Advertisements

Cara Membuat Tas Tali Kur Motif Terbaru

Tas Tali Kur – Akhir-akhir ini banyak orang yang mencari tas yang terbuat dari tali kur. Hal ini disebabkan tas yang terbuat dari tali kur unik sehingga anti mainstream. Banyak motif-motif unik dan lucu seperti motif tas tali kur bunga mawar, hello kitty, kerang, jagung dan motif tas tali kur lainnya.

Di artikel ini akan dibahas dengan lengkap tentang tas tali kur, mulai dai cara membuat tas tali kur, video pembuatan tas tali kur, beserta harga tas tali kur di pasaran. Artikel ini juga dilengkapi dengan gambar tas tali kur terbaru. Berikut pemaparan tentang tas tali kur.

Tas Tali Kur Itu Apa?

Untuk kamu yang pertama kali mendengar tas tali kur mungkin merasa penasaran apa sih sebenarnya tas tali kur itu. Sebenarnya jika kamu pernah menjadi anggota Pramuka atau Paskibaraka pasti tidak awam lagi dengan tali kur, karena tali kur biasa dipakai sebagai tali komando yang dipakai oleh anggota Pramuka atau Paskibraka. Tidak hanya oleh anak-anak Paskibra atau Pramuka saja, tali kur juga dipakai di pakaian Polisi dan Tentara di Indonesia.

Dengan tangan kreatifnya orang Indonesia, ternyata tali kur bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah tas dengan motif yang beranekaragam. Banyak motif tas tali kur yang unik dan menarik untuk dimiliki sebagai koleksi tas unik.

Kelebihan dan Kekurangan Tas Tali Kur

Tas tali kur ternyata memiliki lumayan kuat dan awet. Jadi, kamu tidak perlu untuk khawatir apabila hendak membawa barang yang lumayan berat dengan tas tali kur ini. Kelebihannya selian kuat, tas tali kur juga motif dan warnanya beranekaragam. Makannya akhir-akhir ini banyak orang yang memburu tas tali kur untuk dijadikan koleksi tas.

Semua barang pastinya selain ada kelebihan ada kekurangannya. Nah kekurangan dari tas tali kur sendiri ialah di dalam pembuatan tasnya. Pembuatan tas dari  tali kur memerlukan waktu yang lumayan lama, sebab kebanyakan dan hampir semua tas talu kur masih dibuat dengan manual atau dengan tangan. Untuk membuat tas dari tali kur harus memiliki keahlian dan ketelitian dalam proses pembuatannya. Sebab memang lumayan rumit membuatnya. Hal ini juga yang menyebabkan kenapa harga tas ini lumayan mahal.

Cara Membuat Tas Tali Kur

Berikut ini cara untuk membuat tas dari tali kur.

Sebelum membuat tas dari tali kur persiapkan terlebih dahulu bahan dan alat sebagai berikut:
1. Tali kur dengan warna sesuai selera
2. Gunting untuk memotong tali kur
3. Korek api untuk menyambung tali kur
4. Bahan-bahan yang dipakai di dalam tas
5. Resleting dengan ukuruan sesuai tas yang akan dibuat
6. Jarum dan benang untuk menyulam

Itulah alat dan bahan membuat tas tali kur yang perlu kamu persiapkan. Selanjutnya berikut ini cara untuk membuat dasar dari tas tali kurnya.

Ambil 2 buah utas tali dengan panjang 2 meter. Ambil tengah tali masing-masing lalu lipat seperti gambar di bawah. Anggap tali memiliki nomor dimulai dengan dari yang paling kiri nomor 1, 2, 3, dan yang paling kanan nomor 4.

langkah pertama membuat tas tali kur
sittinaaja.blogspot.co.id

Tarik ke belakang tali nomor 4 seperti gambar di bawah.

langkah kedua
sittinaaja.blogspot.co.id

Taruh tali nomor 1 di belakang nomor 4 seperti gambar di bawah.

langkah ketiga
sittinaaja.blogspot.co.id

Kunic dengan tali nomor 1, masukkan dari lubang depan seperti gambar di bawah.

langkah keempat
sittinaaja.blogspot.co.id

Tarik tali nomor 1 lipat ke kiri, tali nomor 4 untuk pengunci lipat ke bagian kanan masukkan dari lubang belakang seperti gambar di bawah.

langkah kelima
sittinaaja.blogspot.co.id

Maka jadilah satu kepala untuk dasar tas dari tali kur. Tarik dengan kuat seperti gamabr di bawah. Buat sebanyak mungkin sesuai kebutuhan, semakin besar tas yang akan kamu baut, maka semakin banyak pula kepala yang harus dibuat. Setiap pembuatan tas atau buat dompet perlu membuat dasar kepala dalam jumlah yang genpa supaya tas yang dibuat bisa seimbang kanan dan kirinya.

langkah keenam
sittinaaja.blogspot.co.id

Untuk menyambung kepala menjadi satu, caranya seperti di atas, perbedaannya dua kepala yang dirangkai diambil dua utas tali kanan untuk satu kepala dan dua utas tali kiri untuk kepala yang lainnya.

Itulah cara untuk membuat dasar tas dari tali kur. Cukup mudah bukan, agar tas tali kurnya cantik kamu bisa membuatnya dengan model. Dalam bahasan artikel selanjutnya akan dibahas membut model.

Cara Membuat Model Tas dari Tali Kur

Setelah kamu sudah bisa membuat dasar dari tali kur, kali ini kamu perlu untuk belajar membuat modelnya supaya tas yang kamu buat ada motifnya yang menjadikan nilai tambah. Berikut ini cara untuk membuat model tas tali kur.

1. Rangkai terlebih dahulu kepala sesua dengan selera kamu, bisa langsung buat modelnya,

2. Ambil tali nomor 4 di kepala kiri dan nomor 1 di kepala kanan.

motif 2

3. Lilitkan tali nomor 1 ke tali nomor 4. Lihat gambar di bawah. Tali nomor 4 dijadikan palang. Kemudia taik hingga rapat dan rapih.

motif 3

4. Ulangi kembali tali nomor 1 tadi ke tali nomor 4

motif 4

5. Rapihkan hingga rapat sampai seperti gambar di bawah.

motif 5

6. Ambil tali nomor 3 di kepala bagian kanan lalu dijadikan palang. Lilitkan tali nomor 2 sebanyak 2 kali layaknya nomor 1 yang tali biru.

motif 6

7. Kemudian lilitan tali abu-abu yang di bawah. Pindahkan ke kepala sebelah kanan. Ambil tali nomor 1 warna abu-abu untuk dijadikan palang. Lilitkan tali sebelumnya.

8. Lakukan itu terus menerus  dan lilitan dengan berselang-seling dimana yang kanan untuk palangnya dan kiri untuk lilitan.

motif 8 motif 9

 

Jika kamu merangkai talinya benar bentuknya akan seperti gambar di bawah ini. Terus buat hingga ukuran tas sesuai keinginan kamu.

motif 1

Bagaimana? Sudah ada gambaran kan untuk membuat tas dari tali kur dengan model. Hal yang perlu kamu laukakn hanyalah mencoba urusan susah pasti semua hal yang dilakukan pertama kali pasti mengalami kesusahan. Supaya anda lebih jelas lagi dalam pemebuatan tas dari tali kurnya berikut video membuat tas dari tali kur.

Video Membuat Tas dari Tali Kur

Harga Tas Tali Kur

Untuk harga dari tas dari tali kur bermacam-macam harganya tergantung dari tingkat kerumitan dan besar dari tasnya. Berikut harga tas tali kur yang ada di pasaran :

Ukuran 18 x 13 : Rp. 90.000

Ukuran 25 x 20 : Rp. 220.000

Ukuran 26 x 26 : Rp. 230.000

Segitulah kira-kira rata-rata harga tas tali kur yang ada di pasaran. Dunia kreatif di bidang fashion saat ini memang sedang lagi booming-boomingnya. Apalagi jual beli kaos hitam depan belakang sedang lagi bagus-bagusnya. Banyak sekali yang berbisnis grosir tas import di Indoneisa sebab keuntungannya lumayan besar.  Itu saja inofrmasi dan cara membuat tas dari tali kur. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Advertisements

Kommen