Advertisements

Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala Menurut Islam

Mungkin kamu pernah mendengar tentang mitos kejatuhan cicak dari teman atau keluarga. Mitos ini lumayan populer di Indonesia. Apabila kamu belum mengetahui tentang mitos jatuhnya cicak. Simak terus sampai selesai artikel ini ya.

Apa Itu Cicak?

Apa Itu Cicak
bombastis.com

Cicak adalah salah satu jenis hewan melata yang sangat populer di kalangan anak kecil. Apalagi semenjak ada lagu cicak cicak di dinding. Pasti anak-anak hapal dengan lagu yang satu ini. Waktu kecil mungkin kamu akan girang ketika dapat cicak di atas atap rumah kamu. Tapi sepanjang waktu berlalu, perasaan itu semakin luntur.

Sebeb lama-kelamaan kamu akan merasa jijik dibuatnya. Bentuk cicak yang kecil, warna krem kecoklatan, dan lunak serta kedua buah matanya yang bundar hitam seperti menatap kamu sebagai musuhnya. Cicak biasa dijumpai di rumah-rumah saat malam hari. Cicak bukan termasuk hama yang bisa mengganggu kehidupan manusia, malahan cicak suka membantu memakan nyamuk dan lalat.

Penjelasan Kenapa Cicak Bisa Jatuh

mitos kejatuhan cicak
muslim.or.id

Cicak bisa melekat sangat erat di dinding dikarenakan ciciak memiliki bulu yang halus berukuran mikro yang disebut seta pada bagian telapak kakinya. Hukum fisika menerangkan bahwasannya satu seta saja bisa menahan beban sampai 20 mg, sedangkan cicak hanya memiliki berat tubuh 50 hingga 150 mg. Coba bandingkan dengan banyaknya seta yang ada di setiap kakinya. Sumbernya ini disebabkan adanya gaya tarik listrik antara molekul pada seta dengan molekul yang ada di permukaan.

Cicak bisa jatuh dari atap disebabkan kesalahan cicak ketika mengatur posisi kakinya. Hal ini merupakan kesalahan dari teknik yang cicak lakukan. Sebab ciciak sulit untuk dilepaskan dari dining atau permukaan lainnya saat ditangkap, akan tetapi bisa juga terjatuh ketika dilepas.

Asal Usul Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala

mitos cicak
poisonoussnail.wordpress.com

Pembuktian mitos kejatuhan cicak di kepala akan mendaptkan hal-hal yang buruk memang belum bisa dibuktikan secara ilmiah, sebab hal ini hanyalah sebatas mitos saja. Tapi, kamu mungkin merasa bingung, bagaimana mitos ini mengalami perkembangan sampai banyak orang yang percaya dengan mitos ini. Sebenarnya mitos ini berkembang dari kemampuan cicak yang bisa menempel dan berjalan di dinding.

Dengan kemampuannya, banyak yang mengira cicak tidak akan pernah jatuh jika sedang berjalan di atap atau tembok kan? Ketika kenyataannya ada cicak yang jatuh, maka hal itu sering dikait-kaitkan dengan kesialan, sebab banyak orang mengira “cicak kan bisa nempel ditembok, tapi kok bisa saya kejatuhan cicak, sial nih”. Seperti itulah kenapa cicak yang jatuh dan orang yang kejatuhan cicak dibilang sial.

Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala

mitos kejatuhan cicak di kepala
pixabay.com

Ada mitos yang tersebar di orang-orang Indonesia tentang kejatuhan cicak di kepala. Adanya cicak jatuh ke atas kepala banyak orang percaya sebagai sebuah tanda yang buruk. Berikut ini beberapa mitos kejatuhan cicak di kepala dan penjelasannya:

Rezeki Jadi Seret

Mitos pertama yang populer ketika kejatuhan cicak di kepala ialah rejeki akan seret. Benar, mitos kejatuhan cicak di atas kepala suka dihubung-hubungkan dengan seretnya rezeki. Rejeki seret ini mungkin juga ada hubungannya dengan kurangnya ibadah kita.

Tentu ini hanyalah sebatas mitos belaka, tapi banyak juga orang yang percaya dengan mitos ini. Sampai-sampai merasa dirinya akan mendapat rezeki yang seret ketika kejatuhan cicak, mereka pun mengalami sial dan rezeki seret. Padahal itu semua tidak lah benar, karena rezeki itu datangnya dari Sang Pencipta, bukan dari cicak.

Akan Jadi Sial

Mitos kedua ketika kejatuhan cicak di kepala dihubungkan dengan akan datangnya kesialan. Mitos ini adalah salah satu dari mitos yang populer dan banyak orang Indonesia yang mempercayainya. Banyak sekali orang yang menghubungkannya dengan kesialan. Meski hal itu belum ada buktinya sama seklai. Tapi, banyak orang yang mengakuai ketika sesudah kejatuhan cicak merek menjadi sial dan tertimpa masalah. Hal ini serupa dengan mitos saat menabrak kucing dengan kendaraan seperti mobil, motor , dan sepeda. Orang yang menabraknya akan tertimpa kesialan apabila kita tidak menguburnya.

Kenapa Orang Sial Ketika Kejatuhan Cicak?

Percaya gak percaya, walau hanya mitos, tapi banyak orang yang mempercayai ketika mereka mengalami kesialan sesudah mereka kejatuhan cicik di atas kepalanya. Penjelasan untuk hal ini bagaimana?

Pertama, hal itu hanyalah kebetulan belaka. Kebetulan saja ketika kita lewatr cicak jatuh di atas kepala, dan kebetulan saja kamu waktu itu lagi sial. Meskipun kamu tidak kejatuhan pun apabila takdir Sang Pencipta memberikan musibah waktu itu pasti musaibah akan menghampirimu.

Kedua, Di dalam tubuh kita, ada hal yang disebut sugesti. Sugesti merupakan secara tidak langsungnya doa yang ingin dikabulkan. Dari hal ini saat kejatuhan cicak di kepala, dan percaya mitos bahwa jatuhnya cicak di kepala dalah tanda kesialan, maka secara tak langsung alam bawah sadar kita akan mengirim sugesti itu ke dalam tubuh kita, dan jika sugesti itu kuat, hal itu akan benar-benar terjadi atas izin-Nya. Untuk menngkal hal semacam itu, kamu harus berfikir dengan kritism dan janganlah mudah percaya pada mitos-mitos yang belum terbukti kebenarannya.

Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Islam

Islam secara tegas tidaklah menafikan pertana dari alam, selama ada dalil kuat tentang hal itu. Buktinya Islam memperhatikan perkara ini adalah dari sabda Rasulullah shalalahu alaihi wasalam. berikut.

“Jika engkau mendengar ayam jantan berkokok maka mohonlah karunia kepada ALLAH, karena dia melihat malaikat. Dan jika engkau mendengar ringkikan himar maka mohonlah perlindungan kepada ALLAH karena dia melihat setan.” (HR. Muslim)

Hadits di atas menerangkan bahwasannya suara ayam jantan berkokok adalah tandai dari adanya malaikat, dan menyeru unutk umatnya supaya memperbanyak dzikir. Sama halnya ketika kita dengar ringkikan dari hewan keledai, hal itu pertanda adanya syaitan dan kita diminta supaya memperbanyak perlindungan ke Allah ta’ala.

Menghubung jatuhnya cicak dengan datangnya musibah atau menemukan ular yang lagi menyebrang jalan lalu kita paham bahwa itu sebagai hambatan atau memprediksi nasib dengan menerbangkan burung tidaklah dibenarkan, dan bahkan hal itu termasuk dalam kesyirikan. Rasulullah shalalahu alaihi wasalam bersabda:

“Thiyyarah adalah kesyirikan, thiyyarah adalah kesyirikan, thiyyarah adalah kesyirikan.” (HR Tirmidzi)

Thiyyarah termasuk dalam sebuah kesyirikan sebab orang yang yakin berarti sudah beranggap bahwa hewan tertentu bisa memberikan sebuah mudharat dan manfaat kepada dirinya. Padahal, hanya Allah semata yang bisa memberikan madharat dan manfaat, sementara burung hantu, burung gagakm, ular, atau cicak tidak bisa melakukan hal seperti itu dan tidak tahu tentang hal yang ghaib.

Sesudah kita tahu adanya penjelasan agama Islam tentang mitos kejatuhan cicak atau yang lainnnya, baiknya kita menjaga diri kita dari hal-hal yang sifatnya bisa menjadikan perbuatan kita dalam kesyirikan.

 

mitos kejatuhan kotoran cicak
mitos kejatuhan cicak di kepala
mitos kejatuhan cicak menurut islam
mitos kejatuhan cicak di tangan
mitos kejatuhan cicak saat hamil

Advertisements

1 thought on “Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala Menurut Islam

Kommen