Belajar Facebook Ads Gratis Dengan Mas Bram di Bandung

Belajar Facebook Ads Gratis Dengan Mas Bram di Bandung

Belajar Facebook Ads
wccftech.com

Pertama kali saya tau ada acara workshop belajar facebook ads gratis dari timeline facebook yang di post oleh Mas Bram. Beliau membuat sebuah grup yang bernama “Free 1 Day Seminar Pixel House Studio”. Syarat untuk bisa mengikuti seminar itu tinggal ikut bergabung ke grup tersebut.

Tak lama kemudian ada pengumuan akan diadakan seminar belajar facebook ads selama 1 hari gratis di Pixel House Studio Bandung. Untuk yang mau ikut syaratnya cuma komen di post, yang diterima hanya sekitar 30 orang saja dan itu harus orang yang tinggalnya diluar Kota Bandung. Saya pun waktu itu sedang di Ciamis, jadi bisa mengikuti seminar itu.

Keesokkan harinya saya membeli tiket ke Stasiun Kota Banjar Patroman menggunakan motor Supra x 125 R keluaran 2005 kurang lebih dari rumah ke stasiun memerlukan waktu sekitar 45 menit. Untuk tujuan Banjar dan Bandung ada tiket promo bagi penumpang yang membeli 1 jam sebelum pemberangkatan apabila tiketnya masih ada. Alhmdulilah saya dapat tiketnya. Normalnya untuk menuju Bandung harga tiket kereta api 90-100 ribu tapi dengan promo ini harganya cuma 60 ribu untuk kelas eksekutif.

Singkat cerita saya pun berangkat ke Bandung dari Stasiun Kota Banjar Patroman. Kereta yang akan saya naiki tiba di stasiun sekitar pukul 5 pagi. Sampai di Bandung kira-kira pukul 10 pagi, di sana saya sudah meminta jemput kaka saya yang ke dua yang ada di Bandung. Kami berangkat ke rumah kaka saya yang pertama, karena saya akan menginap di sana.

Keesokan harinya saya setelah sarapan berangkat diantar oleh kaka saya menuju lokasi seminar yang kebetulan lumayan dekat dengan rumah kaka saya. Sesampai di Pixel House saya langsung menuju tempat penerimaan peserta. Saat saya datang, para peserta sudah banyak yang datang. Saya pun duduk di bagian depan supaya penyampaian materinya dapat saya simak dengan jelas.

Oh ya bagi kamu yang belum mengenal siapa sih itu Bramantya Farid, saya akan sedikit mengenakan siapa itu Bramantya Farid. Nama lengkapnya adalah Brmantya Farid Prasetyo atau banyak orang yang memanggil beliau Mas Bram.

Mas Bram ini merupakan seorang SEO Expert dan juga menguasai traffic generation lainnya seperti Facebook. Beliau juga memiliki bisnis offline yang belum lama ini diresmikan yaitu bisnis cafe. Mas Bram lahir di Bontang pada tanggal 17 Juli 1987.

Orang yang masih muda ya. Beliau menekuni dunia blogging pada tahun 2009, yang awalnya beliau pernah mengikuti sebuah seminar internet marketing, dari seminar itulah Mas Bram merasa tertarik dan serius menekuni dunia itu sampai sekarang.

Langsung saja inilah apa yang saya dapatkan dari seminar belajar facebook gratis di Pixel House Studio Bandung.

Di dalam dunia internet marketing baik itu yang mengandalkan SEO atau paid traffic seperti Facebook Ads, tidak ada teks pasti. Goal yang kita peroleh pada saat ini ketika berjualan melalui facebook ads hanya memberikan batasan, kapan kita akan memulai, berhenti, atau scale up. Pada akhirnya, kembali kepada pengalaman kita sebagai seorang advertiser atau pengiklan.

Tidak ada seorang Facebook Advertiser yang sekali running iklan pasti langsung untung. Kelebihan dari mereka yang berhasil adalah mereka selalu mencoba dan terus mencoba hingga menghasilkan profit. Kuncinya praktek dan praktek lebih sering dengan skala yang lebih besar lagi. Tanpa praktek dan kesungguhan, hasil yang akan kita peroleh tidak akan maksimal.

Mindset

Jadi seorang expert itu lebih susah dibandingkan dengan menghasilkan itu sendiri. Dalam belajar sesuatu pusing itu hal yang sangat biasa karena kita baru mengenal informasi baru yang akan di serap oleh otak kita. Teruslah berani untuk mencoba jangan mudah patah semangat jika pada waktu tertentu merasa mentok atau stuck, teruslah berusaha dan teta semangat.

Berani mencobalah untuk melakukan sesuatu yang ingin kita kuasai. Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan, tapi degan kegagalan itulah kita mendapakan pelajaran yang paling berharga. Mulailah dengan dari yang bisa kamu lakukan, bukan dari yang paling ideal.

Misalnya, kamu bisa untuk membuat iklan dari Facebook, ya sudah kamu pelajari itu sampai merasa bosan dan mendapatkan pola yang tepat dan terbukti. Lakukan itu berulang-ulang dan pantang menyerah. Jangan pernah berfikiran untuk sempurna di awal, karena memang tidak akan sempurna.

Berani Untuk Praktek

Kata Anthony Robbins “Repetition is a mother of skill” pasti anda sudah paham kan makudnya apa? Ya dengan kita terus melakukan secara berulang apa yang ingin kita kuasai pasti kita akan menjadi expert di bidang tersebut. Kira-kira sekitar 3 sampai 6 bulan kuasailah ilmu dasar pada bidang yang ingin kita kuasai terus berulang-ulang.

Facebook Ads Simplified

Ada 3 bagian besar di Facebook Simplified

Pertama, menemukan produk fisik yang convert (mudah unutk dijual)

Kedua, jadikanlah FB Ads sebuah skill bukan hanya pengetahuan saja.

Ketiga, fokus dan berani untuk scale up (money in money out)

Testinglah produk yang kira-kira convert. Jangan memutuskan produk itu bagus atau tidak sebelum di tes, buatlah patokan budgetnya. Menghabiskan dana 100 juta masih belum bisa dikatakan sebagai ahli untuk FB Ads. Dari hasil iklan kita ambilah data-data yang masuk sebanyak-banyaknya.

Facebook Ads Simplified Guidance

Pertama, fokuslah pada objektif PPE Campaign atau boost your post.

Kedua, pilihlah lokasi mulai dari kota-kota besar di jawa.

Ketiga, temukan target market mulai dari jenis kelamin, umur, dan interest.

Keempat, kejar ROI iklan minimal 100%

Untuk terget luar jawa bukan berarti mereka tidak bisa belanja, tapi kurangnya edukasi dan koneksinya yang lambat. Untuk umur kadang harus spesifik terkadang harus broad. Biasanya kalau target umurnya muda biaya iklannya akan murah, tapi konversinya biasanya jelek. Per hari anggarkanlah 100 ribu untuk iklan, untuk mempercepat pengumpulan data.

Pantau dan Perbaiki Iklan Facebookmu

Salah satu patokan penting, utamakan engagement. Biarkan hasil iklan yang berbicara, jangan terlalu detail ketika buat iklan, yang penting kebutuhan dasar terpenuhi. Umur dibawah 19 tahun, konversinya kurang bagus. Campaign yang broad, lebih berhasil sekarang. 

Patokan potential reach, 50K-300K, untuk awal-awal, tapi sekarang jangan dipedulikan. Patokan utama dalam beriklan, mau kecil mau gede, yang penting KONVERSI !! Jangan matikan iklan, karena biasanya lebih buruk ketika diaktifkan kembali.

Untuk scale up, dalam opsi bid amount, gunakan manual dan gunakan suggested bid yang diberikan facebook. Jangan terlalu memutuskan bahwa iklan itu mahal ketika melihat engagement. Indikator iklan bagus komen + share yang tinggi. Like banyak tanpa komen, kurang bagus. Fans Page baru tidak perlu cari like, langsung hajar iklan saja.

Tips dan Trik Untuk CS

Jangan basa-basi, persingkat dan langsung arahkan ke tujuan pembelian. Selalu akhiri pertanyaan dengan pertanyaan, terus tanyakan dan arahkan calon customer sampai pembelian, contoh : ada yang bisa dibantu? mau order apa? mau ditransfer kapan? langsung tembak, kejar 3-4 chat, maksimal 6-7 chat. Follow up + scarcity, contoh : Mbak, jadi transfer ga? Kalau tidak kita kasih stock-nya untuk yang lain. Messenger BBM paling tidak convert, tapi krusial. Messenger Line dan WA  paling convert jadi kedua aplikasi itu wajib ada.

DROPSHIP

Mark up harga dropship 50-75-100 rb atau 50-100%. Patokan barang bagus di tokopedia lihat dari banyaknya penjualan. Kumpulkan produk sebanyak-banyaknya dari berbagai variasi. Buat FP yang general terlebih dahulu, yang mampu menampung semua barang tersebut. Jual harga dibawah 200 ribu dulu, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah.

PEMBUATAN IKLAN

Kenali angka kita berapa sebagai bahan pertimbangan untuk scale up. Tahap pertama, minimal iklan itu impas. Permudah pikiran untuk maju, jangan banyak berpikir negatif. Buat adset yang tidak tabrakan, interest atau usia jangan sama. interest : public figure, nama2 ustadz, 3G & 4G connection, wifi connection, married. Jangan beda ekstrim dengan campaign pertama, contoh :

campaign 1 : indonesia

campaign 2 : west java, east java, jakarta

Variasi campaign yang berhasil dengan campaign yang lain, good respon : nanya ongkir, janji transfer. siapkan 1 produk 4 photo, buat ke dalam satu album, say something / penjelasan : bahan, ukuran, warna, kontak,  langsung share. Headline huruf kapital, dan langsung menohok, Benefit, Bahan,

Contoh Iklan

Nama Campaign : Aini Store – Gamis Syar’i


Pengaturan Adset :

Lokasi 1 : indonesia

Lokasi 2 : provinsi utama

  1. west java
  2. east java
  3. central java
  4. jakarta
  5. yogyakarta

Lokasi3 : kota besar

  1. jakarta
  2. bogor
  3. depok
  4. tangerang
  5. bekasi
  6. bandung
  7. jogja
  8. surabaya
  9. sidoarjo
  10. semarang
  11. malang
  12. karawang

 

Gamis syari, kategori umur :

Umur 1 : 23 – 33 besar

Umur 2 : 23 – 25 sempit

Umur 3 : 20 – 55 tengah-tengah

Umur 4 : 25 – 45

 

Jenis kelamin kalau ragu pakai all.

Masih dalam 1 campaign pertama

 

Interest 1 : nama barang itu sendiri iklan, kemudian lihat suggestion, sebanyak2nya, potential reach, jangan ada yang dibawah 50 ribu.

Interest2 : nama barang yang berhubungan/ temennya satu rumpun.

Interest 3 : public figure.

Interest 4 : komunitas, majalah, tv show.

Interest 5 : pilih yang disediakan di facebook, terlalu broad, tapi selalu coba dan tes.

Interest 6 : kosongkan, yang penting umur benar.

 

Kebanyakan yang dipakai public figure, brand dan nama barang sendiri. Dalam pembuatan iklan, 3 hal utama yang harus diperhatikan : umur, lokasi, interest. no interest sering berhasil pada produk yang cakupannya cukup luas, kecantikan, diet, lendir. Jika mau pakai narrow, jangan gunakan interest/bahaviour yang kecil reachnya.

Pakai narrow audience dengan :

  1. Demographics (relationships-married-divorced-widow-single, education-yang lulus saja,)
  2. Behaviour-digital activities seperti browser, OS Windows dan
  3. Mobile device user, network connections : 3G & 4G & WiFi Connection

Behaviour lebih convert dibandingkan demographics. Setiap adset, berbeda umur. Jika umurnya sudah ditentukan, tinggal dibagi jumlah adsetnya, umur 42-45 mahal karena kecil interaksi. Kelebihan banyak adset nanti pada scale up. Cara scale up-nya, tinggal tambah biaya sedikit saja, maksimal 50% dari biaya awal. Tips scale up, dari kecil ke besar, dari besar ke kecil, pergunakan kota yang sudah digunakan di awal campaign.
Parameter Iklan Facbook Ads

 

  1. Pilih 1 atau 2 adset aktif, maksimal 10 adset aktif dalam 1 campaign.
  2. 1000 Post Engagement (PE) MINIMAL ada 2 sales. Apabila dalam 500 PE tidak ada interaksi yang mengarah kepada pembelian (seperti, add bbm/sms/WA/call) ada yang salah dalam pengaturan iklan, segera STOP IKLAN !!
  3. MAKSIMUM biaya per engagement adalah Rp. 150,-
  4. PASTIKAN CTR minimal 5 %, jangan ada yang di bawah itu.
  5. Dalam 100 Engagement, harus sudah diketahui iklan mana yang harus dimatikan.

Penjelasannya adalah :

  • MATIKAN Iklan apabila :
  1. Dalam 50 engagement harga per engagement-nya JAUH DIATAS Rp. 150,
  2. Dalam 50 engagement masih belum mencapai Rp. 150, KECUALI iklan tersebut SUDAH PROFIT.
  • PERTAHANKAN iklan apabila :
  1. Dalam 50 engagement masih dalam kisaran Rp. 151 – Rp. 250,
  1. Semua parameter iklan, bisa di cek pada kolom PERFORMANCE dan CLICK.

Apabila Iklan masih belum menguntungkan, coba cek hal-hal berikut :

  1. ADS COPY : Bahasa Iklan Hardselling, BIASANYA lebih menguntungkan. ( Hindari bahasa iklan terlalu soft dan mengejar viral).
  2. ADS IMAGE : Gambar menarik, catchy, kontras dengan warna facebook, menunjukkan hasil akhir yang diharapkan oleh customer (CTR diatas 5% menunjukkan bahwa gambar sudah menarik).
  3. TARGETING : Interest, Umur, Kota dan Gender
  4. OFFER : Dalam 3000 Post Engagement, kita sudah tahu produknya bisa dilanjutkan atau tidak, asal setiap 1000 Engagement kita perbaiki. Yang paling berpengaruh pada offer adalah :
  • Produk mempunyai ANGLE yang UNIK
  • Memenuhi KEBUTUHAN market
  • PRICING yang sesuai

Itulah tadi seminar belajar facebook ads di Pixel House Studio Bandung. Semoga bermanfaat.

 

Menelusuri 6 Pantai Indah Di Gunung Kidul Jogja

Menelusuri 6 Pantai Indah Di Gunung Kidul Jogja

pantai indah di gunung kidul jogja

Anda mungkin merupakan tipe orang yang suka menikmati keindahan alam contohnya seperti laut. Laut merupakan kumpulan dari air asin yang sangat luas sekali yang terhubung samudra. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika menikmati pantai-pantai indah di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di daerah bagian selatan Jogja terutama di Kabupaten Gunung Kidul, banyak sekali pantai-pantai yang patut untuk anda kunjungi. Saya hanya menelusuri 6 pantai saja waktu itu. Langsung saja inilah 6 pantai indah yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Baron

pantai baron

Memulai perjalanan dari pagi hari sekitar jam 8 pagi, saya dan teman saya berangkat menuju Gunung Kidul. Melalui jalur ring road Jogja dan keluar dari ring road timur dan menuju ke Gunung Kidul melalu jalan arah Wonosari. Kami sempat sarapan terlebih dahulu di angkringan pinggir jalan lalu langsung melanjutkan perjalanan.

Kurang lebih sekitar 2 jam untuk sampai Pantai Baron. Pantai ini merupakan salah satu pantai indah yang ada di Gunung Kidul. Meski untuk mencapai pantai ini rutenya cukup jauh, para pelancong yang berlibur di pantai ini lumayan ramai. Setelah sedikit menikmati keindahan Pantai Baron saya langsung melanjutkan perjalanan.

Pantai Kukup

pantai kukup gunung kidul
wisataterbaru.com

Pantai kedua yang kami kunjungi yaitu Pantai Kukup. Pantai ini memiliki pasir putih yang terhampar luas yang sangat indah. Pantai ini memiliki daerah yang dangkal kira-kira 100 meter dari bibir pantai. Di daerah dangkal tersebut terdapat terumbu-terumbu karang, ikan hias, bintang laut dan biota laut lainnya yang bisa anda lihat dengan cukup jelas.

Di pantai ini juga terdapat gardu pandang. Uutk menuju ke gardu pandang anda bisa melewati jalan setapak lalu melalui jembatan. Kami bersantai sejenak di sana dan langsung melanjutkan perjalanan.

Pantai Sepanjang

pantai sepanjang gunung kidul
sewamotorjogja.com

Sekitar pada tengah hari yang cukup terik kami tiba di Pantai Sepanjang. Pantai ini dinamai pantai sepanjang mungkin karean garis pantainya yang lumayan panjang. Selain memiliki garis pantai yang panjang, pantai ini juga memiliki pasir putih indah di pinggiran pantai.

Pantai Sepanjang ini merupakan tempat wisata pantai yang baru, sehingga suasananya tenang dan masih asri dan bersih. Ada juga tempat bersejarah Banyusepuh. Banyusepuh ini memiliki arti membasuh air. Akan tetapi saat ini tempat itu ditumbuhi dengan tanaman liar, jadi agak sulit untuk menemukan temapatnya.

Pantai Watu Kodok

pantai watu kodok gunung kidul
matajati.com

Untuk menuju Pantai Watu Kodok harus menghadapi jalan yang lumayan rusak, jadi anda harus berhati-hati. Pantai ini dinamai watu kodok mungkin karena ada batu-batuan yang berbentuk menyerupai kodok. Bisa dibilang Pantai ini sangat sepi dan belum banyak pengunjungnya mungkin karena akses jalannya yang kurang bagus dan pantai ini tergolong pantai yang baru di buka. Meskipun sepi pengunjung pantai ini memiliki fasilitas yang bagus seperti gazebo, warung, parkiran, dan toilet.

Pantai Drini

pantai drini gunung kidul
katalogwisata.com

Setelah mengunjungi Pantai Watu Kodok, kami melanjutkan perjalanan dan tiba di Pantai Drini. Pantai yang memiliki pulau terumbu karang yang sangat cantik membelah Pantai Drini menjadi dua bagian. Sisi barat dengan ombak yang besar dan sisi timur yang tenang. Ketika pantai surut anda bisa pergi ke pulau itu. Pantai ini merupakan salah satu pantai populer di Gunung Kidul.

Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal gunung kidul
www.wisata.gunungkidulkab.go.id

Pantai terakhir yang kami kunjungi yaitu Pantai Pok Tunggal. Untuk menuju pantai ini anda haru berjuang menghadapi jalan yang tidak bersahabat. Untuk sampai pantainya pun lumayan jauh, tapi itu semua akan terbayar apabila anda sampai di pantai ini.

Memiliki pasir putih yang bersih, ombak berwarna biru pun menyambut kami dengan begitu indahnya. Ikon dari pantai ini adalah pohon duras yang berada di pinggir pantai. Pohon duras ini sulit sekali untuk tumbuh, oleh karena itu warga di sekitar Pantai Pok Tunggal sangat menjaga pohon tersebut.

Anda jangan sekali-kali memanjat pohon ini jika tidak mau di marahi oleh warga. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dan laut Pok Tunggal di atas tebing yang tingginya kurang lebih 50 meter. Saya dan teman saya pun menuju ke atas tebing melalui jalan setapak yang sudah disediakan.

Pemandangannya memang bagus sekali jika di lihat dari atas tebing. Karena lapar, kami pun membeli makanan seafood di warung-warung makan yang ada di pinggir pantai. Harganya juga lumayan terjangkau dan masakannya lumayan enak.

Itulah cerita saya ketika menelusuri 6 pantai yang ada di Gunung Kidul. Sebenarnya masih banyak pantai-pantai yang bagus untuk di kunjungi di Gunung Kidul dan daerah pantai lainnya di daerah Jogja. Mungkin lain waktu saya akan berbagi cerita pantai-pantai lain yang ada di Jogja Terimakasih.

Pengalaman Idul Adha Di Pesantren Sintesa

Pengalaman Idul Adha Di Pesantren Sintesa

Pengalaman Idul Adha di Pesantren Sintesa Picture
Sumber: fotoheboh.com

Segala puji dan syukur bagi Allah yang telah memberikan nikmatnya kepada kita sehingga sampai detik ini kita masih bisa merasakan segala karunianya. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad, kepada keluarganya dan para sahabat-sahabatnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya saat pertama kali merayakan hari Idul Adha di Sintesa. Kurang lebih hampir satu bulan saya berada di Pondok Pesantren Sintesa, kebiasaan-kebiasaan yang biasa dilakukan santri-santri disini pun sudah mulai terbiasa.

Sebentar lagi waktu menuju hari raya Idul Adha semakin dekat. Saya akan menyampaikan keutamaan dan amalan pada 10 di awal bulan dzulhijjah.

10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

10 hari pertama bulan dzulhijjah
Sumber: assunahfm.com

Mungkin anda semua sudah mengetahuinya ya keutamaan dari 10 hari awala di bulan dzulhijjah. Jika belum, saya akan memberitahu apa saja sih keutamaan dari 10 hari pada awal blan dzulhijjah.

Sangat bodoh sekali orang yang menyianyiakan hari-hari di 10 hari awal bulan dzulhijjah. Bagaimana tidak keutamaannya itu lebih dari jihad fi sabilillah. Maka selayaknya dan seharunya kita memanfaatkan hari-hari itu dengan memperbanyak amal-amal shalih. Bukannya malah bermalas-malasan dan menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan yang tidak produktif.

Amalan-amalan Yang Dianjurkan Di 10 Hari Di Awal Bulan Dzulhijjah

Ada banyak sekali amalan-amalan yang bisa anda lakukan untuk menyibukkan diri di 10 hari di awal bulan dzulhijjah. Diantaranya yang utama yaitu:

Pertama, Pusa di tanggal 1 samapai 9 dzulhijjah dikarenakan Nabi kita mendorong kita agar menjalankan amal sholeh ketika 10 hari itu dan amalan paling baik itu puasa.

Kedua, Perbanyaklah takbir dan zikir. Disunahkan untuk mengeraskan suara ketika sedang bertakbir.

Ketiga, Menunaikan haji dan umroh

Keempat, memperbanyak amalan sholeh seperti memperbanyak amalan-amalan sunnah seperti bersedekah, shalat, membaca Al Qur’an, dan beramar maruf nahi mungkar

Kelima, disunnahkan untuk berqurban pada tanggal 10 dzulhijjah/ hari tasyrik.

Keenam, dianjurkan pada awal bulan dzulhijjah agar kita bertaubat dari dosa-dosa serta maksiat kepada Allah.

Pada intinya keutamaan di sepuluh awal bulan dzulhijjah bebas melakukan amalan apa saja, tidak harus melakukan amalan tertentu. Maka sudah selayaknya kita mengisi hari-hari di sepuluh hari yang sangat spesial ini untuk melaksanakan ketaatan kita kepada Allah.

Bertaqbir Bersama Di Masjid

Taqbiran Di Masjid Picture
Sumber: wahdah.or.id

Di malam 9 dzulhijjah kami para santri melakukan takbir bersama di masjid, meskipuntidak semua santri yang mengikuti karena ditunjuk perwakilan dari kelompok. Acara takbiran berlangsung hingga kuran lebihb sampai pertengahan malam.

Hari Raya Idul Adha

Shalat Idul Adha Picture
Sumber: mysharing.co

Keesokan harinya kami setelah melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid langsung pulang ke asrama untuk bersiap-siap melaksanakan shalat ied. Lalu saya bersama santri lainnya menuju masjid untuk melaksanakan shalat Idul Adha.

Meruapakan sebuah pengalaman pertama melaksanakan sholat ied di pondok pesantren. Singkat cerita setelah shalat ied selesai, kami para santri kembali ke asrama untuk mempersiapkan peralatan untuk membantu pemotongan daging kurban.

Ada tiga sapi yang di kurbankan, Alhamdulillah kegiatan penyembelihannya berjalan dengan aman dan lancar. Setelah pemotongan, saya dan santri lainnya membantu panitia kurban untuk memotong-motong daging sapi yang telah di sembelih tadi menjadi bagian-bagian kecil.

Bakar Sate Bersama

Bakar Sate Gambar
Sumber: keepo.me

Setelah acara bantu-bantu panitia qurban selesai, kami mendapatkan bagian kalau tidak salah 12 kantong kresek. Kami pun langsung memotong-motongnya untuk dijadikan sate. Lalu setelah satenya siap kami langsung membakar satenya.

Dikarenakan para santri tidak ada yang berbakat jadi penjual sate, hasil dari bakaran satenya pun sebagian ada yang gosong. Habis melaksanakan sholat isya kami pun langsung ke asrama untuk menikmati hasil sate yang kita buat.

Sekian pengalaman saya ketika hari raya Idul Adha di Pesantren Sintesa. Terimakasih

The Great Marketing Road Map Part 3

The Great Marketing Road Map Part 3

the great marketing road map part 3
Sumber: pixabay.com

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel the great marketing roadmap part 2. bagi anda yang belum membaca part 1 bisa anda baca di sini. Artikel ini merupakan artikel terakhir dari serial artikel The Great Marketing Road Map.

Temukan Strategi Terbaik Untuk Menggarap Masing-masing Market Spot

strategi market spot
Sumber: pixabay.com

Masing-masing market spot punya strategi masing-masing, di kota beda, di online beda, di mall beda, di ruang dosen beda. 1 produk saja bisa punya pilar anakan lainnya. 1 kota di bidik itu pilar baru, jika 10 kota maka berapa pilar?

Banyak teman-teman punya produk beragam tapi hanya berharap keajaiban datang, keajaiban pembeli datang terus menerus. Banyak strateginya, ada copywriting, display, dll. Bangun die hard team untuk menjalankan strategi tersebut di setiap market spot.

team marketing
Sumber: pixabay.com

Banyak dari teman-teman yang terlalu pelit untuk bagi insentif, dengan team penjualannya. Begitu mereka terlalu pelit, teamnya tidak cukup termotivasi. Balai Kartini, bagaimana orang yang masuk harus meyakinkan bahwa Balai Kartini paling bagus!

Orang marketing jika bisa tembus 25 M oleh Pak Laksita diberikan mobil seharaga 125 juta. Kita bisa membangun die hard team jika kita tidak pelit pada mereka. Kalau insentif dari teamnya tidak menarik (kecil), maka tidak termotivasi!

The Better 5 P

better 5p
Sumber: pixabay.com

Kalaupun kita sudah memeiliki pilar-pilar pemasukkan yang efektif dari 4 hal di atas, sudahkah kita mengupgrade keunggulan bersaing dari setiap pilar pemasukan bisnis kita tersebut? Meningkatkan daya saing dari keempat pilar tersebut, kita kenal dengan the better 5 P ( better product, better packaging, better promotion, better people, dan better price).

Jika kita punya produk yang bagus, maka packaging nya harus keren. Harganya pun tentu bisa bagus juga. Misal kita punya apotek, layani pelanggan sebaik mungkin karena kita sedang melakukan pameran. Tunjukan betapa luar biasanya kita dibandingkan dengan kompetitor.

die hard team
Sumber: pixabay.com

Sudahkah kita menjadikan setiap momen orang datang ke tempat kita menunjukkan the best momentnya. Masalah terbesar ternyata ada di orang-orang kita. Kenapa orang-orang kita resisten? Karena kita sendiri kurang keras untuk membina mereka menjadi die hard team!

Promosi membuat pasar yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Jika kita sudah promosi yang bagus, hati-hati di people atau karyawan kita. Banyak orang yang tidak aware di people, padahal sangat penting! Train your people better.

Ini meningkatkan daya saing kita bersaing di 4 titik yang menentukan. Sudah habis-habisan membangun produk, packaging, price, promotion, orang kita melayaninya tidak ramahnya luar biasa. Masalah apotek ada di sini! Pegawai front line dan back line.

Pegawai di depan upayakan yang good looking, bahasanya adalah orang yang punya budi pekerti yang bagus. Setelah itu upgrade budi pekerti mereka.

Kepuasan Pelanggan (Happy Customer)

happy customer
Sumber: pixabay.com

Definisi kepuasan pelanggan yaitu ketika seseorang menerima lebih dari yang dia bayar. Untuk membuat puas itu, minimal 5 hal tadi harus di jalankan. Kaitan 5 hal ini adalah orang yang berurusan dengan kita (Costumer) akan menjadi marketing kita sendiri.

Tidak harus simultan, tidak harus diselesaikan dulu. Ini adalah upaya untuk menjadikan customer menjadi happy customer. Key performnace indicatornya (KPI) dari program ini berhasil adalah repeat order per pelanggan kita akan bertambah secara eksponensial!

pelanggan
Sumber: pixabay.com

Ini digunakan untuk membuat orang bertransaksi di bisnis kita membuat mereka mendatangkan 10 orang lain untuk bisnis kita. 1 orang terpuaskan akan mentriger 10 orang yang datang ketempat kita. Mau online maupun offline tetap sama, karena yang dilayani manusia.

Kurang lebihnya seperti itulah materi yang disampaikan di acara seminar Pak Laksita. Semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila banyak kata-kata yang salah. Terimakasih

The Great Marketing Road Map Part 2

The Great Marketing Road Map Part 2

great marketing roadmap
Sumber: pixabay.com

Saya akan melanjutkan materi yang kemarin tentang seminar the great marketing road map bagian 2. Untuk materi sebelumnya bisa anda akses di sini.

Tiga Pilar Untuk Memecah Market

pilar marketing
Sumber: pixabay.com

Salah satu teknik untuk memecah target , dengan menjalankan tiga pilar. Target sebesar apapun, akan beres dengan tiga pilar ini. Pertama, perbanyak pilar pemasukan dengan cara membangun keunggulan bersaing. Kedua, jalankan pemasaran berkesinambungan. Ketiga, buat kemasan barang yang biasa menjadi kemasan yang wow, naik 125 ribu biaya produksi, tetapi nilai jual 100-200 kali lipat.

Rahasia membangun pilar permasukkan yang efektif adalah ibarat bangunan ditopang oleh 1 pilar atua 2 pilar saja pasti runtuh, dalam bisnis juga begitu. Jika kita hanya mengandalkan satu produk untuk mencapai satu target pasti berat.

Ciptakan Better Solution Product

better solution
Sumber: pixabay.com

Sediakan produk atau jasa yang menjadi better solution bagi masalah yang dihadapi oleh pasar. Tujuan dari bisnis itu adalah membantu pasar. Jika penjualan seret, jangan-jangan kita belum mendefinisikan ulang bisnis kita. Ini adalah kunci utama kita harus mengetahui ini!

Tidak terjebak pada produknya, tapi bisnis kita itu adalah membantu menyediakan solusi yang lebih baik bagi masalah yang dihadapi oleh pasar dengan suatu produk. Apapun bisnis kita tujuannya adalah membangun aset, bukan mati hidup sebuah produk.

Banyak yang keliru, tersesat, mati-matian membela produk. Hanya berjibaku pada satu ranah saja dan kadang tidak tepat sasaran. Bisnis harus memberikan solusi, kalau pun bisnis kita memberikan solusi jika tidak lebih baik, Kenapa juga pembeli harus beralih ke tempat orang lain.

Masing-masing Punya Produk Turunan

produk turunan
Sumber: pixabay.com

Misal properti, maka setelah jualan rumah produk turunannya adalah bagaimana cara memantaince ya, karena kita tahu struktur bangunannya, seperti renovasi, interior exterior design, landscaping, taman, pasang solar sell. dll. Itu bisa menjadi garapan baru untuk bisnis kita.

Kenali Serapan Pasar Dan Spot Areanya

serpan pasar
Sumber: pixabay.com

Kita harus mengenali membangun pilar yang efektif, yang paling gampang adalah definisikan kembali arti dari bisnis kita, bisnis kita sebenarnya adalah membantu menyediakan solusi yang lebih baik bagi masalah yang dihadapi oleh pasar, bisnis kita hanya akan terus hidup selama pasar terus bermasalah dengan hidup mereka.

Satu contoh lembaga pendidikan Indonesia yang membikin pasar expart. Dia tawarkan 9 juta untuk pelatihan itu kepada para expatria. Dalam 1 tahun dia tidak lebih dari 85 juta. Modul ini yang membutuhkan memang orang asing, tapi bisa jadi orangnya tidak harus di Indonesia. Maka buatlah kursus online yang bisa diakses pertahun.

Cerita Ibu-ibu Bisnis Garmen

bisnis garmen
Sumber: pixabay.com

Ada satu lagi cerita ibu-ibu yang terpuruk bapak ibunya terjerat investasi bodong sebesar 750 juta. Lagi dinas di Taiwan beliau adalah dosen Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris dan tidak tega dia pun pulang untuk membantu bapak ibunya. Beliau balik ke Indonesia, bingung saat itu sang suami punya usaha tapi usaha suaminya sedang mandek.

Secara terpaksa mbak nya ini pulang harus punya usaha. Dirumah yang ada hanya mesin jahit padahal dia juga tidak bisa jahit. Dengan sisa uang yang ada jual barang bekas, sempet sempetnya beli buku. Dia contek habis studi kasus perusahaan garmen yang head to head melawan brand nasional.

garmen ekslusif
Sumber: pixabay.com

Dia punya produk , mereka bikin katalog yang sangat eksklusif, orang lihat pasti mengira bahwa produk buatannya pasti brand besar. Masalahnya dia tidak punya kemampuan untuk menjual. Akhirnya dia lihat segmen pasar itu adanya di mall-mall, untuk menjual produk tersebut dengan harga yang bagus maka mau tidak mau harus jual di mall. Dan akhirnya bisa tembus 2 M. Kenali pasar aja udah tembus 2 M.

Sekian dulu. Akan dilanjutkan di artikel selanjutnya.

The Great Marketing Road Map Part 1

The Great Marketing Road Map Part 1

Artikel kali ini saya akan memaparkan materi dari seminar Pak Laksita yang bertema The Great Marketing Roadmap yang di adakan di UNY. Saya juga sempat menyinggung sedikit materinya di artikel yang berjudul Seminar Great Marketing Roadmap. Kurang lebih inilah isi dari seminar itu.

Hukum Pertumbuhan Bisnis

hukum pertumbuhan bisnis
Sumber: pixabay.com

Hukum pertumbuhan bisnis itu ada tiga fase tiga fase itu survive, grow & Lead (mulai memimpin). Tiga fase yang pasti dialami ketika kita istiqomah membesarkan bisnis kita. untuk tiga fase ini sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

4 Fase Penting Dalam Bisnis

fase penting dalam bisnis
Sumber: pixabay.com

Di buku manapun yang kita pelajari, kita pasti akan bertemu dengan empat hal, yaitu :

1. Brainstroming
2. Stroming
3. Normalizing
4. Performing

Itu semua adalah siklus perubahan yang harus siap kita hadapi dalam membesarkan bisnis. Semua yang kita pelajari hanya akan menghasilkan sesuatu ketika yang kita pelajari itu kita praktekkan. Ketika dipraktekkan akan bertemu seribu macam ketidak idealan dan seribu macam permasalahan.

Begitu di jalani, maka tentunya saat ketidak idealan tersebut membuat kita keesokan harinya menjadi tidak semangat bahkan bisa stress. Di sinilah fase storming terjadi, ada perlawanan karena beribu permasalahan tersebut. Pada saat normalizing, intinya kita harus tetap terus berjalan untuk membuat target.

Keesokan harinya coba lagi ketika hari ini gagal, coba lagi dan lagi. Pasti permasalahan ada, tapi terobos saja dan jangan putus asa. Lama-lama jika dipaksa terus jalan, maka akan mulai terbentuk performancenya. Disini kemudian kita akan melakukan temuan-temuan masalah baru dan kembali ke fase brainstroaming, storming, normalizing, performance.

Nikmati Proses Jangan Menyerah

nikmati proses
Sumber: pixabay.com

Fase ini tidak bisa diloncati begitu saja. Harus dilewati meskipun menyakitkan. Begitu reputasi kita dapat, apapun yang kita jual akan mudah.

Maka, fase ini menyakitkan ? Iya! Jika kita tidak lewati, dan kita acuhkan , maka fase kita berada dalam fase survive saja, tidak naik ke fase grow.

Pentingnya Sebuah Target

sebuah target
Sumber: pixabay.com

Berapa rupiah target pendapatan yang anda harapkan dari bisnis anda setiap bulannya? Berapa miliar? Berapa ratus juta? Sudah ada blue print strateginya? Apa pengorbanan yang siap anda lakukan untuk mendapatkan semua itu secara rutin dalam 3-6 bulan ke depan?

Rencana Kerja Itu Penting

rencana kerja
Sumber: pixabay.com

Dari target ini kita bisa membuat rencana kerja dari hari per hari, sehingga kita bisa target secara keseluruhan. Belum di bagi per produk, kira-kira mungkin tidak kita jualan sesuai target per hari tersebut? Bagaimana caranya?Setidaknya kita harus tahu caranya mencapai target tersebut, serapan pasarnya, lokal, regional, nasional, internasional. Nama besar perusahaan harus dibangun.

Contoh Kasus

contoh kasus
Sumber: pixabay.com

Ada lembaga pendidikan di Malang yang diminta dicoaching agar dapat mahasiswa yang tergerus pasarnya oleh UMM dan Unibraw. Fokus ke masalah yang dihadapi puluhan ribu mahasiswa yang berhasil di garap oleh UMM dan Brawijaya adalah mahaiswa yang bermasalah di skripsi. Buatlah bimbingan skripsi 5 juta sampai lulus contohnya pasti banyak mahasiswa yang mengantre. Kita harus sensitif untuk hidup dari masalah orang lain. Karena di dalam kerumunan maslah tersebut adalah uang.

Seberapa Besar Market Size

market size
Sumber: pixabay.com

Dalam bisnis kita harus market size yang kita mainkan itu seberapa besar sehingga layak untuk kita prejuangkan. Ada sebuah perusahaan yang dengan bangganya dapat omzet 1,7 miliar dari 23 cabang. Tapi bisa tidak angkat 1,7 miliar itu dikunci tanpa keluar daerah hanya fokus di market daerahnya.

Mau kita mentarget 1 miliar, 500 juta, itu enteng sebenarnya. Jika kita mau tahu! Pasti ada jawabannya! Yang namanya target pasti butuh syarat dan ketentuan berlaku, berarti harus rela melakukan apapun untuk mendapatkan itu dalam jangka waktu 3-6 bulan.

Proses ini terlihat dalam waktu 3 bulan, klo dalam 6 bulan tidak cukup, maka ada proses yang salah. Banyak teman-teman yang punya usaha, setiap harinya bengong. Jadi, selain target uang, maka juga harus ada jangka waktunya.

Bersambung. Artikel akan diteruskan di artikel selanjutnya.