Tips Persiapan Sebelum Hamil Baik Fisik dan Mental

Untuk para pasangan muda yang baru saja menikah, mempunyai sang buah hati pasti sudah menjadi dambaan bagi semua pasang muda. Dimenak para pasang muda pasti terbayang hal-hal indah saja dalam menjalankannya. Hal ini perlu dipikir dua kali. Karena ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh pasangan ketika akan menjalankan program kehamilan. Tujuannya adalah supaya ibu, ayah dan calon buah hati tetap sehat dan lancar.

Persiapan Sebelum Hamil

Persiapan Sebelum Hamil

Ada beberapa persiapan yang peru disiapkan oleh calon ayah dan ibu sebelum menjalankan program kehamilan.

Diawali dengan doa

Apapun program atau kegiatan yang akan kita lakukan, kita wajib untuk berdoa. Karena kita sebagai manusia hanya bisa merencanakan dan hanya Allah lah yang menentukan hasil akhirnya. Oleh karena itu terus berdoa untuk kebaikan program yang akan dijalani.

Periksa ke dokter kandungan

Periksakan calon bunda ke dokter kandungan (dokter obgyn) untuk memeriksa kesiapan kandungan secara fisik, pemeriksaan darah dan anjuran untuk vaksin.

Vitamin Untuk Program Hamil

Apabila anda akan melakukan program kehamilan, dokter umumnya akan memberikan mutlivitamin untuk membantu tubuh sang ibu. Beberapa vitamin yang diberi adalah vitamin B6, asam float, dan vitamin A yang berguna meminimalisir terkena cacat janin.

Asam float dikonsumsi sebelum adanya tanda kehamilan dikarenakan tingginya kebutuhan asam float ketika pembentukan janin di minggu awal kehamilan.

Konsumsi Makanan Sehat

Makan sayur dan buah dan biji-bijian yang kaya akan kalsium. Kalsium dibutuhkan saat proses kehamilan. Jauhi makanan seafood seperti ikan salmon dan makarel. Hal itu dikarenakan ikan laut banyak mengandung merkuri yang tidak baik untuk pembentukan janin.

Gaya hidup sehat

Biasakan untuk menjalankan gaya hidup sehat. Kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein bisa menurunkan keguguran janin. Hindari obat terlarang dan alkohol. Berhenti merokok selain membuat kualitas sperma menurun tembakau dalam rokok bisa memicu janin menjadi anak ADHD. Biasakan juga olahraga yang rutin.

Hati-hati dengan infeksi

Ketika sedang hamil dan kena infeksi biasanya akan mengalami beberapa keluhan. Cara menghindarinya salah satunya dengan membersihkan karang gigi sebelum hamil, karena karang gigi dapat memicu infeksi di gigi.

Jauhi susu yang tidak terpasteurisasi karena susu yang mentah banyak mengandung bakteri e.coli dan salmonela. Hindari juga daging mentah agar terhindar toksoplasmosis.

Biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan serta setelah memegang benda-benda yang kotor. Jangan pakai cream malam dan kosmetik yang berat.

Ikhtiar!

Apabila persiapan sudah dilakukan dengan maksimal, hal selanjutnya yang paling penting ialah melakukan hubungan intim 2 sampai 3 kali seminggu. Coba hitung masa subur anda, jangan pakai alat kontrasepsi, istriahat dengan cukup dan jaga diri dan pikiran agar selalu positif

Tips Menyiapkan Mental Sebelum Hamil

Tips Menyiapkan Mental Sebelum Hamil

Hamil bisa jadi merupakan hal yang menakutkan terutama bagi ibu yang baru hamil anak pertama. Berikut beberapa tips supaya kesehatan calon ibu terjaga:

  • Pastikan ibu memiliki kegiatan setiap hari. Lingkungan dan makanan sehat akan memudahkan bunda dalam menyambut
  • Selalu berpikir positif dan cinati diri sendiri. Alokasikan waktu kurang lebih 15 menit untuk me-time setiap harinya. Bunda bisa pergi bersepeda, jalan-jalan, dan bincang- bincang dengan teman.
  • Makan makanan yang sehat untuk mendapatkan energi yang ckupu dan supaya menaja tubuh tetap sehat. Degnan merawat diri juga bisa membuat suasana hati bahagia.
  • Aktif bergerak bisa menurunkan stres. Bisa dengan berkebun atau pergi ke gym. Dengan aktif bergerak tubuh akan megeluarkan hormon endorpin yang berfungsi menjadikan diri merasa tenang. Horomon ini juga bisa memperbaiki mood dan mengurangi stres.
  • Tidur dengan teratur. Karena dengan tidur teratur bisa membuat mental tetap sehat.

Untuk informasi seputar kesehatan wanita dan kehamilan bisa kunjungi rahimsehat.com