Tanaman Obat Manfaat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan Keluarga

Tanaman Obat – Di Indonesia banyak sekali tanaman-tanaman yang tumbuh subur. Salah satunya tanaman obat yang bisa digunakan  dan di dapatkan oleh keluarga dengan mudah. Berikut adalah tanaman-tanaman obat beserta gambar, manfaat, dan khasiatnya:

Manfaat dan Khasiat Sambiloto

tanaman-obat-sambiloto
wikipedia.com

Sambiloto merupakan salah satu tanaman yang memiliki khasiat untuk mengatasi asam urat. Tanaman sambiloto ini adalah tanaman asli dari India. Di Indonesia sendiri tanaman sambiloto memiliki beragam nama panggilan seperti kayu mas, papaitan, dan sebutan lainnya. Sambiloto memiliki kandungan natrium, kalium, kalsium, dan banyak lagi kandungan lainnya. Dengan kandungan yang ada di tanaman sambiloto ini dipercaya bisa mengatasi masalah asam urat.

Cara membuat ramuan obat dari sambiloto

Sediakan tanaman sambiloto dan kunyit. Rebus keduanya dengan satu gelas air, tunggu sampai mendidih lalu dinginkan. Minumlah ramuan sambiloto dengan teratur supaya asam uratnya tidak kambuh.

Manfaat dan Khasiat Daun Kumis Kucing

manfaat-dan-khasiat-kumis-kucing
kumiskucing.org

Dengan memiliki nama ilmiah Orthosiphon Aristatus ini sudah sejak lama digunakan oleh para nenek moyang Indonesia untuk mengobati beragam penyakit secara tradisional dan alami. Di dalam kumis kucing mempunyai kemampuan untuk mengatasi kandungan asam urat yang terlalu banyak di dalam tubuh kita yaitu melalui pengeluaran air seni.

Cara membuat ramuan obat dari kumis kucing

Rebus kumis kucing bersamaan saw tanah, jahe, dan kapulaga. Air ramuan kumis kucing bisa diminum 2x sehari.

Manfaat dan Khasiat Daun Salam

manfaat-dan-khasiat-daun-salam
peranakankitchen.wordpress.com

Biasanya daun salam adalah salah satu bahan untuk menyedapkan dan juga mengharumkan masakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Tidak hanya itu, ternyata daun salam juga memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Untuk pengobatan, daun yang digunakan bisa daun yang masih segar atau sudah kering. Karen mengandung alkaloid, flavonoid, tanin, dan minyak atsiri, daun salam bisa bermanfaat untuk mengobati asam urat.

Cara membuat ramuan obat dari daun salam

Rebus 10 sampai 15 lembar daun yang segar atau kering bersama dengan 3 gelas air. Rebus kedua bahan tersebut sampai tersisa 1 gelas, minum ramuan tersebut sehari 2x setengah gelas.

Manfaat dan Khasiat Daun Meniran

manfaat-dan-khasiat-meniran
medisanda.com

Tanaman meniran ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat alami alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Tanaman obat ini juga lumayan populer di kalangan masyarakat. Seperti kumis kucing, daun meniran memiliki sifat diuretik yang bisa mengatasi asam urat. Selain asam urat, meniran juga dikenal bisa membersihkan hati, pereda demama, anti radang, menjernihkan penglihatan, dan juga bisa menambah nafsu makan.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak

manfaat-dan-khasiat-daun-sirsak
siagangawi.com

Daun sirsak sejak dahulu sudah dijadikan obat. Daun sirsak berkhasiat unutk mengobati asam urat. Manfaat daun sirsak untuk megobati asam urat sudah terkenal sejak dahulu. Efek yang dirasakannya terbilang cukup cepat.

Cara membuat ramuan obat dari daun sirsak

Sediakan 5 lembar daun sirsak ang masih muda, lalu rebus menggunakan ari berish. Tunggu sampai mendidih dan biarkan hingga dingin. Minumah 3x sehari.

Manfaat dan Khasiat Jahe

manfaat-dan-khasiat-jahe
1001budidaya.com

Dikenal dengan memiliki banyak manfaatnya seperti untuk menghangatkan tubuh, jahe ternyata juga bisa mengatasi masalah asam urat. Di dalam kandungan yang terdapat di dalam jahe juga katanya bisa untuk menyembuhkan rematik. Bisa jadi karena asam urat berkaitan dengan masalah rematik.

Cara membuat ramuan obat dari jahe

Siapkan 2 buah jahe potong-potong. Geprek lalu rebus ke dalam air 1 gelas, jika suka bisa tambahkan madu murni satu sendok. Ramuan siap di minum.

Manfaat dan Khasiat Daun Seledri

manfaat-dan-khasiat-daun-seledri
dapurboncil.wordpress.com

Daun seledri dari sejak dulu sudah dijadikan sebagai obat tradisional alternatif yang diyakini bisa mengobati asam urat. Banyak sekali kandugan yang ada di daun seledri diantaranya vitamin a, c, e, k b1, b2, b3, b5, b6, dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Banyak kandungan yang ada di daun seledri biasanya pra ibu rumah tangga menambhkan daun seledri di masakan mereka. Disamping banyak kandungannya yang baik untuk kesehatan, daun seledri juga bisa meningkatkan rasa masakan itu sendiri.

Cara ramuan obat dari daun seledri

Ambil beberapa lembar daun seledri cuci sampai bersih dengan air yang mengalir. Potong-potong kecil. Masukan ke dalam panci yang telah diisi air. Panaskan sampai mendidih. Tunggu sampai dingin. Minum 2x sehari untuk mengobati asam urat.

Tanaman Anting anting

tanaman-obat-anting-anting
yohanesocta.blogspot.com

Anting-anting adalah sejenis tanaman semak yang menggangu di mata sebagian kalangan masyarakat. Tapi ternyata tanaman anting-anting ini memiliki berbagai macam khasiat dan juga manfaat untuk kesehatan tubuh. Anting-anting termasuk dari kerajaan plante. Tanaman ini memiliki ciri yang tidak begitu besar, batangnya terbilang kecil, dan ketinggiannya bisa mencapai 50 cm. Daunnya sedikit membulat dan memiliki bunga berwarna hijau.

Anting-anting bayak dipercaya untuk farmakologi dan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Hal inilah yang masyarakat tidak banyak tahu tentang manfaat dari anting-anting. Anting-anting ini bisa menghentikan pendaharan pada luka dan mimisan, Mengoptimalkan proses penyembuhan pada luka, menyembuhkan penyakit gatal-gatal, dan masih banyak lagi.

Cara membuat ramuan obat dari anting-anting

Siakan 2 pohon anting-anting utuh, 3 ruas kunyit, dan 2 genggam daun mimba. Haluskan semua bahannya lalu dicuci hingga bersih. Rebus dengan 2 elas air sampai mendidih. Tambah sedikit garam lalu disaring. Konsumsi setengah gelas/ hari setelah makan.

Untuk pengobatan luar.
Campur daun anting-anting dengan kapur sirih untuk obat tapal. Dihaluskan terlebih dahulu lalu oleskan ke kulit yang ingin di obati.

Manfaat dan Khasiat Bunga Rosela

manfaat-dan-khasiat-bunga-rosella
tokopedia.com

Rosella atau sabdariffa memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia. Akan tetapi banyak orang yang belum tahu tentang manfaat dari bunga rosella ini. Pada awalnya rosella biasa digunakan untuk tanaman hias untuk memperindah rumah. Dengan berkembangnya ilmu pengetahun dan penelitian ternyata rosella bisa dijadikan sebagai pengobatan alami. Kandungan yang ada di bunga rosella sendiri terdapat malat,asam sitrat, asam lemak, dan sterol.

Cara membuat ramuan obat dari bunga rosella

Rebus 3 sampai 5 kelopak rosella dengan segelas air, tambahkan madu asli. Lalu minum secara teratur.

Advertisements

1 thought on “Tanaman Obat Manfaat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan Keluarga

Kommen