Advertisements

9 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengatasi Asam Urat

Tanaman obat asam urat – Asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini familiar disebut dengan penyakit rematik. Biasanya penyakit ini menyerang kepada mereka yang berusia lebih dari 30 tahun.

Biasana penyakit ini menyerang otot, sistem tulang, sendi dan sekitarnya, lebih lagi penyakit ini bisa menyebabkan gangguan pada imun tubuh. Biasanya gejala yang dirasakan yaitu nyeri pada bagian sendi.

Penyebabnya pun bisa dari berbagai hal, sperti pernah mengalami trauma, pola makan yang tidak sehat, atau infeksi. Berikut berbagai jenis tanaman obat yang bisa sebagai obat alami untuk mengobati asam urat.

Daun Sirsak Untuk Asam Urat

daun-sirsak-untuk-asam-urat
herbapost.com

Hasil dari penelitian ternyata daun sirsak bisa mengatasi penderita asam urat. Dengan mengkonsumsi rebusannya secara teratur setiap hari. Asam urat sendiri terjadi disebabkan ada zat purin berlebih, sehingga ginjal tak mampu untuk mengeluarkannya dari tubuh, maka zat purin menumpuk di bagian persendian.

Pada dasarnyam tubuh manusia normal mengandung zat purin, akan tetai jika berlebih akan menimbulkan asam urat. Penyakit ini sangat mengganggu aktivitas keseharain dikarenakan sakit sendi yang lumayan terasa nyeri.

Cara meracik daun sirsak untuk asam urat cukup mudah. Siapkan 10 sampai 15 lembar daun sirsak. Bersihkan sampai bersih. Anda bisa menggunakan cairan untuk membersihkan sayuran. Masukkan daun ke dalam wadah. Masukan air hingga daun terendam seluruhnya.

Perlu anda perhatikan, anda masukan daun sirsaknya ketika airnya masih dingin, jangan ketika airnya sudah mendidih. Rebus sampai tersisa kira-kira 2 gelas. Bila anda tidak langsung meminumnya, biarkan saja air rebusan daun sirsak tetap di wadah, tak perlu buang daunnya. Minum rebusan air daun sirsak 2 kali sehari, di anjurkan pagi dan sore.

Anda juga harus menjaga pola makan anda. Jangan makan yang sembarangan. Karena biasanya penyakit ini diakibatkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit ini juga bersifat genetik. Jadi, jika di keluarga anda ada riwayat terkena penyakit asam urat, anda beresiko lebih besar  terkena penyakit tersebut.

Oleh sebab itu disarankan untuk melakukan cek kadar asam urat anda. Zat purin adanya di makanan, makanya anda perlu untuk menjaga pola makanan anda. Pantangan untuk penderita penyakit ini yaitu jangan makan kacang-kacangan, jeroan, dan seafood.

Khasiat Jahe Untuk Obat Asam Urat

khasiat-jahe-untuk-asam-urat
apotekmaxs.com

Biasa digunakan untuk membuat minuman yang menghangatkan tubuh. Ternyata jahe dengan ati inflamasi yang terdapat di dalam jahe berguna untuk meredakan rasa sakit dan juga peradangan yang diakibatkan oleh asam urat. Ada banyak sekali cara untuk mengobati asam urat menggunakan jahe.

Salah satunya dengan dibuat wedang jahe, minum sehari satu kali. Jahe juga bisa ditambahkan ke dalam masakan anda. Uniknya ternyata jahe juga bisa dibuat menjadi pasta. Untuk membuat pasta dari jahe, anda perlu melembutkan jahe dengan dicampur air lalu oleskan ke bagian yang terkena asam urat. Tunggu hingga setengah jam. Lakukan hal itu sehari satu kali.

Manfaat Bunga Rosella Untuk Asam Urat

manfaat-bunga-rosella-untuk-asam-urat
tipsgayasehat.blogspot.com

Rosella merupaka tumbuhan asli dari Afrika. Dengan waran bunganya yang merah yang cantik, tanaman ini biasanya dipakai sebagai tanaman hias di halaman rumah. Selain untuk tanaman hias, bunga rosella memiliki manfaat kesehatan untuk asam urat.

Telah dijelaskan di atas bahwa asam urat ini timbul diakibatka adanya enumpukan zat purin yang berlebih, sehingga ginjal tdak lagi mampu untuk mengeluarkan sampai kristal urat yang menumpuk di sendi-sendi. Biasanya penyakit asam urat timbul di usia sudah tua, diakibatkan adanya penumpukan purin yang berlebihan.

Bisa jadi penyakit yang timbul selain asam urat juga bisa mengakibatkan penyakit ginjal, karena organ penyaring yang ada di dalam tubuh untuk darah, ginjal akan terbebani kinerjanya apabila seperti ini berlangsung terus-menerus. Rosella bisa dibuat menjadi teh an juga jus.

Untuk membuat teh dari rosella. anda perlu menjemur bunga rosella 2 hari. pisahkan antara kelopak dan lidah dengan biji rosellanya. cuci dengan bersih kemudian jemur lagi 4 sampai 5 hari. Jika sudah kering tumbuk sampai halus. Bisa diseduh 1 sendok teh rosella dengan air panas.

Sedangka untuk membuat jus, sediakan bunga rosella yang telah dikeringkan. Rendam menggunakan air panas 10 menitan. Saring lalu inginkan. Masukkan es, air rendaman rosella 150 ml, dan gula ke dalam blender, selanjutnya blender. Jus rosella siap di nikmati.

Seledri Untuk Asam Urat

seledri-untuk-asam-urat
nusantaranews.co

Merupaka tumbuhan yang bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinffi, seledri biasa digunakan untuk pelengkap bahan masakan. Nama latin dari seledri adalah Apium Graveolens, di berbagai negara ada yang menyebutnya celeri, parsley, selionin, dan sebutan lainnya.

Untuk mengembangbiakan seledri pun bisa di bilang sangat mudah. Anda bisa menanam biji seledri atau memindahkan anakan dari seledri. Tak hanya untuk sebagai penyedap masakan seledri juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satunya seledri bisa unutk mengobati asam urat.

Dalam seledri terapat berbagai macam kandungan yang dapat mengobati penyakit asam urat, zat yang terkandung di dalam seledri diantaranya kalsium, fosfor, zat besi, vitamin a, B1, C, glikosida, apiin, apiol, dan falvonoid. Diantara zat yang ada di dalam seledri, glikosida sangat efektif untuk mengobati masalah persendian dan juga asam urat.

Untuk mengobati dengan seledri cara yang paling mudah adalah dengan memakannya secara langsung sebagai lalapan. Anda juga bisa dengan merebus biji seledri sebanyak 1 sendok dengan 3 gelas air. Tunggu sampai air rebusan seledri tersisa kira-kira 1 gelas. Saring kemudian tunggu sampai bisa diminum. Minum sehari 2 sampai 3 kali. Jika anda tidak suka daun seledri dijadikan lalapan, anda bisa merebus daun seledri. Caranya sama dengan memakai biji seledri.

Manfaat Buah Ceri Untuk Asam Urat

manfaat-buah-ceri-untuk-asam-urat
bangaoo.blogspot.com

Buah ceri merupakan tanaman berbiji asli dari bagian utara dan tumbuh di iklim yang hangat. Biasaya buah ceri di manfaatkan untuk hiasan kue, buah ceri tergolong buah yang lumayan mahal, akan tetapi permintaan buah ini tetap tinggi.

Buah dengan warna merah saat sudah matang ini memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat dari buah ceri ini bisa mengobati penyakit asam urat.

Di dalam buah ceri terkandung zat kimia yaitu anthocyanin yang bisa mengatasi terjadinya peradangan di sendi. Buah ceri juga memiliki senyawa anti oksidan yang mengandung enzim pencegah alam yang berfungsi unutk obat anti inflamasi layaknya anti peradangan (ibuprofen). Jadi, bagi anda yang terkena penyakit asam urat, anda bisa mencoba mengkonsumsi buah ceri untuk mengobati asam urat anda.

Daun Salam Untuk Asam Urat

daun-salam-untuk-asam-urat
harianlampung.co.id

Daun dengan bentuk sedikit lonjong dengan nama ilmiahnya Syzgium polyanthum. Daun salam sama halnya dengan seledri, daun ini biasanya dimanfaatkan untuk menambah cita rasa masakan. Selain itu, daun salam merupakan salah satu daun yang bisa mengobati asam urat secara alami.

Daun yang digunakan adalah daun salam segar atau bisa juga daun yang sudah dikeringkan. Di dalam daun salam terkandung flavonoid, alkaloid, tannin, dan minyak astsiri.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa daun salam merupakan salah satu daun yang memiliki khasiat untuk mengobati asam urat. Daun salam berguna untuk peluruh kencing (diuretic) dan sebgai pereda nyeri (analgetik). Berfungsi sebagai diuretic, daun salam bisa memperbanyak urine keluar maka kadar asam urat bisa menurun.

Untuk mendapatkan khasiat daun salam ini sangatlah gampang. Sediakan 10 lembar dau salam lalu di rebus dengan air 700 cc sampai sisa 200 cc. Minumlah selagi hangat.

Tanaman Obat Asam Urat Kumis Kucing

kumis-kucing-untuk-asam-urat
wikiwand

Dengan nama ilmiah Orthosiphon aristatus, kumis kucig ialah salah satu dari tanamn obat yang bisa dengan mudah kita temukan di berbagai daerah di Indonesia. Dengan khasiatnya yang bisa mengobati beberapa penyakit.

Tanaman kumis kucing memiliki nama lain seperti java tea atau kidney tea plant, orang daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur biasa menyebutnya remujung, di madura biasa disebut songot koneong, dan sumatera biasa disebut giri-giri marah. Asal dari tanaman ini dari daerah tropis Afrika sampai ke daerah Asia dan Australia.

Di dalam kumis kucing terdapat garam kalium yang berkhasiat untuk melarutkan batu ginjal, ada sinsetinnya yang berguna untuk anti bakteri, dan sifat diuretik yang bisa membantu mengeluarkan asam urat melalui urin.

Untuk mendapatkan khasiat kumis kucing untuk asam urat, siapkan 5 helai daun kumis kucing di tambah meniran. Rebus dengan 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Minum 3 kali sehari.

Tanaman Anting anting Untuk Asam Urat

tanaman-anting-anting-untuk-asam-urat
studiokreasiclovers.blogspot.com

Tanaman anting-anting yang sering disebut tanaman akar kucing ini mudah sekali kita temukan di sekitaran rumah atau pekarangan. Manfaat dari anting-anting ini bagi kesehatan banyak sekali. Tanaman yang tumbuh liar ini memiliki nama latin Acalypha australis linn dari keluarga Euphorbiaceae.

Di negara Cina anitng-anting biasa disebut dengan Tie Xiann. Masyarakat kebanyakan tidak tahu manfaat dari tanaman ini, mereka malah mengaggap tanamn anting-anting ini sebagai pengganggu dan memperburuk lingkungan.

Pada kenyataanya, ternyata tanaman anting-anting ini bisa dijadikan obat alami dengan dikonsumsi kering atau segar. Anting-anting juga mengandung flavonoid, tannin, steroid, dan saponin yang dipercaya bisa mengatasi masalah asam urat.

Tanaman anting-anting yang bisa dijadikan obat tradisional alami yaitu akarnya. Caranya sediakan akar anting-anting kering 30 sampai 60 gram. Cuci sampai bersih. Rebus bersama 3 gelas air sampai menjadi setengah gelas. Tunggu hingga dingin kemudian di saring. Minum sehari 3 kali.

Sambiloto Unutk Asam Urat

sambiloto-untuk-asam-urat
flickr.com

Dikenal sebagai salah satu tanaman yang bisa mengobati asam urat sejak dahulu, sambiloto di Indonesia tersebar di berbagai daerah, sehingga di beberapa daerah pun namanya berbeda-beda seperti kayu mas, papaitan, kioray, bidara, ki pait, dan ki peurat. Sambiloto juga bersifat diuretik yang bisa mengatasi masalah asam urat.

Untuk cara membuat ramuan asam urat dari sambiloto siapkan tanaman sambiloto dan kunyit. Rebus dengan segelas air, tunggu sampai mendidih dinginkan. Minum secara teratur.

Itulah 9 tanaman obat asam urat yang bisa jadi alternatif pengobatan alami untuk mengobati asam urat anda. Anda tidak boleh langsung mencoba ramuan-ramuan di atas. Sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada pakar herbal yang anda kenal.

Advertisements

1 thought on “9 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengatasi Asam Urat

Kommen