6 Contoh Teks Naskah Drama Dengan Tema Persahabatan, Komedi, dan Cerita Rakyat

6 Contoh Teks Naskah Drama Dengan Tema Persahabatan, Komedi, dan Cerita Rakyat

Naskah drama merupakan elemen yang paling penting dalam dunia drama. Sebenarnya, apa sih naskah drama itu?. Frase naskah drama sendiri terdiri dari dua kata, yaitu “naskah” dan “drama”. Sudah sangat pasti bahwa kata “naskah” pasti berhubungan dengan teks, tulisan dan juga percakapan. Kemudian kata “drama”, yang sudah ada sejak zaman dahulu. Kata “drama” berasal dari bahasa Yunani yaitu “dran” yang berarti sebuah festival keagamaan. Banyak tema yang bisa diambil dalam membuat sebuah drama mulai dari tentang persahabatan, percintaan, dan tema yang bisa melibatkan 5, 6, sampai 7 orang pemain.

Semakin berkembangnya zaman, terjadi banyak improfisasi dalam drama. Seperti penambahan elemen musik dan beragam tema untuk drama. Jadi, naskah drama atau kata kerennya adalah skrip drama merupakan percakapan dalam drama. Ada cerita atau percakapan tertulis yang kemudian diadegankan dan dilakonkan oleh para pemain dalam sebuah drama. Naskah drama tidak hanya berisi percakapan dalam drama, tetapi juga jalan cerita dalam drama, bagaimana tokoh dalam drama tersebut bersikap, dan juga kegiatan atau aktifitas dari tokoh. Dalam artikel ini, akan ada enam contoh naskah drama yang akan kita jabarkan, simak ya!!.

Contoh Naskah Drama Pendek

naskah drama pendek
www.stmichaelscollege.org.uk

Naskah drama jenis ini merupakan naskah drama dengan dialog yang ringan atau tidak terlalu memberatkan. Naskah tersebut digunakan untuk drama dengan durasi waktu yang pendek. Contohnya sebagai berikut:

[su_expand more_text=”Selengkapnya” less_text=”Tutup”]

Rudi : Suatu hari nanti, jika kalian mempunyai dua pilihan. Yang pertama kerja di perusahaan besar, tapi bayaran rendah. Dan yang kedua bekerja di perusahaan kecil tapi bayarannya tinggi, pilih mana?

Risa : Aku akan memilih perusahaan kecil tapi gajinya tinggi.

Mano : Aku tidak. Mending di perusahaan besar tapi bayaran kecil, karena masa depan kita kan lebih terjamin.

Rudi : Kalau kamu Ani? Pilih mana? Ani : Kalau bagi aku yang penting itu kan potensi kedepannya, asalkan kedepannya lebih menjanjikan. Gaji kecil tidak apa-apa.

Mano : Kalau kamu Rud? Rudi : Aku sama dengan Ani. Kita bekerja itu kan untuk jangka panjang. Kalaupun gaji kita besar, namun tidak ada jenjang jabatan kan itu juga sebuah kerugian untuk masa depan kita?!

Mano : Iya, benar juga ya kata kamu. Yang paling penting itu kan jangka panjangnya.

Risa : Iya, sepertinya pilihan yang paling tepat dan bijak itu adalah memperhitungkan jangka panjangnya. Kalaupun gaji mahal, tapi hanya bersifat sesaat atau jalan di tempat kan rugi juga kita.

Ani : Ok, sekarang kalian kan sudah tahu kekurangan dan kelebihannya. Makanya, nanti kalau sudah bekerja pilihlah jenis pekerjaan dan perusahaan yang cocok untuk masa depan kalian.

[/su_expand]

Contoh Naskah Drama 5 Orang

contoh naskah drama 5 orang
www.thechildmindingshop.co.uk

Naskah drama tersebut merupakan jenis naskah drama yang di dalamnya terdapat 5 tokoh sedang melakukan percakapan. Contohnya sebagai berikut:

[su_expand more_text=”Selengkapnya” less_text=”Tutup”]

Rifki: Selama ini aku belajar terus, tapi kenapa ya nilaiku masih saja tidak bagus?

Talim: Sabar, kalau nilai kamu masih belum bagus itu berarti kamu harus lebih rajin lagi dalam belajar.

Lesti: Benar apa yang dikatakan Talim, kalau kamu lebih rajin, nilai kamu pasti bisa bagus.

Rifki: Tapi aku kan sudah rajin. Kurang rajin bagaimana lagi?

Sari: kamu harus bisa lebih rajin lagi. Ada saatnya kita masih harus bersabar.

Timi: Aku setuju. Apa yang dikatakan oleh Sari itu benar.

Rifki: Duh, aku bingung!

Lesti: Kenapa?

Timi: Iya, kamu bingung kenapa, Rif?

Rifki: Aku sudah belajar, hasilnya tetap saja dibawah perkiraan. Lalu apa yang harus aku lakukan.

Lesti: Yang penting kamu tetap fokus saja, nanti nilai kamu pasti akan jauh lebih baik dari sekarang. Percayalah!

Rifki: Ya sudah, terimakasih banyak atas nasehat kamu, dan juga nasehat teman-teman semuanya.

Talim: Ya!

Lesti: bagus.. percayalah!

[/su_expand]

Contoh Naskah Drama 7 Orang

contoh naskah drama 7 orang
www.classic.co.uk

Naskah drama jenis ini merupakan naskah drama yang di dalamnya terdapat 7 orang sedang melakukan dialog. Contoh naskah drama tersebut sebagai berikut:

[su_expand more_text=”Selengkapnya” less_text=”Tutup”]

Wandi: Ayo mengucap syukur sudah karena mendapat beasiswa.

Elis: Meski kita orang yang kurang mampu tapi akan kita buktikan kemampuan kita.

Duli: Sekarang kita harus tolong 3 sahabat kita. Mereka masih bingung mencari PTN.

Elis: Mereka orang mampu tidak sama dengan kita.

Ila: Tapi mereka sahabatku.

Tidia, Riska dan Ulfa datang dan mengucapkan selamat bagi 4 sahabat cowoknya.

Tidia: Selamat ya untuk kalian.

Riska: Kamu semua hebat.

Ulfa: Kita bagaimana ya?

Ila: Jalan satu-satunya tes tulis Fa.

Duli: Begini saja, kalian harus banyak belajar menghadapi tes tulis.

Serempak mereka bertujuh tertawa. Tes tulis tinggal menghitung hari, Riska, Tidia dan Ulfa terus belajar untuk masuk di kampus yang sama dengan sahabat cowoknya.

Duli: Apa yang masih belum dimengerti?

Tidia: Kalau aku matematika

Riska: Tidak kok. Aku lemah biologi dan kimia ini.

Duli: Itu Elis dan Ila siap membantu.

Elis: Begini saja kita belajar bersama. Seblum ujian tulis masuk kampus datang. Bagaimana?

Tidia: La begitu kan enak (Riska dan Ulfa hanya mengangguk).

Tes tulis dimulai serentak. Tidia, Ulfa dan Riska percaya diri dalam mengerjakan soal.

Duli: Kalian harus lolos ya

Tidia: Pasti kok. Doakan kita ya.

Mereka saling menyemangati saat ujian berlangsung.

Hari pengumuman pun tiba.

Wandi: Aku bilang apa.

Tidia: Aku lolos!!!

Ulfa: Horeeee…

Riska: Terima kasih Tuhan sudah memberi kesempatan untuk masuk di sini.

Duli: Benarkan kataku.

Ulfa: Terima kasih atas semangatnya.

Wandi: Inilah kita sahabat selamanya.

[/su_expand]

Contoh Naskah Drama Tentang Persahabatan

contoh naskah drama persahabatan
huffpost.com

Naskah drama ini lebih berhubungan dengan drama bertemakan persahabatan. Dimana tokoh didalamnya saling bersahabat. Contoh kutipan naskah drama persahabatan adalah berikut ini:

[su_expand more_text=”Selengkapnya” less_text=”Tutup”]

Nana : Den, kamu harus minta maaf pada Rendi atas apa yang telah kamu perbuat.

Deni : Tapi aku malu, aku sudah merusak persahabatan kita.

Nana : Tidak ada kata malu. Yang namanya sahabat harus saling memaafkan dan memahami kondisi. Ayo aku temani menemui Rendi.

Nana dan Deni pergi ke rumah Rendi pada sore hari. Mereka ingin menyelesaikan masalah yang terjadi.

Rendi : Nana, Deni. Silahkan duduk. (mengantar ke ruang tamu)

Deni : Ren, maafkan aku ya. Aku sudah curang dalam bisnis kita dan aku menyesal melakukan hal itu.

Rendi : Memang sakit rasanya, tapi aku sudah memaafkanmu Den. Kamu sudah seperti saudaraku.

Nana : Nah, inilah hakikat sebenarnya sebuah persahabatan. Kita harus selalu bersama sampai kakek nenek nanti yaa.

[/su_expand]

Contoh Naskah Drama Cerita Rakyat

contoh naskah drama cerita rakyat
histori.id

Cerita rakyat sering pula dipentaskan dalam bentuk drama. Maka dari itu ada naskah drama jenis ini. Berikut ini contoh kutipan dari naskah drama cerita rakyat “Maling Kundang” :

[su_expand more_text=”Selengkapnya” less_text=”Tutup”]

Ibu : Hai Maling, ini aku ibumu. Tidakkah kau ingat kau? (Sambil sujud memelas)

Maling Kundang : Aku tidak punya Ibu miskin dan buruk rupa sepertimu.

Ibu : Sombong sekali kau, tidak mengakuiku sebagai ibumu. Padahal dulu kau rendah hati sebelum berangkat ke kota.

Maling Kundang : Terserah aku mau apa, bukan urusanmu!

Ibu : Kudoakan semoga kau menjadi batu yang keras sekeras watakmu Maling.

Tiba-tiba petir keras membelah tanah sekaligus menyambar Maling Kundang dan merubah Maling Kundang menjadi batu.

Ibu : Doaku terkabul, oh Tuhan kini anakku menjadi batu.

[/su_expand]

Contoh Naskah Drama Komedi

contoh naskah drama komedi
www.yeahwrite.org

Naskah drama jenis ini akan lebih mudah membuat penonton tertawa karena isi dan kontennya memang bertujuan membuat para penonton terhibur. Contohnya adalah sebagai berikut :

[su_expand more_text=”Selengkapnya” less_text=”Tutup”]

Danang : Eh bro, kamu sedang baca apa tuh?

Ryan : Ini surat kabar, tadi ada berita tentang planet baru. (sambil membolak balikan koran)

Danang : Daripada baca itu mending denger curhatanku. Aku susah melupakan mantanku, aku harus gimana ya?

Ryan : ehm… tunggu sebentar (membaca berita)

Danang : Baca terus, dengerin aku dong.

Ryan : Kamu tidak bisa melupakan mantanmu? Ya sudah, pindah aja ke planet baru. Kamu tinggak disana, soalnya disana tidak ada mantanmu. Jadi kamu akan melupakannya.

[/su_expand]

Video Drama Sekolah

Contoh Video Drama 4 Orang

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi

Setiap naskah drama pada dasarnya memiliki kriteria masing-masing seperti yang sudah dijelaskan pada sub bahasan diatas. Sama halnya dengan tujuan yang dimiliki. Semuanya harus sesuai dan saling berkesinambungan, agar drama yang dipentaskan bisa dipahami dan dinikmati oleh penonton.