Advertisements

9 Peluang Usaha Yang Menjanjikan di Tahun 2018

Tahun 2018 telah berada di depan mata. Bagi Anda yang telah mendapatkan pekerjaan yang sangat mapan atau telah mempunyai usaha–selamat. Bagi yang masih mencari maupun mencoba keberuntungan, jangan berkecil hati.

Tahun 2018 merupakan lembaran baru yang penuh dengan berbagai kesempatan usaha yang sangat menjanjikan dan menanti kesuksesan Anda jika ditekuni dengan sepenuh hati. Berikut ini adalah 9 usaha di antaranya yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memulai usaha.

1. Membuka Usaha Desain Grafis

Usaha Desain Grafis

Era internet seperti saat ini memungkinkan bakat terpendam Anda untuk dapat disalurkan dan sekaligus mendapat duit. So, jika Anda memiliki bakat desain grafis, tahun 2018 akan semakin membutuhkan jasa Anda.

Pangsa pasar desain grafis offline maupun online selalu ada. Selama masih ada orang membutuhkan jasa membuat kartu undangan, flyer, selebaran, tampilan web, dan lain sebagainya, maka job desain grafis tetap akan lestari. Bahkan, dengan semakin meningkat dan tingginya angka melek internet di negara ini, usaha desain grafis akan semakin menjanjikan.

Modalnya adalah bakat artistik Anda, kemampuan mengoperasikan software grafis, perangkat komputer mumpuni, sambungan internet untuk kerja online, dan kemampuan marketing.

2. Membuka Jasa Cleaning Service

Jasa Cleaning Service

Mungkin jasa cleaning service terdengar remeh, berhubungan dengan debu, kotor, dan tidak bergengsi. Oleh karena stereotipe yang terbangun, maka bidang pekerjaan ini menjadi jarang dilirik –bahkan cenderung dijauhi.

Namun begitu, inilah ceruk pasar yang sangat menjanjikan untuk Anda garap: menggarap bidang yang cenderung dijauhi oleh sebagian besar anggota masyarakat.

Dengan mengkapitalisasikan kecenderungan masyarakat yang seperti itu, Anda bisa membuka jasa cleaning service. Modalnya dasarnya kecil, Anda tidak merasa jijik terhadap kotor, suka terhadap kebersihan dan memiliki beberapa alat untuk membersihkan rumah, perabot, dan kamar mandi.

Marketing pun bisa Anda lakukan secara murah dengan pendekatan mulut ke mulut, selebaran, atau melalui sosial media.

3. Membuka Jasa Penitipan Anak

Jasa Penitipan Anak

Tahun 2018 akan semakin sibuk, masyarakat menengah ke atas akan semakin banyak seiring dengan tumbuhnya perekonomian, Imbasnya adalah akan semakin terbatasnya waktu yang dimiliki orang tua dalam mengasuh anak-anak mereka karena tuntutan pekerjaan. Sehingga para orang tua akan sangat membutuhkan jasa penitipan anak.

Jika Anda orang yang sangat sabar, penyayang, dan menyukai anak-anak, membuka usaha jasa penitipan anak merupakan pilihan yang tepat. Praktis yang Anda perlukan selanjutnya hanyalah lokasi yang strategis. Untuk memulai usaha ini memang paling afdol lokasi berada di lingkungan yang dekat dengan kompleks perkantoran atau industri.

Namun begitu, yang paling penting adalah membangun reputasi Anda, karena jasa penitipan anak adalah bisnis yang sangat mengandalkan trust. Setelah reputasi itu terbangun, lokasi bisa menjadi nomor ke sekian.

4. Membuka Toko Online

Toko Online

Anda memiliki produk yang unik dan dibutuhkan oleh setiap orang? Bukalah toko online. Jika membuka toko offline Anda bisa membutuhkan kapital puluhan bahkan ratusan juta, membuka toko online adalah yang paling affordable. Anda bisa membuka website toko online sendiri dengan biaya jauh lebih murah dari gerai offline.

Anda bahkan bisa membuka gerai online sendiri secara gratis melalui situs-situs online marketplace semacam Bukalapak, OLX, dan semacamnya. Pilihan lain adalah dengan menawarkan dagangan Anda melalui Trade sites Forum semacam Kaskus. Jika Anda belum memiliki produk sendiri, Anda juga bisa membuka toko online dengan menjalankan bisnis dropship.

5. Mendirikan Startup

Startup company

Gojek, Bukalapak, Tokopedia, adalah beberapa startup yang berhasil dan menjadi raksasa bisnis online di Indonesia. Perputaran modal mereka puluhan bahkan ratusan milyar perbulan. Tentu terbayang keuntungan bersih mereka. Dan semua itu berasal dari sebuah ide brilian yang kemudian dieksekusi menjadi platform internet yang sangat menguntungkan.

So, jika Anda memiliki ide brilian yang takterpikirkan sebelumnya dan sangat diperlukan oleh semua orang, mungkin Anda perlu cepat-cepat membuat startup-nya. Startup akan mewadahi ide Anda dan mewujudkannya menjadi bidang usaha yang real yang bermanfaat bagi masyarakat –dan Anda sendiri tentunya.

6. Menjadi Blogger

peluang usaha blogger

Secara umum, blogger adalah orang yang membuat website berisi beragam informasi yang diperlukan oleh para pengguna internet. Nama website yang dibuat oleh seorang blogger adalah blog. Anda mungkin telah mengenal WordPress atau Blogspot. Keduanya merupakan platform yang digunakan para blogger untuk nge-blog.

Seorang blogger yang sukses akan bisa menyedot ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan pengunjung dalam sehari. Jika sudah begitu, maka Anda akan melihat satu atau dua iklan pada blognya. Nah, dari sinilah penghasilannya yang mantap didapat: dari iklan yang dipasang. Jika Anda memiliki bakat menulis yang unik dan marketable, menjadi blogger adalah pilihan yang sangat bagus.

7. Menjadi YouTuber

usaha youtube

Youtuber memiliki pola yang sama dengan blogger. Hanya saja, jika blogger menggunakan basis blog, tulisan atau gambar, maka YouTuber menggunakan media video sebagai alat untuk menyampaikan informasinya. Video tersebut kemudian diunggah ke YouTube, oleh karena itu pengunggahnya kemudian disebut YouTuber.

Sama seorang blogger, seorang YouTuber yang sukses akan mendapat banyak pengikut dan bisa menarik begitu banyak pengunjung. Jika sudah demikian, maka seorang YouTuber bisa mendapat banyak pendapatan dari iklan dan juga bisa mendapat income sebagai endorser produk-produk dari perusahaan atau jasa yang ingin berpromosi melalui kanal YouTube-nya. So, sudah terbayang menjadi seorang YouTuber di 2018?

8. Usaha Menjual Frozen Food

peluang usaha Frozen Food

Masih paralel dengan usaha nomor tiga, selain membuka jasa penitipan anak, membuka usaha menjual frozen food (makanan beku) juga menjadi satu peluang usaha yang menjanjikan di lingkungan yang sibuk.

Kecenderungan masyarakat yang menyukai segala sesuatu yang praktis bisa Anda memanfaatkan dengan menawarkan produk-produk makanan siap saji dalam bentuk beku. Modal awal anda adalah sebuah freezer yang reliable, aliran listrik yang stabil (mungkin Anda perlu genset mini sebagai langkah jaga-jaga jika listrik padam), dan pasokan frozen food. Selanjutnya Anda tinggal memasarkannya secara offline maupun online.

9. Membuka Usaha Katering

peluang usaha katering

Salah satu usaha yang tidak akan pernah matinya adalah usaha katering makanan. Peluang usaha katering bukan hanya untuk jasa keperluan khusus seperti pesta perkawinan, sunatan, aqiqah, dan sejenisnya. Anda juga bisa membuka usaha katering untuk para mahasiswa atau pun para pekerja atau pegawai yang terlalu sibuk untuk memasak makanan mereka sendiri.

Jika Anda memiliki keterampilan memasak, membuka usaha katering adalah pilihan yang tepat. Jika masakan Anda enak dan memiliki harga kompetitif, tanpa marketing gimmick yang mahal pun usaha Anda akan laris.

Demikian adalah 9 peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2018 yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Tentu saja masih ada banyak lagi peluang yang ada, karena bagaimana pun bidang usaha saat ini sangat beragam –dan terkadang sangat dipengaruhi pada minat Anda.

Bisa jadi usaha yang berawal dari minat pribadi akan memiliki kemungkinan survive dan sukses jika berawal dari aktifitas yang merupakan minat atau hobi dari Anda sendiri. So, Anda siap menyongsong 2018 dengan usaha baru?

Advertisements