Advertisements

Tanaman Obat Diabetes Melitus Tradisional Alami

Tanaman Obat Diabetes – Tanaman obat untuk diabetes sebagai alternatif obat tradisional alami yang bisa mengobati penyakit diabetes melitus bisa kita temukan dengan cukup mudah di Indonesia atau bahkan di sekitar rumah kita. Tanaman obat diabetes bisa menjadi pengobatan alternatif alami selain menggunakan obat-obatan kimia.

Apa Itu Penyakit Diabetes Melitus?

alat-tes-penyakit-diabetes
pixabay.com

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit kronis atau dengan jangka waktu yang panjang dimana tandanya kadar glukosa (gula darah) melebihi batas normal. Gula darah enting bagi kesehatan kita, dikarenakan glukosa atau gula darah adalah sumber energi untuk otak atau sel-sel untuk pembentukan otot dan jaringan di dalam tubuh kita.

Perlu anda ketahui ternyata Indonesia masuk dalam 10 negara dengan tingkat penderita diabetes tertinggi di dunia. Di tahun 2013, di Indonesia penderita diabetes jumlahnya diperkirakaan sekitar 8,5 juta orang. Kebanyakan dari mereka yang terkena diabetes 50% tidak menyadari penyakit tersebut.

Klasifikasi  Diabetes Melitus

Penyakit diabetes memiliki beberapa klasifikasi. Diantara klasifikasinya sebagai berikut:

Diabetes Melitus Tipe 1

DM (Diabetes Melitus) tipe 1 atau IDDM (Insulin Dependent Diabetes Mellitus), diakibatkan karena adanya kerusakan pada sel b pankreas. Jika sel beta rusak sampai 80 hingga 90% gejala DM ini akan muncul. Pada anak kerusakan sel ini berjalan dengan cepat dibandingkan dengan orang dewasa.

Para penderita DM tipe 1 sebagian besar mempunyai antibodi yang mengidentifikasikan adanya proses autoimun, dan sebagaian tidak terjadi autoimun. Kasus DM tipe 1 biasanya terjadi pada mereka yang usianya dibawah 30 tahun, akan tetapi uisa bukanlah kriteria untuk klasifikasi.

Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 atau NIDDM (Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus) 90% dari penderita Diabetes Melitus. Ada penurunan kemampuan pada insulin berada yang terjadi di diabetes tipe ini. Insulin yang berada di perifer dan disfungsi pada sel beta.

Imbasnya, pankreas tak bisa lagi membuat insulin yang cukup sebagai kompensasi insulin resistan. Sebab kedua hal ini menjadikan terjadinya defisiensi insulin relatif. Kegemukan biasanya terjadi pada kondisi ini dan terjadi di usai lebih dari 40 tahun. Pada enderit DM tipe 2 kadar pada inslin bisa tinggi, rendah, atau normal maka penderita tidak bergantung pada emberian insulin.

Diabetes Melitus Ketika Hamil

DM Kehamilan atau GDM (Gestational Diabetes Mellitus) merupaka kehamilan yang normal dimana adanya peningkatan insulin resisten. Hal ini terjadi karena faktor ada riwayat keluarga DM, glikosura, dan kegemukan. GDM menambah morbiditas neonatus, misal ikterus, polisitemia, hipoglikemia, dan makrosomia. Ini terjadi dikarenakan bayi dengan ibu yang terkena GDM mengeluarkan insulin di atas wajar yang merangsang pertumbuhan makrosomia dan bayi.

Tanaman-tanamn Obat Untuk Diabetes

Diatas sudah dijelaskan sedikit tentang penyakit diabetes melitus. Sekarang tanaman obat apa saja yang bisa mengobat penyakit diabetes melitus? Berikut daftar tanaman obatnya.

1. Daun Yakon Untuk Diabetes

daun-yakon-insulin-untuk-diabetes
belanjaalkes.com

Daun yakon dikenal dengan daun insulin, tapi orang banyak menyamaka daun ini dengan daun paitan, padahal itu sangat berbeda. Tanaman yakon ini mempunyai umbi, daun yakon apabila di rebus tidak terlalu pahit layakya daun paitan, tapi kedua daun itu dijuluki daun insulin karena berguna unutk menurunkan gula darah.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sri Widowati, ternyata daun yakon memiliki kandungan dan kaya akan insulin dimana insulin ini tidak bisa dicerna enxim pencernaan akan tetapi di fermentasi usus besar.

2. Lidah Buaya Untuk Diabetes

obat-diabetes-lidah-buaya
pixabay.com

Selain biasanya dimanfaatkan untuk obat herbal penyakit wasir, noda bekas jerawat, dan juga untuk bahan makanan, lidah buaya juga memilik manfaat yang bagus untuk penyakit diabetes atau gula darah. Fungsi utama dari lidah buaya sendiri untuk anti radang.

Untuk membuat ramuan lidah buaya cukup mudah. Siapkan 1 lembar lidah buaya cuci bersih, lalu buang duri-durinya potong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi satu setengah gelas. Minum tiga kali sehari setelah makan.

3. Daun Pegagan Obat Diabetes

daun-pegagan-obat-diabetes
caratono.blogspot.com

Tanamn pegagan ini menerupai rumput. Dengan daun yang bundar dan warnanya hijau. Daun pegagan ini memiliki manfaat dan berkhasiat unutk mengobati penyakit diabetes. Kandugan zat anti bakteri dan racun yang bisa mengatasi berbagai jenis penyakit. Anda bisa mencoba daun pegagan ini sebagai alternatif obat diabetes alami. Cukup rebus dan pegagan ini dan minu secara berkesinambungan.

4. Gingseng Untuk Diabetes

gingseng-untuk-diabetes
fullhdpicture.com

Gingseng termasuk salah satu tanaman yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit secara alami. Untuk mengobati diabetes secara alami juga bisa dengan memanfaatkan gingseng. Anda perlu mengkosumis gingseng dengan teratur untuk menetralkan kadar gula darah di dalam tubuh anda. Ginseng juga bisa menambah kadar insulin di dalam tubuh anda.

5. Manfaat Bawang Untuk Diabetes

bawang-merah-mengobati-diabetes
pixabay.com

Biasa digunakan sebagai bahan bumbu masakan, bawang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat bawang untuk kesehatan adalah mengobati penyakit diabetes. Para ahli medis sangat menganjurkan bawang untuk dijadikan obat alami untuk mengatasi masalah diabetes.

Di dalam bawang terkandung sebuah zat yang bisa menyembuhkan dan mencegah kerusakan pada insulin yang nantina bisa mengobati diabetes dengan alami. Konsumsi bawang secara teratur untuk mengobati masalah diabetes secara alami.

6. Mengkudu Untuk Obat Diabetes

mengkudu-untuk-diabetes
reps-id.com

Tanaman yang berkhasiat unutk mengobat diabetes lainnya adalah mengkudu. Berbagai penyakit juga bisa di atasi dengan mengkudu. Mengkudu memiliki zat proxeroni yang sanat baik untuk mengobati diabetes. Karena fungsi dari zat tersebut dapat membuka pori-ori pada sel.

7. Mahkota Dewa Obat Alami Diabetes

buah-mahkota-dewa-obat-diabetes
wikipedia.org

Mahkota dewa terkenal dan sering ada di dalam ramuan obat diabetes. Dikenal juga dengan nama latin Phaleria macrocarpa, mahkota dewa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah mahkota dewa berbentuk bundar kecil berwarna merah apabila sudah matang.

Dagingnya berwaran putih dengan bijinya berwarna cokelat. Selain untuk diabetes, buah mahkota dewa biasa digunakan untuk ramuan penyakit kanker, liver, dan jantung. Untuk anda yang menderitas penyakit diabetes untuk membuat ramuan dari buah mahkota dewa cuku mudah. Siapkan 4-6 buah mahkota dewa dan rebus dengan 3 gelas air. Setelah selesai saring kemudian minum 3 kali sehari 1 jam sebelum makan.

8. Pare Untuk Mengobati Diabetes

pare-untuk-obat-diabetesana

Pare mempunyai rasa yang khas yaitu rasa pahitnya. Selain dimanfaatkan untuk masakan, pare juga memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Pare memiliki kandugan antiradang, charantinm dan polypeptide yang berguna untuk merangsang sel beta yang berada di pankreas supaya mengeluarkan insulin. Untuk membuat ramuan obat diabetes dari pare anda perlu menyiapkan kurang lebih 200 gram pare segar. Potong-potong kemudian di rebus atau bisa juga di jus.

Advertisements