Advertisements

Siapa Luis Milla ? Pelatih Baru Timnas Indonesia

Siapa Itu Luis Milla?

siapa luis milla
fourfourtwo.com

Pada akhirnya PSSI secara resmi mengumumkan Luis Milla untuk menjadi pelatih timnas Indonesia yang baru. Akan tetapi, Bagaimanakah rekam jejak dia sebagai pelatih atau pemain? Apakah Luis Milla mampu memberi dampak yang signifikan untuk timnas?

“Kita sudah melihat Spanyol itu berkualitas. Itulah, kira-kira seperti itulah – PSSI berpatokan ke sana,” kata Edy Rahmayadi, yang merupakan ketua umum PSSI di akhir tahun 2016 yang lalu.

Saat ketua umum federasi sepakbola Indonesia atau PSSI yang baru berencana untuk berkiblat ke negara Spanyol di dalam urusan sepakbolanya, sepertinya selama ini yang jadi pernyataannya tidak bisa dianggap sebagai angin lalu saja.

Keseriusan dari pimpinan baru PSSI itu diperlihatkan dengan merekrut Luis Milla Aspas, yang merupakan mantan pelatih tim juniornya Spanyol yang telah membela Barcelona dan juga Real Madrid, untuk menjadi pelatih tim nasionalnya Indonesia.

Sang pengendali baru Merah Putih sudah tiba di Indonesia kira-kira pekan ini untuk memberikan presentasi rencananya, dan hari ini dengan secara resmi diumumkan menjadi pelatih barunya tim nasional Indonesia. Luis Milla juga akan berperan ganda yaitu sebagai pelatih timnas Usia 23 Indonesia, karena agenda timnas tahun ini lebih padat di sektor usia tersebut karena dengan adanya lomba SEA Games tahun 2017.

Keyakinannya itu bukan tidak memiliki dasar. Menurut Edy, dia menganggap fisik dari pemain Indonesia mirip dengan pemain Spanyol dan cara bermainnya pun mirip. Dia juga merencakan untuk melakukan pelatnas dan uji tanding di Spanyol asal negaranya.Menurutnya, apabila harus berbicara tentang kualitas sepakbola, Spanyol bisa menjadi acuan.

Ada yang berkata bahwa pelatih yang baik biasanya ketika menjadi pemain dulunya, dia biasanya seorang pemain gelandang. Kita tidak berbicara pelatih di masa yang terlalu lampau, tapi jika melihat di La Liga, Zinedine Zidane (Madrid), Luis Enrique (Barca), Diego Simeone (Atletico Madrid), dan Jorge Sampaoli (Sevilla) semuanya merupakan pemain gelandang.

Luis Milla Pelatih Baru Timnas Indonesia

luis milla pelatih baru timnas indonesia
marca.com

Sebagai info, Luis Milla adalah seorang pemain gelandang yang sudah bermain tim nasionalnya Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Akankah kita optimis dengan timnas kita?

Besar di akademi sepakbola punya CD Teruel dan La Masia miliknya Barcelona, Luis Milla pernah menjadi pemain La Masia lainnya untuk main di Barcelona B hingga akhirnya dapat kesempatan untuk promosi di tim utama Barcelona.

Kompetisi kencang di Blaugrana serta beradu permasalahan tambahan perjanjian jadi latar belakang penting Milla menyebrang menuju Real Madrid. terlebih di penghujung karirnya bersama-sama barcelona, beliau tidak dicantumkan namanya ke dalam regu el barca dalam kelompok akhir copa del rey. Johan cruyff yang jadi guru barca ketika itu memandang kalau si pemeran berat ekor menadah hal ajuan akad anyar serta permasalahan keuangan klub yang lagi sekadarnya.

Setelah ke Los Blancos dan enam musim di sana, dia menyelesaikan karirnya di Valencia tahun 2001. Beberapa gelar seperti Copa del Rey, La Liga, Supercopa de Espana, UEFA sampai Intertoto Cup sudah dia rasakan selama perjalanan karir di Madrid, Barca, dan Valencia.

Micahel Laudrup yang merupakan mantan teman setimnya di Barca dan Madrid yang sudah merintis karir di menjadi pelatih terlebih dulu, mengambil Milla menjadi asisen pelatih ketika Laudrup memegang Getafe di musim 2007-2008. Getafe di baah asuhan Laudrup dan Milla berhasil menjadi finalis Copa del Rey di musim itu.

Pada akhirnya Milla menjadi pelatih timnas Spanyol Usia 19 tahun 20 pada tahun 2008 sampai 2010. Berhasil meraih gelar Piala Mediterranian Games, Luis Milla pun naik kelas lagi menjadi pelatih usia 21 dan sukes meraih Piala Eropa usia 21 di Denmark.

Banyak sekali mantan asuhan yang pernah di latih oleh Luis Milla, seperti Ander Herrera, David De Gea, Juan Matta, Thiago Alcantara sampai Javi Martinez.

Luis Millsa sebenarnya lebih bagus menangani timnas dibandingkan klub dilihat dari rekam jejak. Sebelum ke Indonesia, dia sempat bersama Lugo dan Rreal Zaragoza. Dia diberhentikan oleh Zaragoza saat musim baru masuk ke 4.

Ketika mengurus tim nasional junior Spanyol, dia memberikan beberapa metode tim seniornya di dalam bermain dengan penguasaan bola dan umpan pendek. Tidak heran apabila nama pemain yang sudah disebutkan tadi sangat bagus bermain di level senior sebab sudah biasa dengan cara bermainnya.

Semoga saja dengan Luis Milla menangani timnas Indoneisa bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk mendapatkan prestasi-prestasi yang gemilang.

Advertisements

Kommen