50+ Ide Peluang Usaha Rumahan Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Saat ini sudah menjadi hal yang umum melakukan bisnis dari rumah sendiri. Ada banyak peluang usaha rumahan yang bisa Anda lakukan. Berbagai ide kreatif bermunculan, sehingga menghasilkan berbagai usaha rumahan yang menjanjikan.

Pasa saat ini, mencari ide bisnis rumahan merupakan hal cukup mudah. Kemudahan teknologi IT dan internet mempermudah kita menentukan ide usaha kreatif  dan macam-macam usaha rumahan. Praktis sekarang Anda tinggal browsing internet dan Anda akan mendapatkan segala alternatifnya.

Jika kebetulan pada saat ini Anda sedang mencari ide usaha rumahan yang lagi trend namun belum juga mendapatkan ide yang tepat, berikut ini merupakan 50 ide usaha rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan yang bisa menjadi gambaran bagi Anda.    

Peluang Usaha Jasa Pengiriman Barang

Pada tahun 2017 di Indonesia terjadi peningkatan permintaan jasa pengiriman sebanyak 30% dibanding tahun  sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah karena  masyarakat Indonesia semakin gemar berbelanja online. Ke depan angka pertumbuhan tersebut diprediksi akan semakin meningkat tajam. Jadi, peluang emas masih sangat terbuka jika Anda ingin menjadi agen jasa pengiriman.

Syarat: memiliki lokasi strategis

  • Modal Kecil untung Gede? Agen Properti

Peluang Usaha Agen Properti

Properti merupakan salah satu pilihan investasi yang akan selalu menggiurkan. Karena  setiap saat properti akan selalu diburu. Oleh karena itu, perusahaan properti akan selalu mencari orang-orang yang handal untuk menjadi agen propertinya. Usaha ini bisa dikatakan sebagai usaha rumahan modal kecil untung besar.  Komisi dari penjualan sebuah rumah bukan angka yang kecil, bayangkan jika Anda bisa menjual 2 atau lebih rumah dalam sebulan?

Syarat: mental kuat, kemampuan sosial tinggi, penampilan meyakinkan, kemampuan untuk meyakinkan yang bagus.

 

  • Menjadi Bos Mandiri dengan Bisnis Online Course

Peluang Usaha Bisnis Online Course

Jika Anda memiliki skill yang jarang atau tidak dimiliki setiap orang, seperti kemampuan bahasa asing, coding, kursus SEO, online marketing, dan lain sebagainya, maka akan sangat bermanfaat jika Anda bisa berbagi dengan orang lain. Dengan memiliki bisnis kursus online, Anda tidak saja akan bermanfaat bagi orang lain, namun juga bisa menarik rezeki.

Syarat: skill khusus yang jarang dikuasai orang lain, kemampuan sosial media, tidak asing dengan internet.  

  • Menjadi Kaya dari Rumah dengan Blogging

Peluang Usaha Blogging

Anda hobby menulis? Anda bisa menyalurkannya melalui blogging. Ada banyak platform blogging, diantaranya yang terkenal adalah Blogger dan WordPress. Keduanya memiliki fitur yang memungkinkan Anda bisa mendapatkan pendapatan dari melakukan blogging.

Syarat: kemampuan menulis, kemampuan sosial media, memiliki network yang luas

  • Eksis dan Sukses dengan Menjadi Event Planner

Peluang Usaha Event Planner

Karena kesibukan atau lainnya, tidak semua orang bisa merencanakan acara mereka sendiri. Di sini Anda memiliki peluang sebagai event planner. Tugas Anda adalah mengorganisir acara (misalkan seminar, ulang tahun, aqiqah, dll) agar berjalan lancar, dan untuk itu Anda mendapat imbalan.

Syarat: supel, pandai bergaul, kemampuan organisatoris, pintar meyakinkan

  • Menyalurkan Hobi dan Menangguk Rejeki sebagai Guru Musik

Peluang Usaha Guru Musik

Musik adalah salah satu industri yang tak pernah ada matinya. Penikmat dan meminatnya selalu ada. So, jika Anda jago bermusik, tidak ada salahnya jika Anda menjadi guru musik. Anda bisa membuka kursus privat musik bagi umum.

Syarat: jago bermain musik, supel, perhatian, penyabar, bisa mengajar

  • Berbagi Ilmu dengan Menjadi Guru Privat

Peluang Usaha Guru Privat

Pelajaran sekolah semakin berat bobotnya. Guru tidak mungkin memberikan hasil optimal bagi setiap muridnya. Oleh karena itu umumnya orang tua akan ‘out sourcing’ mencari guru privat untuk mengoptimalkan pendidikan anak-anak mereka. Jadi jika Anda jago matematika, fisika, bahasa Inggris, atau lainnya, menjadi guru privat adalah alternatif  tambahan income yang menarik.

Syarat: jago dalam salah satu mata pelajaran, supel, ramah.

  • Mendirikan Jasa Tempat Penitipan Anak

Peluang Usaha Jasa Tempat Penitipan Anak

Orang tua sibuk yang memiliki memiliki anak kecil, saat ini cenderung lebih suka menitipkan anaknya di tempat penitipan anak. So, jika Anda menyukai anak-anak, waktu Anda longgar, dan memiliki rumah yang nyaman, membuka jasa tempat penitipan anak adalah pilihan bagus.

Syarat: suka anak-anak, penyabar, mengetahui teknik dasar parenting

  • Membuka Jasa Dekorasi Acara

Peluang Usaha Jasa Dekorasi Acara

Tidak semua orang memiliki mata yang artistik dan bisa mendesain lanskap suatu venue acara menjadi cantik. Jika Anda memiliki bakat dekorasi ruangan, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan bakat sekaligus menangguk rezeki.

Syarat: selera artistik tinggi, bakat mendekorasi

  • Pemalu pun bisa memamerkan karyanya dengan Membuka Jasa Desain Grafis

Peluang Usaha Jasa Desain Grafis

Mungkin Anda pemalu namun memiliki passion tinggi terhadap desain grafis. Anda bisa membuka jasa desain grafis dari rumah. Selain itu, Anda juga bisa ikut proyek-proyek desain yang ditawarkan secara online melalui situs-situs freelance.

Syarat: selera artistik tinggi, kemampuan grafis, penguasaan software grafis, serta internet stabil.

Starting point untuk freelancing: Sribulancer, Freelancer.

  • Pintar Tata Bahasa dan Teliti? Buka Jasa Editing dan Proofreading

Peluang Usaha Jasa Editing dan Proofreading

Job ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki gaya bahasa yang bagus (sebagai editor) dan memiliki mata yang awas terhadap setiap typo yang ada dalam tulisan (sebagai proofreader). Naskah skripsi, buku, karya tulis, hanyalah sebagian dari sumber yang perlu dua keterampilan tersebut. Terlebih lagi, saat ini setiap situs memerlukan artikel. Karena Google saat ini sangat mengharapkan artikel yang berkualitas, maka editor dan proofreader berkualitas akan selalu dicari dan dibutuhkan.

Syarat: sabar, detil, mengerti tata bahasa yang benar, memiliki gaya bahasa yang bagus

  • Jadikan Hobi Fotografi Anda menjadi Duit

Peluang Usaha Jasa Fotografi

Jika Anda memiliki hobi fotografi dan  mempunyai banyak karya fotografi yang keren, jangan dibiarkan saja. Anda bisa menjualnya secara online. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan skill fotografi Anda untuk melayani jasa fotografi. Ada banyak bidang jasa  yang memerlukan jasa fotografi, seperti industri makanan, acara pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Syarat: skill fotografi

Starting point: shutterstock.com, Fotolia.com, dreamstime.com

  • Jago Memasak dan Ahli Gizi? Buka Jasa Katering Diet

Peluang Usaha Jasa Katering Diet

Bagi yang sedang berdiet (atau diharuskan berdiet karena problem kesehatan), pasti mereka tahu betul bagaimana repotnya menyiapkan menu diet harian mereka. Inilah peluang yang mesti Anda ambil, jika Anda memang suka memasak dan paham ilmu gizi.

Syarat: skill memasak, pengetahuan ilmu pangan dan gizi

  • Masakan Enak Membuat Usaha Katering Harian Melambung

Peluang Usaha Jasa Katering Harian

Rumah Anda dikelilingi kos-kosan /kontrakan mahasiswa atau pondokan para pegawai? Mereka umumnya paling malas (atau tak memiliki) waktu untuk memasak. Oleh karena itu jika Anda suka memasak, mengapa tidak membuka jasa katering harian saja? Dengan harga kompetitif, menu enak dan bervariasi, sukses hanya tinggal menunggu waktu saja.

Syarat: skill memasak, konsisten, selera rasa selalu up-to-date

  • Bagi yang Suka Tantangan Dunia Maya, Buka Jasa Konsultasi SEO

Peluang Usaha Jasa Konsultan SEO

Bidang ini dipastikan akan booming dalam beberapa tahun ke depan. Seiring dengan meningkatnya bisnis online, maka kebutuhan setiap situs untuk selalu berada di halaman muka mesin pencari (artinya, kemungkinan akan ditemukan konsumen pun semakin besar) pun semakin meningkat. Dari sini peran konsultan SEO (Search Engine Optimization) diperlukan: untuk menaikkan ranking  situs sehingga selalu bisa masuk halaman 1 mesin pencari.

Syarat: paham sistem kerja search engine, ahli SEO

Starting point lokal: Sribulancer, Projects.co.id

  • Membuka Jasa Laundry

Peluang Usaha Jasa Laundry

Tidak semua orang memiliki waktu mencuci –dan tidak semua orang suka mencuci. Apalagi ditambah menyetrika. Salah satu Usaha rumahan ibu rumah tangga yang sederhana adalah jasa laundry. Jika Anda tinggal di lingkungan yang sibuk, maka jasa laundry tidak akan ada matinya.

Syarat: kesabaran, ketelitian, suka kebersihan, dan akses air yang gampang.

  • Jasa Manajemen Social Media

Peluang Usaha Jasa Manajemen Social Media

Pada saat ini hampir setiap orang, badan usaha, institusi, atau organisasi memiliki akun sosial media. Sosial media adalah penghubung antara pihak-pihak tersebut dengan dunia luas. Sayangnya tidak semua pihak tersebut memiliki waktu untuk mengatur atau update akun-akun mereka. Jika Anda sangat ahli sosial media, maka ada peluang menjadi penyedia jasa manajemen sosial media bagi mereka.

Syarat: jago sosial media, mengerti pola kerja yang profesional

  • Suka Tata Buku dan Akuntansi? Bukalah Jasa Pembukuan UKM

Peluang Usaha Jasa Pembukuan UKM

Urusan pembukuan seringkali menjadi masalah yang pelik, terutama bagi usaha perorangan atau UKM. Ada banyak angka yang mesti dihadapi, karena setiap langkah harus ada perhitungannya –dan sayangnya tidak semua UKM mampu menyewa pegawai tetap bagian  tata buku. Jika Anda paham akutansi dan pembukuan, peluang menawarkan jasa pembukuan bagi UKM adalah langkah yang bagus.

Syarat: teliti, sabar, skill pembukuan dan akuntansi.     

  • Anda Bisa Mendapat Dollar dengan Menjadi Jasa Penerjemah

Peluang Usaha Jasa Penerjemah

Jika Anda pandai bahasa asing (Inggris, Jepang, China, Arab, dan lain sebagainya), maka ada peluang untuk membuka jasa penerjemahan. Ada banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa penerjemahan. Anda juga bisa memburu pekerjaan penerjemahan secara online –baik lokal maupun internasional.

Syarat: skill bahasa asing dan kepenulisan.

Starting point: Sribulancer (lokal), Upwork dan Freelancer (internasional)

  • Membuka Jasa Penyewaan Baju dan Kostum

Peluang Usaha Jasa Penyewaan Baju dan Kostum

Menjelang tanggal 21 April, ibu-ibu yang memiliki anak sekolah umumnya akan sibuk mencari kostum pakaian daerah untuk keperluan Hari Kartini. Tentu saja bukan hanya anak-anak yang mencarinya. Namun juga para pegawai, dan orang tua yang tidak ingin ribet dan repot lebih menyukai menyewa kostum daripada membelinya. Membuka jasa ini seperti memiliki pasif income: produk Anda tidak pernah basi, dan akan selalu dicari.

Syarat: lokasi strategis di dekat area sekolahan dan perkantoran, mempunyai koleksi kostum dan baju adat

  • Memiliki Keterampilan Khusus? Bukalah Jasa Kursus Keterampilan

Peluang Usaha Jasa Kursus Keterampilan

Membuka kursus keterampilan khusus selalu menjanjikan peluang rejeki dari rumah. Jika misalnya Anda ahli kerajinan tangan, atau memasak, maka tidak ada salahnya Anda berbagi pengetahuan tersebut dengan membuka jasa kursus sehingga ilmu Anda akan sangat bermanfaat.

Syarat: keterampilan khusus yang diminati banyak orang, kemampuan mengajar

  • Bekerja dari Rumah dengan Menjadi Konsultan / Agen Travel 

Peluang Usaha Konsultan atau Agen Travel

Pada jaman sekarang sangat mudah untuk bepergian ke mana pun. Berbagai agen perjalanan dan situs menawarkan kemudahan bagi Anda untuk bepergian. Walau begitu, terkadang ada perjalanan khusus yang memerlukan manajemen lebih kompleks dan tidak bisa ditangani agen perjalanan biasa. Untuk itu selalu ada peluang menjadi konsultan atau agen perjalanan untuk keperluan perjalanan yang khusus.

Syarat: kemampuan marketing, network sosial yang luas

Starting point: menjadi affiliate situs travel Pegipegi

  • Berbagi Pengalaman Hidup dengan Menjadi Life Coach

Peluang Usaha Life Career Coach

Tidak semua orang yang jatuh dan berada di titik terendah kehidupannya bisa bangkit dengan cepat dengan sendirinya. Untuk itu, terkadang perlu diperlukan pihak ketiga untuk memotivasinya agar cepat bangkit kembali. Jika Anda sangat persuasif dan telah memiliki pengalaman hidup sangat luas, menjadi life coach bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Syarat: pengalaman hidup luas, nilai plus jika Anda pernah jatuh, bangkit, dan sukses

  • Membuat Bunga dan Tanaman Artifisial

Peluang Usaha Membuat Bunga dan Tanaman Artifisial

Seiring dengan banyaknya kegiatan atau keinginan setiap pihak untuk memiliki penampilan ruang yang indah dan menarik, bebungaan dan tanaman artifisial (buatan) semakin dicari. Tanaman dan bunga artifisial sama indahnya saat dipandang, namun tak memerlukan perawatan ekstra. Oleh karena itu jika memiliki keterampilan membuat bunga atau tanaman artifisial, Anda  bisa mengembangkannya menjadi bisnis.

Syarat: jiwa seni, suka detil, keterampilan tangan

Starting point promosi: Instagram, Facebook

  • Gunakan Sisi Artistik dan Keterampilan Tangan Anda dengan Membuat Aksesoris 

Peluang Usaha Membuat Perhiasan Aksesoris

Selama perempuan masih suka berdandan, aksesoris atau perhiasan masih akan diburu orang. Jika Anda memiliki keterampilan membuat asesoris,  Anda bisa mengembangkannya menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan.

Syarat: jiwa seni, tangan terampil, imajinasi tinggi

Starting point promosi: Instagram, Facebook

  • Membuat Channel Youtube bukan Hanya Membuat Top, tapi juga Kaya

Peluang Usaha Memulai Channel Youtube

Membuka channel Youtube juga bisa menjadi satu sumber income rumahan. Situs Youtube yang sukses mendatangkan puluhan ribu atau bahkan jutaan pemirsa sudah dipastikan akan membuat pemilik situs kebanjiran duit. Nah, Anda pun bisa melakukannya.

Syarat: memiliki ide menarik yang disukai banyak orang, editing video sederhana, mengenal Youtube

  • Menjadi Desainer Pakaian dan Tailor

Peluang Usaha Menjahit

Salah satu peluang usaha rumahan di desa maupun di kota salah satunya adalah usaha menjahit. Menjahitkan baju seragam, kebaya, dan gaun akan selalu ada, entah itu untuk keperluan kantor, wedding, acara keluarga, keperluan kantor, sekolah, atau lainnya. Jika Anda memiliki kemampuan desain dan menjahit kebaya dan gaun, memiliki usaha tailor adalah usaha yang tepat.

Syarat: jiwa seni, skill merancang busana, skill menjahit, suka detil

  • Berbagi Gaya Sehat dengan Membuka Kedai Jus Buah

Peluang Usaha Menjual Jus Buah

Seiring dengan meningkatkan kesadaran hidup sehat, orang mulai menyadari nilai penting makanan dan minuman bagi tubuhnya. Jus adalah minuman sehat yang disukai hampir semua orang. Jika memiliki resep jus spesial, Anda bisa berbagi pada setiap orang dengan menjualnya.

Syarat: lokasi strategis, skill membuat jus buah

  • Menjadi Produsen Kue Kering

Peluang Usaha Menjual Kue Kering

Permintaan kue kering akan selalu melonjak menjelang Idul Fitri, Natal, atau Tahun Baru. Jika Anda memiliki kemampuan membuat kue kering, Anda bisa mulai membisniskannya menjelang tahun baru ini. Kue kering sebenarnya tidak hanya laku menjelang hari raya saja. Asalkan enak, maka kue kering buatan Anda akan diburu setiap waktu.

Syarat: skill membuat kue kering, kemampuan marketing  

  • Membuka Usaha Penjualan Pulsa Elektronik

Peluang Usaha Menjual Pulsa Elektronik

Salah satu peluang usaha rumahan di desa dan kota yang selalu laris adalah menjual pulsa elektronik. Pada saat ini hampir semua orang pasti membutuhkan pulsa telepon atau internet. Usaha penjualan pulsa elektronik adalah pilihan praktis jika Anda ingin income tambahan dari rumah. Sebagai layanan tambahan, Anda juga bisa menjual asesoris smartphone, token PLN, dan lain sebagainya.

Syarat: lokasi strategis, dagangan lengkap, supel, peramah.

  • Menulis Artikel Secara Freelance

Peluang Usaha Menulis Artikel Secara Freelance

Situs offline maupun online selalu haus dengan artikel-artikel yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika Anda bisa menulis artikel berkualitas, maka menjadi penulis online bisa menjadi pilihan Anda bekerja dari rumah. Secara online, Anda bisa menulis untuk media di dalam dan di luar negeri –dalam rupiah ataupun dolar.

Syarat: keterampilan menulis, wawasan luas

Starting point: Blogging, Sribulancer, iWriter, Freelancer

  • Membuka Penginapan Rumahan Guest House

Peluang Usaha Penginapan Guest House

Rumah Anda dekat objek wisata? Jadikan rumah Anda menjadi sumber pendapatan dengan menjadikannya guest house. Anda bisa mengubahnya menjadi penginapan sederhana namun mengesankan.

Syarat: rumah strategis dan nyaman, mampu menjadi host yang ramah

Starting point: Anda bisa mempromosikan guest house Anda di situs penginapan seperti Airbnb.com atau VRBO.com.   

  • Sukses Dari Rumah dengan Menjadi Penulis Ebook

Peluang Usaha Penulis Ebook

Pengetahuan yang  luas dan bermanfaat akan menjadi berkah jika ditulis. Jadikan pengetahuan Anda Ebook dan terbitkan secara online.

Syarat: pengetahuan luas, kemampuan menulis, kemampuan internet marketing.

Starting point: Google play store/book dan,  jika Anda bisa membuat buku berbahasa Inggris, KDP Amazon bisa menjadi awal yang bagus.

  • Membantu Mempercantik Interior Kantor dan Rumah sebagai Perancang Interior

Peluang Usaha Perancang Interior

Membuat ruangan terlihat cantik perlu keahlian tersendiri yang tidak selalu dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, jika Anda memiliki bakat atau pendidikan desain interior, Anda bisa menjadi perancang interior freelance.

Syarat: skill desain interior, kemampuan presentasi ide (untuk keperluan meyakinkan klien).

  • Berbagi Pengalaman Membentuk Tubuh dengan Menjadi Personal Trainer

Peluang Usaha Personal Trainer

Setiap orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal, namun tidak semua orang bisa melakukan latihan pembentukan tubuh secara benar dan sistematis. Oleh karena itu, mereka seringkali membutuhkan personal trainer. Jika Anda memiliki pengalaman membentuk tubuh ideal secara efektif (atau bahkan memiliki sertifikat trainer), maka Anda bisa menjadi personal trainer.

Syarat: tubuh bagus dan ideal, pengetahuan fitness dan exercise yang benar

  • Membuka Usaha Pembuatan Donat Rumahan

Peluang Usaha Donat Rumahan

Alternatif bisnis rumahan yang menjanjikan adalah usaha donat rumahan. Setiap orang suka donat, Anda pun bisa dengan mudah membuatnya. Dengan kombinasi variasi topping aneka rasa, usaha donat akan selalu menjanjikan.

Syarat: lokasi strategis (untuk jualan offline), resep donat yang enak dengan harga terjangkau

  • Membuka Jasa Dropship dari Rumah

Peluang Usaha Dropship

Secara sederhana, usaha dropship adalah usaha menjadi perantara –namun bukan reseller. Anda akan menjualkan barang suplier yang bekerja sama dengan Anda, namun Anda tidak perlu mengurus masalah pengiriman atau gudang penyimpanan barang. Karena kedua urusan tersebut telah ditangani oleh pihak suplier.

Syarat: networking luas, skill online marketing

Starting poing: Anda bisa memulai dari aktifitas sosial media, chat, website, atau pun marketplace.

  • Membuka Usaha Penjualan Jilbab

Peluang Usaha Jilbab

Tidak bisa dipungkiri bahwa kesadaran untuk mengenakan jilbab semakin meningkat. Dengan adanya trend tersebut, tuntutan untuk mendapat jilbab yang berkualitas pun semakin tinggi. Walau ada banyak pemain yang sama, Anda selalu bisa mencari ceruk pasar jilbab yang belum tergali secara optimal.

Syarat: mengerti keinginan pasar, jeli melihat ceruk pasar jilbab yang belum tergarap  

  • Membuat Usaha Kreatif dengan Membuat Mainan Kayu

Peluang Usaha Mainan Kayu

Usaha mainan tidak ada matinya, tentu saja jika pengrajinnya selalu siap untuk berinovasi. Pasar mainan kayu selalu terbuka lebar. Setiap tahun Taman Kanak-Kanak atau Paud bisa dipastikan memerlukan mainan baru. Itu baru dari satu pasar saja, belum dari pasar umum. Jika Anda memiliki jiwa seni, memiliki ketrampilan kayu,  dan suka dunia anak, usaha mainan anak dari kayu bisa menjadi usaha Anda dari rumah.

Syarat: berjiwa seni, ketrampilan kayu, suka dunia anak-anak.

  • Membuka Usaha Online Shop

Peluang Usaha Online Shop

Online shop adalah bisnis yang akan semakin tumbuh besar pada masa-masa mendatang. Untuk itu, membuka toko online adalah usaha yang tepat. Anda tinggal mencari barang dagangan kualitas bagus yang tepat untuk mengisinya.

Syarat: barang unik dan bagus, kemampuan online marketing

  • Membuka Jasa membuat Parsel dan Bingkisan

Peluang Usaha Parcel

Jika Anda suka menata barang secara artistik, buka saja jasa parsel dan bingkisan. Kebutuhan untuk memberikan bingkisan secara cantik akan selalu ada setiap saat, entah untuk ulang tahun, bingkisan untuk perusahaan, wedding atau lainnya. Oleh karena itu bisnis usaha parsel akan selalu menjanjikan.

Syarat: jiwa seni, mata yang artistik, keterampilan tangan.

  • Usaha Pijat untuk Keluarga

Peluang Usaha Pijat

Jika Anda memiliki ketrampilan memijat, membuka usaha pemijatan di rumah adalah alternatif bagus untuk menambah income dari rumah. Untuk melengkapi layanan, Anda juga bisa membuka jasa perawatan tubuh bagi keluarga.

Syarat: skill memijat dan perawatan tubuh, supel, ramah

  • Usaha penyewaan Perlengkapan Bayi

Peluang Usaha penyewaan Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi adalah produk penting yang bermasa pakai singkat. Namun begitu harganya seringkali mahal (contoh: kereta dorong, mainan bayi, penyedot ASI, kulkas ASI dan lainnya). Oleh karena itu, orang tua yang praktis umumnya lebih suka menyewanya. So, jika Anda memiliki modal lebih, membuka usaha penyewaan perlengkapan bayi adalah pilihan yang bagus.

Syarat: koleksi perlengkapan bayi berkualitas, supel, lokasi strategis  

  • Usaha Salon dan Spa

Peluang Usaha Salon

Sudah naluri manusia untuk bisa selalu tampil menarik. Oleh karena itu, gunakan keterampilan merias dan merawat tubuh Anda untuk membangun usaha salon dan spa di rumah. Hobi Anda tersalur, pendapatan pun masuk.

Syarat: jiwa seni, keterampilan merias dan merawat tubuh, supel

  • Usaha Camilan dalam Kemasan

Peluang Usaha Camilan dalam Kemasan

Kapanpun dan dimanapun camilan akan tetap menjadi buruan. Oleh karena itu, jika anda memiliki resep camilan yang unik dan tak ada duanya, cobalah untuk mengemasnya dengan kemasan manis dan memasarkannya.

Syarat: resep camilan khas, kemasan catchy, kemampuan marketing (online atau offline).

  • Membuka Usaha Tas Eksklusif Handmade

Peluang Usaha Tas Handmade

Siapa yang tidak menyukai tas yang ekslusif dan lain daripada yang lain?. Tas homemade selalu memberi rasa bangga, karena di belakangnya ada tangan-tangan terampil yang membuatnya. Jika Anda suka mendesain dan membuat tas, cobalah membuka usaha tas homemade.

Syarat:  jiwa seni, kemampuan desain, tangan terampil, sosial networking, marketing

  • Membuka Usaha Warung Gorengan

Peluang Usaha Warung Gorengan

Gorengan merupakan snack yang paling favorit di Indonesia. Anda bisa menemukannya hampir di setiap tempat. Jika Anda ingin usaha yang cepat mendapat return, usaha warung gorengan bisa menjadi alternatif usaha yang bagus.

Syarat: kemampuan memasak gorengan, supel, lokasi strategis.

  • Membuka Usaha Warung Kopi

Peluang Usaha Warung Kopi

Usaha sederhana yang bisa mendatangkan rejeki dan kawan adalah warung kopi. Jika Anda pintar meracik kopi sedap, anda tinggal menyiapkan lokasi untuk membuka warung kopi. Sebagai peneman kopi, Anda juga bisa menambahkannya dengan aneka jajanan.

Syarat: racikan kopi yang sedap, lokasi strategis, supel, peramah

  • Menjadi Virtual Assistant secara Online

Peluang Usaha Virtual Assistant

Secara sederhana, virtual asistant adalah sekretaris jarak jauh. Anda akan mengurus segala kepentingan bisnis orang lain secara virtual melalui jaringan internet. Pekerjaan anda mencakup urusan memeriksa dan membalas email, mengatur jadwal meeting, melakukan riset, dan lainnya. Tentu saja Anda harus bisa berbahasa asing serta memiliki komputer serta jaringan internet yang stabil.

Syarat: kemampuan bahasa asing, internet stabil, komputer, kemampuan organisatoris.

Starting point: Upwork, Freelancer

  • Menjadi Freelance Web Desainer

Peluang Usaha Web Designer

Web desainer adalah salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan di era Internet saat ini –bayarannya pun lumayan. Jika Anda memiliki kemampuan untuk mendesain web yang catchy, Anda bisa menawarkan jasa Anda sebagai web desainer freelance dari rumah.

Syarat: skill web design, jiwa seni, imajinasi tinggi, penyabar

Starting point: Sribulancer, projects.co.id, Upwork, Freelancer.

Demikianlah, ada 50 ide usaha rumahan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Hampir kesemuanya tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak –bahkan praktis hanya perlu kegigihan dan kemampuan presentasi Anda. So, ide mana yang Anda anggap sebagai sebagai peluang usaha rumahan yang paling cocok bagi Anda? Jangan lupa untuk SHARE artikel ini supaya kerabat Anda tahu ide usaha yang bisa saja menginspirasi teman Anda 🙂