Jual Mesin Bubut Bekas

Mesin bubut standar adalah salah satu jenis dari mesin bubut yang banyak dipakai di bengkel-bengkel pemesinan baik itu di lembaga pendidikan kejuruan, pelatihan, dan industri manufaktur. Selain mesin bubut juga ada banyak mesin yang berguna untuk proses pemesinan seperti mesin ketam, mesin freis, mesin gurdi, mesin gerinda, mesin broach, dan mesin yang lainnya. Sekedar informasi saja berikut informasi tentang mesin bubut.

Pengertian Mesin Bubut

jual mesin bubut

Mesin bubut adalah sebuah mesin perkakas yang biasanya dipakai untuk membuat bentuk-bentuk yang bisa dihasilkan dengan memutar benda kerja, seperti mengurdi, mengebor, membuat silindris, membuat permukaan rata, dan memotong.

Fungsi dari mesin bubut standar secara prinsip sama seperti mesin bubut lain, yakni untuk membubut benda putar, pengelasan, membuat ulir, pengeboran, meratakan benda putar, pembuatan mur dan masih banyak lagi kegunaannya.

Mesin bubu mempunyai roda gigi penukar yang ada untuk keperluan membuat ulir. Jumlah gigi yang ada pada mesin bubut bermacam-macam ada yang 15 hingga maksimal 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 memiliki kekhususan sebab dipakai untuk konversi dari ulir metrik ke ulir inci. Dalam menggunakan mesin bubut perlu ketilitian yang tinggi dan sabar.

Jenis-jenis Pembubutan

  • Pembubutan silindris (turning)
  • Pembubutan tepi (facing)
  • Pembubutan alur (grooving)
  • Pembubutan tirus (chempering)
  • Pembubutan ulir (threading)
  • Boring
  • Drilling
  • Reaming
  • Kartel

Jenis-jenis Mesin Bubut

Mesin Bubut Ringan

Mesin ini digunakan untuk latihan dan mengerjakan pekerjaan yang ringan. Bentuk alatnya kecil dan simpel. Digunakan untuk membuat benda dan model yang ukurnnya kecil. Mesin bubut ini ada dua jenis yaitu mesin bubut model lantai dan bangku.

Mesin Bubut Sedang atau Medium Lathe

Kontruksi dari mesin jenis ini lebih cermat lagi dan dilengkapi dengan peralatan yang khusus. Mesin ini dipakai untuk pekerjaan yang banyak variasinya dan harus lebih teliti. Fungsi utama dari mesin bubut sedang ialah untuk membuat atau bisa juga untuk memperbaiki perkakas.

Mesin Bubut Standar atau Standard Lathe

Daya powernya lebih besar dibandingkan dengan mesin bubut ringan dan mesin bubut jenis ini adalah standar mesin bubut yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang.

Mesin Bubut Meja Panjang atau Long Bed Lathe

Mesin jenis ini merupakan mesin bubut yang biasa digunakan di industri. Mesin ini dipakai untuk pekerjaan-pekerjaan yang panjang dan juga besar.

Cara Kerja Mesin Bubut

Motor listrik membuat putaran di poros utama di kepala tetap atau head stock. Lalu poros utama memutar benda kerja lewat piring pembawa sampai terjadi putaran roda gigi yang ada di poros utama. Dengan roda gigi penghubung, putarannya akan disalurkan ke roda gigi poros ulir. Dari klme berulir, putaran poros ulirnya dirubah menjadi gerak transalasi di eretan pembawa pahat yang mengakibatkan benda kerja akan tersayat yang akhirnya terbentuk geram.

Jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dengan mesin bubut:

  • Membuat bentuk profil atau membubut ulir
  • Membubut kerucut atau tirus
  • Membubut muka rata atau membubut melintang
  • Membubut rata dan merata muka serta lurus atau membubut memanjang

Harga Mesin Bubut

Untuk harga mesin bubut yang baru atau mesin bubut bekas bervariasi tergantung merek, teknologi, kapasitas, dan lainnya. Mesin bubut dijual dari harga 10 juta sampai ratusan juta rupiah.

Jual Mesin Bubut Bekas Berkualitas

Kami menjual mesin bubut bekas dan tentunya berkualitas. Berikut penampakan mesin bubutnya :

jual mesin bubut

jual mesin bubut bekas

Mesin bubut di atas Swing 300 open bed, 400 mm panjang kerja 750 mm.