10 Manusia Terkaya Di Indonesia Ini Sangat Menginspirasi

10 Manusia Terkaya Di Indonesia

orang terkaya indonesia picture

Menjadi manusia terkaya di Indoneisa mungkin impian anda. Tapi apakah anda sanggup untuk menjalani semua proses beserta rintangan yang akan anda hadapi? Untuk menjadi pengusah yang kaya raya pastinya mengalai pengalaman jatuh bangun. Maka, anda harus siapkan visi dan mental. Saya akan mebagikan daftar 10 Manusia Terkaya Di Indonesia. Semoga menjadi motivasi dan inspirasi untuk anda.

10. Tahir

manusia terkaya di indonesia picture
beritasatu.com

Tahir adalah pemilik dari lisensi Forbes Indonesia. Selain sebagai pengusaha dia adalah seorang filantropi, investor, dan juga pendiri dari Mayapada Group. Mayapada Group ini memiliki beberapa unit usaha di Indonesia.

Salah satunya Bank Mayapada. Tapi, pada tahun 2015 lalu banknya dijual seharga 150 juta dolar AS. Hasil penjualannya dia belikan dua buah bangunan di Indonesia dan Jepang.

Putrinya juga terjun di dunia bisnis online yang memiliki investasi di situs Talenta dan Printerous. Tahir memiliki kekayaan sebesar 2 miliar dolar Amerika Serikat.

9. Mochtar Riady

manusia terkaya di indonesia mochtar riady gambar
hkbu.edu.hk

Merupakan pendiri dari Lippo Group yang saat ini dilanjutkan oleh kedua anaknya Stephen dan James Raidy. Cucunya, Yohanes Riady menjadi CEO di toko online mataharimall.com dimana investasi dari toko online itu sebanyak 500 juta dolar Amerika Serikat. Keluarga Riady memiliki kekayaan sebesar 2,2, miliar dolar Amerika Serikat.

8. Boenjamin Setiawan

boenjamin setiawan picture
kalbe-dbsdls.com

Boenjamin Setiawan alias Khouw Liep Boen yang dikenal dengan “Dr. Boen” merupakan salah satu pendiri PT Kalbe Farma, perusahaan ini bergerak di sektor farmasi dan telah berkembang menjadi sebuah grup yaitu Grup Kalbe.

Grup ini terus mengalami perkembangan menjadi beberapa lini bisnis, di antaranya: makanan kesehatan, farmasi, bisnis pengepakan, pergudangan, distribusi, sarana riset modern, rumah sakit dan pendidikan.

Boenjamin ini adalah seorang akademisi di bidang farmakinetik dan farmakologi. Meraih gelar doktornya di UI (Universitas Indonesia) dan gelar Ph.D di bidang farmakologi di Universitas of California.

Sebelumnya dia adalah seorang dosen. Setelah menyelesaikan pendidikan di AS, ia mencoba untuk memulai bisnis farmasi dengan membangun Kalbe. Saat ini kekayaannya sebesar 3 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar 39 triliun rupiah.

7. Bachtiar Karim

bachtiar karim picture
sahabatsepi.wordpress.com

Anak sulung dari empat bersaudara, Bachtiar Karim merupakan pimpinan Musim Mas Group, dimana bisnisnya bergerak di bidang minyak sawit / CPO. Dia bergabung dengan perusahaan ayahnya Anwar Karim sejak tahun1981.

Perusahaan Musim Mas sendiri telah di rintis sejak lama oleh kakeknya tahun 1932 di Kota Medan. Awalnya perusahaan ini bernama Nam Cheong yang memproduksi sabun mandi. Menggunakan nama Musim Mas pada tahun 1972, yang sebelumnya namanya PT Lambang Utama.

Saat ini Musim Mas menggarap bisnis perkebunan kelapa sawit. Selain di kelapa sawit, grup Musim Mas memiliki PT Megasurya Mas, perusahaan ini memproduksi berbagai merek produk sabun.

Ada juga Hotel Mikie Holiday yang dibangun pada tahun 2000 di Brastagi, Sumatera Utara. Kekayaan yang ia miliki mencapai 3,3 juta dolar Amerika Serikat atau kurang lebih 43 triliun rupiah.

6. Sri Prakash Lohia

sri prakash lohia picture
alux.com

Pemilik dari perusahaan petrokimia Indorama ini memiliki kekayaan 4,7 miliar dolar atau 61 triliun rupiah. Dia juga masih mengepalai beberapa perusahaan. Pada tahun 1976, awalnya perusahaan Indorama menjalankan bisnisnya dalam pembuatan benang pintal.

Saat ini menjalankan beberapa produk industri seperti polypropylene dan polietilen, kedua bahan itu digunakan untuk sarung tangan medis dan thermoplastic. Berasal dari keturunan orang kaya dimana adiknya adalah miliarder dari negeri gajah putih Thailand dan saudara iparnya merupakan konglomerat baja di India.

5. Chairul Tanjung

chairul tanjung picture
beritasatu.com

Pemilik dari CT Corp menjalankan beberapa lini bisnis penting di Indonesia. Mulai dari bisnis hiburan, media perbankan, gaya hidup sampai perkebunan. Salah satu bisnis pakaiannya yaitu Trans Fashion memiliki hampir 100 toko di berbagai kota di Indonesia.

CT Corp juga memegang waralaba restoran Wendy’s dengan cabang 30 restoran. CT juga menggeluti bisnis taman bermain yaitu Trans Studio, ada saham di Bank Mega, serta memegang beberapa waralaba lain seperti Versace, Jimmy Choo Indonesia, dan Mango.
Di usianya yang sudah kepala lima, owner dari Transcorp ini memiliki kekayaan sebesar 4,8 miliar atau sekitar 63 triliun rupiah.

4. Eka Tjipta Widjaja

eka tjipta widjaja picture
blogspot.com

Kebanyakan dan biasanya orang sukses pernah mengalami kegagalan dan menghadapi berbagai rintangan dalam hidupnya. Seperti Eka Tjipta Widjaja, masa kecilnya yang ia lalui sangat berat. Lahir pada tanggal 3 Oktober 1923 di China.

Saat usia 9 tahun pindah ke Makassar bersama dengan ibunya. Untuk sampai ke Makassar ibunya terpaksa berhutang kepada rentenir sebanyak 150 dolar Di Makassar Eka kecil membantu ayahnya yang terlebih dahulu sampai di Makassar.

Tujuannya untuk segera membayar hutangnya sebesar 150 dolar tadi. Pendidikan formal yang dia ambil hanya sampai sekolah dasar. Pendiri Sinar Mas Grup ini kini memiliki kekayaan 5,3 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar 69 triliun rupiah.

3. Anthony Salim

anthoni salim picture
flickr.com

Anthony Salim alias Liem Hong Sien, lahir pada hari selasa, 25 Oktober 1949. Sebelum terjadi krisis moneter pada tahun1998, Anthony pernah menjabat sebagai CEO Group Salim.

Sebagian perusahaan dari Salim Group dijual untuk melunasi hutang akibat terjadinya krisis moneter. Akan tetapi, ada beberapa perusahaan yang dia pertahankan di antaranya PT Indofood Sukses Makmur dan PT Bogasari Flour Mills. Anthony memiliki kekayaan 5,4 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar 71 triliun rupiah.

2. Susilo Wonowidjojo

susilo wonowidjojo picture
blogspot.com

Tak lepas dari manusia terkaya pertama di Indonesia. Manusia terkaya kedua di Indonesia pun memiliki bisnis di industri rokok. Gudang garam nama mereknya. Gudang garam juga merupakan salah satu merek rokok terkenal di Indonesia dan di beberapa negara.

Dibalik perusahaan ini Susilo Wonowidjojo lah sang nakhodanya. Meskipun dia hanya melanjutkan warisan dari sang ayah, dengan kepemimpinannya Gudang Garam berubah menjadi salah satu produk rokok yang populer.

Dulunya perusahaan ini bernama Ingwie yagn memproduksi rokok linting yang terbuat dari daun jagung. Setelah perusahaannya berkembang menjadi semakin besar ayahnya mengubah nama perusahaannya menjadi Pabrik Rokok Tjap Gudang Garam.

1. Keluarga Hartono

budi hartono picture
klimg.com

Manusia terkaya pertama lagi-lagi dipegang oleh keluarga Hartono. Budi Hartono dan Michael Hartono menjadi orang terkaya teratas di Indonesia. Dibalik keberhasilannya ada peran dari ayahnya yaitu Oei Wie Gwan yang dulu mengakuisisi perushahaan yang mau bangkrut pada tahun 1950.

Saat ini perusahaan yang pasti kita kenal yang bernama Djarum ini menjadikan pria yang berusia 75 tahunan itu menjadikan kakak beradik itu menjadi salah satu pengusaha di industri rokok terbesar di Indonesia.

Michael bersama adiknya, Budi Hartono, memiliki aset yang sangat berharga di Bank Central Asia dimana bak ini merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Kekayaannya mencapai 15,4 miliar dolar Amerika Serikat atau apabila di konversi ke rupiah sekitar 202 triliun.

Itulah manusia terkaya di Indonesia. Semoga bisa memberi ilmu dan motivasi agar bisnis yang anda jalan bisa sukses seperti mereka.