Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Terbukti Ampuh

Minyak Zaitun adalah jenis minyak yang dihasilkan dari penggilingan buah pohon zaitun. Banyak kandungan dalam minyak zaitun ini yang sangat baik untu kulit terutama manfaatnya untuk wajah. Diantaranya lemak, vitamin E, vitamin K dan lain-lain.

Dari jaman dulu, minyak zaitun banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, masakan, sabun bahkan kosmetik. Banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Terdapat beberapa jenis minyak zaitun di pasaran. Banyak toko-toko yang jual minyak zaitun dengan harga yang terjangkau. Dalam artikel ini akan dijelaskan manfaat dan cara pengunaan minyak zaitun

4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah
mtv2day.info

1. Mengatasi Wajah Berjerawat

Jerawat memang menjadi masalah bagi sebagian manusia terutama wanita. Banyak yang merasa kurang percaya diri jika diwajahnya terdapat banyak jerawat. Nah, kabar baik untu Anda karena dengan minyak ziaitun jerwata yang memabndel di wajah bisa diatasi.

Tidak perlu memakai obat-obatan mahal apalagi bahan yang digunakan adalah bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Gunakan saja minyak zaitun sebagai bahan alami menghilangkan jerawat di wajah. Caranya cukup bersihkan wajah menggunakan air bersih lalu oleskan minyak zaitun secukupnya pada bagian yang ada jerawatnya. Tunggu hingga minyak zaitun mengering, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Mengangakat Kotoran di Wajah

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah menumpuknya kotoran di wajah. Jika Anda adalah orang yang aktif diluar ruangan, maka kemungkinan terkena kotoran, debu dan sinar matahari akan semakin besar. Sebelum kotoran tersebut menimbulkan masalah yang lebih kompleks, jerawat misalnya. Lebih baik bersihkan menggunakan bahan yang tepat.

Salah satu rekomendasinya adalah minyak zaitun yang diyakini mampu menganggkat kotoran dan debu di wajah. Cara penggunaannya; bersihkan atau bilas wajah dengan menggunakan air hangat agar pori-pori kulit wajah terbuka. Lalu oleskan minyak zaitun ke seluruh wajah dan biarkan selama kurag lebih 5 menit.

Kemudian siram wajah menggunakan air dingin agar pori-pori tertutup kemabali. Lakukakn secara rutin sehabis Anda beraktifitas di luar ruangan.

3. Merawat Kesehatan Kulit

Kulit yang merupakan bagian terluar dari organ manusia sangat rentan terkena kotoran , bakteri, debu dan lain-lain yang memngakibatkan kerusakan. Begitu jug dengan kulit diwajah, jika telalu sering terkena bakteri ma akan menyebabkan wajah menjadi kusam, kering dan garis halus yang mengganggu penampilan Anda.

Menggunakan minyak zaitun secara rutin bisa mengurangi resiko flek pada wajah yang disebabkan kotoran tadi. Karena minyak zaitun memiliki khasiat merawat kulit yang sangat baik.

Gunakan sebelum beraktivitas agar terhindar dari dampak buruk kotoran, debu, sinar UV dan lain sebagainya. Gunakanan juga sebelum Anda tidur, karena akan membuat kulit menjadi kenyal, sehat, kencang dan tidak kering.

4. Mengatasi Wajah Berminyak

Karakter kulit setap orang pasti berbeda-beda. Ada sebagian yang memiliki karakter kulit yang kering, namun banyak juga yang mempunyai karakter kulit berminyak. Kulit wajah yang berminyak merupakan salah satu sumber masalaha pada wajah yang perlu ditangani.

Masalah yang sering timbul antara lain wajah mudah berjerawat, kulit kusam dan kotor. Untungnya ada minyak zaitun yang dapat mengatasi kulit berminyak Anda. Yang perlu dilakukan hanya menggunakan masker dari bahan zaitun ketika wajah Anda dalam keadaan lelah. Sebelumnya wajah terlebih dahulu dibersihkan menggunakan sabun cuci muka, lalu tempelkan masker tersebut selama 15 menit, dan angkat.

Perlu diketahui, 4 cara diatas tidak hanya berlaku bagi kaum hawa. Pria juga bisa melakukan hal tersebut guna menjaga kesehatan kulit wajahnya.

Baca Juga : Obat Pelancar ASI

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Wajah

Setelah tadi mengetahui manfaat minyak zaitun untuk wajah. Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana caranya menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih wajah.

  • Tuangkan sedikit saja minyak zitun ke telapak tangan dan usapkan pada wajah. Kemudian gerakan tangan keseleruh wajah hingga merata, terutama pada bagian lipatan hidung yang sering terlewatkan.
  • Pijatkan tangan Anda ke wajah selama kurang lebih 2 menit. Cara ini untuk membersihkan minyak pada wajah dan kotoran yang terjebak pada pori-pori wajah.
  • Lalu ambil kain lembut dan masukan ke dalam air hangat. Bilas kain tersebut dan taruh pada wajah selama kurang lebih 10 menit. Cara ini digunakan untuk membuka pori-pori serta mengeluarkan kotoran.
  • Setelah selesai, cuci wajah Anda menggunakan air dingin hingga minyaknya benar-benar bersih. Perlu diingat ketika membersihkan wajah tidak diperkenankan menggosok atau menarik kulit wajah Anda.

Dalam prakteknya, pembuatan masker dari minyak zaitun ini mengikuti jenis kulit. Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda.

Kulit Kering

Untuk perawatan kulit kering, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ambilah satu kuning telur kuning, 1/2 sdm minyak zaitun dan satu sendok makan tepung
  • Campur ketiganya hingga membentuk pasta
  • Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 20 menit
  • Terakhir bilas dengan air hangat
  • Untuk hasil yang efektif, lakukan dua kali semingugu agar kulit tetap lembab

Kulit Normal

Untuk Anda yang berkulit normal, ambil setengah cangkir jus timun, setengah yoguhrt dan setengah sendok makan zaitun. Campur bahan-bahan tersebut dan aplikasikan pada wajah, lalu biarkan selama kurang lebih 15 menit.

Baru kemudian dibilas dengan air hangat. Untuk jenis kulit ini lakukan hanya sekali seminggu karena kulit normal termasuk jenis kulit yang sehat.

Kulit Berminyak

Campurkan bahan-bahan berikut; satu sendok makan bubuk cendana, setengah sendok teh kunyit, susu secukupnya. Aduk ketiga bahan tersebut hingga membentuk pasta. Terapkan pada wajah dan leher, diamkan selama setengah jam lalu cuci menggunakan air hangat. Terakhir gunakan air bunga mawar agar kulit Anda semakin bersinar.