Menelusuri 6 Pantai Indah Di Gunung Kidul Jogja

pantai indah di gunung kidul jogja

Anda mungkin merupakan tipe orang yang suka menikmati keindahan alam contohnya seperti laut. Laut merupakan kumpulan dari air asin yang sangat luas sekali yang terhubung samudra. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika menikmati pantai-pantai indah di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di daerah bagian selatan Jogja terutama di Kabupaten Gunung Kidul, banyak sekali pantai-pantai yang patut untuk anda kunjungi. Saya hanya menelusuri 6 pantai saja waktu itu. Langsung saja inilah 6 pantai indah yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Baron

pantai baron

Memulai perjalanan dari pagi hari sekitar jam 8 pagi, saya dan teman saya berangkat menuju Gunung Kidul. Melalui jalur ring road Jogja dan keluar dari ring road timur dan menuju ke Gunung Kidul melalu jalan arah Wonosari. Kami sempat sarapan terlebih dahulu di angkringan pinggir jalan lalu langsung melanjutkan perjalanan.

Kurang lebih sekitar 2 jam untuk sampai Pantai Baron. Pantai ini merupakan salah satu pantai indah yang ada di Gunung Kidul. Meski untuk mencapai pantai ini rutenya cukup jauh, para pelancong yang berlibur di pantai ini lumayan ramai. Setelah sedikit menikmati keindahan Pantai Baron saya langsung melanjutkan perjalanan.

Pantai Kukup

pantai kukup gunung kidul
wisataterbaru.com

Pantai kedua yang kami kunjungi yaitu Pantai Kukup. Pantai ini memiliki pasir putih yang terhampar luas yang sangat indah. Pantai ini memiliki daerah yang dangkal kira-kira 100 meter dari bibir pantai. Di daerah dangkal tersebut terdapat terumbu-terumbu karang, ikan hias, bintang laut dan biota laut lainnya yang bisa anda lihat dengan cukup jelas.

Di pantai ini juga terdapat gardu pandang. Uutk menuju ke gardu pandang anda bisa melewati jalan setapak lalu melalui jembatan. Kami bersantai sejenak di sana dan langsung melanjutkan perjalanan.

Pantai Sepanjang

pantai sepanjang gunung kidul
sewamotorjogja.com

Sekitar pada tengah hari yang cukup terik kami tiba di Pantai Sepanjang. Pantai ini dinamai pantai sepanjang mungkin karean garis pantainya yang lumayan panjang. Selain memiliki garis pantai yang panjang, pantai ini juga memiliki pasir putih indah di pinggiran pantai.

Pantai Sepanjang ini merupakan tempat wisata pantai yang baru, sehingga suasananya tenang dan masih asri dan bersih. Ada juga tempat bersejarah Banyusepuh. Banyusepuh ini memiliki arti membasuh air. Akan tetapi saat ini tempat itu ditumbuhi dengan tanaman liar, jadi agak sulit untuk menemukan temapatnya.

Pantai Watu Kodok

pantai watu kodok gunung kidul
matajati.com

Untuk menuju Pantai Watu Kodok harus menghadapi jalan yang lumayan rusak, jadi anda harus berhati-hati. Pantai ini dinamai watu kodok mungkin karena ada batu-batuan yang berbentuk menyerupai kodok. Bisa dibilang Pantai ini sangat sepi dan belum banyak pengunjungnya mungkin karena akses jalannya yang kurang bagus dan pantai ini tergolong pantai yang baru di buka. Meskipun sepi pengunjung pantai ini memiliki fasilitas yang bagus seperti gazebo, warung, parkiran, dan toilet.

Pantai Drini

pantai drini gunung kidul
katalogwisata.com

Setelah mengunjungi Pantai Watu Kodok, kami melanjutkan perjalanan dan tiba di Pantai Drini. Pantai yang memiliki pulau terumbu karang yang sangat cantik membelah Pantai Drini menjadi dua bagian. Sisi barat dengan ombak yang besar dan sisi timur yang tenang. Ketika pantai surut anda bisa pergi ke pulau itu. Pantai ini merupakan salah satu pantai populer di Gunung Kidul.

Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal gunung kidul
www.wisata.gunungkidulkab.go.id

Pantai terakhir yang kami kunjungi yaitu Pantai Pok Tunggal. Untuk menuju pantai ini anda haru berjuang menghadapi jalan yang tidak bersahabat. Untuk sampai pantainya pun lumayan jauh, tapi itu semua akan terbayar apabila anda sampai di pantai ini.

Memiliki pasir putih yang bersih, ombak berwarna biru pun menyambut kami dengan begitu indahnya. Ikon dari pantai ini adalah pohon duras yang berada di pinggir pantai. Pohon duras ini sulit sekali untuk tumbuh, oleh karena itu warga di sekitar Pantai Pok Tunggal sangat menjaga pohon tersebut.

Anda jangan sekali-kali memanjat pohon ini jika tidak mau di marahi oleh warga. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dan laut Pok Tunggal di atas tebing yang tingginya kurang lebih 50 meter. Saya dan teman saya pun menuju ke atas tebing melalui jalan setapak yang sudah disediakan.

Pemandangannya memang bagus sekali jika di lihat dari atas tebing. Karena lapar, kami pun membeli makanan seafood di warung-warung makan yang ada di pinggir pantai. Harganya juga lumayan terjangkau dan masakannya lumayan enak.

Itulah cerita saya ketika menelusuri 6 pantai yang ada di Gunung Kidul. Sebenarnya masih banyak pantai-pantai yang bagus untuk di kunjungi di Gunung Kidul dan daerah pantai lainnya di daerah Jogja. Mungkin lain waktu saya akan berbagi cerita pantai-pantai lain yang ada di Jogja Terimakasih.