Sekolah Ikatan Dinas Paling Favorit di Indonesia

Sekolah Ikatan Dinas – Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikannya ke pendidikan tinggi dan ingin setelah lulus tidak menganggur, sekolah ikatan dinas lah solusi permasalahanmu. Dengan masuk di sekolah ikatan dinas, nantinya kamu setelah lulus langsung kerja. Jadi, kamu tidak perlu pusing memikirkan pekerjaan setelah lulus. Menarik bukan? Berikut sekolah ikatan dinas yang ada di Indonesia.

sekolah ikatan dinas
muhammadidikwijaya.blogspot.com

Apa Itu Sekolah Ikatan Dinas ?

Sebelumnya mungkin kamu masih belum tahu dari sekolah ikatan dinas itu sendiri. Pengertian dari sekolah ikatan dinas adalah sekolah yang di fasilitasi oleh negara dengan tujuan mendidik dan meberdayakan sumber daya manusia yang ada di Indonesia untuk mengisi posisi-posisi di setiap departemen yang ada di pemerintahan. Jadi, nanti kamu bakalan langsung diangkat menjadi pegawai pemerintahan.

Daftar Sekolah Ikatan Dinas di Indonesia

1. Politeknik Keuangan Negara STAN

sekolah ikatan dinas stan
smartproeducation.com

Sekolah ikatan dinas yang berfokus di bidang keuangan in terletak di Bintaro, Tangerang. Sekolah ini menjadi salah satu sekolah ikatan dinas yang banyak diminati oleh para lulusan anak Sekolah Menengah Atas. Apabila lulus dari PKN STAN, dijamin pasti akan jadi idola calon mertua.

Orang tua mana yang tidak senang anaknya mendapatkan pegawai dari Kementrian Keuangan. Saat ini STAN sudah bertransformasi menjadi PKN STAN yang di resmikan tanggal 15 Juli 2015. Untuk informasi mengenai PKN STAN, kamu bisa akses situs resminya di sini atau di situs kemenkeu di sini.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

sekolah ikatan dinas stis
2afrizal.wordpress.com

Sekolah tinggi ini bernaung di bawah BPS (Badan Pusat Statistik) Republik Indonesia, lulusan dari STIK nantinya angkat diangkat menjadi pegawai negara sipil di Badan Pusat Statistik. Untuk kmau yang memiliki minat dan bakat di bidang statistik kamu bisa daftar di STIS. Lokasi STIS sendiri berada di Jakarta. Informasi mengenai STIS bisa kamu akses di sini.

3. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

sekolah ikatan dinas stsn
himastsn.wordpress.com

Sekolah ikatan dinas yang ke tiga ialah Sekloah Tinggi Sandi Negara atau STSN, adalah sekolah kedinasan yang diadakan oleh Lembaga Sandi Negara. Lokasi sekolahnya berada di kota hujan yaitu Bogor, Jawa Barat. Di sekolah ini kamu harus menempuh bidang studi sebanyak 145 SKS dan harus selesai selama 4 tahun. STSN memiliki dua program studi yaitu program studi manajemen persandian dan program studi teknik persandian. Program studi teknik persandian mempunyai dua bidang minat yaitu teknik rancang bangun peralatan sandi dan teknik kripto. Kamu bisa kepoin infonya di sini.

4. Akademi Militer (Akmil)

sekolah ikatan dinas akademi militer

Untuk kamu yang menyukai dunia militer dan siap berbakti kepada ibu pertiwi sebagai garda paling depan untuk menjaga kedaulatan negara tercinta ini, kamu cocok untuk daftar di Akmil. Lokasi Akmil sendiri berada di Magelang, Jawa Tengah. Akademi militer ini setelah lulus akan menjadi perwira TNI Angkatan Darat. Untuk informasi mengenai Akmil kamu bisa akses situsnya di sini dan untuk pendaftaran secara onlinenya kamu bisa lihat www.akmil.ac.id.

5. Akademi Angkatan Laut (AAL)

sekolah ikatan dinas akademi angkatan laut
sman6sby.sch.id

Apabila kamu memiliki cita-cita untuk menjadi perwira TNI AL, kamu harus masuk di Akademi ini. Akademi Angkatan Laut atau AAL pusatnya di Surabaya, Jawa Timur. Kamu bisa akses di sini untuk lebih mengenal tentang Akademi Militer Angkatan Laut.

6. Akademi Angkatan Udara (AAU)

sekolah ikatan dinas akademi angkatan udara
tniau.mil.id

Akademi Angkatan Udara adalah institusi pendidikan yang memiliki tujuan untuk melahirkan calon pimpinan di TNI AU.
Lulusan Akademi Angkatan Udara nantinya akan menjadi perwira dan mendapatkan pangkat letnan dua. Lokasi dari Akademi Angkatan Udara berada di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu ingin lebih mengenal AAU, kamu bisa akses situs resminya di sini.

7. Akademi Kepolisain (Akpol)

sekolah ikatan dinas akademi kepolisian
lewatmana.com

Jika kamu memiliki cita-cita untuk mengayomi dan melindungi masyarakat, Akpol yang terletak di Semarang inilah tempatnya. Kamu bisa menjadi aparat penegak hukum di negeri ini. Dengan citra buruk kepolisian di masyarakat sekarang ini, kamu bisa bertekad untuk merubah citra buruk itu dengan menjadi polisi yang jujur dan amanah seperti Jenderal Hoegeng. Untuk informasi dan pendaftarannya kamu bisa lihat di sini.

8. Institut Pemerintaha Dalam Negeri (IPDN)

sekolah ikatan dinas ipdn
pikiran-rakyat.com

Sekolah ikatan dinas IPDN dulu terkenal dengan kasus-kasus kekerasan diantara para senior dan juniornya. Tapi, sekarang sepertinya kasus-kasus seperti itu sudah jarang terdengar. Semoga saja itu memang tidak ada lagi kasus-kasus kekerasannya.

Insstitut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN ini berlokasi di Jatinangor, Jawa Barat. Sekolah ini berada di bawah naungan Kementrian Dalam Negeri, dimana lulusannya nantinya akan menjadi PNS di Kemendagri. Untuk kamu yang ingin masuk ke sekolah ini, kamu harus memiliki persiapan yang matang, baik itu fisik maupun psikis. Sekolah ini juga hanya menerima 2 orang di setiap Kabupaten di seluruh Indonesia. Memang semuanya sekolah dinas seperti itu. Informasi perihal IPDN bisa kamu akses di sini.

9. Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN)

sekolah ikatan dinas stin
imsarchitect.blogspot.com

Sekolah ikatan dinas yang ke-9 ini berada di Sentul, Jawa barat. Sekolah ini di bawah naungan badan Intelejen Negara. So, kamu bisa bayangkan lulusan dari sekolah ini nantinya akan jadi apa? Kamu bisa lihat informasi persyaratan Sekolah Tinggi Intelejen Negara di sini.

10. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)

sekolah ikatan dinas pertanahan nasional
cbt.baubauonline.net

Sekolah tinggi ini berada di bawah naungan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Lokasi sekolah ini berada di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti namanya, di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional kamu akan mempelajari mengenai pertanahan nasinal. Setelah lulus sari STPN, kamu nantinya akan menjadi pegawai negeri sipil di Badan Pertanahan Nasional. Informasi tentang sekolah ini bisa kamu dapatkan di sini.

11. Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN)

sekolah ikatan dinas stipan
stipan.ac.id

Berlokasi di Jakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara atau STIPAN ini dikelola oleh yayasan Abdi Negara Nusantara. Sekolah ini didirikan untuk mendidik para pamong praja dan juga meningkatkan kapastias birokrat. Untuk bisa lulus tes sekolah ini, kamu perlu mengikuti beberapa tes dan harus ada surat rekomendasi dari kepala daerah asalmu. Untuk informasi tentang STIPAN kamu bisa lihat di sini.

12. Akademi Imigrasi dan Akademi Ilmu Pemasayarakatan

sekolah ikatan dinas imigrasi & pemasyarakatan
kuliahgratisindonesia.blogspot.co.id

Kedua akademi ini berada di bawah komando Kemenkumham (Kementrian Hukum dan HAM). Lokasi akademi ini berada di Cinere, Depok, Jawa Barat. Di Akademi Imigrasi kamu akan mempelajari tentang keimigrasian yang kemudian nanti akan diangkat menjadi CPNS di Ditjen Keimigrasian. Sementara itu, di Akademi Ilmu Permasyarakatan kmau bakalan dididik untuk menjadi CPNS yang memiliki kapabilitas di bidang kemasayarakatan. Biasanya pendaftaran dibuka di bulan agustus. Untuk informasi lebih rincinya kamu bisa akses di sini.

13. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

sekolah ikatan dinas stmkg
stmkg.ac.id

Sekolah ini berada di bawah naungan BMKG (Badan Meteorologi Kilamtologi dan Geofisika). STMKG berlokasi di Tangerang. Kamu bakalan fokus belajar mengenai fenomena alam yang terjadi di bumu khususnya bumi Indonesia, seperti cuaca, gempa, iklim, dan yang lainnya. Informasi selengkapnya kamu bisa akses di sini.

Itulah sekolah-sekolah ikatan dinas yang ada di Indonesia. Masih banyak sekolah ikatan dinas, tapi di atas tadi merupakan sekolah ikatan dinas yang paling populer di Indonesia. Semoga kamu yang mempunyai cita-cita untuk bisa sekolah di salah satu sekolah ikatan dinas di atas bisa tercapai. Silahkan bagikan artikel ini sekiranya bisa bermanfaat buat kamu, sahabat, atau keluarga. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Advertisements

Kommen