 1438 H. Hapunten samudaya kalepatan.

Tina weningna ati nu surti, tina mumunggang rasa nu ageung rumasa, bilih aya tutur saur nu teu kaukur, aya lampah nu teu merenah, tur lisan nu ngaraheutkeun manah, neda pangapunten lahir tumekaning batin, mugi luntur qolbu jembar pangampura. Wilujeng boboran Siam 1438 Hijriah. Taqobalallohu mina waminkum siamana wasiamakum, minal ‘aidin walfaizin.

Itulah kumpulan kata-kata ucapan selamat lebaran yang bisa kamu berikan ke sahabat, kerabat, dan keluarga ketika Hari Raya Idul Fitri. Semoga dengan ucapan lebaran itu bisa membuat kita semua menjadi orang yang saling memaafkan. Selamat Lebaran!

 

Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala Menurut Islam

Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala Menurut Islam

Mungkin kamu pernah mendengar tentang mitos kejatuhan cicak dari teman atau keluarga. Mitos ini lumayan populer di Indonesia. Apabila kamu belum mengetahui tentang mitos jatuhnya cicak. Simak terus sampai selesai artikel ini ya.

Apa Itu Cicak?

Apa Itu Cicak
bombastis.com

Cicak adalah salah satu jenis hewan melata yang sangat populer di kalangan anak kecil. Apalagi semenjak ada lagu cicak cicak di dinding. Pasti anak-anak hapal dengan lagu yang satu ini. Waktu kecil mungkin kamu akan girang ketika dapat cicak di atas atap rumah kamu. Tapi sepanjang waktu berlalu, perasaan itu semakin luntur.

Sebeb lama-kelamaan kamu akan merasa jijik dibuatnya. Bentuk cicak yang kecil, warna krem kecoklatan, dan lunak serta kedua buah matanya yang bundar hitam seperti menatap kamu sebagai musuhnya. Cicak biasa dijumpai di rumah-rumah saat malam hari. Cicak bukan termasuk hama yang bisa mengganggu kehidupan manusia, malahan cicak suka membantu memakan nyamuk dan lalat.

Penjelasan Kenapa Cicak Bisa Jatuh

mitos kejatuhan cicak
muslim.or.id

Cicak bisa melekat sangat erat di dinding dikarenakan ciciak memiliki bulu yang halus berukuran mikro yang disebut seta pada bagian telapak kakinya. Hukum fisika menerangkan bahwasannya satu seta saja bisa menahan beban sampai 20 mg, sedangkan cicak hanya memiliki berat tubuh 50 hingga 150 mg. Coba bandingkan dengan banyaknya seta yang ada di setiap kakinya. Sumbernya ini disebabkan adanya gaya tarik listrik antara molekul pada seta dengan molekul yang ada di permukaan.

Cicak bisa jatuh dari atap disebabkan kesalahan cicak ketika mengatur posisi kakinya. Hal ini merupakan kesalahan dari teknik yang cicak lakukan. Sebab ciciak sulit untuk dilepaskan dari dining atau permukaan lainnya saat ditangkap, akan tetapi bisa juga terjatuh ketika dilepas.

Asal Usul Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala

mitos cicak
poisonoussnail.wordpress.com

Pembuktian mitos kejatuhan cicak di kepala akan mendaptkan hal-hal yang buruk memang belum bisa dibuktikan secara ilmiah, sebab hal ini hanyalah sebatas mitos saja. Tapi, kamu mungkin merasa bingung, bagaimana mitos ini mengalami perkembangan sampai banyak orang yang percaya dengan mitos ini. Sebenarnya mitos ini berkembang dari kemampuan cicak yang bisa menempel dan berjalan di dinding.

Dengan kemampuannya, banyak yang mengira cicak tidak akan pernah jatuh jika sedang berjalan di atap atau tembok kan? Ketika kenyataannya ada cicak yang jatuh, maka hal itu sering dikait-kaitkan dengan kesialan, sebab banyak orang mengira “cicak kan bisa nempel ditembok, tapi kok bisa saya kejatuhan cicak, sial nih”. Seperti itulah kenapa cicak yang jatuh dan orang yang kejatuhan cicak dibilang sial.

Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala

mitos kejatuhan cicak di kepala
pixabay.com

Ada mitos yang tersebar di orang-orang Indonesia tentang kejatuhan cicak di kepala. Adanya cicak jatuh ke atas kepala banyak orang percaya sebagai sebuah tanda yang buruk. Berikut ini beberapa mitos kejatuhan cicak di kepala dan penjelasannya:

Rezeki Jadi Seret

Mitos pertama yang populer ketika kejatuhan cicak di kepala ialah rejeki akan seret. Benar, mitos kejatuhan cicak di atas kepala suka dihubung-hubungkan dengan seretnya rezeki. Rejeki seret ini mungkin juga ada hubungannya dengan kurangnya ibadah kita.

Tentu ini hanyalah sebatas mitos belaka, tapi banyak juga orang yang percaya dengan mitos ini. Sampai-sampai merasa dirinya akan mendapat rezeki yang seret ketika kejatuhan cicak, mereka pun mengalami sial dan rezeki seret. Padahal itu semua tidak lah benar, karena rezeki itu datangnya dari Sang Pencipta, bukan dari cicak.

Akan Jadi Sial

Mitos kedua ketika kejatuhan cicak di kepala dihubungkan dengan akan datangnya kesialan. Mitos ini adalah salah satu dari mitos yang populer dan banyak orang Indonesia yang mempercayainya. Banyak sekali orang yang menghubungkannya dengan kesialan. Meski hal itu belum ada buktinya sama seklai. Tapi, banyak orang yang mengakuai ketika sesudah kejatuhan cicak merek menjadi sial dan tertimpa masalah. Hal ini serupa dengan mitos saat menabrak kucing dengan kendaraan seperti mobil, motor , dan sepeda. Orang yang menabraknya akan tertimpa kesialan apabila kita tidak menguburnya.

Kenapa Orang Sial Ketika Kejatuhan Cicak?

Percaya gak percaya, walau hanya mitos, tapi banyak orang yang mempercayai ketika mereka mengalami kesialan sesudah mereka kejatuhan cicik di atas kepalanya. Penjelasan untuk hal ini bagaimana?

Pertama, hal itu hanyalah kebetulan belaka. Kebetulan saja ketika kita lewatr cicak jatuh di atas kepala, dan kebetulan saja kamu waktu itu lagi sial. Meskipun kamu tidak kejatuhan pun apabila takdir Sang Pencipta memberikan musibah waktu itu pasti musaibah akan menghampirimu.

Kedua, Di dalam tubuh kita, ada hal yang disebut sugesti. Sugesti merupakan secara tidak langsungnya doa yang ingin dikabulkan. Dari hal ini saat kejatuhan cicak di kepala, dan percaya mitos bahwa jatuhnya cicak di kepala dalah tanda kesialan, maka secara tak langsung alam bawah sadar kita akan mengirim sugesti itu ke dalam tubuh kita, dan jika sugesti itu kuat, hal itu akan benar-benar terjadi atas izin-Nya. Untuk menngkal hal semacam itu, kamu harus berfikir dengan kritism dan janganlah mudah percaya pada mitos-mitos yang belum terbukti kebenarannya.

Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Islam

Islam secara tegas tidaklah menafikan pertana dari alam, selama ada dalil kuat tentang hal itu. Buktinya Islam memperhatikan perkara ini adalah dari sabda Rasulullah shalalahu alaihi wasalam. berikut.

“Jika engkau mendengar ayam jantan berkokok maka mohonlah karunia kepada ALLAH, karena dia melihat malaikat. Dan jika engkau mendengar ringkikan himar maka mohonlah perlindungan kepada ALLAH karena dia melihat setan.” (HR. Muslim)

Hadits di atas menerangkan bahwasannya suara ayam jantan berkokok adalah tandai dari adanya malaikat, dan menyeru unutk umatnya supaya memperbanyak dzikir. Sama halnya ketika kita dengar ringkikan dari hewan keledai, hal itu pertanda adanya syaitan dan kita diminta supaya memperbanyak perlindungan ke Allah ta’ala.

Menghubung jatuhnya cicak dengan datangnya musibah atau menemukan ular yang lagi menyebrang jalan lalu kita paham bahwa itu sebagai hambatan atau memprediksi nasib dengan menerbangkan burung tidaklah dibenarkan, dan bahkan hal itu termasuk dalam kesyirikan. Rasulullah shalalahu alaihi wasalam bersabda:

“Thiyyarah adalah kesyirikan, thiyyarah adalah kesyirikan, thiyyarah adalah kesyirikan.” (HR Tirmidzi)

Thiyyarah termasuk dalam sebuah kesyirikan sebab orang yang yakin berarti sudah beranggap bahwa hewan tertentu bisa memberikan sebuah mudharat dan manfaat kepada dirinya. Padahal, hanya Allah semata yang bisa memberikan madharat dan manfaat, sementara burung hantu, burung gagakm, ular, atau cicak tidak bisa melakukan hal seperti itu dan tidak tahu tentang hal yang ghaib.

Sesudah kita tahu adanya penjelasan agama Islam tentang mitos kejatuhan cicak atau yang lainnnya, baiknya kita menjaga diri kita dari hal-hal yang sifatnya bisa menjadikan perbuatan kita dalam kesyirikan.

 

mitos kejatuhan kotoran cicak
mitos kejatuhan cicak di kepala
mitos kejatuhan cicak menurut islam
mitos kejatuhan cicak di tangan
mitos kejatuhan cicak saat hamil