Makanan Khas Bali

Makanan Khas Bali – Siapa sih yang tidak kenal Bali atau dijuluku pulau dewata ini? Pasti kamu sudah tahu semua kan? Pulau Bali mempunyai banyak potensi baik itu dari segi wisata pantainya, budayanya, makanan khas bali, dan wisata alam lain yang ada di sana. Indahnya Pulau Bali sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia. Sebagian wisatawan dari luar negeri malahan tidak kenal Indonesia. Mereka mengira bahwasannya Bali itu sebuah negara sendiri.

Bali sangat terkenal dengan wisata pantainya yang indah, pasirnya yang bersih dan putih, dan airnya yang bening. Tak heran apabila para pelancong baik itu dari dalam dan luar negeri berdatangan ke pulau yang satu ini.

Wisatawan yang datang tidak hanya wisatawan dewasa saja, banyak pelajar yang datang untuk liburan. Biasanya para pelajar memakai bus untuk berlibur ke Bali untuk merasakan indahnya Pulau Bali, utamanya pantai yang terkenal.

Bali memang seperti surganya dunia. Apabila kamu liburan ke Bali, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mencoba makanan khas Bali yang enak-enak dengan kaya akan rempah-rempah yang sangat terasa dan pedas. Untuk kamu yang beragan Islam, kamu harus berhati-hati untuk makan makanan asli Bali. Sebab ada beberapa makanan Bali yang bahannya memakai daging babi.

Makanan Khas Bali Ayam Betutu

makanan khas bali ayam betutu
perutgendut.com

Pasti untuk kamu yang sudah pernah ke Bali tidak asing lagi dengan makanan khas Bali yang satu ini. Ayam betutu merupakan makanan asli Bali yang asalnya dari Gianyar, tapi sekarang sudah tersebar di seluruh Bali. Penemu atau orang pertama yang membuat ayam betutu ini ialah Ni Wayan Tempeh yang tinggal di daerah Abiansi, Gianyar pada tahun 1976. Ayam betutu merupakan icon makanan khas Bali. Jadi, kamu jangan pernah lupa untuk merasakan ayam betutu apabila berkunjung ke Pulau Bali. Betutu biasanya memakai daging ayam kampung tapi ada juga yang memakai daging bebek untuk membuat betutu.

Apabila kamu doyan masakan yang pedas, pasti kamu akan menyukai ayam betutu yang kaya akan rempah-rempah dengan rasanya yang pedas pasti akan membuat kamu ketagihan. Uniknya dari ayam betutu ini, bumbunya akan dimasukan ke dalam perut ayamnya. Kemudian daging ayamnya akan dibungkus memakai daun pisang dan dipanggang memakai bara api dari sekam. Porses memasaknya bisa menghabiskan waktu sampai 24 jam, supaya bisa menghasilkan ayam betutu yang gurih, pedas, dan lembut.

Masakan Bali Sate Lilit

makanan khas bali sate lilit
bisnisukm.com

Masakan Bali yang satu ini berbeda seperti sate yang ada yang umumnya dagingnya ditusuk, sate lilit ini dibuat dengan cara dililit. Daging yang akan dililit sebelumnya dicincang terlebih dahulu dan diberi bumbu khas Bali. Lalu dililitkan pada batang daun serai atau bisa memakait tangkai bambu. Rasa dari sate lilit ini gurih dan empuk. Apalagi sate lilitnya yang memakai daun serai, kamu akan mencium aroma wangi yang menggugah selera makanmu.

Daging yang digunakan untuk membuat sate lilit ini biasanya menggunakan daging ayam, ikan tenggiri, atau daging babi. Yang menjadi favorit yaitu sate lilit yang menggunakan daging ikan tenggiri. Untuk menemukan sate ini sangatlah mudah. Sate ini bisa ditemukan di rumah makan khas Bali, pedagang makanan yang ada di pinggir jalan, dan bisa ditemukan juga di pasar tradisional.

Kuliner Bali Lawar Kuwir

kuliner bali lawar luwir
www.topindonesiaholidays.com

Kuliner Bali selanjutnya Lawar. Kuliner ini merupakan campuran dari sayuran dan daging yang dicincang dipadukan khusus dengan memakai bumbu asli Bali. Biasanya lawar diolah dengan memakai campuran daging babi, tapi ternyata bebek atau kuwir bisa menjadi daging pengganti yang digemari masyarakat Bali.

Pada umumnya daging bebek yang telah dicincang akan dipadukan dengan potongan sayur kacang panjang dan parutan kelapa dan diberi lumuran bumbu Bali. Lawar Kuwir akan semakin nikmat apabila dimakan dengan nasi bersamaan dengan sate lilit, suwiran ayam betutu, dan kacang tanah.

Wisata Kuliner Bali Babi Guling

Wisata Kuliner Bali Babi Guling
baliandbeauty.blogspot.com

Perlu kamu garis bahwai dan juga dicetak tebal, wisata kuliner Bali satu ini 100% tidak halal. Meskipun begitu, babi guling sangat digemari dan menjadi makanan favorit bagu warga Bali. Warna kulit babi guling yang sudah matang berwarna kecoklatan rasanya renyah di lidah. Dagingnya kaya dengan bumbu rempah-rampah. Masakan ini umumnya dihidangkan dengan nasi putih dengan lawar, sate lilit, dan jukut ares.

Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur Ayam Bali
ulinulin.com

Apabila kamu tidak mempunyai cukup waktu unutk merasakan semua menu-menu di atas, kamu bisa merasakan ragam kuiliner khas Bali dalam satu piring. Suwiran ayam sisit, sate lilit, lawar ayam, dan sayur urap bisa kamu santap dengan ditemani nasi puth yang hangat. Coba untuk menambahkan sambal matah dan sambal embe khas Bali ke dalam nasi campur ayam balimu, dijamin rasanya akan semakin nikmat.

Yang menarik dari menu masakan ini adalah lauknya selalu berbeda-berda pada setiap rumah makan yang ada di Bali. Ada rumah makan yang menghidangkan dengan telur sambal tomat, ayam betutu, kulit ayam goreng, ikan pindang, daun umbi pedas, dan taburan kacang tanah goreng.

Makanan Bali Rujak Kuah Pindang

Makanan Bali Rujak Kuah Pindang
satujam.com

Kamu suka dengan makanan pedas dan segar? Makanan Bali rujak kuah pindang pasti akan cocok kamu. Rujak kuah pindang adalah makana khas Bali yang hanya bisa kamu jumpai di Bali. Makanan ini isinya buah-buahan seperti nanas, mangga muda, bengkuang, jambu air, mentimun yang dirajang.

Lalu buah-buah yang sudah dirajang itu disiram dengan kuah yang berasal dari ikan pindang yang dicampur dengan terasi dan cabai. Itu menjadi pembeda dari rujak kuah pindang dengna rujak lain. Sedikit rancu juga sebenarnya ruja dicampur dengan kuah pindang. Tapi, untuk kamu yang sedang liburan di Bali usahakan untuk mencoba makanan yang satu ini.

Rujak Bulung Makanan Khas Bali

Rujak Bulung Makanan Khas Bali
leonard-slatter.com

Selain rujak kuah pindang, di Bali juga ada rujak bulung. Rujak bulung terbuat dari rumput laut yang diberi garam, terasi, cabe rawitm parutan kelapa muda, kencur, dan disiram dengan kuah pindang. Rasa yang gurih, pedas, manis, dan segar terhidang dalam satu porsi rujak bulung. Cita rasanya sangatlah khas dan digemari oleh orang-orang Bali. Untuk menemukan rujak ini kamu bisa cari di Kota Denpasar. Harga satu porsinya pun lumayan murah hanya Rp. 15.000,00 saja.

Serombotan Saladnya Bali

serombotan bali
travelblog.astadala.com

Jika di luar negeri sana dikenal dengan salad dan di Jawa dikenal dengan urap, Bali juga mempunyai kuliner sayuran khas yang bernama serombotan. Makanan khas ini disajikan dengan campuran sayuran seperti bayam, kacang panjang, kangkung, terong bulat, buncis, pare, dan tauge.

Untuk bumbunya sendiri dikenal dengan nama kalas. Kalas ini adalah sejenis santan yang isinya campuran dari lengkuas, kunyit tumbuk, bawang merah, kencur, ketumbar, dan bawang putih. Bumbunya dicampur lagi dengan bumbu pedas dan bumbu kacang.

Untuk menemukan makanan ini kamu bisa dengan mudah menemukannya di daerah Klungkung, tapi makanan ini bisa diperoleh di pelosok Bali. Biasanya tersedia juga di pasar-pasar tradisional atau rumah makan asli Bali.

Tipat Blayag Ketupatnya Bali

tipat blayag
ksmtour.com

Untuk kamu warga asli Bali pasti sudah tidak asing lagi dengan tipat cantok yang ada di Bali. Tapi bagaimana dengan tipat blayag khas Buleleng?

Bentuk dari tipat blayag tidak seperti ketupat pada umumnya yang berbentuk persergi, tapi mirip seperti lontong yang dililit dengan memanjang memakai janur muda atau enau muda. Tak seperti tipat cantok yang bumbunya memakai bumbu kacang, blayag mempunyai bumbu dari olahan tepung beras dan dicampur bumbu Bali.

Bumbunya sangatlah kental seperti santan sangat nikmat dicampur dengan tipat blayag, gorengan ceker ayam, kacang kedelai, kerupuk kulit ayam, sayur urab, dan ayam sisit.Kamu bisa menemukan makanan ini di daerah Singaraja. Tapi ada beberapa rumah makan dengan label Singaraja yang ada di daerah Denpasar dan Kuta menyediakan menu masakan ini.

Nasi Jinggo Makanan Murah Bali

nasi jinggo bali
testmagang.blogspot.com

Untuk kalian yang memiliki kantong uang yang tipis, nasi jinggo bisa mengatasi permasalahan itu jika kalian sedang di Bali. Nasi jinggo harganya sangatlah terjangkau. Khasnya dari masakan ini adalah pada kemasannya yang dibungkus dengan daun pisang dan sambalnya yang pedas. Nasinya dihidangkan hanya sekepalan orang dewasa, untuk lauknya terdiri dari mie goreng, ayam suwir, dan tempe goreng. Saran saya kamu pesan 2-3 bungkus nasi jinggo untuk mengatasi perut laparmu.

Tak ada yang tahu asal kata dari jinggo atau jenggo, tapi katanya kata itu dari bahasa hokkien jeng go yang artinya 1500. Pada tahun 1997, saat nasi ini mulai terkenal, sempat dihargai dengan Rp. 1.500, tapi untuk sekarang rata-rata dihargai sekitar Rp. 3.000 sampai Rp.5.000.

Kamu akan dengan mudahnya menemukan nasi ini sebab nasi jinggo termasuk makanan kaki limanya Bali. Kamu akan menemukan makanan ini di pinggir-pinggir jalan yang ada di Bali. Umumnya penjual nasi jinggo akan mendirikan stand kecil di pinggir jalan.

Nasi Tepeng Buburnya Bali

nasi tepeng bali
www.blibli.com

Nasi tepeng merupakan makanan khas dari Gianyar yang dihidagkan seperti bubur. Bumbunya terbuat dari rempah-rempah khas Bali yang disiram pada tepeng. Tidak heran rasa pedas pada tepeng menjadikan makanan ini bisa memanjakan lidah orang yang memakannya.

Nangka muda, terong, kacang merah, kacang panjang, daun kelor, dan kelapa parut merupakan beberapa sayuran untuk melengkapi nasi tepeng. Untuk lauk pauknya biasanya tersedia suwiran ayam goreng dan telur. Cara menghidangkannya juga unik, yaitu dengan memakai daun pisang.

Nah itulah beberapa makanan khas Bali yang bisa kamu coba jika berlibur ke sana. Kamu bisa memberi masukan masakan Bali yang belum dibahas dengan memberikan komentar di bawah.